Careers

15 Rekomendasi Sertifikasi Digital Marketing Terbaik

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

Untitled_design-147.jpg

Mendapatkan sertifikasi digital marketing adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada calon perusahaan tempat kamu bekerja atau recruiter bahwa kamu telah mengikuti jalur pembelajaran terstruktur untuk menguasai semua keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan. Sedangkan jika kamu sudah berada di industri marketing, mendapatkan sertifikasi dapat membantu kamu menunjukkan bahwa kamu mengikuti perkembangan industri. Pasalnya, dunia digital terus berkembang begitu juga dengan ilmunya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi sertifikasi digital marketing yang bisa menjadi pertimbanganmu.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Bootcamp Digital Marketing

1. Google Ads Certification

Di dalam digital marketing, kamu akan memasarkan produk secara online salah satunya dengan menggunakan Google Ads. Layanan Google ini dapat membantu kamu dalam mencapai pengguna sesuai dengan target dari produk yang kamu tawarkan. Google Ads menyediakan beragam sertifikasi berdasarkan layanan iklan yang disediakannya, yaitu Video, Search, Shopping, App, dan Display. Jika kamu ingin mengikuti program ini, kamu perlu mengikuti semua pelajaran dan lulus ujian dengan nilai setidaknya 80%. Durasi pembelajaran yang disediakan oleh Google Ads adalah 3-5 jam dengan format bahasa Inggris. Sebagai catatan, jika kamu tidak lulus, maka kamu perlu menunggu hingga 7 hari untuk bisa mengikuti tes lagi.

2. Google Analytics Individual Qualification

Saat kamu mengelola suatu website dan menerapkan SEO, Google Analytics pasti akan sering kamu gunakan. Agar makin paham dalam menggunakannya, Google menyediakan Google Analytics Individual Qualification. Di sini kamu akan belajar mengenai pengumpulan data, metrik, administrasi, konversi, perencanaan, laporan yang ada di dalam Google Analytics, hingga implementasinya. Jika kamu ingin mengikutinya, kamu akan menghabiskan waktu 3 jam dengan kelas yang memiliki format bahasa Inggris.

3. LinkedIn Learning

Tak hanya sebagai media sosial wadah para profesional berkumpul dan memperluas jaringan, LinkedIn juga menyediakan Linkedin Learning yang merupakan platform belajar berbayar dengan sistem berlanggan bulanan. Di dalam Linkedin Learning, ada sekitar 15 ribu kelas yang bisa kamu pilih dan ikuti sesuai dengan kebutuhanmu. Di sini kamu bisa mempelajari mengenai SEO, content marketing, social media marketing, graphic design, dan email marketing. Meski berbayar, bagi kamu pengguna baru, Linkedin Learning juga menyediakan gratis percobaan selama 1 bulan. Di mana jika kamu berhasil menyelesaikan kelas dalam kurun waktu tersebut, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya.

4. WordStream Growth Academy

Pernah dengan software ini sebelumnya? WordStream merupakan software manajemen periklanan online yang memungkinkan kamu untuk mengelola campaign yang ada pada Bing, Facebook, dan Google Ads dalam satu dashboard. Academy yang dimilikinya membantumu dalam mempelajari periklanan online. Mulai dari YouTube Ads, Google Shopping, Facebook Ads, Google Ads hingga konversi.

5. HubSpot Certifications

Platform CRM terintegrasi yang terdiri dari Sales Hub, Marketing Hub, Service Hub, dan CMS Hub. Guna meningkatkan kemampuan kamu dalam dunia digital marketing, HubSpot menyediakan sertifikasi digital marketing yang meliputi content marketing dan media sosial.

Baca juga: Bootcamp: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Bedanya dengan Kuliah

6. RevoU Mini Course

Jika biasanya RevoU menyediakan kelas digital marketing dalam jangka waktu yang cukup lama, kini RevoU memiliki kelas yang durasinya hanya seminggu. Meski nampak sebentar, di RevoU Mini Course kamu bisa mencoba simulasi digital marketing. Misalnya saja seperti Facebook Ads Library, membuat email marketing dengan Mailchimp, dan membuat copywriting dengan PPC. Adapun durasinya adalah 10 jam dengan format rekaman video dan live interaktif.

