Technology

Pentingnya Permalink Bagi SEO beserta Fungsi dan Cara Membuatnya

Published on
Min read
6 min read
time-icon
cover.jpg

Jika kamu bertanya, “Apa itu permalink?”, di sini kamu akan mendapatkan jawaban tentang pengertian istilah tersebut lengkap dengan fungsi dan cara membuatnya. Permalink adalah suatu tautan yang unik dan tidak akan berubah untuk website atau posting blog yang dipublikasikan di internet. Ketika alamat tautan dimasukkan ke browser atau diklik sebagai hyperlink, nantinya permalink akan mengarah ke halaman tertentu. Yuk, terus baca untuk memahami pengertian permalink lebih lanjut!

Baca juga: Bagas Prasetyo: Dari Customer Service hingga Menjadi SEO Specialist Andal

Apa itu permalink?


Permalink adalah sebutan lain untuk tautan permanen pada laman website. (sumber: pexels) 

Permalink adalah nama lain untuk URL dari tiap posting blog atau halaman website. Permalink adalah apa yang kamu tulis di bilah alamat browser jika kamu ingin mengunjungi artikel tertentu. Permalink adalah singkatan dari permanent link atau tautan permanen. Selain itu, permalink juga bisa dimaknai sebagai alamat website yang diharapkan tetap sama dan tidak berubah. Tujuan permalink adalah memudahkan audiens dalam mengingat tautan dan agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Apabila permalink di situs milikmu tidak berfungsi dengan benar, kemungkinan permalink mengalami masalah atau tautan rusak. Hal ini membuat audiens sulit mengakses alamat tautan yang dituju. Oleh karena itu, sangat penting mempelajari bagaimana cara membuat permalink yang benar agar laman website mudah diakses dan ditemukan mesin pencari.

Baca juga: 5 Rekomendasi situs proxy site untuk keamanan berselancar

Fungsi permalink


Fungsi permalink adalah memudahkan mesin pencari menemukan laman situs. (sumber: pexels) 

Pada dasarnya, terdapat dua fungsi utama permanent link, yaitu meningkatkan SEO situs dan memengaruhi pengalaman pembaca. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut.

1. Permalink meningkatkan SEO

Mesin pencari memakai tautan permanen untuk mengindeks laman situs. Hal ini bertujuan untuk memengaruhi tingkat kemampuan laman situs tersebut agar lebih mudah ditemukan dalam hasil penelusuran. Terlebih ketika ada seseorang yang memasukkan kata kunci terkait ke mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, struktur permalink adalah bagian penting yang akan membuat laman situs lebih SEO-friendly dan membantumu menangkap lebih banyak audiens dalam lalu lintas penelusuran.

2. Meningkatkan pengalaman pembaca

Mengoptimalkan pencarian sangat penting, namun jangan lupa untuk mempertimbangkan pengalaman audiens.Tujuan membuat struktur yang baik dari permalink adalah membantu audiens menavigasi situs dengan mudah. Audiens akan mudah memahami alamat tautan jika mereka mengklik tautan atau menempelkannya ke bilah alamat browser.

Struktur tautan yang sederhana dan jelas selalu terlihat lebih baik daripada tautan yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Jadi, jangan biarkan permalink yang strukturnya berantakan mengurangi pengalaman audiens di laman situsmu. Mari kita simak perbandingan antara dua permalink di bawah ini.

Contoh struktur permalink yang buruk Contoh struktur permalink yang baik
http://www.example.com/index.php?id_tag=364f41730f1 https://www.example.com/best-vacation-bike-rentals

Baca juga: Mengenal Perbedaan HTTP dan HTTPS Lebih Mendalam

Cara membuat permalink yang SEO-friendly


Cara membuat permalink adalah singkat, jelas, dan relevan dengan judul artikel. (sumber: pexels) 

Karakteristik yang baik dari permalink adalah tautan yang SEO-friendly. Bagaimana caranya? Ikuti petunjuk berikut.

  • Harus dimulai dengan https. Hal ini menunjukkan bahwa halaman web terjamin aman. Artinya, tiap informasi yang dikirimkan antara browser web dan server web telah dienkripsi.
  • Tautan harus pendek dan deskriptif. Ciri khas struktur yang baik dari permalink adalah harus pendek dan tidak bertele-tele. Namun, permalink juga harus tetap menggambarkan topik atau judul laman itu.

Sebagai contoh, coba simak dua tautan permanen berikut.

  • https://www.example.com/apa-arti-seo
  • https://www.example.com/2022/12/a/x/DHG_Z.html

Pada tautan pertama, informasi sudah terlihat jelas sebelum mengunjungi laman. Akan tetapi, pada tautan kedua, informasinya tidak jelas dan sulit dikenali mesin pencari.

  • Perlu menyertakan kata kunci SEO.
  • Kata kunci SEO adalah frasa pencarian yang diketik pengguna di kotak pencarian mesin pencari.
  • Dengan memasukkan istilah-istilah itu dalam permalink, kamu memberi mesin pencari petunjuk yang kuat tentang konten laman situs. Hal ini akan meningkatkan peluang mendapatkan peringkat tinggi untuk kata kunci tersebut.
  • Kata-kata dalam permalink harus dipisahkan dengan tanda hubung. Tiap kata yang membentuk permalink harus dipisahkan dengan '-' dan bukan karakter lain.
  • Untuk menghindari masalah, semua huruf dalam permalink harus huruf kecil. Ini karena beberapa server web memperlakukan karakter huruf besar secara berbeda.
  • Tidak boleh menyertakan kata-kata yang tidak perlu. Misalnya, dalam bahasa Inggris seperti “a”, “the”, “on”, “and”, “is”, “of”, “you” dan kata-kata serupa lainnya. Kata-kata tersebut adalah kata-kata umum yang tidak membantu dalam memahami konten halaman yang sebenarnya.

Baca juga: Manfaat, Jenis, 10 Indikator Utama SEO, dan Bedanya

Cara membuat permalink di WordPress


Permalink Wordpress bisa diubah dan disesuaikan dengan mudah dan praktis. (sumber: pexels) 

WordPress adalah salah satu platform CMS paling populer dan platform pertama yang menggunakan istilah “Permalink”. Kamu dapat menemukan “Pengaturan Permalink” di menu Setting. WordPress memberimu sejumlah opsi untuk mengatur struktur URL posting blog. Sebenarnya, untuk mengatur atau mengubah permalink di WordPress cukup mudah. Biasanya, setelah mengetik judul posting, di bawah judul terdapat kolom isian permalink yang bisa diubah sesuai kebutuhan. Agar lebih mudah, cukup gunakan judul artikel sebagai tautan permanen. Dengan cara ini, tautan permanen bisa makin jelas dan relevan dengan judul posting. Saat kamu menerbitkan halaman baru, WordPress akan mengambil apa pun yang kamu ketik di judul halaman dan memisahkannya dengan tanda hubung '-'.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengatasi 404 Not Found pada Website

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu permalink dan bagaimana cara membuatnya agar lebih SEO-friendly. Jangan lupa, terapkan juga permalink yang berstruktur rapi dan jelas untuk menampilkan CV dan portofolio online milikmu agar mudah diakses perusahaan impian. Bila kamu ingin menemukan karier di perusahaan-perusahaan bonafide, EKRUT adalah partner tech talent recruitment terbaik di Indonesia. Sign up EKRUT sekarang, karena ada banyak peluang karier dari startup dan perusahaan ternama menantimu!

Sumber:

  • hostinger.com
  • reliablesoft.net
  • smartblogger.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video