Published on

Careers

10+ Rekomendasi Perabot Kantor Beserta Fungsinya

Lita Lia

10__Rekomendasi_Perabot_Kantor_Beserta_Fungsinya.jpg

Perabot kantor ada banyak sekali macamnya. Perabot ini sangat berperan dalam mendukung kinerja karyawan. Tanpa tersedianya perlengkapan, mustahil karyawan bisa bekerja dengan baik. Bagi yang sedang merencanakan membuat kantor baru, yuk simak beberapa rekomendasi perabot kantor dan fungsinya. 

Baca juga: 7 Fasilitas Kerja yang Wajib Karyawan Ketahui dan Manfaatkan

12 Rekomendasi perabot kantor dan fungsinya


Pilih perabot kantor berikut dijamin kinerja karyawan tidak akan terganggu (Sumber: Pexels)

Kinerja karyawan diharapkan lebih efektif dan efisien jika owner menyediakan sejumlah perabot kantor yang memadai. Berikut beberapa perlengkapan perabot kantor yang sebaiknya tersedia demi kelancaraan pekerjaan.

1. Perangkat komputer


Di zaman serba digital, komputer adalah perangkat paling penting (Sumber: Pexels)

Perabot kantor satu ini sangat vital peranannya. Perabot ini sangat membantu dalam pekerjaan-pekerjaan utama sebuah perusahaan. Misalnya membuat berbagai laporan, transaksi, mencatat semua hal penting, bahkan hingga membuat konten marketing. Perangkat komputer selalu mengalami perubahan. Jika dulu layar komputer menggunakan jenis tabung yang boros tempat, maka sekarang bentuk layarnya LCD yang cenderung tipis.

2. Paper shredder


Setiap dokumen bersifat rahasia yang harus terjaga kerahasiaanya (Sumber: Pexels)

Dokumen perusahaan ada kalanya sudah tidak terpakai lagi. Setelah tak terpakai, biasanya akan dihancurkan, alih-alih dibuang begitu saja. Hal ini bertujuan mengurangi risiko kebocoran informasi yang tercetak di dokumen. Nah, alat untuk menghancurkan kertas tidak terpakai ini adalah paper shredder. Mesin satu ini bekerja menghancurkan kertas hingga menjadi berukuran lebih kecil. Biasanya, alat bisa dioperasikan secara otomatis dengan sekali tekan. Selain untuk menjaga kebocoran data, alat ini juga cocok agar limbah kantor mudah dibersihkan.

3. Mesin absensi


Kehadiran perlu dicatat (Sumber: Pexels)

Mencatat kehadiran karyawan sudah tidak secara manual lagi. Adanya mesin absensi akan mempermudah kantor mencatat kehadiran, hingga mengkalkulasi absensi secara otomatis. Jenis pencatat absensi ini juga sangat beragam. Ada yang model lama seperti mesin kertas ceklok, hingga yang sudah berbasis teknologi. Mulai dari absensi dengan face recognition, retina mata, hingga yang paling sering digunakan adalah fingerprint system.

Baca juga: 10 Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Produktif

4. Meja dan kursi staf


Tidak mungkin karyawan bisa kerja tanpa meja kursi (Sumber: Pexels)

Perabot kantor selanjutnya sangat wajib dimiliki perusahaan. Meja dan kursi ini adalah tempat para karyawan mengerjakan job description masing-masing. Biasanya diletakan pula di atas meja staf ini mulai dari perangkat PC, file kertas, dan peralatan pendukung kerja lainnya.

Nah, untuk model meja dan kursi staf juga sangat beragam. Desainnya dibuat sedemikian rupa, dengan standar tertentu, dan material yang membuat karyawan nyaman bekerja. Biasanya untuk meja dan kursi karyawan biasa, desainnya akan lebih simple dibanding milik manager, direktur, maupun jajaran petinggi lainnya.

5. Filing cabinet


Filing cabinet berfungsi untuk menyimpan data secara fisik (Sumber: Pexels)

Filing cabinet merupakan peralatan yang berguna untuk menyimpan arsip berupa dokumen fisik. Alat kantor ini berbentuk layaknya lemari dengan otak besar yang disusun vertikal. Susunan laci ini sangat berguna untuk memudahkan pengelompokkan dokumen maupun barang. Material filing cabinet umumnya terbuat dari besi sehingga aman untuk penyimpanan. Besi dianggap cocok sebagai tempat penyimpanan karena anti rayap. Tak hanya itu, material satu ini juga kokoh dan mudah perawatannya.

