Published on

Careers

Apakah Prodi Sistem Informasi Menjanjikan? Berikut Ulasan Lengkap dan Proyeksi Karier 2022!

Sartika Nuralifah

H1_Apakah_Prodi_Sistem_Informasi_Menjanjikan_Berikut_Ulasan_Lengkap_dan_Proyeksi_Karier_2022.jpg

Perusahaan sedang banyak sekali membutuhkan orang-orang dengan kemampuan dalam bidang teknologi serta informasi. Bagi kamu yang minat mempelajari ilmu komputer, bisnis, teknologi dan informasi, kamu sangat cocok untuk memilih Program Studi Sistem Informasi. Di era digital seperti sekarang, para lulusan Program Studi Sistem Informasi sangat dibutuhkan banyak pihak.

Mengenal Program Studi Sistem Informasi


Sistem Informasi adalah salah satu program studi yang mempelajari bahasa pemrograman. Sumber: Pexels

Program Studi Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari landasan ilmu pengetahuan serta penerapan Teknologi Informasi dalam sebuah organisasi. Hal yang dipelajari pada Program Studi Sistem Informasi adalah komponen-komponen dari Sistem Informatika. Seperti, sistem operasi, jaringan komputer, basis data, hingga aplikasi.

Baca juga: Pentingnya informasi mengenai Git bagi programmer dan perbedaannya dengan GitHub

Kurikulum Program Studi Sistem Informasi


Kurikulum Program Studi Sistem Informasi disesuaikan untuk memecahkan masalah menggunakan teknologi. Sumber: Pexels

Dalam Program Studi Sistem Informasi, untuk memecahkan sebuah masalah bagi suatu perusahaan akan melibatkan beberapa hal seperti desain dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Jika kamu menjadi salah satu mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, kamu akan membangun dasar yang kuat khususnya untuk komputasi, komunikasi, serta software development. Kamu juga akan mempelajari ilmu sosial dan teori organisasi untuk mengembangkan pemikiran kritis dan memahami perubahan teknologi yang berdampak untuk manusia.

Beberapa mata kuliah yang nantinya akan dipelajari pada Program Studi Sistem Informasi adalah sebagai berikut:

  • Dasar-Dasar Pemrograman
  • Komunikasi Bisnis dan Teknis
  • Prinsip-Prinsip Sistem Informasi
  • Struktur Data dan Algoritma
  • Sistem Operasi untuk Sistem Informasi
  • Basis Data
  • Pemrograman Berbasis Platform
  • Manajemen Proyek Teknologi Informasi
  • Sistem Informasi Perusahaan dan Akuntansi
  • Statistika dan Probabilitas
  • Kecerdasan Artifisial dan Sains Data Dasar
  • Analisis Perancangan Sistem Informasi
  • Manajemen Sistem Informasi
  • Jaringan Komunikasi Data
  • Komputer dan Masyarakat

Baca juga: Sistem Informasi Manajemen: Pengertian, Manfaat, Kategori, beserta 5 Contohnya

Pertimbangan sebelum memilih Program Studi Sistem Informasi


Keterampilan matematika dibutuhkan untuk mempelajari Sistem Informasi. Sumber: Pexels

Jika kamu memiliki minat mempelajari teknologi dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bahasa pemrograman, software engineering, dan cyber security kamu cocok untuk mengambil Program Studi Sistem Informasi. Perhatikan juga bahwa dalam Program Studi Sistem Informasi diperlukan keterampilan matematika. Mengapa demikian? Karena nantinya kamu akan mempelajari statistik serta analitik.

Baca juga: 10 Jurusan IT dengan Proyeksi Karier Menjanjikan Saat Ini

Proyeksi karier untuk lulusan Sistem Informasi


Salah satu pekerjaan yang bisa kamu tekuni saat lulus dari Program Studi Sistem Informasi adalah web developer. Sumber: Pexels

Dikutip dari Bureau of Labor Statistics, terdapat beberapa pekerjaan yang cocok untuk para lulusan Program Studi Sistem Informasi. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa kamu tekuni jika kamu lulusan Program Studi Sistem Informasi.

