Published on

Careers

10 Tips Meniti Karier Sebagai Selebgram dari Awal Hingga Menjadi Sukses dan Terkenal

Farah Reginda

H1_Mengenal_Profesi_Selebgram_beserta_10_Tips_Kariernya_hingga_Menjadi_Sukses_dan_Terkenal_(1).jpg

Kecanggihan teknologi dan aplikasi media sosial memudahkan seseorang menjadi terkenal. Tentunya, kamu tidak jarang melihat figur-figur terkenal berseliweran di media sosialmu, ‘kan? Bahkan, konten-konten mereka menjadi sumber hiburan rutinmu. Figur-figur inilah yang disebut sebagai selebgram.

Menjadi selebgram tidak perlu cantik ataupun kaya raya sejak memulai karier ini. Dengan awalan dan faktor pendukung yang tepat, siapapun bisa menjadi selebgram. Namun, agar pekerjaan ini sumber penghasilan yang menjanjikan, kamu perlu tahu tipsnya. Simak caranya di bawah ini!

Apa itu selebgram?


Menjadi selebgram tidak harus bermodal tampang rupawan ataupun kaya. (Sumber: Pexels)

Sebelum media sosial banyak digunakan masyarakat, konsep tentang selebriti umum diketahui adalah orang-orang terkenal yang masuk televisi. Mereka menjadi bahan obrolan yang hangat karena kehidupan pribadi atau karya terbarunya. Artis, aktor, dan musisi adalah contoh dari selebriti.

Instagram, yang menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak, telah melahirkan pengertian dan figur selebriti baru yang disebut sebagai selebgram. Sederhananya, selebgram adalah “selebriti” dari “Instagram”. Konsep “From zero to hero” dengan tepat menggambarkan orang-orang ini. Kamu tidak perlu menjadi artis terlebih dahulu—bahkan, tidak jarang ada yang menjadi pemain film karena menjadi selebgram.

Setiap selebgram biasanya memiliki field of expertise-nya sendiri karena mereka juga berperan sebagai influencer. Ada yang fokus pada hal seputar fashion, gaya hidup, beauty, kuliner, dan sebagainya. Konten yang diberikan menyangkut topik-topik ini.

Jenis selebgram dibagi menjadi 2, yaitu micro influencer dengan follower sebanyak 2.000-50.000 dan mega influencer dengan lebih dari 1 juta pengikut. Menurut Advertising Standards Authority (ASA), seseorang dengan lebih dari 30.000 pengikut dapat disebut sebagai selebriti online.

Sumber penghasilannya pun beragam, mulai dari paid endorsement, brand ambassador, hingga membangun usahanya sendiri. Survei dari HypeAuditor membuktikan bahwa micro influencer dapat menghasilkan hingga Rp20,5 juta perbulannya, sementara mega influencer dapat menghasilkan Rp222,4 jutaan.

Baca juga: Panduan lengkap membuat akun Instagram bisnis 2022

10 tips dan cara menjadi selebgram yang sukses


Karier sebagai selebgram tidak perlu dibangun terburu-buru. (Sumber: Unsplash)

Selebgram bisa menjadi alternatif karier yang menjanjikan, lho! Kamu ingin menjadi selebgram, tetapi masih ragu karena tidak tahu cara memulainya? Untuk itu, ikuti tips di bawah ini agar kamu bisa menjadi selebgram yang sukses.

1. Lengkapi profil dan jangan private akunmu

Profil akun adalah bagian pertama yang akan dilihat pengguna ketika mengunjungi akun Instagram-mu. Isi semua bagian, mulai dari display name, bio, dan situs web. Apabila kamu perhatikan akun milik selebgram, mereka biasanya mencantumkan quote atau motto hidup dan contact person untuk urusan bisnis. Gunakan fotomu yang paling menarik untuk foto profil. ya!

Penting bagimu untuk tidak mengunci akun. Kamu hanya akan membatasi kesempatan untuk meningkatkan karier sebagai selebgram apabila mengaktifkan mode private. Alihkan juga akunmu menjadi akun profesional agar dapat meninjau engagement yang telah diperoleh.

2. Bangun personal branding, tapi tetap jadi diri sendiri

Personal branding merujuk pada persona dirimu yang ingin kamu tunjukkan kepada followers melalui bidang spesialisasimu. Hal ini tentunya akan memengaruhi jenis konten dan caramu berinteraksi dengan mereka. Misalnya, kamu ingin membangun persona beauty guru, maka konten yang kamu sajikan adalah seputar kecantikan. Jika kamu ingin dianggap fun, jawab komentar di posting-an dengan lebih lugas dan jenaka.

Yang terpenting adalah kamu tidak membohongi dirimu sendiri dengan berpura-pura menyukai suatu bidang hanya karena sedang ramai digandrungi audiens. Realness adalah salah satu faktor penentu loyalitas pengikut yang dapat menjadi penggemar.

