Register

careers

Panduan kerja: 100 hari pertama sebagai Community Manager

Nur Rosita Dewi

29 November 2019

panduan-kerja-community-manager-_EKRUT.jpg

100 hari pertama sebagai Community Manager di kantor baru pasti akan terasa sulit. Selain harus menyesuaikan diri dengan lingkungan, kamu juga harus mendalami peran dan tugas kamu di kantor baru. 

Supaya hari-hari pertama berjalan lancar, kenalan dulu dengan tugas seorang Community Manager di bawah ini.

Apa itu Community Manager?

Supaya 100 hari pertama sebagai Community Manager berjalan efektif, kamu harus mengetahui pengertian dan tugas dalam posisi ini. 

Community Manager adalah seseorang yang ahli dalam social networks sekaligus bertanggung jawab atas strategi digital. Namun, tugas dan peran seorang Community Manager lebih luas dari pengertian tersebut. 

Mereka adalah para profesional yang bekerja dalam departemen Digital Marketing, bertanggung jawab atas pengelolaan, dan pengembangan brand’s online community.

Community Manager harus menetapkan strategi dan target yang difokuskan pada media sosial perusahaan. Untuk mewujudkannya, Community Manager wajib melakukan hal-hal berikut ini:

  • Pembuatan dan pengelolaan konten
  • Memonitor social networks
  • Analisis media sosial
  • Action Plan untuk digital marketing
  • Koneksi dengan komunitas

Dengan kata lain, seorang Community Manager wajib mengawasi komunikasi dan reputasi perusahaan dalam bidang digital.

Baca juga: 7 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif

Essential tools untuk Community Manager

Community Manager harus bisa multitasking. Sebab, menayangkan konten berbeda di beberapa media sosial platform bukanlah pekerjaan yang mudah. 

Strategi untuk masing-masing channel berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, konten yang berbeda harus dibuat untuk masing-masing channel.

Social networks juga tidak pernah tidur. Supaya target berhasil dicapai, kamu harus selalu aktif dalam media sosial. 

Untuk itulah, Community Manager wajib mengetahui berbagai social media tools untuk membantu merencanakan konten dan membantu menganalisis semua metrik. Salah satu alat yang bisa kamu gunakan adalah Metricool.

Metricool adalah alat yang digunakan oleh banyak profesional karena sangat lengkap dan memungkinkan untuk merencanakan semua jenis konten social networks. 

Metricool juga menyediakan metrik untuk platform yang berbeda selama sehari, seminggu, atau sebulan. Semua info ini dikumpulkan dalam laporan di akhir setiap bulan yang memungkinkan perbandingan evolusi dari waktu ke waktu.

Ada juga alat lain untuk membuat konten foto menjadi lebih kreatif, yaitu Canva atau editor video. Dengan berbagai jenis tools tersebut, kamu bisa mengunggah berbagai konten yang cemerlang sesuai dengan target audiens perusahaan. 

Bagaimana cara menjadi Community Manager yang baik?

Pertanyaan ini pasti terngiang-ngiang di kepalamu dalam 100 hari pertama sebagai Community Manager di kantor baru. Selain memahami pengertian Community Manager dan essential tools yang akan dipakai, kamu juga harus mengerti job description kamu dengan baik.

Ketahuilah bahwa Community Manager yang sukses sangat bergantung dengan keterampilan dibandingkan berbagai gelar yang dimiliki. 

Kamu harus memiliki pengetahuan yang luas tentang bisnis perusahaan. Gunakan pengalaman kamu untuk mencapai tujuan yang telah disetujui bersama.

Kamu juga harus memimpin organisasi dengan percaya diri. Tangani juga setiap masalah yang muncul dengan tepat. 

Bangun juga hubungan yang produktif dan profesional, baik secara internal maupun eksternal. Dengan semua komponen tersebut, kamu bisa menjadi seorang Community Manager yang baik. 

Baca juga: Manajer, ini tips bekerja dengan generasi Z

Demikianlah hal-hal yang wajib kamu ketahui dalam 100 hari pertama sebagai Community Manager. Semoga berguna!

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share