Published on

Careers

Penyebab pencemaran udara dan dampaknya bagi kesehatan pekerja

Tsalis Annisa

penyebab-pencemaran-udara-EKRUT.jpg

Belakangan ini udara di Jakarta tengah mengalami penurunan kualitas dan peningkatan polusi udara. Polusi atau pencemaran udara ini disinyalir disebabkan oleh musim kemarau. Tapi, apakah hanya musim kemarau penyebabnya? Lalu, apakah dampaknya bagi kesehatanmu?

Agar lebih paham, berikut ini adalah penjelasannya yang menarik untuk kamu ketahui. 

Penyebab pencemaran udara

Penyebab pencemaran udara ada 2 jenis yaitu, antropogenik dan sumber alami. Meski sumber alami disebutkan ikut berkontribusi terhadap pencemaran udara yang terjadi, nyatanya aktivitas manusia jauh lebih berkontribusi dalam meningkatnya kondisinya. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab pencemaran udara:

1. Perencanaan kota yang buruk

Penyebab pencemaran udara yang pertama adalah perencanaan kota yang buruk. Kenapa? Karena dengan perencanaan kota yang baik dan transportasi umum yang mumpuni, umumnya masyarakat akan memilih untuk menggunakan transportasi umum. 

Tentunya dengan penggunaan transportasi kendaraan pribadi dapat membantu memperlambat emisi polusi. Sayangnya, meski hal ini sudah sering menjadi perbincangan, transportasi pribadi masih menjadi pilihan utama.

2. Pabrik

Selain perencanaan kota yang buruk hingga memicu penggunaan transportasi pribadi yang berlebihan, pabrik juga menjadi salah satu penyumbang pencemaran udara. 

Pasalnya, sebagian besar pabrik mengeluarkan limbah asap yang dapat menjadi penghasil polutan yang dapat membahayakan masyarakat sekitarnya. 

3. Berkurangnya pohon

Tidak hanya berguna dalam penyerapan air, pohon juga berguna untuk membersihkan udara, dan mengatur temperatur udara. Itulah mengapa berkurangnya pohon dapat menjadi salah satu penyebab pencemaran udara yang terjadi. 

4. Pembakaran sampah

Pembakaran sampah dapat memicu pelepasan zat-zat berbahaya ke atmosfer. Adapun beberapa zat tersebut seperti, metana, furan, dioksin, dan partikel berbahaya seperti karbon hitam. 

Pembakaran sampah sebenarnya dapat dikurangi atau bahkan dihilang sama sekali dengan memisahkan limbah organik dan mengubahnya menjadi kompos. Hal ini kelak dapat menjadi sumber energi alternatif dan meningkatkan kesuburan tanah. 

penyebab pencemaran udara - EKRUT
Pencemaran udara dalam jangka panjang dapat berdampak buruk untukmu, pastikan kamu menggunakan masker saat berada di luar ruangan - EKRUT

Lalu, apakah dampak pencemaran udara bagi pekerja kantoran?

Selama di perjalanan pergi maupun pulang kantor, terutama di saat macet, pekerja kantoran akan sangat berpotensi untuk terpapar oleh polusi udara. Oleh karena itu, sekalipun kamu bekerja di dalam gedung bukan berarti kamu tidak berisiko mengalami dampaknya. 

Jika kondisi ini tidak segera ditanggulangi, beberapa dampak ini berpotensi untuk terjadi. 

  • Menurunnya fungsi paru-paru
  • Terjadinya infeksi saluran pernapasan
  • Asma
  • Berat lahir rendah pada bayi
  • Kelahiran prematur
  • Terganggunya perkembangan neurologis anak

Itulah beberapa penyebab pencemaran udara dan dampaknya bagi masyarakat termasuk pekerja kantoran. Jadi, ingatlah untuk selalu menggunakan masker saat kamu berada di luar ruangan, baik pulang maupun pergi kerja. 

Ingat, agar pekerjaanmu lancar, kesehatanmu juga harus terjaga dengan baik!

Rekomendasi bacaan: 

Sumber:

  • who.int
  • who.int
  • earthshare.org
  • worldenvironmentday.global

Tags

Share