Published on

Technology

10+ Aplikasi Baca Novel Gratis Terbaik di Tahun 2022

Anisa Sekarningrum

H1_1._10__Aplikasi_Baca_Novel_Gratis_Terbaik_di_Tahun_2022.jpg

Di zaman serba digital ini, kamu dapat melakukan banyak hal dengan ponsel pintarmu, termasuk membaca novel gratis. Walaupun masih banyak pembaca yang lebih menyukai buku fisik karena dapat memegang langsung dan merasakan sensasi membalik kertas, tetapi aplikasi baca novel gratis kini semakin dinikmati karena praktis dan ekonomis. Contohnya, kamu bisa membaca novel yang berbeda tanpa harus membawa banyak buku. Aplikasi baca novel gratis juga populer karena memiliki bermacam-macam fitur seperti pengaturan mode membaca, fitur membaca luring, hingga fitur komentar dan komunitas pembaca.

Baca juga: 7 Rekomendasi Situs atau Aplikasi untuk Baca Buku Online

10+ Aplikasi baca novel gratis terbaik


Ada beberapa aplikasi baca novel gratis seperti iPusnas, Wattpad, Storial dan lain sebagainya - Pexels

Tingginya antusias pembaca terhadap aplikasi baca novel gratis membuat semakin banyak developer yang membuat aplikasi baca novel gratis. Berikut beberapa aplikasi baca novel gratis di tahun 2022.

1. Google Play Books

Aplikasi baca novel gratis yang pertama ini menyediakan banyak sekali ebook yang bisa kamu beli melalui situs Google Play Store mulai dari kumpulan buku terbaru, best seller, buku yang sedang trending, hingga buku yang sedang turun harga. Kamu juga bisa langsung mencari buku favoritmu dengan fitur search.

Tersedia pembayaran menggunakan kartu kredit, kartu debit, ShopeePay, DANA, dan DOKU. Buku yang sudah kamu beli di situs tersebut akan otomatis ditambahkan ke aplikasi Google Play Books ini. Setelah membeli buku, aplikasi ini juga akan merekomendasikan buku dengan genre serupa dari buku yang sedang kamu baca. Pada menu Library tersedia pilihan buku yang dimiliki dan rak buku, yaitu semacam playlist dalam pemutar musik.

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini salah satunya adalah 3D effect for page turns, yang membuat kamu serasa membalik halaman kertas. Fitur lainnya adalah mengatur kualitas audio untuk audiobook, mengurangi penggunaan data dengan mengunduh hanya dengan WiFi.

Tersedia juga fitur sinkronisasi ke Google Drive sehingga catatan, highlight, dan bookmark yang disimpan akan otomatis tersinkron dengan gawai kamu lainnya, daftar isi, bookmark, pilihan untuk mengubah font, ukuran font, dan ukuran spasi. Google Play Books tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

2. Apple Books

Untuk pengguna iOS, iPadOS, dan macOS, Apple menyediakan aplikasi Apple Books agar kamu dapat membaca ebook yang ada di Library Apple atau ebook dalam format PDF yang kamu miliki dengan aplikasi ini. Sayangnya ebook yang tersedia di Apple Books ini hanya sedikit dan tidak selengkap Google Play Book.

Kebanyakan buku yang tersedia di aplikasi ini adalah buku-buku lama dan klasik seperti Pride and Prejudice, Max Havelaar, dan biografi para tokoh besar seperti Abraham Lincoln dan Napoleon Bonaparte. Apple Books juga memiliki fitur 3D effect for page turns untuk buku yang berasal dari Library mereka, tetapi tidak tersedia untuk ebook dalam format PDF yang kamu masukkan ke Apple Books. 

Tersedia juga fitur untuk mengatur cahaya layar, pilihan scrolling page, daftar isi, bookmark, ukuran font, jenis font, warna kertas (tersedia warna putih, coklat dan hitam), juga editing tools seperti spidol, highlighter, penghapus, penggaris, signature, dan magnifier. Fitur menarik lain yang dimiliki aplikasi baca novel gratis ini adalah reading goals dan books read this year sehingga kamu dapat mengetahui waktu yang kamu habiskan untuk membaca kamu setiap harinya dan semua buku yang kamu baca dalam setahun.