3. Tentukan target audiens dengan tepat

Meskipun cakupan audiens bidang keahlian yang ingin ditekuni cenderung luas, kamu perlu menentukan target audiens dengan lebih spesifik. Benchmark target ini busa berdasarkan umur atau gender. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menyesuaikan ide konten dan fokus dalam berinteraksi dengan mereka.

4. Ciptakan konten yang menarik dan berkualitas

Waktunya kamu fokus pada memproduksi konten yang berkualitas! Upload foto dan video yang menarik dan orisinil. Apabila kamu kehabisan ide, kamu selalu bisa “mengintip” kompetitormu dan melakukan “amati, tiru, modifikasi” (ATM). Tingkatkan kualitas kontenmu dengan menggunakan aplikasi editing terbaik. Jangan lupa buat caption dan cantumkan hashtag yang relevan agar semakin mengundang pengunjung.

Konten yang baik tentu mengundang engagement yang tinggi. Alangkah lebih baiknya jika kontenmu memiliki esensi dan bukan untuk hiburan semata. Setelah kamu menemukan pace mengunggah konten, lakukan secara kontinu bersamaan dengan memperbanyak dan meningkatkan kualitas konten.

5. Tingkatkan interaksi dengan pengikut

Karier sebagai selebgram ditunjang dengan engagement yang dibangun dengan followers. Maka dari itu, jumlah followers tidak bisa menjadi benchmark kesuksesan apabila angka tersebut dihasilkan oleh pembelian akun palsu, bukan followers organik. Pengguna nyatalah yang memberikan dampak signifikan terhadap akun dan kariermu.

Bangun interaksi dengan konten yang memicu keinginan untuk berkomentar, like, save, atau share. Kamu juga bisa menggunakan fitur Instagram Story dan attachment di dalamnya untuk meramaikan akunmu. Lakukan hal ini secara kontinu agar engagement tidak bertahan sesaat saja.

6. Berkolaborasi dengan sesama selebgram

Tidak selamanya selebgram lain adalah musuhmu. Justru, punya koneksi dengan sesama selebgram itu penting, lho! Tidak hanya memperluas koneksi dan menambah teman baru, berkolaborasi dengan selebgram lain dapat memperluas jangkauan audiens yang berpotensi menjadi pengikut barumu. Pastikan konten yang kalian buat saling menonjolkan keunikan satu sama lain dan menarik untuk dilihat audiens.

7. Selektif dalam menyetujui endorsement

Menjadi endorser produk merupakan stage lanjutan dalam berkarier sebagai selebgram. Sering kali kamu bisa tergoda untuk langsung mengiyakan tawarannya karena penghasilannya yang lumayan. Namun, pastikan produk yang kamu endorse sesuai dengan audiens, orisinal, dan tidak berbahaya, ya!

8. Tentukan waktu yang pas untuk mengunggah konten

Selebgram juga salah satu perupaan digital marketer. Artinya, kamu harus tahu trik-trik memaksimalkan media sosial, termasuk waktu posting konten yang tepat dalam Instagram. Informasi ini tentunya bisa kamu dapatkan di mesin pencarian dan konten yang sering membahasnya. Selain itu, kamu juga perlu membuat media planner agar kontenmu dan endorse-an tidak bertabrakan dan membuat orang malah jenuh.

9. Dapatkan ceklis biru Instagram

Centang biru di ujung nama akunmu memang tidak begitu penting, tapi bisa jadi tolak ukur calon followers bahwa kamu selebgram yang eligible dan terpercaya. Ketika seseorang pengguna hendak mencarimu di Instagram, akunmu akan muncul di urutan teratas dalam kolom search sehingga lebih mudah ditemukan.

10. Hindari drama dan masalah

Banyak kasus selebgram yang menggunakan drama justru memerosotkan karier mereka. Ingat bahwa selebgram adalah public figure juga. Jelajahi media sosial dengan tata krama yang baik dan tingkatkan karier dengan prestasi, bukan sensasi.

Baca juga: Influencer marketing: Pengertian, jenis, dan 6 tren sepanjang 2022

10 Selebgram terkenal di Indonesia


Agensi manajemen dan koneksi yang tepat dapat mendukung karier sebagai selebgram. (Sumber: Pexels)

Siap memulai karier sebagai seorang selebgram? Selain tips di atas, ada yang perlu kamu lakukan, yaitu riset selebgram yang jam terbangnya tinggi. Mulai dari persona, konten, hingga metode engagement mereka dapat kamu pelajari agar dapat dikembangkan dan diterapkan dalam kontenmu. Lihat daftarnya di bawah ini!

