Published on

Careers

5 Contoh ruang kerja di rumah agar lebih nyaman dan produktif

Elisha Nathania

WFH atau working from home kini bukan menjadi suatu hal yang langka untuk dilakukan. Dengan adanya pandemi di tahun 2020, banyak pekerja yang terpaksa harus bekerja di rumah karena kondisi yang tidak memungkinkan. Apakah kamu salah satunya? 

Nah, jika satu tahun belakangan kamu masih terus bekerja di rumah, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menyediakan ruang kerja di rumah. Pasalnya, ternyata ada berbagai manfaat dari memiliki ruang kerja di rumah. Simak ulasan berikut dan temukan berbagai desain inspiratif.

Baca juga: 7 Dampak multitasking bagi karyawan yang harus diwaspadai

Pentingnya memiliki ruang kerja di rumah saat WFH


Ruang kerja di rumah menjauhkan dari distraksi. (Sumber: Shutterstock)

Jika kamu masih ragu untuk memiliki ruang kerja di rumah sendiri, beberapa manfaat ini bisa meyakinkan kamu untuk mengeksekusi ruang kerja di rumah segera. Apa saja? Berikut beberapa alasan pendukungnya:

  1. Memberikan batasan jam kerja
    Banyak pekerja yang mengeluhkan bahwa WFH membuat mereka bekerja lebih dari delapan jam, melebihi jam kerja yang seharusnya. Dengan membuat ruang kerja di rumah, kamu bisa meninggalkan laptop, komputer dan gadget yang berhubungan dengan pekerjaan di ruang kerja. Sehingga, ketika jam kerja berakhir kamu bisa beristirahat sejenak. Jika perlu, kamu bisa memiliki dua handphone terpisah, satu untuk urusan pekerjaan dan lainnya untuk urusan pribadi.
     
  2. Memberikan kenyamanan dari segi fisik
    Jika kamu sudah berniat membuat ruang kerja di rumah, maka jangan tanggung-tanggung. Kamu bisa membeli berbagai perabotan pendukung seperti meja dan kursi yang nyaman. Sehingga, kamu terhindar dari sakit di bagian punggung maupun tegang di sekitar pundak. Jika memungkinkan, kamu bisa mengusulkan kantor tempatmu bekerja untuk meminjamkan kursi yang biasa kamu pakai di kantor. 
     
  3. Menjauhkan dari distraksi
    Distraksi bekerja di rumah memang tidak terhindarkan. Apalagi, jika ada anggota keluargamu yang juga bekerja dari rumah. Dengan memiliki ruang kerja di rumah sendiri, kamu tidak akan terganggu misalnya saat mengadakan zoom meeting
     
  4. Mencegah adanya multitasking
    Misalnya kamu bekerja di dapur, bisa saja kamu tergoda untuk bekerja sambil memasak. Kamu mungkin sudah sering membaca berbagai penelitian bahwa multitasking sebenarnya tidak baik untuk kesehatan mental saat bekerja dan mengganggu hasil akhir. Sehingga, ruang kerja di rumah bisa menjauhkan kamu dari niat bekerja multitasking.
     
  5. Peralatan kerja menjadi lebih terorganisir
    Dengan memiliki ruang kerja di rumah, peralatan kerja kamu tidak akan tercecer. Sehingga saat kamu membutuhkannya saat bekerja, kamu bisa langsung menemukannya dan tidak membuang-buang waktu untuk mencari.

5 Contoh desain inspirasi untuk ruang kerja di rumah


Ruang kerja dengan pemandangan bisa menjadi pilihan. (Sumber: Shutterstock)

Berikut beberapa contoh desain ruang kerja di rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi. 

1. Minimalis dengan sedikit warna


Sumber: home-designing.com

Desain seperti ini cocok untuk kamu yang ingin tampilan serba putih namun masih menginginkan sedikit warna. Sertakan kotak penyimpanan warna-warni di sekitar lemari.

2. Kamuflase pojok kerja di dalam kamar

Sumber: home-designing.com

Tidak memiliki banyak ruangan di rumah? Kamu bisa membuat ruang kerja di rumah di dalam kamar, lho. Dengan memanfaatkan sedikit sekat di bali rak televisi seperti ini, sudah dapat memberikan pemisah antara ruang tidur dan kerja.