3. Amazon Kindle

Serupa dengan Google Play Book, Amazon Kindle juga menyediakan berbagai novel yang dapat kamu beli untuk dibaca di aplikasi ini. Tersedia fitur untuk mengganti jenis font, ukuran font, pengaturan cahaya layar, warna kerta (tersedia warna putih, krem, hijau, dan hitam), continue scrolling, spacing, alignment, hingga tema yang sudah disediakan Kindle. Selain itu, tersedia juga fitur penggaris untuk membantu kamu membaca, progres membaca, jam, bookmark, dan daftar isi. Amazon Kindle tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

4. iPusnas

Aplikasi baca novel gratis berikutnya adalah iPusnas, yaitu aplikasi perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional RI yang memiliki ribuan judul ebook mulai dari novel, komik, dan beragam buku-buku non fiksi lainnya. Kamu tidak perlu menjadi member Perpustakaan Nasional untuk bisa meminjam buku di aplikasi ini, tetapi kamu harus mendaftarkan dan memverifikasi email kamu. Setelah sukses login dan email kamu telah terverifikasi, kamu bisa meminjam buku.

Semua buku dapat dipinjam secara gratis, tetapi kamu mungkin harus mengantre untuk beberapa buku yang sedang dipinjam orang lain. Sebaliknya, kamu dapat langsung meminjam buku yang sedang tersedia. iPusnas tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS sehingga kamu dapat membaca novel gratis secara daring maupun luring. Tersedia fitur daftar isi, bookmark, catatan, dan reading mode salah satunya dengan 3D effect for page turns.

5. Gramedia Digital

Gramedia Digital menyediakan berbagai pilihan bacaan seperti buku fiksi, buku non-fiksi, majalah, juga koran. Ada beberapa produk yang dapat kamu beli langsung di aplikasi ini atau kamu dapat membelinya di situs ebooks.gramedia.com. Tersedia paket premium untuk membaca konten sepuasnya seperti paket fiksi, paket non-fiksi, paket anak, dan paket lainnya. Gramedia Digital tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Website Jurnal Gratis 2022

6. ePerpus

Selain aplikasi Gramedia Digital ada juga ePerpus yang juga tersedia untuk pengguna Android, iOS, dan iPadOS. ePerpus adalah layanan perpustakaan digital sehingga kamu dapat meminjam buku, majalah, dan koran digital dari penerbit buku populer. Aplikasi ini menyediakan fitur daftar isi, kecerahan layar, bookmark, dan search bar. Untuk meminjam buku, lakukan registrasi email dan proses login. Serupa dengan aplikasi iPusnas, kamu harus mengantre untuk meminjam buku, tetapi kamu bisa langsung meminjam buku yang tersedia.

7. Wattpad

Aplikasi baca novel gratis yang satu mungkin menjadi aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan oleh pembaca. Terlihat dari banyaknya cerita Wattpad yang sudah diadaptasi menjadi serial televisi dan film. Tersedia banyak sekali cerita Wattpad yang dapat kamu baca secara gratis dan berbayar. Kamu dapat membayar untuk mendukung penulis cerita menggunakan koin Wattpad atau paket Wattpad Premium+ yang dapat dibeli per bulan, per 6 bulan dan per 12 bulan. Tentunya, kamu juga dapat menuliskan ceritamu dan menjadi penulis di Wattpad. Ada berbagai program yang disediakan Wattpad untuk mendukung para penulis mereka antara lain Wattpad Stars, Wattpad Paid Stories, Wattpad Picks, Contests, dan lain-lain. 

Jika kamu bingung ingin membaca cerita yang mana, tersedia pilihan cerita terbaru, pilihan editor, rekomendasi Wattpad, cerita dari penulis top Wattpad dan beragam cerita berdasarkan genre yang diurutkan berdasarkan ranking cerita dengan pembaca terbanyak. Wattpad menyediakan beragam fitur pembaca seperti mengubah font dan ukurannya, mengubah warna kerta (tersedia putih, hitam dan krem), reading mode, dan lainnya. Wattpad tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