6. Mesin fotokopi


Semua orang tahu berapa pentingnya mesin fotokopi (Sumber: Pexels)

Fungsi mesin fotokopi sangat penting dalam kantor. Mesin untuk duplikasi file berbentuk kertas ini, akan membuat kinerja karyawan lebih efisien. Karyawan tidak perlu ke luar kantor hanya untuk fotokopi. Tentunya waktu kerja menjadi lebih efektif, tanpa terbuang di jalanan.

7. Printer dan scanner


Printer dan scanner harus ada dalam kantor kamu (Sumber: Pexels)

Fungsi alat satu ini sebagai pencetak dokumen yang praktis. Ada model printer yang hanya bisa untuk mencetak dan ada yang sekaligus sebagai scanner. Scanner ini sangat berguna untuk mengubah file dari hardcopy ke softcopy. Ada kantor yang menyediakan dua alat ini dalam bagian berbeda. Ada pula yang membeli perangkat pencetak yang sudah dilengkapi scanner. Biasanya untuk skala besar, printer dan scanner digunakan dalam alat terpisah.

8. Lemari kantor


Gunakan lemari untuk menyimpan berbagai perabot kantor (Sumber: Pexels)

Berbeda dengan filing cabinet, fungsi lemari kantor terbilang berbeda. Lemari kantor tidak hanya untuk menyimpan berkas, melainkan juga untuk meletakkan berbagai peralatan lain. Misalnya stok alat tulis, kertas, dan sejenisnya. Untuk bentuknya, ada yang didesain full coverage dan ada pula yang dilapisi kaca. Umumnya ukuran lemari ini cukup besar sehingga isinya muat lebih banyak. Lemari ini juga cocok untuk menyimpan dokumen tahunan.

Baca juga: Yuk, terapkan 6 tips meningkatkan produktivitas kerja berikut!

9. Rotary filing


Perabot kantor satu ini sangat berguna untuk karyawan (Sumber: Pexels)

Rotary filing merupakan tempat untuk menyimpan berkas tetapi bisa diputar. Bentuk tempat penyimpanan ini bulat dengan aksen yang membuatnya mudah diputar 360 derajat. Fungsinya sebagai tempat menyimpan bekas yang bisa digunakan secara lebih mudah. Biasanya, rotary filing sangat berguna untuk meletakkan dokumen yang masih digunakan. Pekerja tidak perlu buka dan tutup lemari berulang. Cukup disimpan di perabot ini, tentu aktivitas pekerjaan lebih efisien.

10. Perangkat internet


Internet menjadi kebutuhan wajib saat ini (Sumber: Pexels)

Tanpa internet, terasa sangat sulit menyelesaikan pekerjaan dan berkoordinasi dengan karyawan maupun klien. Biasanya dalam menyediakan akses internet, pihak kantor berlangganan dengan memasang perangkat khusus. Perangkat ini bisa berupa modem, router, hingga antena. Perangkat satu ini akan memudahkan setiap karyawan mendapatkan akses internet. Untuk maintenance, peralatan ini juga harus teratur. Biasanya jika terjadi kerusakan, pihak kantor akan langsung menghubungi teknisi.

11. Papan progres


Mari mulai merencanakan dan mengevaluasi kinerja dengan papan progres (Sumber: Pexels)

Papan progres di kantor umumnya berbentuk layaknya papan tulis. Fungsi papan ini sebagai pencatat progress kinerja, papan untuk informasi karyawan, dan masih banyak lagi. Umumnya, perabot kantor ini diletakkan di tempat strategis, misalnya di dinding yang mudah dilihat oleh siapapun. Bentuk papannya sangat bervariasi. Ada yang polos dengan tabel yang manual dibuat, ada pula yang sudah memiliki tabel dari pabrikannya.

12. Map kertas/plastik


Gunakan map kertas biar dokumen tidak berantakan (Sumber: Pexels)

Dokumen yang dicetak tidak mungkin teronggok begitu saja tanpa ditata. Map baik itu dari kertas atau plastik, sangat penting peranannya di kantor. Perabot ini berguna untuk menyimpan kertas dokumen agar tidak berantakan, mudah dicari, dan secara estetika juga pantas diberikan ke atasan. Selain itu, map juga berguna agar pencarian dokumen lebih mudah. Dokumen fisik nantinya akan diarsipkan di lemari. Pekerja akan lebih mudah mencari file hanya dengan melihat warna map serta keterangannya di bagian samping.

Baca juga: Meningkatkan produktivitas kerja pada 2022 dengan deretan tools ini

Nah, itu dia sejumlah contoh perabot kantor dengan penjelasan fungsinya yang beragam. Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • salamdian.com
  • ilmuekonomiid.com
  • rumah123.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video