Published on

Careers

8 Pertanyaan interview untuk UX Researcher

Nur Rosita Dewi

pertanyaan-interview-ux-researcher-EKRUT.jpg

Berlatih sebelum melakukan wawancara memang tidak menjamin kamu bisa mendapatkan posisi yang diinginkan. Namun, latihan dapat memperbesar peluang kamu untuk diterima kerja. Inilah contoh pertanyaan interview UX Researcher yang harus kamu ketahui!

Menceritakan diri kamu kepada pewawancara

Bisa ceritakan sedikit tentang diri kamu? Ini merupakan pertanyaan paling umum untuk background apa pun, baik fresh graduate maupun kandidat yang sudah berpengalaman. 

Pertanyaan ini bertujuan agar kandidat merasa rileks dan tenang serta bisa menceritakan mengenai dirinya kepada pewawancara.

Meskipun terlihat sederhana dan umum, pertanyaan ini sebenarnya sangat penting karena akan menunjukkan karakter kamu kepada pewawancara. 

Melalui pertanyaan ini, akan menjadi penentu untuk pewawancara apakah akan melanjutkan proses atau pertanyaan selanjutnya kepada kandidat.

Kiat terbaik dalam menjawabnya adalah tetap singkat di awal dan tahu seberapa tertarik pewawancara untuk mendengarkan cerita kamu. 

Jangan pernah berlebihan dalam pertanyaan ini dengan cara yang lucu atau tidak relevan. Tetap santai dan gunakan kata-kata yang efektif untuk menggambarkan perjalanan kamu.

Beberapa contoh pertanyaan untuk UX Researcher

Agar kamu memiliki gambaran mengenai pertanyaan lainnya yang mungkin diajukan khusus untuk kamu, berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan untuk UX Researcher.

  • Apa contoh salah satu keputusan yang paling sulit yang pernah kamu buat sebagai seorang UX Researcher?
  • Apa kelemahan terbesarmu yang mungkin pernah disebutkan oleh manajer atau klien kamu?
  • Bagaimana kamu tahu bahwa temuan atau research yang telah kamu lakukan akan memberikan dampak?
  • Apa pengalaman atau temuan yang sangat menarik yang kamu dapatkan dari proyek baru-baru ini?
  • Bagaimana latar belakang pengalaman kamu sehingga kamu bisa bekerja sebagai UX researcher?
  • Katakanlah saya meminta kamu untuk membantu tim saya menemukan cara-cara baru dan menarik untuk engage user dengan konten sebelumnya. Di mana kamu akan mulai?

Apa saja yang harus dilakukan saat proses interview?

Mulailah dengan menunjukkan antusiasme dan coba pertahankan hal tersebut selama proses interview berlangsung. Sebagai seorang UX Research, kamu harus memiliki semangat untuk memecahkan suatu masalah, percakapan, dan juga tantangan. 

Jika kamu antusias dengan pekerjaan tersebut serta berkepribadian baik selama proses interview, perusahaan akan menjadikan ini untuk menilai bagaimana kamu akan bersikap nantinya.

Tunjukkan bahwa kamu mampu untuk bekerja dan berkomunikasi dengan baik dalam tim. Kamu bisa memberikan berbagai contoh kepada pewawancara, seperti berbagai wawasan research yang telah dilakukan kepada tim.

Kemudian yang terakhir jangan lupa untuk bertanya kepada pewawancara pada saat proses interview berlangsung. Apapun pertanyaannya, sebuah pertanyaan sangat penting dilakukan karena akan menjadi nilai plus bagi pewawancara. 

Itulah beberapa contoh pertanyaan serta hal yang perlu kamu lakukan pada saat proses interview UX Research. 

Bagaimanapun juga kamu tetap perlu mempelajari serta mempersiapkan diri sebelum melakukan proses interview. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri yang baik saat interview berlangsung.

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • prototypr.io
  • uxdesign.cc
     

Tags

Share