Published on

Technology

Kenali Perbedaan Sistem Operasi 32-bit dan 64-bit pada Windows

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Kenali_Perbedaan_Sistem_Operasi_32-bit_dan_64-bit_pada_Windows.jpg

Rata-rata pengguna komputer atau laptop menggunakan sistem operasi Windows dibandingkan dengan OS lainnya. Banyak pengguna mempercayakan sistem operasi tersebut karena lebih mudah untuk digunakan dan dipahami. Nah, Windows sendiri menerapkan dua basis sistem berbeda yang mungkin belum diketahui oleh beberapa orang. Dua basis sistem tersebut, antara lain 32 bit dan 64 bit.

Mengetahui perbedaan 32 bit dan 64 bit cukup penting karena keduanya diprogram untuk sistem yang terpisah. Yuk, ketahui lebih jauh mengenai perbedaan 32 bit dan 64 bit dalam OS Windows berikut ini.

Definisi bit


Perbedaan 32 bit dan 64 bit merujuk pada OS, prosesor, dan lainnya. (sumber: pexels)

Melansir dari ubiqu.id, bit adalah ukuran terkecil data dalam komputer dan merupakan kependekan dari istilah binary digit yang digunakan oleh John W. Tukey. Nah, bit sendiri hanya terdiri dari dua buah angka saja, yaitu "satu'' dan "nol".

Walaupun demikian, komputer akan mengkombinasikan kedua angka tersebut untuk menghasilkan berbagai informasi. Di dunia internet, bit ini digunakan dalam penyebutan kecepatan atau jumlah bit yang ditransfer dalam waktu satu detik atau bps (bit/second).

Sedangkan dalam dunia komputer, perbedaan 32 bit dan 64 bit merujuk pada sistem operasi (OS), program software, jenis CPU, driver, dan lainnya.

Perbedaan 32 bit dan 64 bit


Perbedaan 32 bit dan 64 bit paling nampak dalam jumlah RAM. (sumber: pexels)

Pastinya terdapat beberapa pembeda antara kedua basis sistem operasi Windows. Berikut ini perbedaan 32 bit dan 64 bit yang penting untuk kamu ketahui.

1. Kinerja prosesor

Secara mendasar, perbedaan 32 bit dan 64 bit pada sistem Windows terletak pada kemampuan performa prosesornya. Apabila dibandingkan, tentunya kamu dapat menerka bahwa teknologi prosesor 64 bit lebih unggul dibandingkan dengan 32 bit.

Teknologi prosesor Windows berbasis 64 bit lebih cocok digunakan untuk mengoperasikan kegiatan yang lebih berat, seperti desain, mengedit video, hingga bermain game. Sedangkan, prosesor Windows 32 bit ditujukkan untuk melakukan aktivitas yang ringan dan hanya dapat mengoperasikan aplikasi yang tidak terlalu berat.

Baca juga: 5 Laptop terjangkau untuk desain grafis terbaik tahun 2022

2. Banyaknya RAM

Sudah banyak yang mengetahui bahwa perbedaan 32 bit dan 64 bit adalah jumlah maksimal RAM yang dapat digunakan. Keduanya memiliki batasan maksimal RAM yang berbeda. Windows dengan 64 bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih tinggi ketimbang 32 bit.

Penting untuk kamu ketahui, bahwa Windows dengan 32 bit memiliki penggunaan maksimal RAM kurang dari 4GB atau hanya sekitar 3,2GB saja. Untuk Windows 64 bit memiliki jumlah RAM sebesar 4GB atau bahkan lebih.

3. Kemampuan software

Perbedaan 32 bit dan 64 bit juga nampak jelas dalam hal kompatibilitas software yang dipasang pada perangkatmu. Windows 64 bit dapat menjalankan software 32 dan 64 bit. Namun, hal itu tidak berlaku sebaliknya karena Windows 32 bit tidak dapat menjalankan software 64 bit.