1. Karin Novilda (@awkarin)


Awkarin juga memiliki agensi manajemen selebgram bernama A Team. (Sumber: Instagram)

Karier Karin sebagai selebgram berawal dari unjuk kehidupan masa mudanya yang glamor dan tidak biasa. Belajar dari kontroversinya, ia saat ini memperbanyak konten edukasi seputar fashion, kehidupan, dan topik humanis lainnya. Tidak hanya melalui feed Instagram, ia pun terkenal dengan story “titik-titik”-nya.

2. Rachel Vennya (@rachelvennya)


Rachel Vennya sering mengunggah konten bersama anak-anaknya yang pintar. (Sumber: Instagram)

Secara umum, konten Rachel Vennya fokus pada lifestyle, parenting, dan bisnisnya. Rachel merupakan salah satu selebgram dengan tarif endorsement termahal yang sempat menjadi buah pembicaraan.

3. Ria Ricis (@riaricis1795)


Ria Ricis sempat dianggap keluar batas karena “mengontenkan” semuanya. (Sumber: Instagram)

Pertama dikenal sebagai adik Oki Setiana Dewi, Ria saat ini lebih dikenal karena sifatnya yang lucu dan menyenangkan. Konten yang ia bagikan seputar daily life-nya. Tidak hanya di Instagram, Ria juga merambah ke YouTube dan membuat konten dengan topik beragam serta ditemani teman selebriti lainnya.

4. Tasya Farasya (@tasyafarasya)


Tasya Farasya adalah salah satu dari segelintir selebgram bebas drama. (Sumber: Instagram)

Tasya adalah salah satu selebgram yang diandalkan mayoritas audiens wanita karena konten beauty dan fashion-nya. Ia juga tidak jarang mengajak saudara dan temannya untuk bertukar cerita dan mengemasnya di feed Instagram.

5. Keanu (@keanuagl)


Persona Keanu yang lawak mengundang banyak tawaran endorsement. (Sumber: Instagram)

Mulanya, Keanu hanya seorang pedagang di kantin kampus. Namun, ia memiliki jaringan pertemanan yang luas dan karakter yang mengundang tawa. Kepribadiannya ini mengantarkannya menjadi selebgram yang ditunggu-tunggu momen lucunya dan diandalkan para pemilik online shop untuk mengiklankan produknya.

6. Anya Geraldine (@anyageraldine)


Instagram story Anya saat ini sering berisi kegiatannya di gym. (Sumber: Instagram)

Akhir-akhir ini, Anya sering kali mengunggah konten seputar olahraga di Instagram-nya. Selain menjadi seorang selebgram, Anya juga memanfaatkan momennya untuk meniti karier sebagai aktris film seperti Layangan Putus.

7. Tiara Pangestika (@tiarapangestika)


Kehidupan maya Tiara atau ‘Tipang’  dikenal baik dan bebas drama. (Sumber: Instagram)

Tiara atau yang akrab disapa Tipang adalah seorang selebgram yang kerap membagikan kehidupan sehari-harinya, terutama bersama anak dan si suami Arief Muhammad, yang sempat menjadi artis Twitter di masa silam. Pasangan ini juga merambah ke berbagai bisnis lainnya.

8. Lula Lahfah (@lulalahfah)


Selain self portrait, Lula juga sering membagikan kebahagiaannya dengan orang-orang terkasih. (Sumber: Instagram)

Satu circle dengan Karin dan Keanu, Lula kerap membagikan konten daily life, lifestyle, dan beauty. Saat ini, Lula semakin aktif di dunia perfilman dan banjir permintaan endorsement.

9. Clairine Clay (@clairineclay)


Humor Clairine semakin komplet dengan humor sang suami Joshua Suherman. (Sumber: Instagram)

Konten yang disuguhkan Clairine merupakan kumpulan meme-meme kocak hingga mendapat sebutan Miss Meme Indonesia. Selain itu, Clairine juga berbakat dalam berbagai hal, mulai dari membintangi film, memiliki lagu, hingga menulis autobiografi.

10. Dara Arafah (@daraarafah)


Konten Dara yang lucu kerap membuat audiens terhibur. (Sumber: Instagram)

Dara adalah salah satu orang yang berada di dalam pertemanan Karin, Keanu, dan Lula. Sifatnya yang lucu dengan cara berbicara yang ceplas-ceplos menghadirkan konten-konten sarkas yang juga membuat tertawa.

Baca juga: Catat, ini 6 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran

Menjadi selebgram terdengar menyenangkan, ‘kan? Tentunya, kesenangan ini tidak bisa diperoleh dengan instan, karena kamu butuh tekad dan kegigihan yang kuat untuk sampai menjadi mega influencer. Yang terpenting, tetapkan arah dan berproses dengan fokus untuk menjadi selebgram yang berkualitas!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • majoo.id
  • cnbcindonesia.com
  • tokopedia.com
  • qwords.com
  • marieclaire.co.uk

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video