Published on

Careers

Perbedaan Finance dan Accounting: Mulai dari Tugas dan Kewajiban hingga Besaran Gajinya

Detty Risetya

cover_(1).jpg

Apakah kamu masih sulit untuk mengartikan perbedaan finance dan accounting? Kamu mungkin berpikir kata finance dan accounting adalah istilah yang bisa dibilang sama. Akan tetapi, pada dasarnya terdapat perbedaan finance dan accounting yang signifikan. Bila kamu adalah pelaku usaha atau ingin berkarier di bidang keuangan dan akuntansi, sangat penting bagimu untuk memahami perbedaan finance dan accounting. Untuk itu, mari pelajari apa saja perbedaan finance dan accounting di artikel ini!

Perbedaan finance dan accounting secara mendasar


Perbedaan finance dan accounting terletak pada tugas dan fungsinya. (sumber: pexels) 

Meskipun terdapat kesamaan antara akuntansi dan keuangan, keduanya adalah bidang disiplin ilmu yang berbeda. Perbedaan finance dan accounting yang paling utama adalah tanggung jawab dan tugas yang dijalankan. Orang yang bekerja di bagian finance umumnya fokus untuk merencanakan atau mengarahkan transaksi keuangan. Berbeda dengan mereka yang bekerja di bidang accounting yang lebih cenderung fokus mengerjakan tugas terkait pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan.

Jadi, dengan kata lain, bagian accounting adalah tim yang mengelola informasi keuangan sementara bagian finance adalah tim yang mengelola uang atau dana milik organisasi. Berikut beberapa perbedaan finance dan accounting yang paling umum.

Keterangan Akuntansi (Accounting) Keuangan (Finance)
Tempat kerja Kantor akuntan publik, perusahaan Bank, perusahaan
Laporan keuangan Bertanggung jawab untuk mempersiapkan laporan keuangan Bertanggung jawab untuk menganalisis laporan keuangan
Titik fokus Melihat ke belakang Melihat ke depan
Kepentingan bisnis Mengomunikasikan posisi keuangan Mencari tahu cara menambah jumlah uang
Proses berpikir Berbasis aturan

Berbasis analisis

Baca juga: Apa itu Akuntan? Yuk, Cari Tahu Mulai dari Pengertiannya

Tugas dan kewajiban finance


Meski terkesan mirip, terdapat perbedaan accounting dan finance yang signifikan. (sumber: Pexels) 

Dari tabel perbedaan finance dan accounting di atas, dapat dilihat bahwa bagian keuangan atau finance akan bersentuhan langsung dengan uang. Tugas dan tanggung jawab tim finance akan lebih fokus pada pengelolaan, pencarian, pengalokasian dana, dan melakukan pembayaran di suatu organisasi atau perusahaan.

Bahkan, tim finance perlu memikirkan bagaimana mengelola kebutuhan uang kas dan memastikan sudah sesuai dengan pencatatan keuangan yang dilakukan tim accounting. Meskipun berada di divisi yang berbeda, umumnya tim keuangan juga memahami akuntansi secara dasar.

Akan tetapi, bagian finance lebih kerap memegang uang secara langsung untuk melakukan pembayaran, termasuk menerima atau mengeluarkan dana perusahaan. Misalnya, untuk belanja keperluan kantor, penggajian karyawan, maupun berinvestasi. Bagian finance juga membantu manajer untuk membuat keputusan strategis, terkait investasi modal atau pembiayaan, serta anggaran perusahaan tahunan.

Tugas tim finance di antaranya sebagai berikut.

