Published on

Careers

Panduan kerja: 100 hari pertama sebagai Digital Marketing Manager

Nur Rosita Dewi

panduan-kerja-digital-marketing-manager-EKRUT.jpg

100 hari pertama sebagai seorang Digital Marketing Manager adalah saat di mana kamu belajar dan mulai menerapkan apa yang perlu kamu lakukan sebagai atasan. 

Agar pekerjaanmu berjalan lancar dan efektif, 100 hari pertamamu ini akan terbagi dalam lima tahap. Mulai dari persiapan, penilaian, perencanaan, penerapan, dan pengukuran. Yuk, intip penjelasannya lebih lanjut di bawah ini.

1. Persiapan (10 hari sebelum hingga 15 hari setelah)

Jangan menunggu sampai hari pertama kerja. Lakukanlah persiapan minimal 10 hari sebelum memulai hari kerja pertamamu. Di 10 hari sebelumnya, cobalah untuk berinteraksi dengan Supervisor dan perusahaan kamu bekerja.

Sebelum masuk kerja, sempatkan juga untuk belajar mengenal perusahaan dari sudut pandang customer

Siapkan juga perkenalan sederhana tentang dirimu, latar belakang kamu, dan pemikiran awal kamu tentang perusahaan. Ini akan membantumu memperkenalkan diri di hari pertama nanti.

Saat hari pertama akhirnya tiba, kenalanlah dengan orang-orang baru di kantor, terutama anggota tim kamu. Kamu juga wajib kenalan dengan para key stakeholders untuk mempelajari bagaimana cara kerja mereka, politik di dalam kantor, hingga masing-masing tugas mereka. 

Pada tahap persiapan ini, yang harus menjadi fokus utama kamu adalah mendengarkan dan belajar.

Baca juga: 9 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

2. Penilaian (hari 1 hingga 30)

Dalam satu bulan pertama, kamu masih dalam tahap mengumpulkan informasi dan mengenal iklim perusahaan. 

Bangunlah koneksi dengan para manajer lainnya untuk membantu kamu menemukan kunci kesuksesan. Kalau perlu, selalu sempatkan waktu untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan mereka.

3. Perencanaan (hari 15 hingga 45)

Dalam tahap perencanaan, ini adalah saatnya kamu untuk membuat rencana dan aksi yang nyata untuk memperkenalkan sejauh mana kemampuan kamu terhadap perusahaan. 

Buatlah planning apa yang akan kamu lakukan dan bagaimana cara mendapatkannya berdasarkan pemahaman dari pengamatan kamu selama ini.

Jangan lupa berdiskusi dengan anggota tim untuk membuat perencanaan kerja. Ini juga akan membantu membangun pondasi kepercayaan mereka terhadap kamu.

4. Aksi nyata (hari 30 hingga 80)

Di fase ini, saatnya kamu menjalankan semua rencana kerja yang sudah kamu buat bersama anggota tim lainnya. Bangun komunikasimu tetap sederhana dan fokus pada hasil. Sebagai Digital Manager Marketing baru, kamu juga harus memonitor hasil kerja tim dengan selalu berkomunikasi dengan mereka. 

Tanyakan apa saja kesulitan yang mereka alami. Mintalah pendapat dan umpan balik untuk menunjukkan keterlibatan dan kemauan mereka untuk meningkatkan hasil kerja.

5. Penilaian (hari 45 hingga 100)

Setelah rencana kerja, target, dan cara mencapainya kamu laksanakan, kamu telah sampai di tahap penilaian dalam 100 hari pertama sebagai Digital Marketing Manager baru. 

Bacalah data dan lihat mana yang berhasil dan mana yang tidak. Evaluasi hasilnya dan temukan berbagai solusi dari setiap permasalahan yang kamu dan tim alami. 

Ingatlah untuk tetap fokus dan tunjukkan bagaimana kamu belajar dari pengalaman. Setelah itu, baru kamu buat rencana dan target kerja untuk masa depan.

Baca juga: Ini 8 strategi digital marketing yang tepat untuk bisnismu

Itulah beberapa tips menjalani 100 hari pertama sebagai Digital Marketing Manager. Apakah kamu sudah siap?

panduan kerja digital marketing manager - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • gartner.com
  • smartinsights.com

Tags

Share