3. Pemandangan hijau di ruang kerja


Sumber: home-designing.com

Jika tidak memungkinkan untuk memiliki pemandangan hijau di jendela, kamu tetap bisa meletakkan sedikit tanaman hijau di sekitarmu. Hal ini juga bermanfaat menjaga kualitas udara.

Baca juga: 7 Ide permainan virtual untuk team building 

4. Warna kontras yang ceria


Sumber: home-designing.com

Jika kamu ingin memiliki suasana yang tidak biasa namun tetap menarik, pilihlah warna-warna cerah seperti ini. Tetap terlihat clean namun membangkitkan mood, bukan?

5. Meja berbentuk L


Sumber: home-designing.com

Maksimalkan ruang kerja di rumah yang sempit dengan meja berbentuk L. Meja berbentuk L seperti ini menciptakan kesan lekukan ruangan yang mulus.

Tips membuat ruang kerja dirumah


Furniture yang tepat menghindarkan kamu dari sakit pinggang. (Sumber: Shutterstock)

Sudah semakin terinspirasi untuk membuat ruang kerja di rumah? Sebelum kamu mengeksekusinya, berikut beberapa tips yang bisa kamu catat agar ruang kerjamu menjadi semakin nyaman dan efektif untuk bekerja.

1. Memilih lokasi yang ideal

Ruang kerja di rumah tidak harus besar, sebaiknya, ruang kerjamu terpisah dari ruangan yang biasanya banyak terjadi hiruk pikuk seperti ruang keluarga atau dapur. Selain itu, ruang kerja juga sebaiknya terpisah dari ruang tidur supaya kamu lebih konsentrasi saat bekerja. Namun, jika tidak ada tempat atau ruang khusus yang bisa kamu jadikan ruang kerja, sebuah sudut kecil di rumah juga tidak masalah. Asalkan, cukup jauh dari berbagai distraksi. Selain itu, pastikan koneksi internet lancar dan tentunya ada sumber listrik.

2. Alokasi ruangan dengan efisien

Seperti yang sudah kamu pahami, ruang kerja di rumah tidak harus besar. Pada dasarnya, kamu hanya membutuhkan satu meja dan kursi. Namun, kamu harus mengalokasikan ruangan dengan efisien. Misalnya, jangan menempatkan berbagai peralatan yang tidak penting di atas meja kerjamu karena akan membuat kesan yang berantakan dan menurunkan mood kerja. Cukup letakkan alat tulis, telepon atau handphone dan laptop atau komputer di meja kerja. 

3. Memilih furniture kantor

Furniture merupakan salah satu investasi dalam membuat ruang kerja di rumah, jadi pastikan kamu memilih kualitas yang terbaik dan sesuai kebutuhan. Pilihlah kursi dengan bantalan yang nyaman dan tidak membuat punggung kamu sakit. Sesuaikan tinggi meja kerja supaya nyaman dan pastikan kamu tidak meletakkan terlalu banyak barang di kolong meja supaya kakimu rileks.

4. Penggunaan rak & storage

Supaya waktu kamu tidak terbuang untuk mencari peralatan kerja, maka belilah rak atau storage yang dapat membuat peralatan kerja lebih terorganisir.
Pencahayaan yang natural dengan pemandangan keluar
Pencahayaan juga perlu diperhatikan. Jika memungkinkan, ruang kerja di rumah sebaiknya memiliki pencahayaan yang natural. Hal ini lebih baik daripada kamu menggunakan lampu yang terlalu terang atau redup. Selain itu, pemandangan dapat menjadi objek untuk mengistirahatkan mata dengan aturan aturan ‘20-20-20'. Setiap 20 menit melihat layar, alihkan pandangan ke objek lain selama 20 detik dari kejauhan 20 kaki.

5. Personalisasi dengan dekorasi

Kamu bisa menambah dekorasi jika hal ini membuat lebih bersemangat kerja. Tapi, jika kamu tipe orang yang mudah terdistraksi, sebaiknya, ruang kerja di rumah cukup polos saja, ya.

Baca juga: 12 Cara mengatasi kelelahan bekerja 

Semoga, berbagai tips dan inspirasi ruang kerja di rumah tadi dapat memberikan kamu inspirasi untuk segera membuatnya sesuai kebutuhan dan kreativitasmu, ya.

sign up EKRUT

Sumber:

  • http://www.home-designing.com/
  • https://www.casaindonesia.com/
  • www.way2goodlife.com

Tags

Share