Published on

Careers

Probation adalah: Dasar hukum, hak dan kewajiban, serta 5 tips lulus

Tsalis Annisa

Probation_adalah_Dasar_hukum__hak_dan_kewajiban__serta_5_tips_lulus.jpg

Masa percobaan atau probation adalah masa yang akan menentukan layak atau tidaknya kamu bergabung dengan perusahaan. Riset menunjukkan bahwa sekitar satu dari lima karyawan gagal melalui masa ini dan berujung pada tidak diperpanjangannya kontrak. Lalu, bagaimana caranya agar bisa sukses lulus?

Sebelum membahas cara berhasil lulus probation, perlu kamu ketahui bahwa menurut UU ketenagakerjaan pasal 60 masa percobaan yang disarankan paling lama adalah tiga bulan. Meski begitu, hal ini tentu ditentukan oleh kebijakan masing-masing perusahaan.

Tak hanya menjadi masa di mana perusahaan menilai kelayakanmu, probation juga bisa menjadi saat di mana kamu menentukan apakah pekerjaan yang kamu jalani sesuai dengan ekspektasi atau tidak. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sukses probation yang menarik kamu ketahui dan praktikan.

Dasar hukum masa probation

Dasar hukum masa probation
Dasar hukum probation adalah UU Ketenagakerjaan pasal 60. (Sumber: Pexels)

Probation adalah proses yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Sebelum membahas cara berhasil lulus probation, perlu kamu ketahui bahwa menurut UU ketenagakerjaan pasal 60 ayat 1 masa percobaan yang disarankan paling lama adalah tiga bulan. Meski begitu, hal ini tentu ditentukan oleh kebijakan masing-masing perusahaan. Dalam pasal tersebut, juga dijelaskan bahwa pengusaha atau perusahaan dilarang membayar upah di bawah upah minimum yang berlaku. Perusahaan harus mencantumkan persyaratan pada masa probation juga pada perjanjian. kerja 

Hak dan kewajiban selama masa probation

Hak dan kewajiban selama masa probation
Salah satu kewajiban saat probation adalah karyawan baru harus mengikuti job desk yang diberikan. (Sumber: Pexels)

Kewajiban setiap karyawan pada saat probation adalah mengikuti semua aturan, job description, dan ekspektasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal tersebut sudah jelas karena  kinerja dari tiap karyawan akan dinilai sesuai dengan standar perusahaan terkait. Performa yang akan dinilai tidak hanya berdasarkan kemampuan dan keterampilan saja, namun juga kedisiplinan. Selain itu, menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline yang disepakati juga termasuk bagian dari penilaian. 

Jika kamu mampu mencapai atau melebihi ekspektasi, pastinya perusahaan akan mempertahankanmu. Sebaliknya, jika tidak menunjukkan performa yang baik, maka bukan tidak mungkin kamu akan gagal. Itulah sebabnya, mengapa probation adalah proses yang sangat penting.

Selain kewajiban yang harus dilakukan, karyawan juga berhak atas beberapa hal. Hak karyawan probation adalah mendapatkan upah yang tidak boleh lebih rendah dari upah minimum. Tidak hanya gaji saja, perusahaan juga wajib memberikan tunjangan lainnya seperti THR pada karyawan THR. Perusahaan yang tidak memenuhi hak karyawan maka bisa terkena sanksi pidana.

Alasan seseorang tidak lulus masa probation

Alasan seseorang tidak lulus masa probation
Penyebab gagal dalam probation adalah tidak mau menerima feedback.. (Sumber: Pexels)

Dilansir dari office-angels.com, diperkirakan satu dari lima karyawan baru gagal melewati masa probation. Biasanya bukan karena kurangnya kompetensi, lho. Berikut ini beberapa alasan seseorang gagal:

  • Enggan untuk menerima feedback
  • Kurang motivasi saat bekerja
  • Tidak memiliki karakter yang tepat untuk pekerjaan terkait
  • Kemampuan interpersonal yang buruk, seperti mendengarkan dan komunikasi.

Probation adalah proses penting bagi karyawan baru, karenanya kamu harus menghindari beberapa alasan tersebut. Sehingga, masa percobaan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai ekspektasi.

Baca juga: Cara melakukan evaluasi kinerja yang efektif di perusahaan

5 Tips lulus probation dengan lancar

5 Tips lulus probation dengan lancar
Tips yang bisa kamu ikuti saat probation adalah bekerja secara profesional. (Sumber: Pexels)

Probation adalah saat dimana kamu harus menunjukkan kemampuan terbaikmu agar berhasil lulus dan diangkat menjadi karyawan tetap. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sukses probation yang menarik kamu ketahui dan praktikan.

