Published on

Careers

18 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Barang, dan Bisnis

Sylvia Rheny

18_Jenis_Pekerjaan_yang_Menghasilkan_Jasa__Barang__dan_Bisnis.jpg

Sebelum kamu terjun ke dunia kerja, kamu perlu memahami bahwa terdapat banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih. Dilansir dari situs Kemdikbud, pekerjaan adalah jenis perbuatan atau kegiatan untuk memperoleh imbalan atau upah. Jenis pekerjaan tersebut pada umumnya menghasilkan barang, jasa, dan bisnis. Nah, sebelum kamu memilih jenis pekerjaan mana yang cocok untukmu, ada baiknya kamu mencari tahu beberapa contoh jenis pekerjaan di bawah ini!

Baca juga: 8 Jenis pekerjaan yang banyak dicari di startup

6 Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa


Contoh jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. (Sumber: Pexels)

Jenis pekerjaan yang akan dibahas pertama dalam artikel ini adalah pekerjaan-pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa merupakan suatu tindakan yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa antara lain adalah sebagai berikut:

1. TNI dan Polri

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa yang pertama adalah Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri). Jasa yang diberikan oleh TNI adalah menjaga keamanan negara di bidang pertahanan. Sedangkan jasa yang diberikan oleh Polri adalah menjaga keamanan negara dan masyarakat.

2. Karyawan atau pegawai

Selain TNI atau Polri, jenis pekerjaan selanjutnya yang menghasilkan jasa adalah karyawan atau pegawai. Jenis pekerjaan ini adalah yang paling banyak dibutuhkan untuk mengisi peran pada berbagai bidang atau industri, misalnya di perusahaan swasta atau pemerintahan. Karyawan atau pegawai dibutuhkan sesuai bidang keahlian yang menjadi fokusnya.

Baca juga: Mengenal 4 jenis pekerja atau tenaga kerja yang ada di Indonesia

3. Pustakawan

Jika kamu pergi ke perpustakaan, maka kamu akan menemui jenis pekerjaan sebagai pustakawan satu ini. Jasa yang diberikan oleh pustakawan adalah bertanggung jawab untuk mengelola dan memberikan pelayanan di perpustakaan. Tanggung jawab dan kompetensi kepustakawanan diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan.

4. Guru

Guru juga termasuk jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Bersumber dari UU No. 14 Tahun 2005, guru diartikan sebagai tenaga pendidik profesional yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

5. Dokter

Jenis pekerjaan satu ini adalah jenis pekerjaan yang memiliki peminat cukup tinggi. Jasa yang diberikan oleh dokter adalah melakukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan medis pada pasien dengan pengetahuan medis dan rasa kemanusiaan. Banyak dokter yang melakukan perawatan khusus di bidang-bidang spesialisasi.

6. Supir

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa lainnya adalah supir. Supir merupakan orang yang mengendarakan kendaraan bermotor. Jasa yang diberikan oleh supir adalah mengantar dan menjemput penumpang yang ingin berpergian atau barang yang ingin dibawa ke suatu tempat.

Baca juga: 7 Pekerjaan yang paling banyak dicari pada tahun 2022

6 Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang


Contoh jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. (Sumber: Pexels)

Jenis pekerjaan kedua adalah pekerjaan-pekerjaan yang menghasilkan barang. Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan dengan output atau hasil jadi berupa barang melalui berbagai tahapan atau proses agar siap digunakan oleh konsumen atau dapat diolah kembali sesuai kebutuhan. Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pengrajin

Pengrajin adalah salah satu contoh jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Seorang pengrajin memiliki bahan khusus yang digunakan untuk membentuk karya mereka masing-masing. Contoh hasil kerajinan yaitu ukiran, perhiasan, gerabah, kain tenun, dan cenderamata.

2. Peternak

Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang yang selanjutnya adalah peternak. Peternak adalah seseorang mengembangbiakkan hewan ternak untuk dijual kembali seperti kambing, sapi, ayam, kelinci, sapi, dan itik. Hewan ternak tersebut dirawat hingga menghasilkan daging, telur, susu, atau kulit yang dijual di pasaran.

3. Petani

Petani adalah jenis pekerjaan yang mendapatkan barang berupa hasil dari pertanian, dengan cara melakukan pengolahan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman. Petani termasuk pekerjaan yang menghasilkan barang seperti padi, jagung, sayuran, dan buah-buahan.

