Published on

Careers

5+ Rekomendasi Perpaduan Warna Serasi dalam Berpakaian saat Bekerja

Detty Risetya

cover_(2).jpg

Bingung perpaduan warna serasi seperti apa yang dipakai saat wawancara kerja? Atau, kamu ingin sekadar menyegarkan gaya busana ke kantor? Tak peduli apakah kamu bekerja di kantor dengan suasana santai, atau di gedung pencakar langit, semuanya perlu menunjukkan perpaduan warna serasi dan profesional. Berpakaian yang rapi dan pantas di tempat kerja terkadang membutuhkan perpaduan warna serasi yang tepat. Jika tidak, penampilan justru akan terlihat mencolok dan tampak kurang elegan. Bahkan, meskipun kamu punya banyak pakaian di lemari, tetapi tidak tahu perpaduan warna serasi yang pas, tentu juga akan menurunkan penampilan. Karena itu, mari simak beberapa perpaduan warna serasi yang cocok sebagai pakaian kerja.

Baca juga: Menarik, 6 Warna yang akan Menjadi Tren di Tahun 2022

1. Putih + coklat


Memperhatikan perpaduan warna serasi agar tampil lebih profesional. (Sumber: Girlstyle)

Pertama, perpaduan warna serasi yang bisa kamu coba adalah putih dan cokelat. Kamu juga bisa menambahkan warna netral atau pastel yang menyatukan kedua warna tersebut. Misalnya, kamu bisa memakai rok cokelat dan atasan putih, lalu dikombinasikan dengan cardigan atau blazer merah muda. Tak lupa, bawa juga tas bernuansa putih agar tetap serasi. Dalam gaya busana ini, konsepnya adalah memadukan antara warna terang dengan warna yang lebih gelap untuk menciptakan ilusi proporsi yang lebih eye-catchy.

2. Biru + hitam


Warna biru pastel cocok dipadukan tas dan bawahan warna gelap. (Sumber: Girlstyle)

Perpaduan warna serasi yang kedua adalah biru dan hitam. Kamu bisa mengenakan outfit ke kantor dengan warna cerah, seperti atasan atau kemeja biru. Lalu, padukan dengan bawahan hitam atau warna gelap. Perlu diingat, dengan memilih warna biru yang lebih terang, keseluruhan penampilan akan terlihat lebih cerah.

3. Kuning + putih


Meski cerah, namun warna kuning mustard atau kuning pastel cocok dipakai kerja. (Sumber: Girlstyle)

Saat kamu butuh semangat dan keceriaan di hari kerja yang padat, cobalah mengenakan perpaduan warna kuning dan putih. Warna kuning dikenal sebagai salah satu warna yang menambah antusiasme, semangat, dan keceriaan. Sebaiknya, pilih nuansa kuning pastel atau kuning mustard, bukan kuning yang terang. Agar tidak terlalu kontras, kenakan bawahan putih seperti rok atau celana panjang. Akan tetapi, bila kamu bekerja di kantor, seperti instansi pemerintahan atau perbankan, sebaiknya hindari warna kuning terang. Perpaduan kuning dan putih akan lebih pantas bila dipakai di jenis kantor kreatif atau bergaya santai.

Baca juga: 7 Brand Lokal Sepatu Wanita yang Kekinian dan Nyaman Dipakai ke Kantor

4. Merah + hitam


Merah maroon tetap formal dan pantas dikenakan untuk bekerja. (Sumber: Girlstyle)

Salah satu kunci perpaduan warna serasi yang mudah dan elegan adalah keseimbangan. Bila pergi bekerja ke kantor kreatif yang bergaya bebas dan rapi, pilih paduan warna netral dan kontras seperti perpaduan warna serasi antara hitam dan merah. Misalnya, kamu bisa memakai kemeja bahan warna merah marun, kemudian celana panjang atau rok berwarna hitam. Selalu sediakan bawahan berwarna hitam agar kamu lebih mudah memadukan dengan atasan model dan warna apapun. Plus, bila kamu mengoleksi bawahan warna gelap, kamu akan terlihat lebih ramping dan proporsional.

5. Biru + hitam + putih


Kombinasi perpaduan warna serasi biru dan hitam, serta tas selempang putih. (Sumber: Girlstyle)

Umumnya, kombinasi perpaduan warna serasi antara biru, hitam, dan putih lebih cocok dipakai di kantor industri kreatif. Contohnya seperti perusahaan hiburan, percetakan, atau industri lainnya yang mengizinkan pegawai berbusana bebas namun tetap sopan dan rapi. Atasan biru yang dipadu dengan celana hitam dan tas putih akan menjadi perpaduan warna serasi dan serbaguna. Jadi, semisal kamu ada rencana jalan-jalan bersama teman atau nongkrong di mal, kamu bisa langsung berangkat sepulang dari kantor. Perpaduan warna serasi ini sangat cocok untuk hampir semua jenis kesempatan, seperti pergi ke kantor, pesta, atau jalan-jalan, karena warnanya tidak terlalu mencolok dan kontras. Pilihan warna biru akan menciptakan nuansa gaya busana yang elegan tanpa terkesan berlebihan.

6. Coklat + abu-abu


Kombinasi perpaduan warna serasi cokelat dan abu-abu yang stylish. (Sumber: Girlstyle)

Kombinasikan dress warna abu-abu dengan blazer atau cardigan cokelat untuk tampilan santai namun modis. Kemudian, pasangkan dengan sepatu flat maupun sneaker favoritmu! Jangan lupa, tas kesayangan seperti tote bag atau tas kerja dengan nuansa warna cokelat senada. Kamu pun siap tampil percaya diri di tempat kerja.

Baca juga: 9 Tips Berpakaian Saat Interview yang Membuat HRD Terkesan

Perpaduan warna serasi dalam karier profesional


Persiapkan lemari pakaian kerja bernuansa netral, agar mudah memadukan. (Sumber: Pexels)

Gaya berbusana di tempat kerja sangat penting bagi karier profesional. Bayangkan, bila kamu tak peduli dengan gaya penampilan, umumnya teman kantor atau mitra kerja juga akan memandang sebelah mata. Menurut studi yang dipublikasikan di Sage Journals, warna pakaian yang tepat akan membantu seseorang menjadi lebih fokus dan mendorong kemajuan karier. Oleh sebab itu, bila kamu bisa berpakaian dengan benar, kamu akan menciptakan kesan yang baik di tempat kerja.

Baca juga: 12 Gaya OOTD Kemeja Putih yang Cocok dan Nyaman

Selain di tempat kerja, kamu juga perlu memikirkan perpaduan warna serasi dalam berpakaian ketika bertemu klien pertama kali, pertemuan bisnis, atau bahkan saat akan wawancara kerja. Nah, itulah beberapa rekomendasi perpaduan warna serasi yang bisa kamu jadikan referensi. Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • popbela.com
  • beautynesia.id
  • filiasukanulis.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Workshop_adalah_Pengertian__manfaat__3_jenis__dan_perbedaanya_dengan_training.jpg

    Careers

    Definisi Workshop, Manfaat, Jenis, Bedaanya dengan Training

    Sylvia Rheny

    06 October 2022
    7 min read
    H1_8_Cara_Memilih_Jurusan_Kuliah_Sesuai_Minat_dan_Bakat_Kamu__Jangan_Salah_Pilih!.jpg

    Lainnya

    8 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu, Jangan Salah Pilih!

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    10_Tips_mendapatkan_first_impression_yang_positif_di_tempat_kerja.jpg

    Careers

    10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 October 2022
    6 min read

    Video