8. Storial

Storial adalah aplikasi baca novel gratis yang menyediakan berbagai cerita dalam beragam genre. Tersedia juga novel populer dalam bentuk ebook dan cerita Storial populer yang dapat kamu beli dengan koin Storial. Agar pengalaman membaca kamu lebih menyenangkan, kamu bisa mengatur ukuran dan jenis font, mengatur cahaya dan warna layar, hingga fitur dark mode. Tidak hanya dapat membaca novel gratis, kamu juga bisa menjadi penulis novel di Storial. Ada banyak kompetisi yang dapat kamu ikuti dan program royalti agar kamu dapat cuan. Storial tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

9. NovelMe

NovelMe menyediakan banyak cerita dalam berbagai genre dengan cerita romansa menjadi yang terpopuler. Tersedia juga fitur dark mode, daftar isi, dan bookmark saat kamu membaca. Jika kamu ingin membaca lebih banyak, kamu dapat membeli cerita dengan koin yang tersedia. Jika kamu senang menulis, kamu bisa bergabung menjadi penulis di aplikasi baca novel gratis ini karena mereka memberikan jutaan bonus kepada para penulis terpilih. NovelMe tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

10. NovelToon

Aplikasi baca novel gratis berikutnya adalah NovelToon yang tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS sehingga kamu dapat membaca cerita secara daring dan luring (kamu dapat mengunduh cerita). Aplikasi ini cukup berbeda dengan aplikasi baca novel gratis lainnya yang hanya menyediakan format buku. NovelToon menyediakan cerita dalam bentuk novel, chat, komik, hingga audio.

NovelToon menyediakan fitur pembaca seperti peringkat, cerita terpopuler, daftar isi, dark mode, komentar, mengganti kecerahan layar, ukuran dan jenis font, jarak antar baris, warna latar, dan mode ganti halaman. Tidak hanya membaca, kamu pun dapat menjadi penulis atau kontributor di aplikasi ini karena ada banyak reward dan kontes menulis yang dapat kamu ikuti.

Baca juga: Content writer, ini 7 aplikasi menulis terbaik di tahun 2022

11. Joylada

Joylada adalah aplikasi baca novel gratis yang menyediakan format cerita tidak hanya seperti novel, tetapi juga versi chatting yang tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS. Ada berbagai kategori cerita seperti romansa, drama, komedi, fantasi, misteri, sci-fi, hingga fan fiction. Kamu juga bisa membaca cerita berdasarkan peringkat, cerita trending, cerita terbaru, dan pilihan editor. Untuk pengalaman membaca yang lebih menyenangkan kamu bisa mengatur reading mode, jenis dan ukuran font, spasi tulisan, dan warna kertas.

12. HotBuku

Kamu dapat membaca beragam jenis novel berdasarkan peringkat, genre, cerita terpopuler, dan cerita pilihan HotBuku. HotBuku tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS. Aplikasi baca novel gratis ini memiliki fitur pembaca seperti daftar isi, dark mode, komentar, pengaturan kecerahan layar, animasi balik halaman, warna kertas, tinggi garis, dan ukuran teks.

13. Inkitt

Aplikasi baca novel gratis berikut ini berbahasa Inggris dengan banyak genre cerita yang dapat kamu baca. Semua cerita yang sudah dan sedang kamu baca akan direkam di aplikasi ini. Inkitt tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS. Aplikasi ini menyediakan fitur unduhan cerita dan fitur pembaca seperti warna kertas, ukuran font, komentar, serta daftar isi. Kamu pun dapat menulis cerita di aplikasi ini.

14. Readict

Aplikasi baca novel gratis berikut ini juga berbahasa Inggris. Readict tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS. Tersedia fitur daftar isi, kecerahan dan warna layar, juga fitur untuk mengubah jenis dan ukuran font. Readict juga membagi kategori cerita seperti berdasarkan genre, karakter, plot, tone, dan relationship. Kamu dapat membaca banyak cerita yang sudah terpilih menjadi cerita terpopuler, cerita pilihan editor, cerita yang sedang trending, cerita terbaru, dan lainnya.

15. MyNovel

Di aplikasi baca novel gratis berbahasa Inggris ini, kamu dapat memilih genre yang kamu sukai seperti romansa, misteri, persahabatan, fantasi, cinta, vampir, dan lain sebagainya. MyNovel yang tersedia untuk pengguna iOS dan iPadOS ini juga dibedakan berdasarkan cerita terbaru, cerita terpopuler, dan juga pilihan editor. Kamu bisa membaca cerita di MyNovel secara gratis atau membeli paket bulanan dan tahunan dengan berbagai fitur pembaca seperti mengubah warna kertas, ukuran dan jenis font.

