Published on

Lainnya

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, 3 Manfaat, hingga Contohnya

Chey Yuanita

pos-credit-card-settlement-instead-cash-settlement-shopping_1359-1162.jpg

Menjalankan bisnis online tidak hanya mengutamakan soal perencanaan yang matang, menyusun anggaran, ataupun website. Namun, memberikan kemudahan dalam proses pembayaran juga penting, seperti memasang payment gateway. Nah, payment gateway ini adalah sebuah solusi agar proses pembayaran jadi lebih mudah dan efisien. Lalu, apa seberapa besar manfaat yang didapat dari payment gateway untuk bisnis online? Simak pengertian, cara kerja, manfaat, hingga contohnya di artikel ini.

Apa itu payment gateway?


Payment gateway adalah sebuah layanan yang memudahkan proses transaksi. (sumber: freepik)

Payment gateway adalah mekanisme membaca dan mentransfer informasi pembayaran yang dilakukan dari pelanggan ke rekening bank merchant. Layanan ini memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi online. Metode pembayarannya pun beragam, bisa berupa transfer bank, kartu kredit, virtual account, debit, e-wallet, dan gerai minimarket.

Baca juga: 10 Jenis Transaksi yang Biasa Digunakan dan Contohnya

Cara kerja payment gateway


Cara kerja payment gateway. (sumber: freepik)

Cara kerja dari payment gateway terbilang cukup vital karena menghubungkan antara penjual dan pembeli ketika melakukan transaksi. Meski begitu, langkah-langkahnya tidak terlalu rumit atau dapat disebut sederhana. Berikut cara kerjanya:

  • Pertama, konsumen bertransaksi. Mulai dari memilih produk, menentukan metode pembayaran, hingga melakukan proses checkout.
  • Kedua, toko online akan mengirimkan data pembelian konsumen ke penyedia payment gateway. Setelah melakukan pembayaran, transaksi berlanjut ke bank atau institusi keuangan terkait.
  • Ketiga, bank atau institusi keuangan akan memproses transaksi.
  • Keempat, penyedia payment gateway akan mengirimkan pesan kepada toko online terkait berhasil atau tidaknya transaksi.
  • Kelima, institusi keuangan menerima pembayaran transaksi dari konsumen dan meneruskannya kepada toko online.

Baca juga: AR dan Mobile Payment jadi Pasangan Serasi, Mengapa?

Manfaat payment gateway


Manfaat payment gateway. (sumber: freepik)

Payment gateway diperlukan untuk bisnis apapun yang ingin menerima pembayaran online dan kartu kredit. Selain memberikan keuntungan bagi pemilik toko online, payment gateway juga menguntungkan pelanggan. Manfaat dari payment gateway adalah sebagai berikut.

1. Metode pembayaran yang lebih variatif

Payment gateway menyediakan metode pembayaran yang beragam, sehingga lebih memudahkan konsumen untuk belanja di toko online. Jika hanya menyediakan satu rekening bank sebagai metode pembayaran dan pelanggan bukan bagian dari nasabah bank tersebut, hal ini akan membebani mereka karena harus mengeluarkan biaya transfer antar bank.

2. Transaksi jadi lebih cepat

Menggunakan payment gateway akan meminimalisir kendala transaksi seperti pelanggan yang harus mengirimkan uang melalui transfer atau melakukan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu. Semakin lama proses transaksi, konsumen akan merasa tidak sabar dan membuat mereka tidak senang.

3. Tingkat keamanan tinggi

Perusahaan payment gateway telah membangun sistem keamanan yang canggih. Sehingga, semua transaksi tercatat dengan rapi, cepat, dan mencegah adanya transaksi fiktif yang bisa merugikan.

Baca juga: Panduan lengkap cara membuat PayPal dengan mudah

Perkembangan payment gateway di Indonesia


Perkembangan gateway di Indonesia. (sumber: freepik)

Payment gateway di Indonesia sendiri telah diresmikan sejak tanggal 4 Desember 2017 lalu di Jakarta oleh Bank Indonesia. Sistem payment gateway diberi nama Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Dukungan pemerintah membuat payment gateway di Indonesia semakin banyak bermunculan dan bervariatif. Pemerintah juga membangun tiga pihak khusus, seperti Lembaga Standar, Lembaga Switching, dan Lembaga Service untuk mengelola dan mengembangkan payment gateway.

Baca juga: Kenali CVV dan CVV di Kartu Kredit agar Kartu Kredit Aman!

Payment gateway yang populer di Indonesia


Payment gateway populer Indonesia. (sumber: freepik)

Cukup banyak layanan payment gateway di Indonesia. Beberapa di antaranya yang populer, antara lain DOKU, Midtrans, Faspay, iPaymu, Finpay, Xendit, Espay, NicePay, Prismalink, Winpay, dan Duitku. Beberapa dari layanan tersebut tentu mendukung metode pembayaran lengkap. Tidak hanya kartu kredit, tapi juga virtual account, e-wallet, QRIS, gerai minimarket, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Pilihan cara pembayaran di zaman digital, sudah coba semua?

Fungsi dari payment gateway adalah mempermudah kamu dalam menangani seluruh proses pembayaran. Adanya teknologi yang memudahkan transaksi pembayaran seperti payment gateway akan sangat membantu para pelaku usaha atau konsumen bisnis online. Apakah kamu tertarik untuk mendalami teknologi seperti payment gateway atau butuh bantuan profesional dalam menjalankan bisnis online?

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • forbes.com
  • niagahoster.co.id
  • ocbcnisp.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Motif_Ekonomi.jpg

    Lainnya

    Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi? Berikut Informasi Selengkapnya!

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    H1_GMV.jpg

    Lainnya

    GMV (Gross Merchandise Value): Pengertian dan Cara Menghitungnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    H1_(1).jpg

    Lainnya

    Ingin Punya Event Organizer? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menjalankannya!

    Gloria Renatha

    05 July 2022
    5 min read

    Video