Published on

Technology

5 Rekomendasi Smartwatch Terbaik Tahun 2022 Beserta Spesifikasi Lengkapnya

Detty Risetya

cover_(1).jpg

Butuh rekomendasi smartwatch terbaik untuk menemanimu bekerja atau beraktivitas? Berikut adalah daftar smartwatch yang paling direkomendasikan tahun 2022. Sebagian besar orang menganggap jam tangan bukan cuma penunjuk waktu. Ada juga yang menggunakannya sebagai aksesoris yang mendukung penampilan. Tapi, bayangkan jika jam tangan bisa melakukan lebih dari menunjukkan waktu? Bahkan, bisa sepintar smartphone yang menghadirkan berbagai aplikasi.

Nah, inilah smartwatch yang banyak semakin digemari kaum millennial. Mulai dari menampilkan waktu, detak jantung, jarak tempuh, sampai membuka aplikasi, smartwatch benar-benar memudahkan aktivitas kita. Ingin tahu apa saja rekomendasi smartwatch terbaik yang bisa kamu beli tahun 2022? Pastikan kamu simak daftarnya di bawah ini, ya!

Baca juga: Modal smartphone cukup buat 5 pekerjaan ini

Apa itu smartwatch?


Pengertian smartwatch (Sumber: Unsplash.com)

Smartwatch atau jam tangan pintar merupakan suatu perangkat portabel yang dirancang dikenakan di pergelangan tangan. Lebih dari sekedar penunjuk waktu, smartwatch mirip seperti smartphone. Termasuk, memakai layar sentuh, dapat membuka aplikasi, bahkan merekam detak jantung dan tanda-tanda organ vital lainnya. Selain itu, smartwatch juga dianggap lebih praktis karena seolah-olah sedang memakai “komputer mini” di pergelangan tangan.

Baca juga: Bekerja dari rumah vs. remote work, apa bedanya?

Sejarah pendek tentang smartwatch


Sejarah singkat smartwatch (Sumber: Unsplash.com)

Jam tangan digital sebenarnya sudah ada sejak beberapa dekade silam. Tapi, kalau smartwatch baru dirilis sekitar tahun 2010-an. Perusahaan teknologi meluncurkan smartwatch dengan kemampuan seperti smartphone, contohnya seperti Apple, Sony, Samsung, dan lainnya.

Kesuksesan ini kemudian dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan lain untuk menjual smartwatch. Misalnya, Pebble pada 2013 dan sukses menjual lebih dari 1 juta unit. Selanjutnya, ada perusahaan seperti Garmin, yang membuat smartwatch Fenix dengan fitur sensor dan pelacak untuk kegiatan outdoor. Selain itu, ada perusahaan Suunto yang merilis smartwatch untuk scuba diving.

Baca juga: Google membeli Fitbit seharga Rp29 triliun

Tipe-tipe smartwatch


Tipe-tipe smartwatch (Sumber: Unsplash.com)

Berdasarkan tipenya, smartwatch dapat dibagi menjadi dua. Yaitu, pertama jam tangan pintar serbaguna seperti Apple Watch, yang memadukan desain dan fungsional. Jam tangan tipe ini biasanya bergantung pada aplikasi dan smartphone sehingga harus didukung smartphone sesuai mereknya. Tipe yang kedua adalah smartwatch untuk  pemakaian khusus. Misalnya, jam tangan untuk melacak kebugaran tubuh. Contohnya adalah smartwatch Fitbit, Garmin Vivofit, dll.

Baca juga: 5 teknologi online ini permudah kebutuhan manusia

5 Rekomendasi smartwatch tahun 2022


Rekomendasi smartwatch 2022 (Sumber: Unsplash.com)

1. Apple Watch Series 7

Dari segi desain, Apple Watch Series 7 selalu berinovasi dari tahun ke tahun. Awalnya bulat dan persegi, namun selanjutnya dihadirkan dalam opsi ukuran casing 41mm dan 45mm yang menyesuaikan ukuran pergelangan tangan. Fiturnya juga canggih, seperti GPS dan water-resistant yang ideal untuk dibawa bertualang outdoor.

Spesifikasinya antara lain: 

  • GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, dan BeiDou;
  • Kompas, altimeter selalu aktif, anti air;
  • Sensor oksigen darah, sensor detak jantung, sensor cahaya;
  • Kapasitas 32GB;
  • Bagian belakang ceramic dan kristal safir;
  • ...dan masih banyak fitur canggih lainnya.

