Published on

jobs

6 Cara tepat menjadi PHP Developer yang andal

Nur Lella Junaedi

php-developer-EKRUT.jpg

Bahasa pemrograman PHP banyak digunakan dalam proses membuat situs baik oleh perusahaan Facebook, Pinterest, Tumblr hingga Wikipedia 

Oleh karena itu, menguasai bahasa pemrograman ini bisa menjadi modal bagi kamu untuk menjadi developer yang cakap dan kredibel. Berikut ini akan ditunjukkan beberapa cara untuk menjadi PHP Developer andal yang bisa kamu pelajari. 

Mengenal bahasa pemrograman PHP 

php developer EKRUT
 
PHP adalah bahasa skrip yang digunakan untuk pengembangan situs - EKRUT

Bahasa pemrograman PHP atau Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip untuk keperluan umum open source yang cocok digunakan dalam pengembangan website dan juga dapat disematkan ke HTML. 

Bagi para pengembang pemula, bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa yang cukup mudah untuk dipahami.

Tidak hanya itu, meski PHP terbilang sederhana dan mudah dipelajari, namun bahasa pemrograman ini juga memiliki sejumlah fitur canggih lainnya.  

Baca juga: Mau lebih handal? Intip 10 situs belajar PHP di sini!

Skill yang diperlukan untuk menjadi PHP Developer 

php developer EKRUT 
Sebaiknya keterampilan yang kamu miliki sebagai pengembang PHP adalah bahasa pemrograman HTML dan CSS - EKRUT

Pada umumnya ada beberapa keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang PHP developer demi menunjang pekerjaannya. 

Misalnya, tidak hanya cukup menguasai bahasa pemrograman PHP, untuk menjadi PHP developer yang andal kamu juga harus memahami bahasa pemrograman HTML dan CSS. 

Pasalnya, bahasa pemrograman CSS ini merupakan bahasa pemrograman yang akan sejalan dengan HTML dan memberi gaya pada elemen HTML. 

Sementara itu, bahasa pemrograman HTML sendiri merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membuat tombol, input fields, layout website, formulir dan hal lain yang biasanya kamu lihat di sebuah situs. 

Tidak hanya itu, beberapa keterampilan lain yang juga sebaiknya dimiliki seorang PHP developer adalah:

  • Memahami tentang CakePHP, PHP Unit Testing Framework dan open source web framework.
  • Memiliki wawasan tentang API, MVC Framework Architecture dan Linux.
  • Memiliki pengetahuan tentang Ajax, MySQL, dan jQuery.
  • Menguasai tentang alat desain hingga tools aplikasi Photoshop.
  • Mampu memecahkan masalah.
  • Memiliki skill komunikasi yang baik.
  • Berpikir kritis.

Cara menjadi PHP Developer yang cakap 

php developer EKRUT 
Mengikuti kompetisi bisa menjadi salah satu cara bagi kamu untuk menjadi PHP Developer yang mumpuni - EKRUT

Agar kamu bisa menjadi PHP Developer yang mumpuni, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Buat file konfigurasi

Sebagai seorang PHP Developer pemula, sebaiknya pengaturan koneksi database kamu tidak tersebar dimana-mana, melainkan simpanlah di dalam file master yang berisi pengaturan dan skrip PHP kamu. 

Jadi jika nanti kamu perlu mengubah detainyal, kamu cukup melakukan perubahan dalam satu file, bukan dalam beberapa file. Tak hanya itu, dengan menggunakan file konfigurasi juga akan membuat kode lebih mudah dipelihara dan modular. 

2. Jangan meninggalkan banyak komentar dalam kode

Memang praktik yang baik dalam dokumentasi sebuah kode adalah dengan memberikan komentar di bagian skrip. Namun, itu tidak berarti bahwa setiap baris dari kode harus terus dikomentari. 

Sebaliknya, komentarilah hanya bagian kode yang rumit sehingga saat kamu melihatnya lagi, kamu akan ingat tentang komentar tersebut. 

3. Gunakan source editor 

Sebagai PHP Developer kamu bisa menggunakan source editor untuk menghemat waktu dalam menjalankan setiap proyek, contohnya dalam PHPDesigner. Kamu bisa meluangkan waktu untuk mempelajari source editor ini lewat tutorial online yang tersedia. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan tools code navigation, debugging tools dan code hinting. 

4. Gunakan tools MySQL Administration 

Mengetahui cara mengelola database MySQL menggunakan MySQL Administration adalah pilihan yang baik. 

Namun setelah itu, sebaiknya juga kamu harus menggunakan antarmuka pengguna grafis seperti PHPMyAdmin untuk administrasi database dan mempercepat pengembangan. 

Dengan menggunakan PHPMyadmin, kamu juga bisa melihat database MySQL secara grafis untuk melakukan sesuatu melalui baris perintah. 

Selain itu, ini juga akan membantumu dalam menjalankan query SQL, membuat pengguna database MySQL, mengekspor database ke dalam file SQL, membangun tabel, mengoptimalkan tabel dan lain-lain. 

Umumnya host web sudah menginstal PHPmyAdmin, bila tidak kamu bisa menginstal sendiri tools tersebut. 

5. Mengikuti kompetisi 

Cara lainnya yang tidak kalah menarik untuk mengasah kemampuan kamu sebagai PHP Developer adalah dengan aktif mengikuti kompetisi-kompetisi terkait. 

Contohnya seperti mengikuti PHP Challenge dalam EKRUT Contest yang diselenggarakan pada tanggal 11 November hingga 13 November 2020 nanti. 

Tidak hanya dapat menguji kemampuanmu dalam bahasa pemrograman PHP, dengan mengikuti kompetisi ini kamu juga bisa berkesempatan merebut hadiah total senilai Rp.2.500.000 dan mendapatkan badge khusus yang disematkan pada profil akun EKRUT kamu. 

Badge ini bisa menjadi salah satu cara kamu menarik perhatian recruiter, sebab banyak perusahaan mencari kandidat dengan skill PHP yang sudah teruji. 

Info selengkapnya tentang EKRUT Contest ini bisa kamu lihat  lebih lanjut di sini.  

EKRUT

6. Terhubung dengan developer PHP lainnya 

Terkadang untuk belajar suatu hal, kamu tidak bisa belajar hanya dengan otodidak semata. 

Beberapa masalah bisa kamu coba tanyakan dengan terhubung melalui komunitas developer PHP lainnya dan berbagi pengetahuan dengan mereka. 

Baca juga: 10 kursus Docker gratis buat kamu

Nah dengan mengaplikasikan enam cara di atas, sekarang kamu mulai bisa berlatih dan mempersiapkan dirimu untuk menjadi PHP Developer yang lebih andal lagi. 

Tentunya dengan skill yang semakin tinggi di bidang ini, maka semakin terbuka juga peluang kamu untuk mengembangkan karier sebagai PHP Developer di masa yang akan datang.  

php developer EKRUT

Sumber: 

  • webfx
  • simplilearn
  • iqunlock

Tags

Share