Published on

Careers

6 Jenis pertanyaan interview kerja IT Auditor Specialist

Nur Lella Junaedi

pertanyaan-interview-IT-Auditor-specialist-EKRUT.jpg

Peran IT Auditor Specialist cukup vital dalam sebuah perusahaan karena  mereka bertugas melindungi kontrol internal dan data dalam sistem teknologi perusahaan tersebut.

Bila kamu berminat menjadi bagian dari tim IT Auditor Specialist, pastikan kamu memiliki skills yang dibutuhkan sebelum melamar posisi ini. 

Selain itu jangan lupa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi beberapa pertanyaan interview kerja IT Auditor Specialist berikut ini,

Baca juga: 8 Pertanyaan interview untuk UX Researcher

1. Kenapa kamu tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai IT Auditor Specialist?

 
Saat kamu ditanya alasan ingin menjadi IT Auditor Specialist kamu dapat menjawab berdasarkan pengalaman atau background pendidikan-EKRUT

Ini adalah pertanyaan interview umum yang biasanya terdapat dalam setiap sesi wawancara kerja.  Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu sebaiknya memberitahukan alasan dari ketertarikanmu terhadap bidang IT Auditor Specialist.

Alasan tersebut bisa berasal dari ketertarikan atas latar belakang pengalaman yang sama atau kualifikasi pendidikan yang masuk dalam ranah IT Auditor Specialist.

Di pertanyaan interview ini, kamu juga sebaiknya menjabarkan kemampuanmu yang sejalan dengan skills penting yang harus dimiliki oleh IT Auditor Specialist.

Contohnya, seperti mampu memecahkan masalah jaringan dan keamanan, meningkatkan kontrol keamanan untuk perlindungan data, sistem, jaringan, dan lain-lain. 

2. Berikan contoh situasi di mana kamu perlu menggunakan hard data untuk membuktikan poin tentang audit yang telah dilakukan?

pertanyaan interview IT Auditor Specialist EKRUT 
IT Auditor Specialist juga harus mampu menggunakan hard data- EKRUT

Dari pertanyaan interview ini, perekrut ingin mengetahui bagaimana kamu bisa menjawab dan memberikan bukti untuk temuan masalah yang pernah kamu selesaikan.

Selain itu, perekrut juga ingin mengetahui bagaimana kamu menangani tekanan kerja dari masalah tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan interview ini kamu harus dapat menjabarkan data dengan tepat, memberikan solusi yang dibutuhkan, serta menjelaskan bagaimana kemampuanmu dalam mengatur organisasi. 

Baca juga: 5 Contoh pertanyaan interview QA Analyst ini wajib kamu tahu

3. Coba jelaskan bagaimana kamu sebagai seorang IT Auditor Specialist melakukan penilaian risiko?

Lewat pertanyaan interview ini, perekrut ingin mengetahui tentang bagaimana cara kamu dalam melakukan penilaian risiko. 

Biasanya penilaian risiko di setiap industri berbeda-beda.Beberapa industri memiliki metodologi penilaian risiko yang telah ditulis sebelumnya dan biasanya digunakan oleh auditor.

Dalam menjawab pertanyaan terkait penilaian risiko ini, jelaskanlah bagaimana caramu menggunakan alat dan metodologi yang tersedia untuk mengidentifikasi kerentanan khususnya pada organisasi yang dievalusi serta berikan solusi untuk menangani masalah tersebut.

4. Tolong jelaskan apa perbedaan audit di Windows dan Linux menurutmu?

pertanyaan interview IT Auditor Specialist EKRUT 
Seorang IT Auditor Specialits harus mengetahui tentang auditor yang terdapat dalam Windows dan Linux-EKRUT

Pertanyaan interview kerja ini dilontarkan sebagai bentuk keingintahuan  perekrut terhadap kemampuanmu sebagai IT Auditor Specialist, khususnya terkait penggunaan Windows dan Linux.

Sebagai seorang IT Auditor Specialist kamu tentunya sudah tahu bila kebijakan audit di Windows dan Linux itu berbeda.

Audit policy di Windows dibuat melalui GPO serta didistribusikan melalui pengontrol domain, sementara di Linux biasanya menggunakan file /etc/audit.rules atau melalui layanan audit Linux.

Selain itu, di Linux kemampuan menggunakan kata sandi GRUB untuk masuk ke sistem dalam mode satu pengguna adalah fitur yang tidak perlu ditinjau oleh auditor di Windows.

Oleh sebab itu, penting juga bagi calon IT Auditor Specialist untuk memahami hal-hal terkait var, home, etc, opt, direktori, tmp hingga usr.

5. Sejauh mana kamu tahu tentang tanggung jawab seorang IT Auditor Specialist?

pertanyaan interview IT Auditor Specialist EKRUT 
Salah satu tanggung jawab IT Auditor Specialits yakni mengontrol keamanan sistem jaringan-EKRUT

Bila kamu telah memiliki pengalaman sebagai IT Auditor Specialist, kamu tentunya tidak akan bingung menjawab pertanyaan interview ini.

Akan tetapi bagi kamu yang baru di bidang ini, kamu dapat menjawab bahwa, IT Auditor Specialist itu memiliki tanggung jawab untuk,

  • Terlibat aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan audit internal serta membuat laporan terkait audit tersebut
  • Membuat rencana untuk mencegah terjadinya pelanggaran keamanan teknologi
  • Bekerja sama menciptakan infrastruktur teknologi informasi yang solid
  • Mengidentifikasi kelemahan jaringan sistem
  • Bekerja sama dengan klien untuk menyusun dan menerapkan aturan serta prosedur terkait masalah  keamanan jaringan. 

Baca juga: 5 Pertanyaan interview Data Scientist ini penting kamu pelajari

6.Bagaimana caramu menghadapi masalah dari klien yang keras kepala?

pertanyaan interview IT Auditor Specialist EKRUT 
Lewat pertanyaan interview ini HRD ingin mengetahui bagaimana kandidat bijaksana dalam menghadapi klient-EKRUT

Melalui pertanyaan ini perekrut ingin mengetahui bagaimana sikapmu menghadapi klien dengan bijak meski  klien tersebut keras kepala.

Perkerut akan melihat kemampuan interpersonal dan komunikasimu untuk memilih apakah kamu  merupakan salah satu calon IT Auditor yang andal atau bukan.

Tekankan dalam jawabanmu mengenai solusi terkait masalah yang dihadapi oleh klien, bagaimana kamu dapat merespon dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik dalam menanggapi keluhan klien tersebut.

Itulah enam pertanyaan interview kerja IT Auditor Specialist yang penting untuk kamu ketahui sebelum melamar posisi tersebut. 

Jangan lupa untuk terus berlatih dan memperkaya diri dengan banyak pengetahuan seputar bidang IT auditor specialist.Semoga sukses!

pertanyaan interview IT Auditor Specialist EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber:

Tags

Share