Careers

Corporate Finance: Tugas dan Tanggung Jawab Hingga Proyeksi Karier 2022

Published on
Min read
6 min read
time-icon
H1.JPG

Ada banyak jenis pekerjaan di bidang keuangan, salah satunya corporate finance. Posisi yang satu ini pasti dibutuhkan, baik oleh perusahaan besar maupun perusahaan kecil. Corporate finance akan bertanggung jawab mengurus keuangan perusahaan dan berkaitan erat dengan capital market. Hal ini membuat pekerjaan mereka bukan hanya itu-itu saja. Ingin tahu lebih banyak terkait pekerjaan seorang corporate finance? Simak penjelasan selengkapnya mengenai tugas dan tanggung jawab hingga proyeksi kariernya di artikel ini.

Baca juga: Mengenal Corporate Communication Mulai dari Tujuan, Bedanya dengan PR, dan 8 Fungsinya

Apa itu corporate finance?


Mengenal pekerjaan corporate finance (sumber: unsplash)

Corporate finance adalah orang yang akan bertanggung jawab untuk memaksimalkan kesehatan keuangan perusahaan dan pemegang sahamnya. Departemen yang bekerja di bawah cabang keuangan ini bertugas untuk mengelola aktivitas keuangan perusahaan. Mereka berperan dalam mengambil keputusan penting mengenai penganggaran organisasi, investasi, dan alokasi modal. Tidak hanya itu, aktivitas corporate finance berkaitan dengan keputusan investasi modal, investasi perbankan yang dilakukan oleh suatu perusahaan, mengatur dan mengawasi kegiatan keuangan dan keputusan investasi modal perusahaan, hingga pembiayaan korporasi.

Baca juga: Perbedaan Finance dan Accounting: Mulai dari Tugas dan Kewajiban hingga Besaran Gajinya

Tugas dan tanggung jawab corporate finance


Tugas corporate finance (sumber: unsplash)

Setelah mengetahui pengertian corporate finance, sekarang kamu perlu mengetahui bagaimana tugas dan tanggung jawab corporate finance. Berikut ini penjelasannya.

1. Investasi dan penganggaran modal

Investasi dan penganggaran modal merupakan cakupan pekerjaan corporate finance di mana mereka melakukan penempatan aset modal jangka panjang perusahaan untuk menghasilkan pengembalian yang disesuaikan dengan risiko tertinggi. Hal ini artinya seorang corporate finance akan memutuskan apakah mereka akan mengejar peluang investasi atau tidak, yang dicapai melalui analisis keuangan yang ekstensif. Corporate finance bekerja untuk mengidentifikasi pengeluaran modal, memperkirakan arus kas dari proyek modal yang diusulkan, membandingkan investasi yang direncanakan dengan pendapatan yang diproyeksikan, dan memutuskan proyek mana yang akan dimasukkan dalam anggaran modal.

2. Pembiayaan modal

Corporate finance juga memiliki tanggung  jawab untuk pembiayaan modal dalam bentuk utang atau ekuitas. Perusahaan sendiri dapat meminjam dari bank komersial dan perantara keuangan lainnya serta mereka dapat menerbitkan surat utang di pasar modal melalui bank investasi. Selain itu, corporate finance bisa memilih menjual saham mereka kepada investor ekuitas, khususnya saat membutuhkan modal dalam jumlah besar untuk ekspansi bisnis.

Adapun pembiayaan modal merupakan tindakan penyeimbangan dalam hal memutuskan jumlah atau bobot relatif antara utang dan ekuitas. Perusahaan yang terlalu banyak memiliki utang bisa meningkatkan risiko gagal bayar dan akan sangat bergantung dengan ekuitas yang bisa melemahkan pendapatan dan nilai bagi investor awal. Pada akhirnya, hal ini membuat pembiayaan modal harus menyediakan modal yang dibutuhkan untuk melaksanakan penanaman modal.

