Technology

Panduan SEO YouTube Terbaru untuk Tingkatkan Video

Published on
Min read
6 min read
time-icon
H1_seo_youtube.jpg

Dengan menerapkan SEO YouTube yang tepat, channel-mu dapat memenangkan peringkat teratas di hasil pencarian video YouTube. Jikalau kamu baru ingin memulai karier sebagai YouTuber dan berharap mendatangkan banyak viewers, maka simak panduan SEO YouTube terbaru untuk tingkatkan video di artikel ini.

Baca juga: Apa itu Google Search Console? Berikut Cara Daftar dan 4 Fungsi Utamanya!

Apa itu SEO YouTube?


SEO YouTube adalah proses optimasi channel YouTube. (sumber: pexels)

SEO YouTube adalah proses optimasi channel YouTube dari konten video yang kamu buat dan unggah. Tujuan utama optimasi ini adalah membuat video lebih banyak diakses oleh audiens. Dengan keyword atau kata kunci tertentu, videomu pun bisa muncul di posisi atas. Jika kamu bisa mengoptimalkan video dengan menerapkan teknik SEO, video bisa lebih mudah ditemukan di dalam platform. Selain itu, video juga bisa muncul dalam pencarian di YouTube.

Baca juga: Panduan Membuat Channel YouTube Beserta Tips Optimasi Terbaiknya untuk Pemula di Tahun 2022

Tips mengoptimasi SEO YouTube


Riset keyword adalah salah satu tips untuk optimasi SEO YouTube. (sumber: pexels)

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan SEO YouTube yang kamu miliki.

1. Riset keyword

Dalam panduan SEO YouTube, kamu pasti familier dengan keyword. Keyword pada YouTube akan menentukan posisi dari video yang kamu buat. Misalnya, keyword “Cara belajar bahasa Inggris”. Keyword ini tentu memiliki persaingan yang besar. Mereka yang memiliki viewers lebih banyak dan pengikut lebih besar akan berada di peringkat atas.

Agar videomu lebih mudah ditemukan, tentu videomu harus berisi keyword yang dicari oleh banyak orang. Itulah mengapa kamu perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu. Untuk menemukan keyword yang tepat, kamu bisa menggunakan tools seperti Ahrefs atau Ubersuggest. Selain itu, kamu juga harus pastikan bahwa keyword tersebut sesuai dengan tema channel-mu.

2. Temukan keyword sesuai niche

Jika kamu ingin terjun ke dunia YouTube secara profesional, maka yang harus dipikirkan dahulu adalah niche atau tema yang kamu kuasai. Keyword ini penting untuk menarik banyak viewers kalau channel YouTube-mu masih terbilang baru. Gunakan fitur seperti Google Trends untuk melihat jenis keyword yang dituju dan frasa turunannya. Dengan tool ini, kamu akan tahu seberapa banyak atau kuat persaingannya. Lalu, akan terlihat juga berapa kali keyword tersebut dicari tiap bulannya. Dari patokan ini, kamu dapat membuat konten yang terstruktur.

3. Analisis tren terbaru

Perhatikan tabTrends” di YouTube. Pada periode tertentu, video nomor satu seterusnya memiliki tema yang serupa. Misalnya, tentang peristiwa yang sedang gempar. Dari sana, kamu bisa melihat bahwa tren juga berlaku pada YouTube dan dari tren tersebut kamu bisa memperoleh banyak viewers.

4. Buat konten berkualitas

Sama seperti Google, algoritma YouTube juga rumit dan sering kali berubah. Dengan keyword yang sama, bisa saja videomu pada halaman pencarian kesekian dan miliki orang lain berada di daftar paling atas. Dalam pencarian YouTube, video yang berada di atas adalah video yang dianggap paling sesuai dengan keyword atau relevan.

Kualitas editing juga menentukan apakah video akan menempati peringkat tinggi atau malah tenggelam. Kemudian, durasi video pun penting untuk mengetahui apakah nantinya konten mudah diindeks dengan keyword tertentu atau tidak. Beberapa orang yang melakukan monetisasi selalu membuat video di atas 5 menit. Video dengan durasi ini juga sudah memiliki syarat untuk dimonetisasi seperti dimunculkan AdSense.

Selain itu, kemasan video harus menarik dan membuat audiens penasaran. Kemasan ini mencakup thumbnail pada video. Jangan mengunggah video lalu merilisnya tanpa bagian ini. Clickbait dalam kata-kata atau hal menarik dari video juga bisa dimasukkan ke bagian ini.