1. Bekerjalah dengan giat dan profesional

probation adalah EKRUT 
Bekerjalah dengan giat dan profesional, usahakan juga agar tidak telat absen - EKRUT

Performa kerja yang buruk sering menjadi alasan utama mengapa pegawai probation gagal menghadapi evaluasi akhir. Namun, masalah absen serta keterlambatan juga menjadi hal yang mampu memperburuk reputasimu, dan menyebabkan kegagalan masa probation. Sekitar 38 persen orang yang gagal melanjutkan masa probation-nya bermasalah dengan manajemen waktu. Meski masalah kemacetan dan masalah transportasi umum dapat menjadi penyebabnya, akan lebih baik jika kamu bisa lebih menyiasati kondisi ini. 

Baca juga: Lakukan ini jika kamu terlambat ke kantor

2. Perhatikan dan ukur progres kerjamu

probation adalah EKRUT 
Ciptakan beberapa goals yang perlu kamu capai - EKRUT

Kamu perlu tahu dan paham dengan jelas deskripsi kerjamu untuk dapat mengetahui apa yang menjadi ekspektasi perusahaan selama masa probation tersebut. Ciptakanlah beberapa goals yang perlu kamu capai selama masa tersebut. Tidak ada salahnya jika kamu juga mencoba membuat jurnal untuk mencatat perkembaangan yang berhasil dilakukan selama bekerja. Jangan lupa untuk menulis tantangan-tantangan yang kamu hadapi, dan apa saja pencapaianmu selama masa ini.

Hal ini mampu membantumu untuk tetap fokus dalam mengukur progres pekerjaan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menciptakan bukti-bukti konkret yang dapat ditunjukkan ke atasan di akhir masa probation ketika akan mendapat evaluasi akhir.

3. Tunjukan sisi positif dari cara bersosialmu

probation adalah EKRUT 
Selama probation, kemampuanmu bersosialisasi dan berkomunikasi juga akan dinilai - EKRUT

Dalam masa probation, tidak hanya performa kerjamu yang akan dinilai, caramu bersosialisasi, serta kemampuanmu berkomunikasi dengan rekan kerja juga akan diperhatikan dan menjadi pertimbangan. Jadi, kamu perlu mencoba untuk membangun ikatan yang baik dengan rekan kerjamu. Meskipun kamu pemalu dan sulit dekat dengan orang baru, cobalah untuk bersikap ramah dan menyenangkan. Kamu dapat coba ikut bergabung atau mengajak makan siang bersama, dan ciptakanlah obrolan-obrolan ringan untuk saling mendekatkan diri.

4. Jaga penampilan tetap rapi dan bersih

probation adalah EKRUT 
Pastikan juga kebersihan dan kerapihanmu dalam bekerja selalu terjaga - EKRUT

Penampilan di tempat kerja tetap harus kamu jaga. Pertama, pastikan kebersihanmu terjaga dengan baik dan badanmu tidak memiliki bau yang mengganggu karena hal ini merupakan masalah yang paling mengganggu bagi kebanyakan rekan kerja.

Kedua, jangan sepelekan caramu berpakaian di kantor. Ikuti bagaimana peraturan yang diterapkan kantor untuk masalah cara berpakaian. Jika peraturan mengharuskan kamu berpakaian formal dengan kemeja atau jas, cobalah penuhi hal tersebut. Namun, jika perusahaan membebaskan pakaian yang bisa kamu pakai ke kantor, cobalah untuk tetap menjaga kerapihan, dan apabila memungkinkan, tetaplah tampil modis. 

Baca juga: 5 tips memilih model baju batik kantor bagi wanita karier

5. Jaga motivasi selama masa probation

probation adalah EKRUT 
Kamu perlu untuk menjaga motivasi selama probation agar terus fokus pada tujuan - EKRUT

Kamu perlu menjaga dirimu untuk tetap termotivasi selama masa probation dengan fokus pada tujuan apa yang ingin kamu capai dalam karirmu. Tentukan apa yang ingin kamu capai dengan karirmu dalam jangka waktu singkat, menengah, dan panjang. Pikirkanlah mengenai kemampuan yang perlu kamu capai selama masa probation untuk mencapai tujuan karirmu. Kamu mungkin akan mengalami kesenjangan pengetahuan pada saat ini dan merasa tidak kompeten.

