Published on

Expert's Corner

Prospek Kerja Teknik Sipil, Kompetensi yang Dimiliki, dan Kisaran Gajinya di Tahun 2022

Sartika Nuralifah

H1_Prospek_Kerja_Teknik_Sipil__Kompetensi_yang_Dimiliki__dan_Kisaran_Gajinya_di_Tahun_2022.jpg

Teknik sipil adalah salah satu jurusan yang mempelajari bagaimana kegunaan teknologi untuk merancang, membangun, memelihara, dan memperbaiki bangunan. Bangunan yang dimaksud juga cukup beragam, mulai dari rumah, gedung bertingkat, jembatan hingga bangunan dengan cangkupan yang besar seperti bangunan untuk transportasi atau bangunan yang berada di lepas pantai.

Baca juga: Prospek Graphic Designer 2022 dan tips membangun kariernya

Apa itu teknik sipil?


Pembangunan yang berkembang membuat prospek kerja teknik sipil semakin luas. Sumber: Pexels

Teknik sipil adalah salah satu jurusan yang cukup populer. Dalam bidang studi teknik sipil, hal-hal yang dipelajari adalah berbagai macam proses membuat rancangan, pembangunan, hingga memodifikasi atau merenovasi sebuah bangunan. Hingga saat ini, prospek kerja teknik sipil cukup besar. Terlebih adanya perkembangan pembangunan pada negara kita.

Baca juga: Prospek kerja Ekonomi Pembangunan dengan gaji tertinggi tahun 2022

Sistem kerja teknik sipil


Sistem kerja teknik sipil biasanya dilakukan dalam suatu tim proyek konstruksi. Sumber: Pexels

Sistem kerja teknik sipil biasanya adalah ahli teknik sipil akan bekerja dalam suatu tim proyek pembangunan. Tim tersebut bertugas untuk meneliti, mengukur, serta menentukan kekuatan tanah. Hal lain yang perlu dilakukan tim tersebut adalah membuat bangunan serta menghitung dimensi dan kekuatan tiap bagian bangunan untuk dijadikan sebuah acuan bagi kontraktor yang nantinya akan dibangun. Setelah itu, mulai ke tahap pembangunan dengan memasang fondasi, menyusun kerangka serta membangun dinding dan lantai.

Ahli teknik sipil akan bekerja sama dengan ahli bidang lainnya untuk memasang perpipaan air bersih, listrik, keamanan, hingga mengurus pembuangan limbah. Seorang ahli teknik sipil memiliki tugas untuk pemeliharaan dan perbaikan bangunan yang sudah ada. Selain itu, seorang ahli teknik sipil juga bertugas retrofitting pada struktur agar bangunan tersebut berfungsi dengan baik dan bertahan terhadap gempa besar.

Baca juga: Test Engineer: Tugas dan Tanggung Jawab serta Kisaran Gajinya 2022

Kompetensi yang dimiliki lulusan teknik sipil


Untuk bisa masuk ke beberapa prospek kerja teknik sipil dibutuhkan kemampuan menguasai software teknik. Sumber: Pexels

Prospek kerja teknik sipil memang cukup besar, namun ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki lulusan teknik sipil untuk bekerja dalam bidang tersebut. Kompetensi yang harus dimiliki lulusan teknik sipil adalah menguasai software teknik agar mempercepat proses perencanaan, dapat membantu menganalisis struktur, membuat permodelan, dan melakukan manajemen proyek.

Selain itu, akan lebih baik jika menguasai bahasa asing. Beberapa perusahaan memberikan persyaratan untuk menguasai bahasa asing tertentu dalam merekrut karyawan yang mereka butuhkan. Kemampuan public speaking juga sangat menunjang kamu dalam dunia pekerjaan.

Baca juga: Prospek kerja Ekonomi Pembangunan dengan gaji tertinggi tahun 2022

Prospek kerja teknik sipil beserta gajinya


Salah satu prospek kerja teknik sipil adalah pelaksana proyek. Sumber: Pexels

Pembangunan dalam suatu negara sedang sangat amat berkembang, maka prospek kerja teknik sipil pun menjadi luas dan terbuka. Bagi kamu yang merupakan lulusan dari jurusan teknik sipil, berikut adalah beberapa prospek kerja teknik sipil yang bisa kamu tekuni.

1. Pelaksana proyek

Prospek kerja teknik sipil yang pertama adalah pelaksana proyek. Profesi ini sangat cocok ditekuni oleh seseorang yang suka untuk bekerja langsung di lapangan. Sebagai pelaksana proyek, kamu bertanggung jawab penuh pada proses berlangsungnya proyek. Mulai dari awal perencanaan hingga selesai. Gaji yang biasanya didapatkan oleh pelaksana proyek sekitar Rp7.000.000 per bulan.

2. Perencana struktur

Prospek kerja teknik sipil yang kedua adalah perencana struktur. Tugas yang dilakukan oleh seorang perencana struktur adalah menyusun perencanaan struktur bangunan yang akan dikerjakan. Tugas tersebut sangat penting untuk mengawali jalannya suatu proyek konstruksi. Gaji yang akan kamu dapatkan jika kamu bekerja sebagai perencana struktur adalah Rp7.000.000.

3. Quality control

Prospek kerja teknik sipil ketiga adalah quality control. Dalam profesi quality control tugas yang perlu dilakukan adalah mengawasi kualitas hasil pengerjaan proyek. Gaji yang biasanya didapatkan oleh seseorang yang bekerja sebagai quality control adalah Rp10.000.000 per bulan.

4. Site manager

Prospek kerja teknik sipil keempat adalah site manager. Profesi ini bertanggung jawab dalam perencanaan teknis dan operasional pengendalian sebuah proyek. Kamu harus memastikan proyek konstruksi berjalan dengan lancar tanpa kendala. Gaji untuk posisi site manager kisaran Rp15.000.000 per bulan.

5. Drafter

Prospek kerja teknik sipil kelima adalah drafter. Sebagai drafter tugas yang harus dilaksanakan adalah membuat gambar kerja berdasarkan sketsa kasar yang telah dibuat oleh arsitek dalam proyek pembuatan sebuah bangunan. Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai drafter sekitar Rp5.000.000 per bulan.

6. Project manager

Prospek kerja teknik sipil keenam adalah project manager. Pada profesi ini, kamu akan berperan sebagai manajer dalam sebuah proyek konstruksi. Gaji dari profesi project manager sekitar Rp20.000.000 per bulan.

7. Direktur konsultan perencana

Prospek kerja teknik sipil ketujuh adalah direktur konsultan perencana. Direktur konsultan perencana bertanggung jawab besar dalam perencanaan sebuah proyek konstruksi. Gaji untuk profesi ini biasanya sekitar Rp30.000.000 per bulan.

8. Direktur kontraktor

Prospek kerja teknik sipil kedelapan adalah direktur kontraktor. Profesi ini bertanggung jawab pada berbagai jenis proyek konstruksi yang dikerjakan. Gaji untuk profesi direktur kontraktor adalah Rp40.000.000 per bulan.

Demikian informasi mengenai prospek kerja teknik sipil di tahun 2022. Bagi kamu lulusan teknik sipil jangan ragu untuk mengembangkan kemampuan agar bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan prospek kerja teknik sipil yang sedang banyak dicari perusahaan.

Baca juga: 5 Jurusan kuliah untuk berkarier di bidang IT

Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, sekarang melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • renesia.com
  • tugaskaryawan.id
  • universitas123.com
  • kumpulengineer.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video