2. Fitbit Sense

Bila kamu ingin gaya sekaligus memantau kesehatan, jam tangan pintar atau smartwatch Fitbit Sense bisa jadi pilihan. Dapat digunakan untuk memantau detak jantung, tekanan darah, jarak tempuh lari, dan lainnya. Sehingga, pengguna bisa menyesuaikan kondisi kesehatan dan tubuhnya. Fitbit Sense juga dilengkapi fungsionalitas terbaik, termasuk pelacakan aktivitas, GPS bawaan, Alexa dan Google Assistant, serta pemantauan suhu kulit saat penggunanya tidur.

3. Smartwatch Stainless Steel Fossil Gen 5E

Sesuai namanya, Fossil Gen 5E dibalut material stainless steel yang tangguh dan keren. Menyertakan GPS Onboard, penyimpanan internal, dan knop putar untuk memudahkan navigasi. Gen 5E menampilkan layar AMOLED 1,19 inci yang memiliki resolusi 390x390 piksel dan kerapatan piksel 328ppi. Jam tangan pintar ini ditenagai oleh SoC Snapdragon Wear 3100, RAM 1GB, dan penyimpanan 4GB. Untuk konektivitas, pengguna mendapatkan Bluetooth 4.2 LE, NFC, dan WiFi.

4. Garmin Fenix ​​6S Pro Multisport GPS Smartwatch

Bagi para pecinta petualangan outdoor, Garmin Fenix 6S Pro sangat ideal. Bisa mendukung berbagai jenis kegiatan seperti berenang, bersepeda, berlari, dan 20 jenis aktivitas lainnya. Tipe Fenix 6S Pro memiliki layar transflective memory-in-pixel (MIP) 1,3 inci, cerah dan mudah dibaca di luar ruangan. Fitur jam termasuk waktu/tanggal, sinkronisasi waktu GPS, penghematan siang hari otomatis, alarm, timer, dan stopwatch.

5. Instinct Rugged Outdoor Smartwatch Dengan GPS

Pecinta kegiatan outdoor sangat direkomendasikan membeli Garmin Instinct. Dirancang untuk mudah dipakai di segala kondisi lingkungan. Meski bukan tipe layar sentuh, namun Garmin Instinct justru lebih memudahkan ketika dipakai saat memakai sarung tangan ketika cuaca dingin. Garmin Instinct dibangun dengan standar militer AS 810 untuk ketahanan suhu ekstrim, anti-guncangan, dan anti-air (bisa dipakai menyelam sampai kedalaman 100 meter).

Baca juga: 5 Tips produktif di kantor ala CEO kelas dunia

Smartwatch untuk mendukung karier dan disiplin waktu


Smartwatch untuk dukung disiplin waktu berkarir (Sumber: Unsplash.com)

Perlu diingat desain dan teknologi jam tangan pintar akan terus berubah dengan cepat setiap tahun. Tapi, kalau kamu ingin mencari smartwatch terbaik yang tersedia saat ini, beberapa daftar di atas bisa dijadikan referensi, ya. Terlebih lagi, bagi kamu yang selalu mengandalkan ketepatan waktu untuk bekerja atau beraktivitas, maka sangat direkomendasikan memiliki smartwatch ideal.

Sama halnya seperti smartwatch yang mendukung kinerjamu, platform EKRUT juga sangat mendukung pengembangan karier yang lebih mapan dan gemilang. Daftar EKRUT sekarang untuk meningkatkan karier kamu ke level berikutnya!

Sumber:

  • lifewire
  • centipedia

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Cara_Refresh_Laptop_yang_Tepat_agar_Tidak_Lemot-2022.jpg

    Technology

    Cara Refresh Laptop yang Tepat agar Tidak Lemot (2022)

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    21 June 2022
    5 min read
    H1_Artificial_Intelligence.jpg

    Technology

    Artificial Intelligence (AI): Definisi, Cara Kerja, dan Contohnya

    Natasya Primatyassari

    14 June 2022
    5 min read
    cover.jpg

    Technology

    Apa Itu Power Supply? Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, 3 Komponen, dan Jenisnya

    Detty Risetya

    02 June 2022
    5 min read

    Video