16. Finovel

Aplikasi baca novel gratis ini memiliki beragam cerita dalam bahasa Inggris. Kamu dapat memilih cerita berdasarkan genre, cerita pilihan editor, cerita terbaru, cerita tanpa poin, atau berdasarkan peringkat. Finovel tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur pembaca seperti daftar isi, dark mode, kecerahan layar, ukuran font, dan reading mode.

17. Novelah

Novelah adalah aplikasi baca novel gratis yang tersedia dalam berbagai bahasa mulai dari bahasa Inggris, Indonesia, Spanyol, Portugis, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Cina. Kamu juga dapat membaca novel berdasarkan peringkat, genre, cerita terbaru, dan pilihan editor. Aplikasi baca novel gratis ini memiliki beberapa fitur pembaca seperti daftar isi, dark mode, mengubah kecerahan layar, ukuran font, reading mode, fitur mengunduh cerita, dan memberi komentar. Novelah tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

18. PopNovel

Aplikasi baca novel gratis berikutnya adalah PopNovel yang tersedia dalam bahasa Indonesia, Inggris, Spanyol, dan Cina. Kamu dapat memilih cerita berdasarkan peringkat, cerita yang sedang trending, rekomendasi editor, atau berdasarkan genre. Kamu dapat membaca cerita secara gratis atau membeli koin yang tersedia. PopNovel yang tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS ini memiliki fitur pembaca seperti daftar isi, dark mode, komentar, pengaturan kecerahan layar, warna kertas, ukuran dan jenis font, jarak antar baris, serta reading mode.

19. WeRead

WeRead aplikasi baca novel gratis yang tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS. Aplikasi ini menyediakan novel berbahasa Inggris dalam berbagai genre seperti romansa, fantasi, dewasa, sci-fi, horor, dan lainnya. Tersedia fitur pembaca seperti daftar isi, dark mode, kecerahan layar, warna kertas, ukuran font, dan jarak antar baris.

20. Fizzo Novel

Aplikasi baca novel gratis berikutnya adalah Fizzo Novel yang menyediakan beragam novel dalam bahasa Inggris. Kamu pun dapat mengubah preferensi novel untuk pembaca pria atau wanita. Tersedia juga fitur daftar isi, night mode, komentar, story teller, dan lain-lain. Tersedia beragam genre novel seperti romansa, mafia, cerita remaja, thriller, sekolah, misteri, fantasi, permainan, time travel, fanfiction, dan masih banyak lainnya. Fizzo Novel tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

Baca juga: 7 Rekomendasi buku motivasi yang bikin semangat

21. iNovels

iNovels menjadi aplikasi baca novel gratis yang menyediakan novel dalam bahasa Indonesia, Inggris, Thailand, dan Vietnam. Kamu dapat memilih novel berdasarkan novel terbaru dan novel terpopuler. iNovels tersedia untuk pengguna iOS dan iPadOS. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pembaca seperti pengaturan kecerahan layar, daftar isi, mengubah ukuran dan jenis font, warna kertas, komentar, dan reading mode.

22. Kobo Books

Kobo Books adalah aplikasi buatan Rakuten yang menyediakan beragam ebook dan audiobook dalam bahasa Inggris. Kobo Books tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS. Aplikasi ini menyediakan fitur pembaca seperti daftar isi, reading mode, pengaturan kecerahan layar, ukuran dan jenis font, dan fitur lainnya.

23. Webfic

Webfic tidak hanya menyediakan ebook, tetapi juga audiobook, sehingga kamu tetap bisa mendengarkan cerita jika sedang tidak bisa membaca. Cerita di aplikasi baca novel gratis ini tersedia dalam bahasa Indonesia, Inggris, Filipina, Spanyol, Thailand, dan Korea. Tidak hanya itu, tersedia juga fitur pembaca seperti daftar isi, pengaturan kecerahan dan warna layar, ukuran dan jenis font, dark mode, dan komentar. Webfic tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

24. Dreame

Aplikasi baca novel gratis ini menyediakan berbagai cerita dan komik dalam bahasa Indonesia, Inggris, Spanyol, Perancis, Portugis, Italia, Vietnam, Thailand, Filipina, Arab, dan Belanda. Dreame menyediakan bermacam-macam fitur pembaca seperti daftar isi, pengaturan kecerahan layar, ukuran dan jenis font, reading mode, dark mode, dan komentar. Dreame tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

