Published on

Lainnya

3 Cara Mudah Melakukan Top Up PayPal Lewat PC Hingga CC

Mary Swarahapsari

Cara_mudah_melakukan_top_up_Paypal_lewat_PC_hingga_CC_(sumber__pixabay).jpg

Di era digital ini kehidupan kita semakin dimudahkan dalam banyak hal. Misalnya dengan adanya online shop, kita dapat membeli sesuatu yang kita inginkan hanya melalui online. Nah, biasanya jual beli yang dilakukan secara online membutuhkan pembayaran secara online juga. Oleh karena itu, terdapat berbagai perusahaan yang menyediakan jasa pembayaran online, salah satunya PayPal. Lantas, apa sih yang dimaksud PayPal?

Baca juga: 8 Strategi Rekrutmen yang Efektif untuk Mendapatkan Talent

Apa itu PayPal?


PayPal adalah rekening virtual yang digunakan secara lokal hingga internasional (sumber: pexels)

PayPal merupakan perusahaan online yang beroperasi di bidang keuangan. PayPal berhasil menemukan cara yang lebih canggih untuk melakukan transaksi uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Rekening virtual ini menyediakan segala jenis pembayaran online dan jasa layanan transfer. PayPal sendiri telah banyak digunakan secara lokal maupun Internasional. Hal ini karena PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara.

Baca juga: PayPal Adalah: Pengertian, Fungsi dan 3 Cara Membuat Akun

Kegunaan PayPal


Kegunaan PayPal bagi pengguna (sumber: pexels)

Sejak pertama kali diperkenalkannya PayPal kepada masyarakat, PayPal langsung memberikan berbagai manfaat untuk memenuhi kebutuhan transaksi digital. Keuntungan yang ditawarkan membuat perusahaan ini dipercaya oleh berbagai kalangan dan berhasil memiliki 325 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Berikut kegunaan PayPal bagi penggunanya yang perlu kamu ketahui:

  • Dapat melakukan transaksi secara aman dan terpercaya tanpa ada batasan wilayah
  • Mempermudah melakukan pembayaran saat membeli barang melalui marketplace internasional seperti Amazon, eBay, dsb
  • Menjadi alternatif pembayaran untuk pembeli yang tidak memiliki rekening bank konvensional
  • Bisa menerima uang dalam bentuk mata uang asing dari klien/kerabat luar negeri, lalu dicairkan ke dalam rupiah
  • Sumber pembayaran bisa berasal dari kartu kredit maupun kartu debit

Baca juga: 4 Contoh Surat Cuti Kuliah dengan Berbagai Alasan beserta Cara Pembuatannya

Kelebihan dan Kekurangan PayPal


Kelebihan dan kekurangan PayPal yang harus kamu ketahui (sumber: pexels)

Meskipun terdapat rekening virtual lainnya, PayPal sering disebut sebagai metode pembayaran yang paling banyak memiliki peminat. Namun, terlepas dari popularitasnya, ada pro dan kontra yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan layanan ini. 
Jangan khawatir, karena kelebihannya lebih banyak daripada kekurangannya, dan bahkan kekurangannya bisa diatasi, lho. Berikut adalah pandangan singkat tentang kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan PayPal sebagai solusi pembayaran kamu. 

1. Kelebihan menggunakan PayPal

  • Pembayaran yang bersifat global

PayPal telah digunakan oleh berbagai negara. Lebih dari 100 negara dengan 203 global markets mempercayai PayPal sebagai alat transaksi. PayPal juga diakui di Indonesia, jadi sekarang kamu dapat mengirim uang dari PayPal ke rekening bank lokal tanpa harus repot mengkonversi mata uang.

  • Sistem keamanan yang baik

Ketika kamu membuat akun PayPal dan menghubungkan langsung ke rekening bank untuk melakukan proses pembayaran, penjual tidak menerima nomor rekening bank atau kartu kredit, namun hanya nomor rekening PayPal. PayPal menyediakan cara paling aman untuk berbelanja online tanpa mengganggu informasi akun kamu.

  • Hemat waktu

Mungkin ada momen dimana kamu perlu mengirim uang kepada anak, saudara, atau teman yang berada di luar negeri. Dengan menggunakan PayPal, kamu dapat melakukan transfer kapan saja. Tentu saja, kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk pergi ke bank hanya untuk transfer uang.

  • Melakukan transaksi lebih mudah

Kamu akan dimudahkan saat melakukan transaksi menggunakan PayPal, apalagi dengan sesama pengguna akun PayPal. Selain itu, fitur yang ada juga memudahkan pemula untuk langsung memahami semua fungsi menunya.

  • Pembuatan akun hanya 5 menit

Saat kamu membuat rekening bank, biasanya kamu harus datang langsung ke bank terdekat untuk menyerahkan data seperti KK, KTP, ataupun mengisi formulir hingga menunggu kode verifikasi sms yang harus kamu aktifkan terlebih dahulu. Di PayPal, kamu hanya perlu membuka situs resmi PayPal dan membuat akun seperti biasa. Kamu wajib menggunakan alamat email aktif untuk memverifikasi akun PayPal. Nah, alamat email tersebut yang nantinya digunakan sebagai identitas untuk transaksi akun PayPal.

  • Bebas tarif bulanan

Keuntungan lainnya yang dapat kamu nikmati adalah pengguna PayPal dibebaskan tarif bulanan. Kamu tidak perlu membayar biaya keanggotaan, tanpa membayar pemrosesan, dan tanpa biaya layanan.