7. Semrush Academy

Selain menjadi tool digital marketing, Semrush juga menyediakan program sertifikasi yang bisa kamu ikuti. Dalam ujiannya, Semrush cukup lengkap seperti yang disediakan oleh Google seperti PPC, SMM, SEO. Menariknya semua kelas yang bisa kamu ikuti tanpa mengeluarkan biaya.

8. Bing Ads

Bing adalah mesin pencari seperti Google. Bing menawarkan sertifikasi digital marketing seperti bagaimana cara memaksimalkan angka ROI atau Return on Investments ketika kamu beriklan di media digital. Jika kamu ingin mengikutinya, kamu bisa mengunjungi Bing Ads, pilih kelas yang ingin kamu ikuti. Menariknya, kelas ini gratis.

9. Hootsuite Academy

Jika kamu pernah mengelola media sosial, maka kamu nama Hootsuite tidak lagi asing untuk kamu. Hootsuite merupakan aplikasi manajemen sosial media yang cukup dikenal dan banyak digunakan. Program sertifikasi yang ditawarkan Hootsuite memiliki harga yang cukup mahal dan proses kualifikasi yang cukup ketat. Adapun harga setiap modul dimulai dari Rp1.500.000 hingga Rp15.000.000.

10. YouTube Creator Academy

Tak hanya Google, YouTube ternyata juga memiliki program kelas yang dinamakan YouTube Creator Academy. Di sini kamu akan belajar bagaimana cara membuat kanal YouTube, mengoptimalkannya, hingga mengembangkannya. Meski begitu, program sertifikasinya hanya diperuntukan untuk partner dan kreator yang memiliki Content ID atau partner manager YouTube. Biayanya gratis dan ada sekitar 8 modul yang tersedia.

Baca juga: 7 Bootcamp terbaik untuk menunjang karier profesional

11. Twitter Flight School

Hingga saat ini, Twitter masih menjadi media sosial yang digunakan. Twitter Flight School merupakan program pembelajaran bersertifikat yang membahas mengenai semua yang perlu dipahami saat beriklan di Twitter. Menariknya, tak hanya mendapatkan sertifikat, kamu juga juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kelas ini. Kamu pun bebas memilih modul mana yang ingin kamu kerjakan. Jika kamu ingin mengikutinya, kamu bisa mengunjungi laman Twitter Flight School.

12. Facebook Blueprint

Tak kalah dengan Twitter, Facebook juga memiliki Facebook Blueprint yang memungkinkan kamu untuk memahami lebih dalam tentang beriklan di media sosial ini. Tersedia dalam 8 modul, sertifikasi digital marketing yang kamu dapatkan di sini dapat berlaku hingga 1 tahun. Dan jika kamu ingin memperpanjang, kamu harus kembali mengikuti kelasnya. Adapun biaya sertifikasi adalah sebesar Rp2.200.000.

13. Google Digital Garage

Sertifikasi digital marketing selanjutnya adalah Google Digital Garage. Program ini cocok untuk kamu yang baru berkecimpung di dunia digital marketing atau Google. Pasalnya, pembelajaran dan teori yang ada di sini diawali dengan ilmu dasar yang penting untuk kamu pahami. Berbeda dengan yang lain, kursus ini terakreditasi oleh Interactive Advertising Bureau Europe and The Open University. Kamu bisa belajar soal search engine marketing, email marketing, video marketing, hingga analisis data. Untuk mendapatkan sertifikat, kamu perlu menjawab pertanyaan di akhir sesi.

14. Sertifikasi Digital Marketing BNSP

BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi merupakan badan resmi sertifikasi kompetensi profesi untuk tenaga kerja. Ada ratusan kelas sertifikasi digital marketing yang ada di BNSP. Biayanya pun dimulai dari Rp1.000.000. Sertifikasi yang diberikan oleh BNSP ini berlaku hingga 3 tahun. Jika kamu ingin memperpanjang, kamu perlu membuat ulang sertifikat tersebut.

15. Google Analytics Academy

Program sertifikasi dari Google yang satu ini dapat membantu kamu untuk menunjukkan kompetensimu dalam mengolah data menjadi informasi penting yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Kelasnya tersedia dari tingkat pemula hingga andal. Program ini gratis dan setiap kelasnya dapat kamu selesaikan dalam waktu hingga 6 jam.

Baca juga: 10 Kursus digital marketing paling relevan untuk dicoba

Jadi, program sertifikasi digital marketing mana yang akan menjadi pilihanmu? Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • journal.revou.co
  • dibalikmeja.com
  • tanyadigital.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read

    Video