Published on

Expert's Corner

8 Contoh pertanyaan interview Brand Marketing Manager

Nur Rosita Dewi

pertanyaan-interview Brand-Marketing-Manager-EKRUT.jpg

Sebagai seorang kandidat Brand Marketing Manager, kamu akan bertanggung jawab dalam merencanakan dan memasarkan produk perusahaan. Agar perekrut tahu kamu merupakan kandidat yang tepat, kamu harus lolos melalui tahapan wawancara. Simak artikel berikut untuk mengetahui gambaran pekerjaan, contoh pertanyaan interview, serta tips menjawabnya. 

Tugas dan tanggung jawab Brand Marketing Manager

Tugas dan tanggung jawab Brand Marketing Manager
Brand Marketing Manager bertanggung jawab menjaga citra sebuah perusahaan - Unsplash

Brand Marketing Manager bekerja untuk memastikan bahwa sebuah brand tetap dapat dikenali, terpercaya, dan menarik bagi pelanggan. Brand Marketing Manager merencanakan cara untuk mempromosikan dan mengubah persepsi publik mengenai sebuah brand. Perusahaan dapat mempekerjakan Brand Marketing Manager untuk bekerja secara in-house pada brand mereka sendiri. Selain itu, Brand Marketing Manager juga dapat bekerja di agensi pemasaran, di mana mereka mengerjakan beberapa brand sekaligus untuk klien yang berbeda. Brand Marketing Manager juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pencitraan sebuah brand berjalan dengan konsisten di seluruh saluran iklan dan kampanye.

Skillset menjadi Brand Marketing Manager

Skillset menjadi Brand Marketing Manager
Brand Marketing Manager harus mampu berpikir analitis dan strategis - Unsplash

Menjadi seorang Brand Marketing Manager memerlukan kecakapan tertentu yang dapat membantu menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Berikut adalah beberapa keahlian penting yang perlu dimiliki seperti dikutip dari targetjobs.co.uk.

  • Berpikir analitis dan menaruh perhatian pada hal-hal yang mendetail
  • Memahami mengenai tren terkini dan kebutuhan pelanggan
  • Mampu menghasilkan ide-ide inovatif dan orisinal
  • Mampu bekerja di dalam tim
  • Mampu mengelola dan mengalokasikan anggaran
  • Menguasai komunikasi tertulis dan verbal
  • Mempunyai pengalaman dan pemahaman mengenai riset pasar
  • Menguasai manajemen waktu dan proyek, termasuk mampu mengerjakan beberapa proyek secara bersamaan
  • Berpikir secara strategis dan membuat kampanye

Perbedaan Brand Marketing Manager dengan Marketing Manager

Perbedaan Brand Marketing Manager dengan Marketing Manager
Peran Brand Marketing Manager dan Marketing Manager memiliki beberapa perbedaan - Unsplash

Meskipun kedudukan Brand Marketing Manager dan Marketing Manager saling melengkapi dalam lingkup pekerjaan, mereka memiliki perbedaan dalam hal peran serta strategi yang digunakan. Berikut beberapa perbedaannya seperti dilansir dari differencebetween.net.

Brand Marketing Manager Marketing Manager
Brand Marketing Manager adalah orang yang bertanggung jawab atas citra yang dirasakan oleh konsumen atas produk atau layanan perusahaan. Marketing Manager adalah orang yang bertugas untuk menjangkau calon klien dan masyarakat pada umumnya untuk mempresentasikan produk perusahaan dan meningkatkan penjualan.
Peran Brand Marketing Manager antara lain menetapkan strategi brand awareness, mengevaluasi citra brand dari konsumen, mengembangkan strategi penjualan dan pemasaran, mengawasi dan merekomendasikan penempatan iklan terbaik serta memantau kemajuan penjualan.                                                                     Peran Marketing Manager antara lain mengembangkan strategi pemasaran untuk menjangkau pelanggan dari semua lapisan masyarakat, berhubungan dengan departemen penjualan untuk memastikan tujuannya sejalan, mensurvei dan melaporkan permintaan produk dan layanan, serta memastikan calon klien memahami nilai produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Brand Marketing Manager mengerjakan hal-hal yang bersifat strategis. Marketing Manager mengerjakan hal-hal yang bersifat taktis.

