Careers

Public Speaking: Tujuan, Manfaat, Metode, dan 6 Tips Terbaiknya

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Elisha Nathania

A content writer who found contentment in every word written. Interested in social media marketing and digital economy topic.

unnamed_(1).jpg

Kamu masih sering merasa kurang percaya diri saat berbicara di depan publik? Nah, sebaiknya hal ini perlu kamu atasi. Pasalnya, menguasai kemampuan public speaking memiliki segudang manfaat yang akan menguntungkan kamu di dunia kerja, lho. Yuk, simak manfaat dan tips untuk meningkatkan kemampuan public speaking berikut ini.

Apa itu public speaking?

Apa itu public speaking?
Public speaking dapat ditemukan dalam keseharian seperti saat diskusi (Sumber: Shutterstock)

Kata public speaking sudah tidak asing untuk didengar, kamu mungkin sering melihatnya diberbagai iklan kursus untuk soft skill atau bahkan saat melihat iklan lowongan pekerjaan. Public speaking bukan hanya saat kamu memberikan pidato dikesempatan tertentu, namun public speaking adalah berbicara di muka umum secara general

Tanpa disadari, kamu mungkin akan menggunakan kemampuan public speaking diberbagai kesempatan saat bekerja. Seperti pada saat memimpin rapat, pitching, atau bahkan bercerita. Kegiatan saat kamu berbicara dan memiliki penonton lebih dari dua orang, dapat diartikan sebagai public speaking

Tujuan public speaking

tujuan public speaking
Public speaking menjadi salah satu kemampuan yang penting dalam dunia kerja. (Sumber: Pexels)

Kemampuan public speaking adalah salah satu kompetensi yang bisa dipelajari dan terus diasah. Dalam bisnis atau dunia kerja, public speaking dapat dibagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan tujuannya, antara lain;

  • Pidato eksternal (external speeches), diperlukan untuk komunikasi dengan investor, supplier, atau pihak ketiga yang tidak berhubungan langsung dengan perusahaan.
  • Pidato internal (internal speeches), digunakan untuk keperluan acara internal perusahaan seperti town-hall meeting.
  • Rapat dan presentasi (meetings & presentations), inilah yang paling relevan dan membutuhkan kemampuan public speaking baik untuk keperluan internal maupun eksternal.

3 Manfaat public speaking di dunia kerja

Manfaat public speaking di dunia kerja
Public speaking dapat menunjukkan kemampuanmu (Sumber: Shutterstock)

Public speaking memiliki banyak manfaat. Bayangkanlah berapa banyak kesempatan dimana kamu harus berbicara saat di kantor. Nah, untuk memberikan ide dan menunjukan kemampuanmu, kamu harus dapat berkomunikasi dengan baik entah itu pada saat diskusi biasa maupun saat rapat besar. Tanpa kemampuan public speaking, maka akan sulit untuk diperhatikan oleh orang lain. Apalagi jika kamu merupakan seorang pimpinan di kantor, public speaking akan menjadi makanan sehari-hari saat harus presentasi di depan BOD dan tim kamu. 

Selain itu, ada beberapa manfaat dari public speaking lainnya seperti:

1. Membantu kemampuan memimpin

Semakin lama berkarier, tentunya kamu akan menjadi pemimpin dan memimpin banyak orang. Dalam kepemimpinan, kamu harus banyak melakukan komunikasi dan tentunya memerlukan kemampuan public speaking dan kepercayaan diri. Semakin kamu percaya diri, performa kamu juga semakin meningkat dan kamu akan mudah mencuri perhatian. Hal ini bisa menjadi keuntungan agar kamu bisa terus dipromosikan.

2. Menunjukkan kemampuan dan pengetahuan

Bayangkan jika kamu memiliki banyak ide di kepala tapi kamu tidak bisa mengungkapkannya. Tentu ini akan menjadi kerugian karena kamu kehilangan kesempatan membuat diri kamu menonjol. Sehingga, kamu perlu memiliki kemampuan public speaking dan hard skill yang seimbang supaya karier kamu semakin melesat naik.

