Published on

Technology

PayPal adalah: Pengertian, fungsi, dan 3 cara membuat akunnya dengan mudah

Sylvia Rheny

paypal_adalah.jpg

Pembayaran digital di masa sekarang ini sudah sangat beragam, salah satu yang sudah lama ada dan mungkin sudah pernah kamu dengar adalah PayPal. Mungkin PayPal akan lebih familiar bagi kamu yang sering bertransaksi melewati batas negara dan di Indonesia sendiri penggunanya belum sebanyak di negara lain.

Lalu, sebenarnya apa itu PayPal? Apa perbedaannya dengan kartu kredit? Bagaimana cara bertransaksi menggunakan PayPal? Yuk, kita bahas satu per satu! 

Apa itu PayPal?

Apa itu PayPal?
PayPal adalah perusahaan yang memfasilitasi pembayaran antar pihak. (Sumber: pexels.com)

Dilansir dari Investopedia, PayPal adalah perusahaan perdagangan elektronik yang memfasilitasi pembayaran antar pihak melalui transfer online. Dengan menggunakan PayPal, kamu bisa membuat akun di platformnya yang nantinya akan terhubung ke kartu kredit atau rekening giro milikmu. 

Sedangkan dilansir dari laman resminya, PayPal adalah platform yang menyediakan cara mudah dan cepat untuk mengirim dan meminta uang secara online. Kamu dapat mentransfer uang (di luar negeri) ke keluarga, teman, toko online, dan situs lelang seperti eBay.

Baca juga: Hosting adalah: Kenali pengertian, fungsi, 5 jenis web hosting, beserta tips memilihnya

Fungsi PayPal

Fungsi PayPal
PayPal adalah salah satu jalan pembayaran yang mudah diterima oleh situs pembayaran online e-commerce. (Sumber: pexels.com)

Cara pembayaran online dengan menggunakan PayPal memang tersedia di berbagai situs web e-commerce. Berikut ini beberapa fungsi PayPal:

1. Sebagai transaksi pembayaran dengan fleksibilitas tinggi

Fungsi PayPal yang pertama yaitu akun PayPal kamu bisa dimanfaatkan untuk transaksi pembayaran melalui situs pembayaran di desktop, aplikasi, dan situs mobile.

2. Sebagai pembayaran yang cepat

Fungsi PayPal selanjutnya yaitu sebagai pembeli kamu bisa bertransaksi dengan cepat. Transaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual hanya memakan waktu yang singkat, karena transfer dari sesama akun PayPal atau dari akun PayPal ke rekening bank hanya membutuhkan waktu 24 jam lamanya.

3. Salah satu jalan pembayaran yang bersifat global

Fungsi PayPal yang ketiga yaitu PayPal merupakan salah satu jalan pembayaran yang mudah diterima oleh situs pembayaran online e-commerce di beberapa negara. Oleh karena itu, PayPal memiliki sifat global yang mampu diakses untuk kegiatan transaksi antar negara.

4. Sebagai cara pembayaran yang aman

Menggunakan PayPal sebagai cara pembayaran juga dapat membantu menjaga kerahasiaan data diri ketika melakukan berbagai kegiatan belanja online. Hal ini karena pembayaran melalui PayPal bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengirimkan atau memberi tahu berbagai informasi perbankan yang ada.

Baca juga: 5 Software email marketing terbaik dengan fitur menarik

Bagaimana cara menggunakan PayPal untuk berbelanja?

Bagaimana cara menggunakan PayPal untuk berbelanja?
Paypal adalah rekening virtual yang bisa digunakan untuk pembayaran online. (Sumber:pexels.com)

Saat ini metode pembayaran melalui PayPal semakin dibutuhkan, apalagi jika transaksi tersebut berada di luar negeri. Berikut beberapa cara penggunaan PayPal untuk berbelanja:

  • Buka website Paypal
    Pertama yang harus kamu lakukan adalah buka website resmi PayPal, lalu klik Sign Up untuk melakukan pendaftaran.
  • Pilih akun pribadi 
    Setelah kamu klik Sign Up, akan muncul 2 opsi, yaitu akun untuk bisnis atau akun pribadi. Klik akun pribadi jika kamu mendaftar untuk akun pribadi, lalu pilih lanjutkan.
  • Isi data diri
    Tahap berikutnya, kamu diminta untuk mengisi data diri seperti nama, alamat, e-mail, maupun password. Lalu, klik lanjutkan.
  • Isi alamat lengkap
    Setelah kamu mengisi data diri, kamu harus mengisi alamat yang lengkap, sebagai lokasi kamu menerima barang yang kamu beli secara online
  • Pilih belanja online
    Pada tahap ini, kamu diminta untuk mengisi salah satu opsi, yaitu belanja online atau mengirimkan uang untuk orang lain. Pilih belanja online kemudian klik mulai sekarang.
  • Tambahkan kartu kredit atau kartu debit
    Selanjutnya, kamu perlu menambahkan kartu kredit atau kartu debit sebagai pembayaran online menggunakan PayPal nantinya.
  • Mulai belanja
    Saat kamu mulai berbelanja atau melakukan donasi secara online dengan menggunakan akun PayPal, kamu hanya perlu memilih logo PayPal dan masuk pada akun PayPal kamu dengan memasukkan alamat email dan juga kata sandi untuk melakukan pembayaran. Nantinya, PayPal akan secara otomatis memberikan jaminan pada produk barang yang sudah kamu beli apabila terjadi suatu kerusakan atau ketidak sesuaian pesanan.

Baca juga: Apa itu prototype? Kenali pengertian, tujuan, manfaat, dan 3 contohnya

Perbedaan PayPal dengan kartu kredit 

Perbedaan PayPal dengan kartu kredit
Sistem PayPal lebih praktis dan aman daripada kartu kredit. (Sumber: pexels.com)

Banyak yang masih beranggapan bahwa PayPal sama dengan penggunaan kartu kredit. Lalu, apa yang membedakannya? Berikut informasi penting mengenai perbedaan PayPal dengan kartu kredit yang perlu diketahui:

PayPal Kartu Kredit
Memerlukan top-up saldo untuk melakukan transfer atau pembayaran. Menggunakan sistem limit.
Lebih aman karena informasi mengenai data perbankan tersimpan dengan aman. Informasi kartu kredit rentan terekspos ke banyak pihak dan dicuri.
Sistem PayPal tidak memerlukan biaya transfer untuk melakukan pembayaran. Terdapat biaya layanan pada kartu kredit. 

Baca juga: Sistem informasi manajemen: Pengertian, manfaat, 7 kategori, dan 5 contohnya

Cara membuat akun PayPal

Cara membuat akun PayPal
Cara membuat akun PayPal adalah melalui website resmi PayPal. (Sumber: pexels.com)

Berikut panduan dalam membuat akun PayPal dengan mudah dan penting untuk kamu ketahui:

  • Buka website PayPal
    Buka website paypal.com, jika kamu terdeteksi dari Indonesia, kamu akan diarahkan ke situs PayPal berbahasa Indonesia.
  • Pilih tombol daftar sekarang
    Ada 2 jenis rekening yang harus kamu pilih, rekening pribadi dan rekening bisnis. Jika untuk akun perusahaan kamu bisa pilih rekening bisnis, jika tidak pilih rekening pribadi
  • Pilih profesi dan isi data diri
    Pilih profesi kamu, isi data diri kamu secara lengkap, kemudian masukkan password yang kamu pilih.
  • Menunggu verifikasi akun
    Akun yang kamu buat memerlukan proses verifikasi agar bisa dipakai di berbagai merchant PayPal di seluruh dunia.

Baca juga: 8 Skill teknologi yang paling banyak dicari di 2021

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang pengertian PayPal dan cara pembuatannya. Untuk kamu yang ingin membuat akun PayPal, jangan lupa perhatikan ruang lingkup penggunaanya, apakah itu untuk pribadi atau untuk bisnis kamu, ya!

Selanjutnya, jika kamu tertarik pindah kerja, kamu bisa sign up lewat EKRUT untuk menemukan perusahaan yang sesuai dengan minatmu. Selain itu, kamu juga bisa menonton berbagai video untuk membantu persiapanmu menghadapi interview melalui YouTube EKRUTtv. Semoga bermanfaat, ya!

sign up EKRUT

Sumber:

  • investopedia
  • paypal
  • techopedia
  • cermati

Tags

Share