Technology

7 Rekomendasi Situs atau Aplikasi untuk Baca Buku Online

Published on
Min read
5 min read
time-icon
cover.jpg

Kebiasaan baca buku online sekarang semakin diminati masyarakat. Apalagi, di era serba digital saat ini. Kamu tak perlu bawa buku tebal kemana-mana. Tapi, cukup bawa laptop atau perangkat seluler seperti smartphone atau tablet, sudah bisa baca buku online secara gratis.

Keuntungan membaca buku secara online


Membaca buku secara online lebih praktis dan hemat waktu (sumber: Pexels)

Membaca buku fisik memang menyenangkan dan mempunyai sensasi tersendiri. Akan tetapi, dalam beberapa situasi, membaca buku digital secara online lebih memungkinkan. Mengutip dari laman Halifax Public Libraries, ada beberapa keuntungan membaca buku secara online yang dirangkum dalam beberapa poin berikut ini.

1. Lebih hemat waktu

Ketika membaca buku fisik yang belum kamu miliki, kamu membutuhkan lebih banyak waktu sebelum membacanya. Hal itu disebabkan oleh keharusan memperoleh buku tersebut terlebih dahulu, entah dengan membeli, meminjam kepada teman, atau meminjam di perpustakaan. Dengan membaca buku secara online, kamu bisa lebih menghemat waktu karena yang perlu kamu lakukan adalah membuka gawai dan langsung mengakses buku digital yang kamu inginkan.

2. Tidak ada denda

Apabila kamu meminjam buku fisik di perpustakaan, pasti kamu harus membayar denda bukan jika telat mengembalikan? Berbeda dengan buku fisik, buku digital yang kamu pinjam dari perpustakaan daring tidak akan dikenai denda karena buku tersebut akan otomatis dikembalikan jika jangka waktu peminjaman telah usai.

3. Kamu bisa membaca buku di mana saja dan kapan saja

Ingin membaca novel favoritmu tapi bawaan sudah banyak dan buku fisik terbilang berat? Dengan buku digital yang bisa kamu baca secara online, hal tersebut tidak lagi menjadi masalah. 

Kamu hanya harus memastikan sudah mengisi daya gawai sampai penuh dan membawa pengisi daya supaya bisa terus membaca. Selain itu, kamu juga bisa menikmati petualangan karakter favoritmu tanpa khawatir terlihat mencolok ketika berada di ruang publik. 

4. Tersedianya banyak buku dalam satu perangkat

Sebagai pembaca, mungkin kadang kamu kebingungan dalam memilih buku mana yang akan dibaca terlebih dahulu. Bisa juga tiba-tiba kamu merasa bosan dengan buku yang sedang kamu baca dan ingin beralih ke buku lainnya. Jika kamu membaca dengan buku fisik, hal ini agaknya merepotkan karena kamu harus membawa banyak buku ke mana-mana.

Inilah yang menjadi salah satu kelebihan buku digital yang bisa dibaca secara online. Kamu hanya perlu satu perangkat yang memuat aplikasi bacaan dan bisa bebas membaca apa pun yang kamu inginkan.

5. Bisa langsung mencari makna kata

Saat membaca, pernahkah kamu menemukan kata-kata sulit, terlebih ketika kamu membaca buku yang belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia? Biasanya, aplikasi bacaan atau perpustakaan digital menyediakan fitur terjemahan langsung yang bisa kamu lakukan hanya dengan mengklik atau memblok kata yang belum kamu ketahui maknanya. Dengan begitu, selain proses membacamu tidak terganggu karena harus mencari arti kata terlebih dahulu, kosakata yang kamu ketahui juga semakin banyak.

6. Bisa menyesuaikan tampilan sesuai keinginan

Buku fisik membuat pembacanya harus menyesuaikan dengan tampilan buku yang ada sedangkan buku digital yang dibaca secara online bisa disesuaikan sesuai keinginan pembaca. Kamu bisa mengatur besaran tulisan, tema, pencahayaan, dan bahkan memilih warna highlight tertentu untuk menandai bagian kesukaanmu.

Rekomendasi Situs atau Aplikasi Baca Buku Online

Gratis Foto stok gratis amazon, Book, buku elektronik Foto Stok
Ada berbagai situs atau aplikasi baca buku online yang bisa kamu akses secara gratis (sumber: Pexels)

Mau baca buku online di kereta? Saat menunggu antrian? Atau sambil santai di rumah? Bisa banget, kok! Dengan mengakses buku secara online, baca buku jadi lebih praktis, kapanpun dan dimanapun. Lantas, apa saja situs atau aplikasi baca buku online yang direkomendasikan? Ini dia daftarnya!

Baca juga: 7 Rekomendasi buku motivasi yang bikin semangat

1. Goodreads

Situs Goodreads banyak menyediakan buku-buku klasik tanpa hak cipta. Meski begitu, koleksi buku modernnya juga cukup banyak. Bahkan, kamu bisa baca buku online di situs ini secara gratis dengan memilih kategori “free online”.

2. Children's Library

Apabila kamu mencari buku anak-anak gratis secara online, situs Children’s Library bisa menjadi pilihan ideal. Bayangkan, betapa serunya anak-anak bisa mendapatkan akses baca buku online gratis ke berbagai literatur dan buku-buku terbaik dari seluruh dunia. Contoh buku-buku yang tersedia seperti Yukimado, Legends of the Maori, atau All We Need Are Dragons.

