Register

Expert's Corner

Mengulik peran dan tugas Recruitment Manager di EKRUT

Nur Lella Junaedi

22 January 2020

peran-dan-tugas-recruitment-manager-EKRUT.jpg

Salah satu peran Recruitment Manager adalah melakukan proses perekrutan dan sebisa mungkin mempertahankan talent tersebut untuk tetap bekerja di perusahaan. Akan tetapi, peran dan tugas Recruitment Manager dapat  berbeda di setiap perusahaan. Contohnya seperti di EKRUT sendiri. 

Di EKRUT, peran dan tugas Recruitment Manager menjadi penting karena menunjang keberhasilan perusahaan sebagai sebuah talent marketplace. Lantas, seperti apa peran dan tugas Recruitment Manager di EKRUT?

Simak penjelasannya dari pengalaman Melissa Thamrin selaku Recruitment Manager EKRUT berikut ini.

Cakupan tim Recruitment Manager EKRUT

peran dan tugas recruitment manager EKRUT 
Tim rekrutmen yang nantinya akan menyeleksi talent dari berbagai macam background pendidikan-EKRUT

Tugas dari Recruitment Manager EKRUT di antaranya adalah mencari talent terbaik untuk dipertemukan dengan perusahaan impian melalui platform marketplace EKRUT.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Melissa akan banyak berkoordinasi dengan timnya yang berjumlah sekitar 30 hingga 35 orang dalam kesehariannya.

Tim inilah yang nantinya memastikan sumber talent, melakukan proses interview sampai memastikan talent tersebut dapat dipekerjakan di perusahaan yang membutuhkan.

Saat menyeleksi talent, biasanya proses yang dilakukan adalah dengan melakukan interview secara langsung.

Dari sana tim akan menanyakan tentang deskripsi pekerjaan kandidat, key performance indicator, pencapaian yang pernah diraih di perusahaan lama hingga menanyakan pertanyaan logis lainnya yang bersifat spontanitas.

Setelah itu biasanya Melissa sudah bisa menentukan sendiri, apakah calon talent ini merupakan sumber talent terbaik, biasa saja atau kurang.

Tantangan dan cara memperlakukan tim menurut Recruitment Manager EKRUT

peran dan tugas recruitment manager EKRUT 
Salah satu tantangan Recuitment Manager adalah dalam hal komunikasi-EKRUT

Melakukan koordinasi yang baik bagi semua anggota tim tentunya bukan hal yang mudah. 

Itu juga yang dirasakan oleh perempuan lulusan Binus ini.

Komunikasi menjadi tantangan dalam menyamakan tujuan tim, di mana dengan banyaknya anggota tim tentu memiliki karakter yang berbeda-beda pula.

Maka dari itu, ia sebisa mungkin memberikan arahan yang jelas kepada semua tim dengan tetap mempertimbangkan kepribadian tiap personalnya.

Baca juga: Mudah, ini 7 Tips membangun kerja sama tim yang baik

Ia juga tak segan untuk memberikan penghargaan kepada timnya, mana kala ada anggota tim yang dapat menyumbangkan ide hingga bisa mencapai target perusahaan.

Untuk tetap menjaga solidaritas tim sekaligus meningkatkan performance tim, Melissa juga selalu melakukan evaluasi kinerja tim dengan mengajak tim berdiskusi.

Bahkan untuk menghindari kejenuhan rutinitas kerja, ia selalu mengajak timnya untuk pergi keluar dan mengizinkan mereka untuk bekerja secara remote.

Bagian favorit sebagai Recruitment Manager 

peran dan tugas recruitment manager EKRUT 
Bisa mengenal ragam karakter talent menjadi salah satu bagian favorit dari pekerjaan ini-EKRUT

Bisa mengenal banyak talent yang jumlahnya ratusan hingga ribuan orang menjadi bagian favorit dari dedikasinya sebagai Recruitment Manager di EKRUT.

“Tentunya kita akan melakukan treatment yang berbeda pada talent yang taraf kariernya masih junior hingga senior, sampai talent IT atau non IT. Masalahnya akan berbeda-beda. Jadi kami setiap hari harus mencari solusi terbaik dari masalah tersebut,” ucapnya.

Kualifikasi tim yang dicari oleh Recruitment Manager 

peran dan tugas recruitment manager EKRUT 
Adapun kandidat yang dicari oleh Recruitment Manager yakni memiliki kemampuan komunikasi yang bagus-EKRUT

Bila kamu tertarik untuk bergabung dengan pekerjaan ini, Melissa membagikan beberapa persyaratan untuk dapat menjadi calon timnya.

  • Kandidat tidak selalu harus berasal dari bidang psikologi yang terpenting adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Mampu belajar dan memahami bidang perekrutan dengan cepat
  • Memiliki pengalaman menangani dan meyakinkan orang
  • Memiliki ambisi untuk mencapai target

Baca juga: Perbedaan rekrutmen zaman dulu dan sekarang

Setelah membaca ulasan di atas, tentunya kamu sekarang sudah tahu tentang peran dan tugas Recruitment Manager bukan? Untuk lebih lengkapnya terkait pekerjaan Recruitment Manager di EKRUT, kamu juga bisa menonton tayangan berikut ini. 

Nah, bila kamu saat ini sedang mencari posisi tersebut, kamu pun dapat mencoba untuk mendaftar di talent marketplace EKRUT karena ada banyak lowongan yang tersedia untukmu. 

peran dan tugas recruitment manager EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Tags

Share