Baca juga: 12 Rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan terdaftar OJK

2. Kekurangan menggunakan PayPal

  • Akses terbatas untuk transaksi

Terdapat batasan nominal untuk transaksi di PayPal. PayPal memiliki aturan sendiri sehingga kamu tidak dapat bertransaksi sebebas yang kamu inginkan. Misalnya, PayPal unverified limit 1000$/bulan. Oleh karena itu, bila ingin melakukan verifikasi, kamu wajib menggunakan kartu kredit yang tidak semua orang memilikinya.

  • Pihak PayPal dengan mudah memblokir pangguna

Peraturan PayPal yang harus dipatuhi penggunanya terbilang ketat. Bila kamu tidak sepenuhnya mematuhi aturan dari PayPal, maka sistem PayPal tidak akan ragu untuk memblokir akun kamu. Dengan begitu, semua uang kamu dapat hilang ketika akunmu diblokir oleh PayPal.

  • Akses diblokir ketika IP berbeda

Ketika kamu melakukan login, pastikan kamu menggunakan IP yang sama dan dari negara yang sama. Misalnya, kamu mencoba login PayPal dengan VPN karena ingin melakukan transaksi tertentu dimana harus menggunakan VPN. Namun, kemungkinan akan diblokir atau digagalkan dengan alasan Riwayat IP berbeda negara.

Baca juga: Kenali CVV dan CVV di Kartu Kredit agar Kartu Kredit Aman!

3 Cara melakukan top up saldo PayPal


Tips melakukan top up PayPal dengan berbagai cara (sumber: pixabay)

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari penggunaan PayPal, apakah kamu tertarik menggunakan rekening PayPal? Bila iya, berikut cara yang perlu kamu ketahui saat melakukan top up saldo PayPal agar mempermudah transaksi kamu.

1. Top up saldo melalui PC

Apabila kamu ingin mengisi saldo PayPal lewat PC atau komputer, maka berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan: 

  • Login akun PayPal kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs PayPal di website, kemudian login akun PayPal-mu. Apabila kamu belum memasukkan rekening bank ke dalam akun PayPal, maka masukkan terlebih dahulu dengan mengklik “Wallet” atau “Money”. Perlu diketahui bahwa proses isi saldo membutuhkan rekening bank dan memakan waktu sampai beberapa hari.

  • Klik Transfer Money

Saat berhasil masuk ke dalam akunmu, langkah selanjutnya adalah klik “Transfer Money”. Tombolnya berada di sudut kiri atas, tepat di bawah saldo. Setelah itu, kamu akan mendapatkan pesan yang menyuruhmu untuk mencoba transfer instan ke bank kamu. Kamu tinggal klik ‘Got It’ untuk melanjutkan.

  • Tambah saldo

Selanjutnya, klik ‘Add Money to Your Balance’ untuk menambahkan saldo ke akun PayPal. Masukkan nominal uang yang akan kamu top up ke akun PayPal.

  • Klik Add Personal

Setelah semuanya sesuai dengan apa yang kamu inginkan, klik ‘Add Personal’. Maka saldo yang kamu tambahkan nantinya akan masuk ke akun PayPal-mu dalam waktu 3-5 hari jam kerja.

Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

2. Top up saldo melalui aplikasi

Selain lewat PC, kamu juga dapat melakukan top up melalui aplikasi. Caranya juga mudah, berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka aplikasi PayPal. Langkah pertama yang kamu dapat lakukan adalah membuka aplikasi dan login akun PayPal-mu. Patikan akun bank kamu sudah berada di dalam PayPal. Seperti halnya lewat PC, proses ini juga membutuhkan akun bank supaya dapat mengisi saldo. Jika belum, lakukan langkahnya pada penjelasan sebelumnya.
  • Klik saldo. Kemudian, kamu langsung bisa klik ‘Your Balance’ yang berada di tengah layar, lalu klik ‘Add Money’ untuk menambahkan saldo.
  • Masukkan jumlah saldo. Jika diminta untuk menambahkan dari bank kamu, klik nama rekening bank yang ingin kamu gunakan untuk mentransfer saldo ke akun PayPal. Setelah itu, masukkan jumlah saldo lalu klik ‘Next’. Setelah itu klik ‘Add to Your Balance’ dan nantiya saldo PayPal kamu akan terisi dalam waktu 3-5 hari jam kerja.

3. Top up saldo melalui CC (credit card)

Cara terakhir untuk melakukan top up saldo PayPal dengan menggunakan kartu kredit. Tentu saja cara ini termasuk mudah dan sederhana. Kamu cukup menghubungkan kartu kredit ke akun PayPal-mu. Secara otomatis, saldo akun PayPal milikmu akan terisi sesuai dengan jumlah limit kartu kredit milikmu.

Baca juga: Apa itu rekber (rekening bersama)? Kenali pengertian dan cara kerjanya di sini

Demikian cara top up PayPal dalam beberapa tahapan dan pilihan platform. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu sebagai pengguna baru PayPal, ya!

Nah, jika kamu tertarik mengetahui berbagai tips lainnya, kamu juga dapat mengunjungi YouTube EKRUT Official. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk bergabung bersama kami dengan sign up EKRUT agar memiliki karier sesuai impianmu.

Sumber: 

  • Suara.com
  • Helmykediri.com
  • Online-sciences.com
  • Financialwellness.org

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_GMV.jpg

    Lainnya

    GMV (Gross Merchandise Value): Pengertian dan Cara Menghitungnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    cover_(11).jpg

    Lainnya

    DP (Down Payment): Definisi, Fungsi, Cara Kerja, dan Keuntungannya

    Detty Risetya

    05 July 2022
    5 min read
    H1-Bedanya_Sanering__Redenominasi_dan_Devaluasi_dan_Contohnya.jpg

    Lainnya

    Bedanya Sanering, Redenominasi, dan Devaluasi, beserta Contohnya

    Lita Lia

    05 July 2022
    5 min read

    Video