4. Nelayan

Jenis pekerjaan yang menghasilkan barang selanjutnya adalah nelayan. Tugas seorang nelayan adalah bekerja mencari ikan di laut dan menjual hasil tangkapan berupa ikan segar tersebut ke pasar. Jenis pekerjaan sebagai nelayan biasanya ditemukan di sekitar wilayah pantai.

5. Penjahit

Penjahit adalah jenis pekerjaan penghasil barang yang bekerja membuat pakaian seperti celana, rok, jas, kemeja baik untuk laki-laki atau perempuan dengan menggunakan alat mesin jahit. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian untuk memotong kain, membuat pola, dan mengubah kain menjadi pakaian.

6. Pengrajin besi

Pengrajin besi juga merupakan salah satu contoh jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Sama seperti namanya, tugas seorang pengrajin besi adalah mengolah bahan-bahan dasar besi menjadi bahan siap pakai. Contoh barang hasil produksi pengrajin besi adalah rantai, pisau, pedang, dan sebagainya.

Baca juga: Menarik, ini 7 pekerjaan yang cocok untuk orang sensitif

6 Jenis pekerjaan dalam bidang bisnis


Contoh jenis pekerjaan dalam bidang bisnis. (Sumber: Pexels)

Jenis pekerjaan ketiga yang akan dibahas dalam artikel ini adalah pekerjaan-pekerjaan dalam bidang bisnis. Jenis pekerjaan ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada tujuan spesifiknya dan mempekerjakan karyawan internal untuk tujuan itu sambil mempekerjakan profesional layanan bisnis untuk menyelesaikan tugas yang memerlukan keahlian atau peralatan khusus. Jenis pekerjaan dalam bidang bisnis antara lain adalah sebagai berikut:

1. Akuntan

Salah satu jenis pekerjaan dalam bidang bisnis pertama adalah akuntan. Akuntan adalah julukan atau gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah menempuh pendidikan sarjana di fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Pekerjaan ini dibutuhkan di perusahaan maupun pemerintahan. Tanggung jawab akuntan adalah pada laporan dan analisis keuangan di perusahaan.

2. Konsultan

Konsultan adalah jenis pekerjaan ahli sebagai penasihat. Tugas seorang konsultan adalah memberikan petunjuk, pertimbangan, penelitian, hingga nasihat dalam bidang tertentu. Beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan jenis pekerjaan sebagai konsultan antara lain bidang kesehatan, hukum, pemasaran, dan proyek.

3. Pengusaha

Jenis pekerjaan selanjutnya dalam bidang bisnis adalah pengusaha. Pengusaha disini dimaksudkan kepada kelompok atau individu yang melakukan kegiatan jual beli berupa produk barang atau jasa sesuai bidang yang digeluti. Contoh jenis pekerjaan ini adalah pengusaha kain, pengusaha sepatu, peternakan ayam, pengusaha minyak, dan lain-lain.

4. Perencana keuangan

Jenis pekerjaan sebagai perencana keuangan dibutuhkan di bidang bisnis, jasa keuangan, dan firma. Pekerjaan ini membutuhkan seseorang yang ahli di bidang keuangan untuk membantu perencanaan yang tepat.

5. Human resources (HR)

Jenis pekerjaan sebagai human resources atau sumber daya manusia (SDM) memiliki tugas yang berkaitan dengan tenaga kerja, memastikan karyawan mendapatkan hak, dan puas dengan pekerjaan mereka. Tugas jenis pekerjaan sebagai HR lainnya adalah mengurus pelatihan, perekrutan, tunjangan karyawan, dan kompensasi untuk karyawan yang mengundurkan diri.

6. Marketing

Jenis pekerjaan marketing adalah pekerjaan yang berhubungan dengan keseluruhan sistem dari bisnis. Tugas dari jenis pekerjaan ini adalah memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadi penjualan.

Baca juga: Daftar pekerjaan fleksibel yang bisa kamu pertimbangkan

Itulah serangkaian jenis pekerjaan yang menghasilkan barang, jasa, dan bergerak dalam bidang bisnis. Pastikan kamu telah mempertimbangkan jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau passion yang kamu miliki agar kamu bisa mengembangkan karier-mu secara maksimal.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • Perpusnas
  • Quipper
  • Kumparan
  • Katadata

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video