Technology

Kenali Apa Itu Page Layout Mulai dari 4 Fungsi Hingga Cara Mengaturnya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

H1_Page_Layout.jpg

Saat mengetik dengan menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word, Google Docs, dan semacamnya, kamu pasti dihadapkan pada opsi untuk mengatur page layout atau tata letak halaman. Pengaturan page layout acapkali lupa untuk diprioritaskan, terlebih untuk kasus-kasus tertentu di mana suatu naskah, tugas, atau ketikan pekerjaan harus dikumpulkan dengan tata letak tertentu. Oleh karena itu, simak ulasan berikut ini untuk lebih memahami apa dan bagaimana mengatur page layout.

Baca juga: 4 Cara Membuat Background di Word dengan Mudah

Apa itu page layout?


Page layout merupakan pengaturan tata letak dalam sebuah aplikasi pembuat dokumen (Sumber: Pexels)

Dilansir Techterms, page layout atau tata letak halaman merupakan pengaturan yang mengacu pada teks, gambar, dan objek lain pada suatu halaman. Page layout mulanya digunakan pada bidang desktop publishing, dan kemudian digunakan dalam menggambarkan tata letak halaman situs.

Tak hanya itu, page layout dalam ranah media cetak juga digunakan untuk mengatur kesesuaian tampilan majalah, surat kabar, buku, dan berbagai jenis publikasi cetak lainnya. Secara umum, page layout mencakup keseluruhan elemen halaman seperti margin, blok teks, gambaran, kisi, dan template, serta seluruh posisi objek pada halaman.

Jika disimpulkan, page layout merupakan bagian dari desain grafis atau penataan elemen visual pada halaman. Page layout secara khusus melibatkan prinsip pengorganisasian atau komposisi untuk mencapai tujuan komunikasi tertentu.

Baca juga: 8 Fungsi Microsoft Word yang Perlu untuk Kamu Ketahui

4 Fungsi page layout


Page layout memiliki fungsi utama dalam menata letak halaman dokumen dengan pengaturan beragam pada fitur-fiturnya (Sumber: Pexels)

Dilihat dari definisinya, page layout digunakan digunakan di hampir seluruh dokumen dengan tujuan tertentu, baik efisiensi, esensi, maupun estetika. Adapun fungsi utama page layout dapat dijabarkan sebagai berikut.

1. Mengatur margin halaman

Umumnya, page layout digunakan untuk mengatur margin halaman sesuai ketentuan yang diberlakukan di suatu institusi. Pengaturan margin ini ada di Microsoft Word maupun Microsoft Excel. Pengaturan margin ini berfungsi untuk menata dan mengubah ukuran tepi halaman yang umumnya disesuaikan dengan pilihan standar maupun custom.

2. Menentukan tampilan cetak


Salah satu fungsi dari page layout adalah untuk menentukan tampilan cetak dokumen yang dibuat (Sumber: edu.gcfglobal.org)

Salah satu fungsi penting dari page layout adalah untuk mengatur output cetak dari suatu dokumen. Dengan mengatur page layout, kamu dapat menentukan bentuk cetakan dokumen seperti apa yang akan kamu peroleh, baik portrait maupun landscape. Bentuk dan format cetak ini amat penting bagi dokumen publikasi atau dokumen-dokumen dengan aturan tata letak khusus seperti paper, artikel ilmiah, skripsi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tahu Arti dari Icon Microsoft Word? Yuk, Ketahui Arti dan Fungsinya

3. Mengatur tema dan warna

Pada Microsoft Word atau aplikasi pembuat dokumen lain terdapat opsi atau sub menu themes dan color. Dua sub menu ini merupakan bagian dari page layout yang berfungsi sebagai pengubah tampilan atau tema dokumen serta mengatur pilihan warna di dokumen. Selain mengubah tema dan warna, page layout juga dapat membantu kamu untuk memilih ukuran huruf, fonts, dan efek tertentu pada dokumen.

4. Mengatur paragraf

Page layout juga berfungsi untuk mengatur paragraf atau hasil ketikan seperti cara memberi alinea kanan atau kiri, spasi atas-bawah dan kiri-kanan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur penempatan gambar beserta text box pada paragraf untuk menyisipkan berbagai macam bentuk gambar, peta, maupun diagram.

Baca juga: 2 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Cepat

Cara mengatur page layout


Opsi “page layout” terletak pada bagian atas dokumen Word (Sumber: msoffice.id)

Untuk dapat menggunakan berbagai fitur page layout dengan baik, kamu perlu memahami kegunaan masing-masing opsi dan relevansinya untuk dokumen yang akan kamu buat. Berikut ini adalah langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengatur page layout.

  • Klik opsi “Page Layout” pada Menu Bar
  • Pilih opsi lanjutan yaitu:
- Orientation (pengaturan orientasi lembar kerja untuk portrait atau landscape)
- Size (menentukan ukuran kertas), kamu bisa memilih ukuran kertas seperti A4, A5, A6, F4, dan lain sebagainya
- Columns (menentukan jumlah kolom paragraf tulisan), dan lain sebagainya
- Opsi pengaturan ukuran tepi (Margin) ada di bagian kiri dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna, baik menggunakan satuan inci maupun sentimeter
  • Pengaturan lain dalam page layout yang umum digunakan adalah pengaturan Section, Header, dan Footer. Opsi Section digunakan untuk memberi jeda halaman, sedangkan Header dan Footer digunakan untuk mengisi bagian atas dan bawah lembar halaman seperti untuk menyisipkan kop surat, logo, dan alamat institusi di bagian atas atau penomoran halaman serta catatan kaki di bagian bawah halaman.

Bagi kamu yang tengah mengerjakan skripsi atau menulis artikel untuk tugas-tugas kuliah, umumnya page layout dibutuhkan dalam pengaturan margin maupun columns. Margin yang umum digunakan dalam pembuatan skripsi adalah 4-4-3-3 untuk masing-masing Top-Left-Bottom-Right. Sedangkan, untuk penulisan artikel jurnal umumnya diperlukan penataan Columns di halaman pertama one column untuk “Abstract” dan two columns untuk bagian tubuh artikel hingga daftar pustaka.

Baca juga: 4 Cara Membuat Halaman di Word dengan Mudah dan Cepat

Nah, itulah tadi hal-hal penting yang perlu kamu ketahui tentang page layout. Page layout berperan penting bagi aktivitasmu menyusun dokumen. Setiap dokumen, baik itu Word maupun Excel memiliki opsi page layout untuk proses penataan dan penyeliaan format halaman. Oleh karena itu, bagi kamu yang tengah berjibaku dengan pengetikan karya tulis maupun dokumen Excel, pengetahuan tentang guna page layout perlu dipelajari lebih lanjut.

Jika kamu nanti telah selesai mengerjakan skripsi dan lulus kuliah, maka waktu untuk memulai karier bisa kamu tentukan bersama dengan EKRUT. Sebabnya, EKRUT bisa menjadi rekan profesional buatmu yang menyediakan berbagai informasi mengenai karier dan kesempatan kerja. Kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • techterms.com
  • msoffice.id
  • panduanoffice.web.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video