4. Daya untuk memproses data

Perbedaan 32 bit dan 64 bit secara arsitektur akan terlihat cukup jelas. Perbedaan dalam arsitektur ini akan sangat berpengaruh pada kinerja komputer kamu. Angka dalam kedua basis tersebut merujuk pada banyaknya data yang dapat diproses komputer dalam satu kali putaran. Hal ini yang membuat Windows, data, dan prosesor 64 bit memiliki performa yang lebih cepat dan maksimal daripada Windows berbasis 32 bit.

Kelebihan dan kekurangan dari 32 bit dan 64 bit


Basis 64 bit memiliki performa yang lebih cepat. (sumber: pexels)

Setelah mengetahui perbedaan 32 bit dan 64 bit, penting juga untuk kamu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua basis Windows tersebut. Perhatikan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

1. Kelebihan 64 bit

  • Memiliki kemampuan yang mendukung performa prosesor bekerja maksimal
  • Mampu untuk menjalankan software 32 bit
  • Kinerja yang lebih cepat, efektif, dan efisien
  • Mampu untuk menjalankan software terbaru

Baca juga: Kenali penyebab dan cara mengatasi laptop hang

2. Kekurangan 64 bit

  • Tidak kompatibel dengan PC lama
  • Tidak dapat bekerja secara maksimal dalam menggunakan RAM 2GB

3. Kelebihan 32 bit

  • Mampu untuk menjalankan software dan aplikasi lama berbasis 16 bit
  • Beroperasi dengan baik dan optimal walaupun hanya mempunyai RAM 2GB saja
  • Cocok dengan drive, komputer, dan laptop lawas

4. Kekurangan 32 bit

  • Tidak dapat menggunakan RAM lebih dari 4GB
  • Tidak mampu untuk mengoperasikan software berat
  • Hanya sedikit software baru yang kompatibel

Bagaimana cara mengecek jumlah bit pada Windows?


Untuk mengetahui perbedaan 32 bit dan 64 bit pada komputer dapat memeriksa control panel. (sumber: pexels)

Apakah kamu ingin mengetahui jumlah bit pada Windows yang digunakan? Cara tercepat untuk mengetahui basis Windows yang kamu gunakan adalah dengan mengecek Control Panel.

Metode mudah lainnya untuk mengetahui arsitektur OS yang kamu jalankan pada Windows, yaitu dengan memeriksa folder Program Files, dimana akan tersedia informasi lebih lanjut mengenai hak tersebut. Sedangkan untuk melihat arsitektur perangkat keras, kamu bisa membuka Command Prompt dan memasukkan perintah:

echo %PROCESSOR_ARCHITECTURE%

Kamu akan mendapatkan respon seperti AMD64 untuk menunjukkan sistem berbasis x64 atau x86 untuk 32 bit.

Baca juga: Chromebook tawarkan 5 keuntungan ini, Anda tergoda?

Dengan mengetahui perbedaan 32 bit dan 64 bit yang sudah disebutkan di atas, diharapkan tidak terjadi kesalahan pemasangan software dan driver. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk menemukan perangkat lunak yang tepat untuk komputer atau laptopmu.

Kamu bisa mengakses laman talent marketplace EKRUT untuk mendapatkan berbagai informasi penting seputar dunia kerja dan lainnya. Kamu juga dapat melakukan sign up di EKRUT untuk dihubungkan ke berbagai perusahaan yang sesuai dengan minatmu.

Sumber:

  • ubiqo.id
  • intutekno.com
  • indoworx.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_4_Cara_Unreg_Kartu_3_(Tri)_dengan_Mudah__Bisa_Online!_2022.jpg

    Technology

    4 Cara Unreg Kartu 3 (Tri) dengan Mudah, Bisa Online! 2022

    Farah Reginda

    07 September 2022
    5 min read
    10_Laptop_Terjangkau_Untuk_Desain_Grafis_Terbaik_Tahun_2022.jpg

    Technology

    10 Laptop Terjangkau untuk Desain Grafis Terbaik Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    10 August 2022
    7 min read
    Cara_Refresh_Laptop_yang_Tepat_agar_Tidak_Lemot-2022.jpg

    Technology

    Cara Refresh Laptop yang Tepat agar Tidak Lemot (2022)

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    21 June 2022
    5 min read

    Video