Technology

7 Rekomendasi Perpustakaan Digital dengan Koleksi Lengkap

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Cover_(3)_(1).jpg

Seperti namanya, perpustakaan digital adalah perpustakaan atau tempat penyimpanan koleksi buku secara digital yang bisa diakses secara daring. Dengan adanya perpustakaan digital, pembaca dari berbagai tempat di seluruh penjuru dunia bisa membaca koleksi buku yang mereka cari tanpa perlu mendatangi perpustakaannya langsung. Selain itu, dengan adanya perpustakaan digital, pembaca dapat mengakses buku secara gratis dengan sistem peminjaman. Untuk menemukan buku yang kamu cari, yuk, simak rekomendasi perpustakaan digital berikut ini!

1. Libby


Aplikasi perpustakaan digital Libby (sumber: Google Play)

Aplikasi keluaran OverDrive ini menyediakan puluhan ribu buku dari berbagai perpustakaan di seluruh dunia. Libby juga menyediakan buku dalam bentuk audio book yang mayoritas berbahasa asing. Untuk dapat meminjam buku di salah satu perpustakaan, kamu diwajibkan untuk membuat kartu anggota terlebih dahulu. Jika kamu ingin mengeksplorasi lebih banyak perpustakaan, kamu juga bisa membuat lebih dari satu anggota.

Libby menjadi salah satu aplikasi perpustakaan digital andalan karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan. Aplikasi yang memberikan batas waktu 21 hari peminjaman untuk satu judul ini memberikan informasi nomor antrean dan berapa lama lagi buku yang kamu incar bisa dipinjam.

2. Project Gutenberg Books


Aplikasi perpustakaan digital Gutenberg Books (sumber: Google Play)

Project Gutenberg adalah upaya digitalisasi buku untuk menyebarkan ilmu pengetahuan dalam bentuk buku elektronik. Perpustakaan digital tertua di dunia ini awalnya hanya tersedia dalam bentuk situs web. Namun, kini versi aplikasinya sudah tersedia dan bisa diunduh oleh pengguna Android. Project Gutenberg menyediakan puluhan ribu buku untuk berbagai bidang ilmu, seperti buku computer science, medis, engineering, self-improvement, dan masih banyak lagi. Tidak hanya dalam bahasa Inggris, buku yang tersedia dalam aplikasi perpustakaan digital ini juga menyediakan buku dalam bahasa asing lainnya.

3. iPusnas


Aplikasi perpustakaan digital iPusnas (sumber: Google Play)

Berbeda dengan dua aplikasi lainnya, perpustakaan digital satu ini menyediakan buku dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Aplikasi persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini dapat diakses secara gratis dengan mengunduh aplikasi dan mendaftarkan akun. Aplikasi perpustakaan digital ini menyediakan buku dalam berbagai kategori, seperti agama, bahasa, budaya, filsafat, fiksi, dan masih banyak lagi. Satu buku bisa dipinjam selama 5 hari dan bisa dibaca secara offline jika sudah diunduh. Tidak hanya membaca, buku ini juga menyediakan fasilitas untuk me-review buku dan berinteraksi dengan pengguna lain.

4. iJakarta


Aplikasi perpustakaan digital iJak (sumber: Google Play)

Aplikasi perpustakaan digital satu ini dirilis oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta. Aplikasi yang menyediakan ribuan judul buku dengan berbagai genre ini dapat diakses secara gratis dan hanya butuh waktu 60 detik untuk mendaftarkan akun. Selain menyimpan banyak koleksi buku, iJak juga menyediakan berbagai fitur yang bisa memanjakan penggunanya. Contoh fitur tersebut adalah feed untuk melihat aktivitas sesama pengguna, shelf untuk menyimpan judul buku yang sedang dan akan dibaca, share untuk membagikan rekomendasi buku atau kutipan memorable, status badges untuk menunjukkan level pembaca, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 10+ Aplikasi Baca Novel Terbaik di Tahun 2022

5. ePerpus


Aplikasi perpustakaan digital ePerpus (sumber: Google Play)

ePerpus adalah aplikasi perpustakaan digital yang dikeluarkan oleh Kompas Gramedia. Aplikasi perpustakaan digital ini tersedia untuk Android dan iOS. Sama seperti aplikasi lainnya, ePerpus juga menyediakan ribuan koleksi dari berbagai penerbit ternama yang bisa dipinjam dan dibaca secara gratis. Bagi bookworm yang gemar melakukan tracking terhadap bacaan, aplikasi satu ini sangat direkomendasikan karena fitur dashboard analitik. Fitur satu ini menampilkan reading behavior yang lengkap juga mudah dibaca.

6. Rakata


Aplikasi perpustakaan digital Rakata (sumber: Google Play)

Tidak hanya menyediakan ratusan judul buku, aplikasi perpustakaan digital satu ini juga bisa digunakan untuk menulis dan membagikan karya sendiri. Selain dapat diakses secara gratis, untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Rakata juga bisa digunakan secara berbayar. Sama seperti perpustakaan digital lainnya, kamu bisa menyusun bukumu ke dalam daftar baca yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Agar kegiatan membaca lebih nyaman, kamu bisa memanfaatkan reading mode. Kamu juga bisa berinteraksi dan saling bertukar rekomendasi dengan pengguna lainnya.

7. Gramedia Digital


Aplikasi perpustakaan digital Gramedia Digital (sumber: Google Play)

Aplikasi keluaran PT Gramedia Digital Nusantara ini menyediakan ratusan judul lengkap dari berbagai penulis yang bisa diakses dengan skema berlangganan. Melansir dari Gramedia.com, kamu bisa memilih paket yang sesuai kebutuhanmu. Ada paket bacaan anak, fiksi, nonfiksi, hingga full premium. Satu akun yang digunakan untuk berlangganan paket di Gramedia Digital bisa digunakan di dua device, lho. Yang menjadi kelebihan perpustakaan digital satu ini adalah sekali kamu mengunduh buku, buku itu bisa kamu baca kembali berulang-ulang tanpa perlu dikembalikan. Hal ini tetap berlaku bahkan ketika kamu berhenti berlangganan di suatu waktu dan memutuskan untuk kembali berlanggan di waktu berikutnya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Situs atau Aplikasi untuk Baca Buku Online

Kebiasaan membaca bisa memperluas pengetahuan dan mempertajam rasa simpati terhadap sesama. Selain itu, dengan banyak membaca, kamu bisa lebih lihai dalam menulis karena banyaknya inspirasi kosakata dan wawasan. Semoga 7 rekomendasi perpustakaan digital tadi bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Untuk kamu yang suka menulis dan ingin menjadi content writer, copywriter, atau profesi yang berkaitan dengan tulisan lainnya, yuk, daftarkan dirimu sebagai talent di EKRUT! Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu–sebagai talent atau employer–bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Yuksign up EKRUT sekarang juga!

Sumber:

  • faena.com
  • idntimes.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video