3. Likuiditas jangka pendek

Tugas corporate finance juga mengelola keuangan jangka pendek, yang tujuannya untuk memastikan tersedianya likuiditas yang cukup untuk menjalankan operasi yang berkelanjutan. Manajemen keuangan jangka pendek sendiri meliputi aset lancar dan kewajiban lancar atau modal kerja dan arus kas operasi dimana perusahaan harus mampu memenuhi semua kewajiban ketika jatuh tempo. Hal ini nantinya akan membuat mereka memiliki aset likuid lancar yang tidak mengganggu operasi perusahaan. Manajemen keuangan jangka pendek mungkin juga melibatkan untuk mendapatkan jalur kredit tambahan atau menerbitkan surat berharga sebagai cadangan likuiditas.

Baca juga: Apa itu Akuntan? Yuk, Cari Tahu Mulai dari Pengertian Hingga Kode Etiknya!

Career path profesi corporate finance


Career path corporate finance. (sumber: unsplash)

Ada beberapa pilihan karier di bidang jasa keuangan, khususnya corporate finance. Ini dia daftarnya.

1. Corporate development & strategy

Corporate development & strategy adalah tim strategi internal dan merger & akuisisi (M&A) perusahaan. Posisi ini berperan penting dalam menentukan arah strategis perusahaan, apakah itu divestasi divisi atau mengakuisisi perusahaan lain untuk ekspansi. Mereka biasanya bekerja sama dengan bankir investasi untuk mengeksekusi kesepakatan.

2. Financial planning & analysis

Financial planning & analysis (FP&A)  adalah pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi manajemen perusahaan, kepemilikan pelaporan, dan peramalan P&L (laba dan rugi)

3. Treasury

Treasury merupakan pekerjaan yang berurusan dengan kas perusahaan, likuiditas, dan posisi arus kas. Selain itu, analisis dan manajemen arus kas juga termasuk peran inti dari pekerjaan mereka. Mereka harus memastikan perusahaan memiliki kas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang dengan cara yang hemat biaya.

4. Finance controllership

Finance controllership adalah orang yang bertanggung jawab dan berhubungan dengan akuntansi dan pelaporan keuangan perusahaan. Mereka akan bekerja sama dengan tim keuangan internal dan akuntan eksternal untuk mewakili akun perusahaan secara akurat dan dalam cahaya terbaik.

Baca juga: Cara Jitu Meraih Kebebasan Finansial secara Efektif dan Efisien

Peluang dan proyeksi karier corporate finance 2022


Peluang karier corporate finance (sumber: unsplash)

Pekerjaan corporate finance memang memiliki cakupan yang luas karena melibatkan analisis data keuangan yang relevan. Hal ini juga berlaku untuk proyek atau bisnis tertentu. Corporate finance dianggap sebagai pilihan karier yang cukup stabil jika dibandingkan dengan beberapa sektor keuangan lainnya. Tak heran jika banyak yang ingin menjadi corporate finance sebagai pilihan jalur karier mereka.

Berbicara soal kompensasinya, corporate finance bisa menjadi rute yang sangat menguntungkan untuk kamu ambil jika karier ingin melesat. Gajinya memang cukup besar, tetapi tetap harus didukung dengan skill dan kemampuan yang mumpuni. Di sisi lain, banyak orang ingin berkarier sebagai corporate finance karena alasan-alasan berikut ini.

  • Banyak peluang untuk kemajuan karier
  • Pelatihan dan dukungan berkelanjutan
  • Berbagai macam peran untuk dipertimbangkan
  • Lingkungan profesional yang dinamis
  • Tunjangan yang menggoda, seperti jam kerja yang fleksibel dan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik, khususnya untuk posisi senior

Sifatnya yang dinamis itulah yang membuat industri corporate finance menjadi pekerjaan yang diminati dan paling dicari oleh para profesional di bidang keuangan.

Baca juga: 18 Aplikasi pengatur keuangan terbaik untuk Android dan iOS

Itu dia penjelasan terkait tugas dan tanggung jawab corporate finance hingga proyeksi kariernya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Bukan hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • investopedia.com
  • wallstreetmojo.com
  • managementstudyguide.com
  • corporatefinanceinstitute.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video