5. Optimasi metadata

Pada optimasi metadata, kamu akan mengetahui bagaimana optimasi SEO YouTube itu dilakukan dan di mana saja keyword ditempatkan seperti berikut.

  • Sisipkan keyword pada judul. Aturan judul dan keyword juga berlaku pada video yang diunggah di YouTube. Keyword pada judul akan digunakan sebagai umpan saat melakukan pencarian. Makin relevan judul dengan keyword, makin besar kemungkinan akan muncul di halaman pertama.
  • Optimasi deskripsi video. Selain pada judul, keyword yang ditargetkan juga harus muncul pada deskripsi. Usahakan agar kolom deskripsi selalu berisikan kalimat yang mengandung keyword.
  • Masukkan tag yang tepat. Keyword tidak hanya dimasukkan pada deskripsi dan juga judul, namun kamu juga perlu memasukkan keyword yang sesuai dengan video di tag. Tag membantu Google dan YouTube untuk memahami konteks videomu. Jika keyword dimaksimalkan pada dua hal itu, optimasi pun akan berjalan lancar.
  • Berikan hashtag yang sesuai. Selain tag, kamu juga harus memasukkan hashtag atau tagar yang sesuai. Hashtag ada di bagian atas judul berupa tanda pagar diikuti dengan berbagai kata yang sesuai. Saat diklik, YouTube akan menampilkan video dengan hashtag serupa sehingga pencarian jadi lebih spesifik.

6. Promosikan video

Setelah melakukan berbagai cara SEO YouTube yang telah dijelaskan sebelumnya, ada pula hal yang harus dilakukan untuk menarik banyak viewers, yaitu dengan melakukan promosi video yang tepat melalui media sosial atau layanan iklan. Media sosial memiliki peranan penting untuk melakukan content marketing. Kamu bisa membagikan videomu di media sosial seperti Instagram atau Twitter. Berikan link dan footage video pada bagian yang bisa membuat penasaran. Atau, kamu juga bisa mempromosikan video melalui layanan iklan Google AdSense. Dengan Google AdSense, kamu bisa menentukan di mana iklan akan ditampilkan, salah satunya adalah YouTube.

Baca juga: 5 Cara Download Video YouTube dengan Praktis, Mudah, dan Tercepat 2022

Tools SEO YouTube terbaik


Manfaatkan tools SEO YouTube agar lebih efektif. (sumber: pexels)

Supaya optimasi SEO YouTube menjadi lebih efektif, ada beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan.

1. Google Trends

Untuk kamu yang mau belajar SEO YouTube, maka salah satu tool yang bisa kamu gunakan adalah Google Trends. Tool ini akan membantumu untuk melihat apa yang sedang trending saat ini. Dengan memaksimalkan tool ini, maka kamu bisa mencari ide konten apa yang akan kamu buat.

2. YouTube Analytics

Tool yang tidak kalah penting adalah YouTube Analytics. Dengan menggunakan tool ini, maka kamu akan mendapatkan laporan yang jelas tentang performa konten yang kamu buat. Kamu juga bisa melakukan evaluasi apakah langkah optimasi SEO yang kamu lakukan sudah tepat atau belum.

3. Keyword Planner

Tool lainnya yang juga bisa kamu manfaatkan adalah Keyword Planner. Mengingat salah satu kunci SEO YouTube adalah mencari keyword, maka tool inilah yang akan membantumu menemukan keyword yang tepat.

4. RapidTags

Dalam SEO YouTube, salah satu elemen yang perlu diperhatikan adalah meta tag. Tag memiliki peranan yang cukup penting dalam langkah optimasi ini. Menentukan tag yang tepat akan sangat membantu langkah SEO YouTube yang kamu buat. Nah, untuk menemukan tag yang tepat tersebut, maka kamu bisa menggunakan tool ini.

Baca juga: YouTube Ads Adalah: Pengertian, Keuntungan, Jenis, dan Cara Membuatnya

Itulah panduan SEO YouTube terbaru untuk tingkatkan video. Dengan memanfaatkan SEO YouTube pada konten, maka kamu berpeluang memperoleh banyak traffic dan meningkatkan AdSense yang didapatkan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • accurate.id
  • hubspot.com
  • domainesia.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video