8 Contoh pertanyaan interview Brand Marketing Manager

8 Contoh pertanyaan interview Brand Marketing Manager
Brand Marketing Manager termasuk salah satu posisi yang paling banyak dicari hingga saat ini. (Sumber: Pexels)

Nah, agar kamu bisa mempersiapkan dirimu dengan sangat baik, di bawah ini ada beberapa contoh pertanyaan interview Brand Marketing Manager serta tips menjawabnya. 

1. Menurut kamu, mengapa brand management penting untuk bisnis?

pertanyaan interview brand marketing manager - EKRUT
Seorang Brand Marketing Manager harus mengetahui seberapa penting tugas mereka - EKRUT

Sebuah perusahaan harus mampu membangun citra yang baik di mata pelanggan. Sebab, pelanggan seringkali berkaca pada citra sebuah perusahaan sebelum membeli produknya. Oleh sebab itu, seorang Brand Marketing Manager harus mengetahui bahwa tugas mereka sangat penting dalam mengarahkan kesuksesan suatu perusahaan. Nah, jawaban pertanyaan ini berangkat dari kenyataan di atas. Tekankan betapa pentingnya brand marketing management untuk sebuah perusahaan.

Baca juga: Tertarik dengan brand marketing? Ini dia informasi yang perlu kamu tahu

2. Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?

pertanyaan interview brand marketing manager - EKRUT
Kenali calon perusahaan sebelum menghadiri interview kerja - EKRUT

Meski pertanyaan ini nampak awam, sebagai seorang Brand Marketing Manager hal ini merupakan hal yang penting. Karena kamulah yang akan membuat pelanggan atau calon pelanggan menjadi lebih memahami produk yang kamu tawarkan. Sebelum datang untuk interview, kamu harus mencari tahu soal perusahaan tempat kamu melamar kerja. Cari tahu sebanyak mungkin soal apa saja produk dan jasa yang mereka ditawarkan dan bagaimana mereka memasarkan produknya. Semakin banyak informasi yang kamu ketahui, semakin besar pula mereka menghargai usahamu. 

3. Bagaimana cara kamu menangani strategi yang tidak berhasil?

pertanyaan interview brand marketing manager - EKRUT
Seorang Brand Marketing Manager harus memiliki kemampuan problem solving - EKRUT

Pertanyaan interview untuk Brand Marketing Manager ini juga sering ditanyakan pada pelamar kerja. Hal ini populer ditanyakan untuk melihat bagaimana sikap calon pekerja dalam menyelesaikan masalah di masa depan. Berikanlah jawaban yang positif dalam menyikapi pertanyaan ini. Utarakan bahwa kamu fokus kamu bukan pada apa yang tidak berhasil dicapai, tapi apa solusi yang harus diambil untuk menyelesaikan target yang tidak tercapai.

4. Apa project brand management terbaik yang pernah kamu lakukan?

pertanyaan interview brand marketing manager - EKRUT
Menyebutkan pencapaian positif yang pernah kamu raih akan membantu memberikan kesan baik bagi perekrut - EKRUT

Agar lancar menjawab pertanyaan interview Brand Marketing Manager ini, kamu juga harus menerapkan jawaban yang bernuansa positif. Jelaskan dengan singkat dan padat tentang pekerjaan paling keren yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Selain itu, berikan juga detail mengenai target audiens, industri dan pasar, serta hasil yang telah kamu capai.

5. Jika kamu bisa memilih, brand apa yang ingin kamu kelola?

pertanyaan interview brand marketing manager - EKRUT
Tunjukkan passion kamu dalam mengerjakan brand-brand besar yang pentuh tantangan - EKRUT

Siapkan satu merek atau brand yang paling ingin kamu kerjakan selama ini. Ceritakan juga apa alasan kamu memilihnya. Kaitkan dengan passion yang kamu miliki, target yang ingin kamu capai, serta harapan kamu dalam brand tersebut. Jika perlu, pilih satu merek dengan budget besar dan ada di seluruh dunia. Ini akan mengindikasikan bahwa kamu bersemangat untuk melakukan beberapa perjalanan dinas yang menantang.

Lewat pertanyaan ini, pewawancara juga ingin mengetahui seberapa jauh pemikiran kamu ke depannya. Pikirkanlah baik-baik sebelum memilih satu brand, karena ini akan menentukan peluang kamu diterima atau tidak.