Namun, apabila kamu tetap menjaga motivasi, hal itu dapat dihilangkan dengan bertanya pada rekan kerja yang lebih ahli, mengikuti pelatihan kerja, atau dengan menjadi lebih proaktif dengan perkembangan pekerjaanmu di kantor.

Baca juga: 10 Cara membuat lingkungan kerja nyaman untuk meningkatkan produktivitas

Skenario yang terjadi dalam masa probation

Skenario yang terjadi dalam masa probation
Berbagai macam skenario bisa terjadi saat masa probation.. (Sumber: Pexels)

Saat sedang menjalani masa probation, bisa saja kamu akan mengalami beberapa skenario yang tidak hanya sekedar lulus atau gagal saja. Kemungkinan kamu juga akan mengalami beberapa skenario berikut ini.

1. Masa probation diperpanjang

Probation adalah proses pembelajaran dan penyesuain bagi karyawan baru yang memiliki tenggang waktu sesuai kesepakatan. Namun, terkadang masa probation dapat diperpanjang oleh perusahaan. Hal tersebut bukan berarti kinerjamu buruk. Biasanya, alasan memperpanjang masa probation adalah perusahaan memerlukan waktu lebih banyak untuk menilai kompetensi dan kesesuaian dengan pekerjaan. Jika hal ini terjadi, kamu bisa melakukan evaluasi diri untuk meningkatkan performa. Mengetahui di area mana letak kekuranganmu akan lebih mudah untuk membuat perubahan yang diperlukan.

2. Masa probation selesai dan lulus

Masa probation selesai dan lulus
Hasil akhir yang diharapkan saat selesai probation adalah lulus dan bergabung dengan perusahaan.  (Sumber: Pexels)

Probation adalah juga masa penilaian. Jika kamu berhasil melewati masa probation hingga selesai dan memiliki penilaian yang baik, itu berarti kamu lulus. Pihak manajemen berarti mempercayakan kamu untuk bergabung dalam perusahaan. Performa kamu dianggap sesuai dengan ekspektasi dan pantas untuk dipertahankan.

Setelah selesai, biasanya statusmu akan berubah menjadi pegawai tetap, sesuai dengan perjanjian kerja perusahaan. Bisa saja kamu akan bergabung dengan tim produksi atau akan bekerja secara individu tergantung perusahaan. Walaupun kamu sudah lulus dari penilaian probation, kinerjamu juga akan tetap dinilai, lho. Baik menggunakan sistem KPI (Key Performance Index) atau OKR (Objectives and Key Results). Kedua metode tersebut adalah alat untuk mengukur keefektifitasan kinerja.

3. Masa probation diberhentikan sebelum waktunya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, periode dari probation adalah 3 bulan atau sesuai dengan perjanjian dengan perusahaan. Pada tenggang waktu tersebut, bisa saja perusahaan memberhentikan kamu sebelum masa probation selesai secara sepihak. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai macam alasan, seperti melakukan pelanggaran, tidak berkompeten, atau tidak sesuai dengan kultur  kantor. Probation adalah proses yang dilakukan untuk menguji kualitasmu sebagai karyawan, sehingga berbagai penilaian akan dilakukan.

Apabila kamu dianggap tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, maka tidak menutup kemungkinan pemberhentian masa probation dilakukan. Perusahaan juga tidak berkewajiban untuk memberikan apapun pada saat memberhentikan karyawan saat probation. Tidak harus berkecil hati jika hal itu terjadi padamu, mungkin saja perusahaan tersebut memang tidak sesuai dengan kepribadianmu. Kamu bisa mencari lowongan pekerjaan baru atau mendaftarkan diri di EKRUT untuk mendapatkan profesi yang sesuai dengan kompetensimu.

Memang, masa probation adalah saat yang sulit dan menantang bagi kebanyakan pegawai baru. Tapi, tetaplah semangat dan praktikan beberapa tips di atas agar kamu bisa berhasil hingga evaluasi akhir. Ingat, cobalah untuk fokus untuk memberikan hasil kerja yang terbaik, dan jangan lupa untuk belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan serta rekan kerja.

Semoga berhasil, ya!

probation adalah EKRUT 
Last update 5 September 2021

Sumber:

  • coburgbanks.co.uk
  • telegraph.co.uk
  • glassdoor.com
  • kemenperin.go,id
  • telegraph.co.uk
  • office-angels.com

Tags

Share