Published on

Careers

Begini proses rekrutmen karyawan perusahaan di tengah pandemi

Maria Tri Handayani

proses-rekrutmen-karyawan---EKRUT.jpg

Imbas virus Covid-19 pada berbagai sektor bisnis, membuat para pencari kerja khawatir dan bertanya-tanya. Masih adakah perusahaan yang membuka proses rekrutmen karyawan  di tengah pandemi ini?

Jawabannya, ya.  Melissa Thamrin, Recruitment Manager EKRUT dalam sesi Instagram Live di akun @ekrutofficial yang diadakan pada 23 April 2020 lalu mengungkapkan bahwa masih ada perusahaan yang melakukan hiring atau proses rekrutmen karyawan di tengah pandemi ini. 

Pasalnya, meski virus Corona memberi imbas pada banyak sektor, namun tidak semua perusahaan terkena dampak yang cukup besar.

 Itu sebabnya meski beberapa perusahaan melakukan penundaan rekrutmen, namun masih ada beberapa lainnya yang tetap melakukan proses rekrutmen karyawan salah satunya melalui platform talent marketplace EKRUT  ini sendiri. 

Perusahaan yang membuka proses rekrutmen karyawan di tengah pandemi beserta peran yang dicari

proses rekrutmen karyawan - EKRUT
Fintech adalah salah satu contoh perusahaan yang masih membuka rekrutmen karyawan di tengah pandemi melalui EKRUT - EKRUT

Menurut Melissa Thamrin, beberapa perusahaan yang masih membuka proses rekrutmen karyawan di tengah pandemi melalui EKRUT adalah perusahaan yang bergerak di industri keuangan, seperti fintech, banking, dan insurance

Sementara untuk role atau pekerjaan yang banyak dicari dalam proses rekrutmen perusahaan di tengah pandemi ini masih didominasi untuk posisi engineering, seperti mobile dan data engineering. 

Selain engineering, beberapa role yang masih sering dicari  seperti posisi di bidang accounting, finance, HR, dan sales. 

Itu sebabnya menurut Melissa, jika kamu masih mencari kerja di tengah pandemi, tidak perlu langsung berputus asa. Masih ada peluang pekerjaan yang bisa kamu temukan, lho. 

Baca juga: Cari tahu pengaruh Corona terhadap bisnis startup di Tanah Air

Perubahan proses rekrutmen karyawan di tengah pandemi

proses rekrutmen karyawan - EKRUT
Proses rekrutmen karyawan di tengah pandemi dilakukan secara online - EKRUT

Dengan kondisi yang ada sekarang, tentu akan ada beberapa perbedaan dalam proses rekrutmen perusahaan dengan sebelum adanya pandemi virus Corona ini.  

Beberapa perbedaan yang paling kentara menurut Melissa adalah pada tahapan wawancara kerja dan durasi proses rekrutmen. Bila selama ini proses wawancara kerja dapat dilakukan secara langsung, kini dengan kebijakan work from home dan PSBB, proses interview kerja akan banyak dilakukan secara online.

Untuk kamu ketahui, beberapa perusahaan besar seperti Google, Facebook  dan Amazon sudah menerapkan strategi online interview selama pandemi Corona berlangsung. 

Sementara durasi proses rekrutmen perusahaan di tengah pandemi Covid-19 juga akan lebih lama dari biasanya. Pasalnya, perusahaan butuh waktu untuk melakukan proses rekrutmen karyawan karena kendala jarak dan kebijakan work from home. 

Misalnya bila sebelumnya beberapa perusahaan melakukan technical test secara langsung pada kandidat, kini perusahaan harus mengirimkan technical test secara online atau dengan jasa pengiriman agar tetap dapat mengetahui apakah skill teknis yang dimiliki kandidat sesuai yang mereka cari. 

Selain itu, adanya kendala dalam pelaksanaan online interview juga terkadang membuat perusahaan sulit mengambil keputusan. 

Baca juga: Tips sukses wawancara kerja via telepon

Tips mencari kerja di tengah pandemi Covid-19

proses rekrutmen karyawan - EKRUT
Menurut Melissa Thamrin, kandidat harus lebih aktif mencari pekerjaan di tengah pandemi - EKRUT

Jika kamu mencari pekerjaan di tengah pandemi ini, ada beberapa tips yang dibagikan oleh Melissa Thamrin untuk bisa kamu perhatikan. 

1. Lebih aktif

Di tengah situasi penuh ketidakpastian ini kamu harus lebih aktif mencari kerja. Jangan berasumsi bahwa karena Covid-19 semua perusahaan akan menghentikan proses rekrutmen karyawan. 

Meski tidak dipungkiri perusahaan yang membuka proses rekrutmen akan berkurang, namun kenyataannya masih ada, perusahaan yang aktif membuka rekrutmen karyawan. Karena itu carilah pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan kamu dan pikirkan baik-baik karier seperti apa yang kamu  inginkan di masa depan. 

Kamu juga tidak perlu merasa rendah diri bila ternyata baru terkena layoff dari perusahaan yang terdampak Covid. Pasalnya, keputusan PHK terjadi karena keadaan force majeure, bukan karena performa kerja kamu.

2. Manfaatkan masa menganggur dengan tepat

Gunakan masa-masa ini untuk mempersiapkan diri mencari pekerjaan baru. Ikuti online course dan pelajari hal-hal yang dapat meningkatkan kemampuanmu. 

Kamu bisa mengikuti online course di Udemy atau melihat video-video tips seperti yang ada di EKRUTtv. 

3. Jangan ragu lakukan follow up

Ada kemungkinan proses rekrutmen perusahaan akan berjalan lebih lambat. Beberapa perusahaan bahkan tidak jarang menahan proses hiring

Bila ini terjadi, tidak ada salahnya bila kamu melakukan follow up untuk menanyakan  kejelasan dan kelanjutan dari proses rekrutmen yang kamu ikuti. Apalagi bila ternyata kamu sudah mengajukan proses resign ke perusahaan lama, dan keputusan onboarding masih belum diberikan oleh perusahaan baru. 

Tanyakan follow up melalui email kepada rekruter, tentu dengan menggunakan bahasa yang sopan dan sewajarnya. 

4. Persiapkan diri mengikuti online interview dengan sebaik mungkin 

Jangan sepelekan persiapan untuk mengikuti online interview dalam proses rekrutmen karyawan selama pandemi. Kamu harus tetap tepat waktu dan memperhatikan penampilan. 

Pastikan juga koneksi internet stabil agar user tidak terganggu dan kesulitan melakukan proses wawancara. 

Itulah gambaran proses rekrutmen karyawan perusahan di tengah pandemi yang terjadi saat ini dan beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mencari pekerjaan. 

Tetaplah semangat dan giat mencari peluang kerja yang baru. Daftarkan juga diri kamu di talent marketplace seperti EKRUT, dan lengkapi data dengan benar.

Tidak menutup kemungkinan dengan pengalaman dan skill yang kamu miliki, kamu menjadi kandidat tepat bagi perusahaan yang masih membuka proses rekrutmen karyawan di tengah pandemi ini. 

proses rekrutmen karyawan - EKRUT

Sumber: 

  • Instagram live @ekrutofficial
     

Tags

Share