3. Menunjukkan kepercayaan diri

Semakin kamu memiliki kemampuan public speaking, maka secara tidak langsung kamu juga akan melatih kepercayaan diri. Hal ini juga akan sangat bermanfaat saat kamu mengikuti wawancara kerja atau ingin mendapatkan promosi jabatan

Baca juga: Cara efektif membangun networking 

6 Tips meningkatkan public speaking

6 Tips meningkatkan public speaking
Slide presentasi dapat menjadi alat bantu kamu (Sumber: Shutterstock)

Sekarang, sudah paham kan, mengapa public speaking sangat penting untuk pengembangan karier kamu? Berikutnya, yuk, simak beberapa tips ini untuk meningkatkan kemampuan public speaking kamu.

1. Kenali audiens dengan baik

Saat mulai berbicara atau bahkan sebelum giliranmu bicara tiba, kamu perlu mengenali audiens dengan baik. Mulai dari latar belakang, tujuan mereka hadir dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu kamu untuk menjaga nada bicara dan menjadi teman bicara yang “nyata” untuk mereka. Ada satu fakta menarik terkait menarik perhatian audiens, yaitu, kamu hanya memiliki 60 detik pertama untuk menarik perhatian mereka. Sehingga, waktu yang singkat ini perlu dimanfaatkan seperti dengan mengawali fakta dengan statistik yang mencengangkan, menceritakan sebuah pengalaman, atau melemparkan pertanyaan yang terkait. 

2. Susun poin penting yang ingin disampaikan

Membuat slide presentasi tentunya sudah menjadi hal biasa yang akan kamu lakukan jika akan mengadakan pertemuan yang cukup penting atau bahkan hanya sekadar rapat rutin. Slide presentasi dapat menjadi panduan saat kamu berbicara dan juga bagi audiens agar lebih memahami alur presentasi. Namun, kamu harus memastikan bahwa kamu tidak hanya membaca tulisan yang ada. Maka dari itu, penting untuk berlatih sebelum hari presentasi tiba dan membuat poin-poin yang akan dibicarakan. Sehingga, saat presentasi kamu akan terlihat lebih natural dan percaya diri.

Baca juga: 6 Tools gratis untuk membuat infografik 

3. Persiapkan alat bantu jika diperlukan

Siapkan pointer jika memang kamu tidak akan memiliki operator saat hari-H tiba. Selain itu, jika memang diperlukan, kamu juga bisa menyiapkan notes kecil supaya tidak hal-hal penting yang terlewatkan. Jangan lupa untuk menguji coba slide presentasi jika kamu belum terbiasa dengan tempat dan alat yang disediakan.

4. Kuasai teknik berbicara

Saat berbicara, jangan lupa perhatikan tempo kamu, ya. Mungkin, ada beberapa dari kamu yang cenderung berbicara terlalu cepat saat gugup. Namun, hal ini harus diatasi karena jika kamu berbicara terlalu cepat, audiens tentunya tidak akan memahami isi pembicaraan. Sebaliknya, berbicara terlalu lambat akan membuat mereka mengantuk. 

Untuk menekankan pada ide-ide penting, kamu dapat memberikan jeda dua sampai tiga detik. Trik ini akan membantu audiens lebih memahami apa yang sedang dibicarakan. Hal ini juga membuat kamu terlihat lebih profesional dan percaya diri dalam public speaking.

5. Perhatikan aspek non verbal

Pada tips pertama, kamu sudah memahami bahwa kamu harus mengenali audiens dengan baik. Nah, salah satu aspek non verbal yang bisa dicoba untuk menarik perhatian mereka ada menjaga kontak mata. Usahakan untuk membuat kontak mata sebanyak mungkin dengan seluruh audiens yang ada sehingga mereka merasa diperhatikan. Selain itu, perhatikan body language yang kamu tunjukkan. Seperti saat menerima pertanyaan, jaga ekspresi muka agar tidak terlihat seperti tidak tertarik dan jangan melipat tangan karena akan terlihat angkuh atau menutup diri.

6. Be confident

Jika kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan matang, kamu hanya perlu percaya diri. Lakukan hal-hal yang membantu kamu percaya diri, seperti meluangkan waktu lebih untuk berdandan atau memakai baju yang kamu rasa cocok dan nyaman untuk dikenakan. 

Baca juga: 7 Tips Public Speaking yang Bisa Kamu Coba

Semoga tips di atas dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan public speaking, ya. Terutama untuk kamu yang masih merasa malu dan canggung saat harus berbicara di muka umum. Tetap semangat berlatih agar kemampuan kamu semakin meningkat!

SIGN UP EKRUT

Sumber:

  • skillsyouneed.com
  • cleverism.com
  • verywellmind.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    01 December 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video