Published on

Careers

5 Tips produktif di kantor ala CEO kelas dunia

Maria Yuniar

tips-produktif-ala-CEO-kelas-dunia-EKRUT.jpg

Cara untuk menjadi lebih sukses dan produktif bisa kamu lihat dari beberapa sumber, salah satunya adalah dengan mengintip tips produktif di kantor dari beberapa CEO ternama. Karena ternyata, mereka memiliki kebiasaan berbeda yang ternyata bisa meningkatkan kinerja.  Berikut ini adalah beberapa di antaranya. 

1. Elon Musk

tips produktif ala CEO - EKRUT
Hindari meeting yang tidak perlu merupakan salah satu tips dari Elon Musk - EKRUT

Tips produktif pertama yang bisa menjadi inspirasimu adalah dari bagaimana Elon Musk mengadakan rapat. 

Seorang mantan karyawan menceritakan kembali ketika Elon Musk menegur salah satu peserta rapat. “Jangan ikut dalam sebuah rapat kecuali ada tujuan tertentu, seperti untuk membuat keputusan atau mendorong tim untuk bekerja lebih keras. Beberapa hal sudah cukup dengan disampaikan melalui,” kata CEO Tesla ini.

Bisa dilihat bahwa Elon Musk menganggap terlalu banyak rapat justru dapat menghambat produktivitas seseorang atau tim, sehingga akan lebih baik jika beberapa hal cukup disampaikan melalui email. 

Baca juga: 10 Tips menciptakan rapat yang efektif

2. Jeff Bezos

tips produktif ala CEO - EKRUT
Peserta meeting seharusnya tidak lebih dari seukuran dua loyang pizza guna menjaga efektivitas meeting - EKRUT

Tips produktif selanjutnya datang dari Founder dan CEO Amazon, Jeff Bezos. Ia menggunakan “two-pizza-rule” untuk mengurangi rapat yang tak efisien. Idenya sederhana yaitu, bahwa jumlah peserta rapat sebaiknya tidak lebih dari ukuran dua loyang pizza. Jika lebih dari itu, maka rapat dianggap terlalu besar dan tidak produktif.

Selain itu, peserta rapat yang terlalu banyak juga bisa membuang waktu beberapa peserta yang tidak terlalu penting untuk mengikuti rapat tersebut. 
Sebaiknya, kamu cukup hanya mengundang beberapa team lead yang memang penting dan berkaitan dengan rapat tersebut. Merekalah yang akan menyampaikan hasil rapat yang perlu dijalani. 

3. Susan Wojcicki

tips produktif ala CEO - EKRUT
Agar produktivitas dan kesimbangan hidup tetap terjaga, Susan membatasi waktu bekerja di rumah - EKRUT

CEO YouTube dan wanita yang begitu berjasa di awal berdirinya Google ini merupakan ibu dari 5 orang anak. Ketika sedang bersama keluarga, Susan selalu berusaha untuk memisahkan urusan bisnis dan keluarga.

“Kami punya aturan untuk tidak mengecek email antara pukul 18.00 sampai 21.00,” kata Susan. Menurutnya, menikmati waktu bersama keluarga atau orang terdekat bisa menyegarkan pikirannya sehingga solusi dan inovasi brilian mudah datang.

Jadi, sekalipun kamu berusaha dan bekerja keras untuk mencapai kesuksesan. Tetaplah berikan waktu untuk dirimu sendiri maupun keluarga. Karena kamu tidak mudah jenuh dan justru memperlambat upayamu. 

4. Steve Jobs

tips produktif ala CEO - EKRUT
Steve Jobs berusaha tidak membesar-besarkan masalah guna menjaga produktivitasnya - EKRUT

Menjadi Co-Founder dan CEO sekaligus pasti membuat seseorang merasa stres akibat banyaknya pekerjaan dan masalah yang harus diselesaikan. Untuk mengatasinya, Steve Jobs menggunakan prinsip “Keep it Simple”. Jadi, ketika ia merasa stres karena pekerjaan, ia akan berusaha untuk tenang dan tidak gegabah.

CEO Apple inc. ini juga tidak suka membesar-besarkan suatu masalah, sehingga setiap masalah yang datang dan menyebabkan dirinya semakin stres akan ia atasi dengan cara menganggap masalah tersebut kecil serta mudah diatasi. Pola pikir seperti ini yang akhirnya membuat masalah tersebut benar-benar terasa ringan dan bisa ia hadapi.

Jadi, saat kamu stres dan dihadapi dengan beberapa masalah di kantor cobalah untuk menenangkan dirimu terlebih dahulu. Dengan begini kamu bisa berpikir dengan jernih dan pekerjaan juga dapat terselesaikan dengan baik. 

5. Mark Zuckerberg

tips produktif ala ceo - EKRUT
Agar lebih produktif, Mark Zuckerberg berusaha mengurangi mengambil keputusan-keputusan kecil - EKRUT

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, tidak ingin menghabiskan waktu untuk memutuskan hal-hal kecil. Hal ini juga menjadi alasan CEO Facebook ini selalu mengenakan pakaian yang tampak seperti tidak pernah diganti. Celana jeans, kaus abu-abu dan sepatu kets, sudah seperti 'trademark' dari gaya berpakaian Zuckerberg.

"Saya sungguh ingin memperjelas hidup saya sehingga saya bisa membuat keputusan sesedikit mungkin, kecuali soal bagaimana melayani komunitas (Facebook) ini sebaik mungkin," kata Zuckerberg.

Baca juga: 8 Cara tepat meningkatkan produktivitas karyawan

Itulah beberapa tips produktif ala CEO kelas dunia yang bisa kamu praktikan, meski terdengar sederhana, namun dapat memberikan dampak signifikan. Terbukti dari bagaimana perusahaan-perusahaan mereka telah mendunia hingga saat ini.

Selain mengetahui tips produktif di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa tools yang bisa membantumu dalam meningkatkan produktivitas. Misalnya saja dengan deretan tools peningkat produktivitas pada artikel ini.  

Jadi, kapan kamu akan mulai mempraktikkan beberapa tips produktif di atas?

tips produktif ala CEO - EKRUT

Sumber: 

Tags

Share