25. Webnovel

Aplikasi baca novel gratis berikutnya adalah Webnovel yang tersedia dalam bahasa Indonesia, Inggris, Malaysia, Filipina, Vietnam, India, dan Spanyol. Webnovel tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS. Tidak hanya novel, kamu juga bisa membaca komik di aplikasi ini. Kamu dapat memilih cerita berdasarkan urutan terpopuler, genre, cerita terbaru, dan pilihan editor. Agar membaca lebih menyenangkan, kamu bisa mengatur kecerahan layar, warna kertas, juga ukuran dan jenis font. Tersedia juga fitur download, audiobook, daftar isi, dark mode, komentar, dan voting.

26. GoodNovel

GoodNovel adalah aplikasi baca novel gratis yang menyediakan cerita dalam bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Filipina, dan Thailand. Aplikasi GoodNovel tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS. Tersedia beragam fitur mulai dari daftar isi, pengaturan kecerahan layar, warna kertas, ukuran dan jenis font, dark mode, dan komentar. Kamu juga dapat memilih cerita berdasarkan genre, cerita terlaris, cerita populer, dan cerita pilihan editor.

27. Innovel

Aplikasi baca novel gratis berikutnya adalah Innovel. Kamu dapat memilih novel berdasarkan genre, urutan terpopuler, dan pilihan editor. Tersedia beragam fitur seperti download, daftar isi, pengaturan kecerahan layar, ukuran dan jenis font, reading mode, dark mode, dan komentar. Innovel tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

28. NovelPlus

Selanjutnya, ada aplikasi baca novel gratis NovelPlus. Kamu dapat memilih cerita berdasarkan peringkat, cerita terpopuler, cerita terbaru, dan pilihan editor. Kamu pun dapat menjadi penulis dalam bahasa Indonesia atau Malaysia. Tersedia fitur preview dan draft sebelum menerbitkan. NovelPlus tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

29. Cabaca

Cabaca adalah aplikasi baca novel gratis yang hanya tersedia di Android. Aplikasi ini menawarkan bermacam-macam genre novel mulai dari romansa, komedi, aksi, horor, fantasi, dan masih banyak lainnya. Kamu juga dapat lebih nyaman membaca karena tersedia fitur pengaturan font hingga penggantian warna latar dari novel yang kamu baca. Kamu pun dapat menjadi penulis karena banyak penawaran menarik yang ditawarkan oleh tim redaksi Cabaca.

30. Goodreads

Goodreads mungkin tidak dapat disamakan sebagai aplikasi untuk membaca novel gratis, tetapi aplikasi ini sangat populer dan digunakan banyak pembaca untuk mencatat buku-buku yang sudah mereka baca dan memberikan review terhadap buku tersebut. Goodreads juga merupakan platform komunitas pembaca dimana tidak hanya memberikan review, kamu juga dapat memberikan komentar di review orang lain dan berdiskusi tentang buku tersebut dengan pembaca lainnya dari seluruh dunia.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui buku yang sedang trending di kalangan member Goodreads, buku yang paling banyak dibaca, buku yang baru rilis bulan dan tahun ini, best book of the year, hingga reading challenge. Goodreads tersedia untuk pengguna Android, iOS, juga iPadOS.

Baca juga: 10 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

Itu tadi 30 aplikasi baca novel gratis yang dapat kamu unduh agar bisa membaca berbagai cerita dari novel dan komik dalam bahasa Indonesia juga Inggris.

Untuk kamu yang gemar menulis dan ingin menjadi seorang content writer, yuk coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • gramedia.com
  • my-best.id
  • carisinyal.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Microsoft_Azure.jpg

    Technology

    Mengenal Microsoft Azure, Cara Kerja, dan Manfaatnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    cover_(1).jpg

    Technology

    10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022

    Detty Risetya

    06 July 2022
    6 min read
    Apa_itu_Database-Berikut_Pengertian__Manfaat__Jenis_Serta_Fungsinya.jpg

    Technology

    Apa Itu Database? Berikut Pengertian, Manfaat, Jenis, serta Fungsinya

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    06 July 2022
    6 min read

    Video