3. Sacred Texts

Rekomendasi tempat baca buku online selanjutnya adalah Sacred Texts. Perpustakaan online ini punya berbagai kategori buku. Seperti cerita rakyat, mitologi, agama, dan lainnya. Misi utamanya adalah meningkatkan toleransi antar umat beragama di seluruh dunia. Bahkan, di sini kamu juga bisa baca buku online dari kitab-kitab agama. Seperti Injil, Talmud, Veda, dan banyak lagi.

4. ManyBooks

Sesuai namanya, ManyBooks memang memiliki banyak koleksi buku-buku untuk ditawarkan. Terdapat sekitar lebih dari 30.000 koleksi buku yang terdiri dari eBooks. Kamu bisa baca buku online bertema klasik atau modern, seperti The Secret Adversary by Agatha Christie atau The Art of War by Sun Tzu.

Baca juga: 10 Rekomendasi buku marketing untuk tambah pengetahuan

5. Project Gutenberg

Digagas oleh Michael Hart sejak 1971, tak heran jika koleksi buku-buku di perpustakaan online Project Gutenberg menjadi literatur banyak orang. Setidaknya, terdapat lebih dari 50.000 judul buku yang bisa dibaca gratis secara online. Project Gutenberg dijalankan oleh para sukarelawan yang mendigitalkan dan mengunggahnya. Kamu bisa mengunduh maupun baca buku online di situs ini secara legal. Kategori buku yang tersedia ada beragam. Mulai dari sejarah, sains, sastra, dan lainnya.

6. Tor

Kamu hobi baca buku online bertema sci-fi dan fantasi? Kalau iya, Tor adalah surga eBook buat kamu. Setiap minggu, banyak cerpen orisinil bertema sci-fi dan fantasi yang ditulis. Asyiknya lagi, semuanya bisa dibaca secara gratis dan kisah-kisah sci-fi yang ditulis luar biasa hebat. Untuk yang ingin bergabung sebagai member, Tor juga menyediakan klub eBook of the Month agar kamu bisa akses gratis ke satu kategori pilihan per bulannya.

7. Wikisource

Terdapat sekitar 400.000 teks di Wikisource dalam bahasa Inggris yang bisa menjadi referensi untuk mendalami suatu topik secara mendalam. Kamu bisa menemukan teks yang ditulis mulai dari tahun 1846 hingga 1941. Mau baca buku online dari penulis-penulis ternama seperti Rudyard Kipling atau Marie de France? Tersedia di sini! Atau ingin berfantasi ke dunia baru dengan teks yang ditulis oleh Jules Verne dan Philip Dick? Wikisource adalah tempatnya!

8. Kobo Books

Kobo Books adalah salah satu aplikasi baca buku online yang cukup terkenal di kalangan pencinta buku. Selain karena UI-nya yang ramah pengguna, Kobo Books juga dilengkapi dengan fitur “Reading Life” yang bisa membantumu menemukan komunitas untuk membicarakan buku yang kamu sukai. 

Aplikasi satu ini sudah tersedia bagi pengguna Android dan iOS. Jika kamu ingin membaca buku menggunakan Kobo Books, kamu bisa membayar ebook atau audio book-nya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat membacanya kapan saja dan di mana saja, baik secara daring maupun luring.

9. Scribd

Aplikasi baca buku online satu ini sering dijuluki “Netflix untuk buku” karena banyaknya koleksi bacaan yang tersedia di dalamnya. Selain itu, Scribd juga menyediakan fitur yang memuat judul buku terlaris dan paling banyak dibicarakan dalam beberapa genre. 

Untuk dapat menggunakannya, kamu bisa membayar biaya langganan sebesar $9.99 per bulan. Setelah membayar biaya berlangganan, kamu bisa mengunduh buku untuk dibaca secara online, membuat anotasi, dan menandai halaman terakhir yang kamu baca.

10. Wattpad

Aplikasi berwarna latar oranye ini cukup terkenal di kalangan pembaca fiksi. Meskipun buku yang dipublikasikan bukanlah buku-buku yang sudah diterbitkan dan memiliki ISBN, biasanya cerita yang diunggah di Wattpad justru calon-calon buku yang mempunyai banyak peminat bahkan sampai diangkat ke layar lebar.

Kamu tidak perlu membayar untuk membaca sebagian besar cerita yang dipublikasi di aplikasi ini karena penulisnya berasal dari kalangan awam. Akan tetapi, untuk beberapa cerita tertentu, kamu bisa membeli koin yang dipakai untuk mengakses cerita tersebut.

11. Ipusnas

Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi satu ini adalah perpustakaan digital keluaran Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Untuk dapat membaca ribuan koleksi buku dengan berbagai genre yang ditawarkan, kamu hanya perlu membuat akun dan meminjam buku sesuai keinginan dengan jangka waktu peminjaman lima hari.

Baca juga: 9 Rekomendasi buku self improvement yang menarik

Baca buku online adalah hobi yang sangat menginspirasi dan bermanfaat. Tak hanya menambah pengetahuan, baca buku juga bisa menjadi rekreasi murah, bahkan gratis. Selain itu, untuk para pencari kerja yang hobi baca buku online, kamu bisa melatih skill komunikasi untuk memukau recruiter saat interview kerja. Orang yang suka membaca buku umumnya berwawasan luas dan punya banyak ide cemerlang.

Nah, kalau kamu sign up di EKRUT sekarang, kamu bisa menambah peluang kerja atau diskusi karier secara profesional. Sebab, di EKRUT terdapat ribuan lowongan pekerjaan dari berbagai employer ternama di Indonesia. Simak juga berbagai tips dan informasi menarik seputar karier hanya di YouTube EKRUT Official dan EKRUT Media.

Sumber:

  • bookriot 
  • indbeasiswa 
  • deliciamandy
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video