  • Manajer Sistem Informasi dan Komputer
  • Software Development
  • Computer System Analyst
  • Programmer
  • Database Administrator
  • Information Security Analyst
  • Web Developer
  • Network and Computer System Administrator
  • Management Analyst
  • Operations Research Analyst

Baca juga: 7 Tips belajar programming untuk kamu yang pemula

Daftar universitas terbaik dengan Program Studi Sistem Informasi di Indonesia


Beberapa kampus di Indonesia menyediakan Program Studi Sistem Informasi. Sumber: Pexels

Bagi kamu yang sedang mencari kampus dengan Program Studi Sistem Informasi, berikut 7 universitas terbaik dengan Program Studi Sistem Informasi yang ada di Indonesia.

1. Bina Nusantara University (BINUS)

Bina Nusantara University adalah salah satu universitas dengan Program Studi Sistem Informasi terbaik yang menyediakan kelas online, lho! Kamu bisa memilih untuk mengikuti kelas secara tatap muka atau online. Program Studi Sistem Informasi di BINUS sudah terakreditasi A.

2. Universitas Indonesia

Universitas negeri yang memiliki Program Studi Sistem Informasi terbaik di Indonesia salah satunya adalah Universitas Indonesia. Program Studi Sistem Informasi pada Universitas Indonesia, berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) serta terdiri dari program reguler dan paralel. Lama studi Program Studi Sistem Informasi di Universitas Indonesia adalah 4 tahun dengan 144 SKS.

3. Telkom University

Universitas yang memiliki Program Studi Sistem Informasi terbaik di Indonesia lainnya adalah Telkom University. Dalam Program Studi Sistem Informasi di Telkom University, mata kuliah yang dipelajari tidak hanya seputar ilmu teknologi, kamu juga akan belajar tentang bisnis. Dua ilmu tersebut diharapkan dapat menjembatani kesenjangan antara komponen teknis dengan non teknis.

4. Institut Teknologi Sepuluh Maret (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Maret atau ITS juga memiliki Program Studi Sistem Informasi terbaik di Indonesia. Program Studi Sistem Informasi di ITS telah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT. Program Studi Sistem Informasi di ITS juga menjadi salah satu pionir bagi kampus-kampus lain sehingga sering dijadikan acuan atau rujukan bagi banyak kampus.

5. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Universitas Multimedia Nusantara juga memiliki Program Studi Sistem Informasi. Fokus dari Program Studi Sistem Informasi di UMN adalah Mahadata, diantaranya seperti Big Data Specialist, IT Governance Specialist, Enterprise Resource Planning Specialist, dan Database Specialist.

6. Universitas Airlangga

Universitas negeri lain yang memiliki Program Studi Sistem Informasi terbaik di Indonesia adalah Universitas Airlangga. Kegiatan belajar di Program Studi Sistem Informasi Universitas Airlangga dirancang untuk membuat mahasiswa menjadi terampil dan profesional khususnya dalam bidang Rekayasa Sistem Informasi dan Business Intelligence. Program Studi Sistem Informasi di Universitas Airlangga juga memiliki akreditasi A berdasarkan BAN-PT.

Demikianlah informasi mengenai Program Studi Sistem Informasi. Bagi kamu yang suka dan minat untuk mempelajari teknologi, Program Studi Sistem Informasi sangat cocok untuk kamu. Lapangan pekerjaan untuk para lulusan Program Studi Sistem Informasi pun sangat luas dan saat ini sangat banyak dibutuhkan perusahaan.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • mydegreeguide.com
  • bls.gov
  • cs.ui.ac.id
  • cmu.edu
  • maukuliah.id
  • umn.ac.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    tujuan-karier-EKRUT.jpg

    Careers

    Simak! 7 Tips Membuat Tujuan Karir Kamu Lebih Terarah

    Nelson Simbolon

    23 September 2022
    4 min read

    Video