Media

Mau lebih handal? Intip 10 situs belajar PHP di sini!
By Tsalis Annisa - 22 March 2019
4 min read 148 Views

Penguasaan bahasa pemrograman adalah skill utama yang paling dibutuhkan dari seorang Web Developer. Terdapat berbagai jenis bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk merancang situs, mulai dari JavaScript, hingga PHP. Untungnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai situs belajar PHP untuk menguasainya.

Situs-situs berikut dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai dari tahap pemula, lanjutan, hingga profesional. Beberapa di antaranya bahkan menyediakan referensi lengkap selayaknya buku teks untuk pengguna yang baru mempelajari PHP. Apa saja situs-situs tersebut?

1. CodeCourse

Codecourse yang sebelumnya dikenal sebagai PHP Academy, adalah situs belajar PHP yang sesuai untuk pemula karena memiliki deskripsi konten yang terbilang lengkap.

Situs ini bahkan tidak hanya mengajarkan kamu mengenai PHP, tapi juga perangkat dan bahasa pemrograman lainnya yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah situs.

2. PHP 101

Sesuai judulnya, situs web PHP 101 menyediakan konten-konten dan materi pembelajaran yang sesuai bagi pemula. Situs ini juga menyediakan tutorial yang menarik, jelas, dan disusun dalam tahap demi tahap.

Namun, situs ini tidak menyediakan materi mengenai PHP untuk level menengah dan profesional sehingga kamu perlu belajar dari situs lain yang lebih memadai setelah menguasai materi di dalamnya.

Baca juga: Begini cara menjadi front end developer handal

3. PHP Manual

Situs PHP Manual menyediakan materi yang lengkap mengenai pemrograman PHP. Materi yang terdapat dalam situs ini terdiri dari materi dasar hingga fungsi PHP tingkat lanjut, termasuk penerapan keamanan pada situs yang kamu buat.

Selain itu, PHP Manual juga memiliki keunggulan lain, yaitu layout yang dapat diakses melalui ponsel sehingga kamu bisa menggunakannya kapan pun dan di mana pun.

situs belajar php - EKRUT
Situs belajar PHP seperti Killer PHP memiliki tutorial dengan penjelasan yang lugas - EKRUT

4. Killer PHP

Killer PHP memiliki tutorial dengan penjelasan konsep yang lugas dan jelas, bahkan untuk pemula yang tidak memiliki latar belakang programming. Situs belajar PHP ini juga dilengkapi dengan video-video tutorial dari setiap materi sehingga kamu bisa lebih memahami penerapannya.

5. The Learn PHP Tutorial

Serupa dengan Killer PHP, situs The Learn memiliki beragam video yang memberikan penjelasan lebih dalam mengenai PHP dan cara mengoperasikannya.

Situs ini juga menyediakan beragam contoh dan tutorial interaktif sehingga penggunanya bisa langsung menerapkan materi yang telah dipelajari.

Baca juga: Panduan software development bagi milenial

6. PHP Tutorial Tizag

Berbeda dengan kebanyakan situs belajar PHP, Tizag tidak menyediakan tutorial yang terdiri dari tahap-tahap yang sistematis.
Situs ini justru bersifat seperti referensi karena lebih fokus terhadap definisi PHP serta metode perintah apa saja yang diperlukan untuk menggunakan bahasa pemograman tersebut.

7. PHP Tutorial W3School

Seperti halnya Tizag, situs W3School tidak menyediakan tutorial tahap demi tahap yang menjadi kebutuhan utama para pemula. Meski demikian, situs ini memiliki sekumpulan referensi yang bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam mempelajari PHP.

8. Hacking With PHP

Hacking With PHP menyediakan panduan yang disusun berdasarkan sekumpulan bab dengan topik yang berbeda sehingga kamu bisa menyesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan.

Bukan hanya itu, situs yang dulunya dikenal sebagai Practical PHP Programming ini juga dilengkapi dengan latihan-latihan praktis dan sejumlah tautan sebagai referensi.

situs belajar php - EKRUT
PHP Jabbers memiliki tutorial yang lengkap untuk programmer tingkat menengah hingga profesional - EKRUT

9. PHP The Right Way

PHP The Right Way bisa dibilang merupakan salah satu situs belajar PHP yang paling lengkap. Pasalnya, situs ini memuat beragam tutorial untuk pemula hingga profesional, topik skala luas mengenai PHP.

Tak hanya berbagai referensi yang diperlukan untuk mempelajari bahasa pemrograman tersebut. Selain itu, kamu juga dapat menemukan materi-materi lama mengenai PHP yang terkatalog dengan baik di dalamnya.

10. PHP Jabbers

Setelah mahir menggunakan PHP dari situs pemula, kamu dapat beralih ke situs PHP Jabbers. Situs ini memiliki tutorial yang lengkap bagi programmer tingkat menengah hingga profesional. Kamu juga dapat mempelajari dan menciptakan kalender PHP untuk mengatur sistem Captcha kustom melalui materi di dalamnya.

Keuntungan dari menggunakan situs belajar PHP adalah kamu bisa menentukan sendiri jenis situs yang diperlukan sesuai kebutuhanmu. Hal ini pun berguna agar materi yang kamu peroleh menjadi lebih optimal dan sesuai dengan permintaan perusahaan.

Jika kamu tertarik untuk terus meningkatkan kemampuan sembari bekerja di perusahaan ternama, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Dengan begini, kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan baru tanpa perlu apply ke sana-kemari.

Selamat mencoba!

situs belajar php - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • karier
  • engineer
  • php
  • developer
  • situs belajar php
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang