Published on

jobs

Panduan kerja: 100 hari pertama sebagai CFO

Nur Rosita Dewi

panduan-kerja-CFO-EKRUT.jpg

Peran CFO atau Chief Financial Officer telah berubah drastis selama 20 tahun terakhir. Tak hanya menyusun data dan membuat laporan untuk diserahkan kepada tim eksekutif, CFO juga menyusun strategi dan implementasi. 

Berikut adalah sembilan tips yang bisa kamu jadikan panduan dalam 100 Hari pertama sebagai CFO (Chief Financial Officer).

1. Pelajari neraca perusahaan

Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan dalam 100 Hari pertama sebagai CFO. Neraca yang tertata dengan baik sangat penting dalam menjalankan peranmu sebagai CFO. 

Dengan bantuan berbagai smart tools, kamu dapat membangun rangkuman ikhtisar aset, klaim, kewajiban, dan utang yang akurat.

2. Bersiaplah untuk hal tak terduga

Langkah selanjutnya di 100 Hari pertama sebagai CFO kamu harus menyiapkan diri dengan berbagai tantangan yang akan dihadapi perusahaan di masa depan. 

Bisa saja tantangan yang akan kamu hadapi lebih sulit dan berbeda dibandingkan yang sudah disebutkan saat wawancara.

3. Biasakan diri dengan strategi bisnis perusahaan

Coba lakukan diskusi mendalam dengan CEO dan para direktur tentang bagaimana perusahaan mempraktekkan strateginya. 

Carilah bidang-bidang yang tidak sesuai, dan tanyakan mengapa investasi, pemotongan, dan perubahan lain yang disepakati belum dilakukan.

4. Tinjau dokumen utama

Tidak hanya berlaku untuk strategi (sebagaimana disebutkan di atas), meninjau dokumen utama juga penting saat rapat dengan dewan dan saat membuat laporan audit. 

Kamu bisa mengadakan rapat dengan para auditor lainnya untuk membahas status perusahaan.

panduan kerja CFO - EKRUT
Pastikan kamu mempersiapkan analisis laba dan melakukan analisis arus kas dengan baik - EKRUT

5. Siapkan analisis laba

Sebagai seorang CFO, analisis laba sudah pasti menjadi satu kesatuan dan DNA bagi kamu. Tidak perlu terlalu detail, yang penting kamu mengetahui bagaimana laba tersebut didapat yang dihadilkan dari tujuan serta strategi yang telah dibuat.

6. Lakukan analisis arus kas

Tinjaulah laporan arus kas sebelumnya. Periksa dan bandingkan, siapa tahu kamu bisa menemukan kesalahan atau insight bagus darinya. Lihatlah ke mana saja uang dari rekening bank perusahaan mengalir, baik masuk maupun ke luar.  

7. Menjadi pemimpin tim

Kebanyakan CFO memiliki teman di berbagai divisi dengan peran, tanggung jawab, dan keterampilan yang berbeda. 

Cari tahu siapa yang dapat kamu andalkan dalam suatu bidang. Jadi, kamu bisa lebih fokus dalam perencanaan yang lebih besar dan menyeluruh.

8. Berteman 

CFO harus bekerja dengan orang-orang di berbagai departemen atau divisi. Jadi, sangat penting untuk berteman baik dengan semuanya. Dengan begini kamu juga akan lebih tahu mana yang menjadi prioritas atau lebih penting. 

9. Dengarkan dulu - kemudian bertindak

Tahukah kamu kalau posisi CFO seringkali diganti selama masa probation? Hal ini disebabkan tekanan dan perubahan keputusan dalam perusahaan yang terkadang berjalan cepat.

Supaya kamu bisa bertahan dalam jangka panjang, pastikan kamu memulai 100 Hari pertama sebagai CFO (Chief Financial Officer) dengan berbagai strategi. Jadilah pendengar yang baik. Lakukan pengamatan, baru bertindak. Jangan pernah gegabah mengambil keputusan.

Demikianlah tips dan strategi 100 Hari pertama sebagai CFO (Chief Financial Officer) yang perlu kamu ketahui. 

panduan kerja CFO - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • forbes.com
  • houseofcontrol.com
     

Tags

Share