  • Mengatur pembiayaan bisnis
  • Meningkatkan modal (utang dan ekuitas)
  • Mengoptimalkan biaya modal rata-rata tertimbang perusahaan
  • Mencari hasil terbaik yang disesuaikan dengan risiko
  • Membantu dalam penyusunan biaya strategi perusahaan
  • Membuat anggaran dan proyeksi keuangan
  • Membantu dalam pembiayaan merger dan akuisisi perusahaan

Baca juga: 6 Cara Menjadi Konsultan Keuangan yang Hebat

Tugas dan kewajiban accounting


Accounting bertugas untuk membuat laporan keuangan dan pembukuan. (sumber: Pexels) 

Dalam praktik sehari-hari, bagian accounting tidak akan bersentuhan langsung dengan uang secara fisik. Biasanya, petugas accounting lebih sering membuat catatan, pengelolaan, atau laporan keuangan saja. Jadi, lebih fokus ke pencatatan transaksi keuangan ketimbang bersinggungan langsung dengan uang. Misalnya, katakanlah bagian gudang akan membeli bahan baku kain untuk produk pakaian. Maka, tim accounting perlu membuat laporan keuangan terlebih dulu dan memastikan semua transaksi pembelian sudah dicatat dengan benar.

Bukan hanya bertanggung jawab dalam membuat laporan keuangan, tim accounting juga perlu mengurusi soal perpajakan. Bila laporan keuangan dan laporan pajak ingin berjalan lancar, sebaiknya perusahaan merekrut tim accounting yang handal dan terlatih. Sebab, ke depannya, saran atau masukan tim accounting juga diperlukan agar perhitungan pajak dan finansial semakin rapi dan seimbang di masa mendatang.

Tugas tim accounting di antaranya sebagai berikut.

  • Mengelola pembukuan dan pencatatan transaksi keuangan
  • Pelacakan pendapatan dan pengeluaran
  • Pelaporan internal
  • Membuat laporan keuangan
  • Audit
  • Manajemen risiko

Baca juga: Akuntan Publik: Pengertian, Bidang Jasa, Perizinan dan Tips

Perbedaan gaji finance dan accounting


Besaran gaji finance dan accounting bergantung pada pengalaman dan level karier. (sumber: Pexels) 

Bicara soal perbedaan finance dan accounting dalam hal gaji atau upah di Indonesia, sebenarnya tidak terlalu signifikan. Kamu bisa mengecek perbedaan finance dan accounting di fitur Salary Calculator yang tersedia di situs EKRUT. Bagi kalian yang mungkin ingin tahu besaran gaji profesi lainnya juga bisa langsung menggunakan Salary Calculator di EKRUT, ya!

Perlu diketahui, rata-rata gaji staf di bagian accounting di Indonesia adalah sekitar Rp3.500.000 – Rp4.000.000 per bulan. Kemudian, rata-rata gaji staf finance di Indonesia adalah sekitar Rp3.300.000 – Rp3.500.000 per bulan. Biasanya, tim finance dan accounting masih berada dalam satu kategori atau satu divisi, yaitu bagian bisnis dan keuangan. Bahkan, mungkin bisa berada dalam satu ruangan yang sama.

Baca juga: Transaksi Adalah: Pengertian, Pelaku, Fungsi, Jenis, dan 10 Dokumen Buktinya

Terlepas dari perbedaan finance dan accounting, perlu diingat bahwa akuntansi dan keuangan adalah bidang yang saling melengkapi. Banyak perusahaan yang membutuhkan talenta terbaik untuk mengisi posisi tim akuntansi dan keuangan, sebab keahliannya memang sangat mendukung pengelolaan keuangan perusahaan.

Dengan memahami perbedaan finance dan accounting, kamu bisa lebih mudah manakah jalur pendidikan atau passion yang kamu sukai. Semoga dari informasi ini, kamu bisa mendapatkan gambaran umum tentang perbedaan finance dan accounting. Dapatkan lebih banyak informasi berharga seputar karier hanya di laman EKRUT Media dan YouTube Official EKRUT. Sign up EKRUT sekarang agar kamu bisa segera meraih karier di bidang akuntansi atau keuangan sesuai keinginanmu.

Sumber:

  • linovhr.com
  • qubisa.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    H1_Golongan_PNS.jpg

    Careers

    4 Golongan PNS dan CPNS Beserta Informasi Gaji dan Tunjangan yang Didapatkan

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read
    pexels-cottonbro-5989927.jpg

    Careers

    5 Fungsi Human Resource Management yang Berpengaruh dalam Perkembangan Sebuah Perusahaan

    Chrissila Jessica

    05 October 2022
    4 min read

    Video