Baca juga: 10 Pertanyaan interview unik yang diajukan bos perusahaan besar

6. Siapa dan bagaimana kamu melihat pesaing dari brand kami? 

pertanyaan interview brand marketing manager - EKRUT
Dengan mengetahui siapa sainganmu, kamu bisa menentukan strategi yang tepat - EKRUT

Seorang brand marketing manager harus mampu melihat dan mempelajari persaingan antar brand. Kamu harus tahu bagaimana niche market pesaingmu, layanan mereka hingga strategi yang mereka gunakan dalam pemasaran. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan kegagalan pesaing untuk menentukan strategi brand seperti apa yang harus kamu lakukan. Kamu juga dapat menggunakan pertimbangan tadi untuk membuat marketing plan yang efektif

7. Bagaimana kamu menangani respon negatif tentang perusahaan di media sosial?

pertanyaan interview brand marketing manager EKRUT
Respon negatif dari pelanggan harus bisa dihadapi oleh seorang Brand Marketing Manager - EKRUT

Pertanyaan interview Brand Marketing Manager selanjutnya kerap menanyakan tentang langkah yang akan diambil oleh mu bila merek mulai dipandang negatif di media sosial. Dalam keadaan ini, seorang Brand Marketing Manager harus tetap tenang dalam menghadapi kasus keributan seperti itu. Oleh karena itu dari jawabanmu, perekrut ingin mengetahui sebijak apa kamu mengambil tindakan bila kasus seperti itu terjadi kepada brand dan pendekatan apa yang ingin dibangun untuk memulihkan kembali citra perusahaan. 

8. Jika kita ingin masuk ke market yang baru, jelaskan strategi yang akan kamu gunakan? 

pertanyaan interview brand marketing manager - EKRUT
Antisipasi beberapa pertanyaan studi kasus saat wawancara kerja - EKRUT

Salah satu cara merekrut brand marketing manager yang umumnya dilakukan perekrut adalah dengan memahami proses berpikir kandidat dalam menghadapi beberapa situasi. Itu sebabnya tidak jarang di dalam interview kerja kamu akan dihadapkan pada contoh soal tes marketing atau studi kasus yang harus dipecahkan. Untuk menjawab pertanyaan ini tidak usah terlalu terperinci. Jelaskan dengan cara sederhana.  Fokuskan penjelasan  pada tiga kerangka yakni siapa yang menjadi pelangga, apa yang ditawarkan dan bagaimana saluran yang akan kamu gunakan.  

Proyeksi karier Brand Marketing Manager 2021 

Proyeksi karier Brand Marketing Manager 2021
Peluang kerja Brand Marketing Manager semakin meningkat seiring dengan berkembangnya saluran komunikasi - Unsplash

Dikutip dari getsmarter.com, peluang kerja bagi seseorang yang tertarik menjadi Brand Marketing Manager meningkat sebesar 14 persen pada tahun 2020. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya perusahaan yang mulai tertarik mempekerjakan profesional yang berdedikasi untuk memastikan representasi perusahaan secara online.

Sebelumnya, posisi Brand Marketing Manager biasanya hanya ada di perusahan ternama yang bergerak di industri tertentu. Namun saat ini, seiring dengan berkembangnya saluran komunikasi baru dan kemampuan konsumen untuk mempengaruhi persepsi sebuah brand, perusahaan-perusahaan dari berbagai industri mengidentifikasi bahwa strategi brand manajemen yang efektif menjadi bagian penting dari usaha pemasaran mereka. 

Potensi penghasilan dari seorang Brand Marketing Manager bervariasi menyesuaikan dengan kekuatan brand yang menjadi tanggung jawabnya. Hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap fokus mengembangkan keahlian pemasaran dan kualitas kepemimpinan serta menambah jam terbang agar meningkatkan kekuatan posisimu.

Baca juga: Catat, ini 11 skills yang dibutuhkan oleh marketing di tahun 2020

Selain mengetahui beberapa contoh pertanyaan interview Brand Marketing Manager, ada beberapa hal lain yang perlu kamu siapkan dan antisipasi dari jauh hari. Kamu bisa cek lebih lanjut melalui video di bawah ini agar interview yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar. Pastikan kamu mempelajari semuanya supaya siap menjawab pertanyaan apapun yang diajukan oleh pewawancara. Semoga berhasil! 

pertanyaan interview brand marketing manager EKRUT 
Last updated: 3 September 2021

Sumber: 

  • indeed.com
  • careeraddict.com
  • careerizma.com
  • targetjobs.co.uk
  • differencebetween.net
  • getsmarter.com

Tags

Share