Published on

Lainnya

Split Payment Adalah: Pengertian, Manfaat, Cara Membuatnya, dan 3 Contohnya

Algonz D.B. Raharja

H1_Split_Payment.jpg

Pernahkah kamu melakukan split payment ketika tengah makan bersama teman-teman atau keluarga? Ya, sistem split payment atau split bill merupakan istilah populer untuk cara bayar patungan atau bersama-sama. Namun, bagaimana lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu split payment?


Split payment merupakan metode pembayaran terpisah atau berbagi untuk satu tagihan bersama (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disebut di atas, split payment merupakan sistem pembayaran bersama-sama dengan metode patungan. Namun, ternyata split payment memiliki definisi bermacam-macam tergantung basis transaksi yang digunakan.

Menurut Investopedia, split payment atau pembayaran terpisah melibatkan beberapa sumber pembayaran untuk menyelesaikan seluruh biaya dari satu transaksi. Jadi, jika ada lima orang untuk membayar satu transaksi, maka sumber pembayaran berasal dari lima sumber berbeda.

Seseorang umumnya menggunakan kartu kredit, debit, atau e-wallet untuk melakukan pembayaran barang atau meja restoran dengan satu tagihan dan pembayaran terpisah.

Istilah lain dari split payment adalah Going Dutch yang memiliki relevansi dengan tipe pintu tradisional Belanda; terdiri dari dua bagian setara.

Menurut Economic Times, split payment atau Going Dutch merupakan pemandangan umum saat pengunjung restoran mendapat tagihan bayar untuk sebuah rombongan. Sistem membagi tagihan atau split payment ini memang secara tradisional dikenal sebagai etika Belanda dalam hal membayar secara terpisah suatu tagihan bersama. Split payment berarti setiap orang membayar untuk dirinya sendiri.

Secara umum, split payment dilakukan dengan pembayaran mandiri dari masing-masing orang untuk satu tagihan yang telah dibagi sesuai pembelian individu.

Baca juga: Invoice Adalah: Pengertian, Fungsi, 3 Jenis, dan Tipsnya

Manfaat split payment


Split payment bermanfaat untuk mencegah utang piutang dan mempercepat pembayaran tagihan (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah tersirat dari bahasan di atas, split payment secara umum memiliki beberapa manfaat, baik secara keuangan maupun secara mental dalam hal relasi. Adapun manfaat-manfaat itu antara lain adalah sebagai berikut:

1. Melatih tanggung jawab personal

Split payment merupakan salah satu cara untuk melatih tanggung jawab personal saat melakukan pembelian bersama-sama dengan orang lain. Tanggung jawab ini berupa membayar apa yang telah ia beli secara mandiri meski dalam tagihan yang sama. Split payment akan mengurangi rasa sungkan atau segan dibandingkan suatu tagihan dibayar terlebih dahulu oleh satu pihak.

Baca juga: 18 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Android dan iOS

2. Meningkatkan kepercayaan antar teman

Split payment secara relasi juga dapat meningkatkan kepercayaan antar teman. Hal ini disebabkan adanya kemauan untuk tetap membayar bagian dari tagihannya secara mandiri. Alih-alih melakukan utang jangka pendek, seseorang yang memilih split payment dapat mempercepat proses transaksi tanpa adanya utang-piutang.

3. Meringkas tagihan pembayaran

Secara umum, split payment bermanfaat untuk meringkas waktu pembayaran tagihan dalam satu waktu. Sehingga, daripada berebut satu sama lain, split payment bisa diwakilkan oleh satu kartu kredit atau kartu debit dan kemudian dilakukan penghitungan di tempat sesuai struk tagihan untuk lantas dibagi pembayaran sesuai tagihan personal.

Baca juga: 10 Jenis Transaksi yang Biasa Digunakan dan Contohnya

Cara dan contoh membuat split payment


Salah satu cara untuk melakukan split payment adalah menghitung manual untuk tiap pesanan personal dari tagihan (Sumber: Pexels)

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan split payment. Ada cara manual dan juga ada aplikasi tertentu yang bisa kamu gunakan. Adapun beberapa cara tersebut antara lain adalah:

1. Split payment menggunakan aplikasi LINE Split Bill


Contoh penggunaan LINE Split Bill (Sumber: official-blog-id.line.me)

Salah satu aplikasi media sosial yang memberikan kemudahan untuk split payment adalah LINE. Kamu bisa menemukan opsi Split Bill pada menu “More” di pojok kanan bawah tampilan antarmuka LINE.

Setelah itu, kamu bisa menemukan opsi Split Bill dan membaca tutorialnya. Cara untuk melakukan split payment lewat LINE cukup mudah, yaitu kamu hanya perlu mengambil foto struk tagihan dan memasukkan nama teman-teman kamu. Secara otomatis, LINE bisa membaca nama toko, alamat, dan juga jumlah pesanan sampai jumlah total tagihan.

Setelah itu, kamu akan memilih satu per satu temanmu sesuai pesanan mereka dan klik “Next” untuk mendapatkan besaran tagihan masing-masing orang.

Baca juga: Reimburse Adalah: Pengertian, 3 Jenis, dan Tips Mengajukannya

2. Split payment manual

Salah satu cara klasik untuk split payment adalah menghitung manual dari total tagihan untuk semua orang.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Mintalah tagihan total untuk suatu pembelian
  • Lalu tentukan satu per satu orang untuk menyesuaikan apa yang tadi mereka beli
  • Total semua tagihan masing-masing dan sesuaikan dengan total tagihan keseluruhan
  • Jika total masing-masing dan tagihan umum sesuai maka mulai lakukan pembayaran mandiri tiap orang

3. Split payment dengan e-wallet berbeda


Contoh split payment lewat aplikasi LINE untuk menentukan besaran tagihan pribadi (Sumber: official-blog-id.line.me)

Untuk contoh split payment yang satu ini, seseorang perlu membayar sebuah tagihan dengan dua atau lebih dompet digital. Seseorang bisa membayar dengan akun berbeda jika terjadi kekurangan dana di salah satu dompet digital. Cara ini pun dapat digunakan untuk membayar tagihan bersama yang nantinya satu per satu objek pembelian dapat disesuaikan dengan pengeluaran personal tiap orang.

Misalnya, seseorang ingin membeli menu masakan di restoran A seharga Rp150.000, namun ia tidak membawa uang tunai. Ia hanya memiliki dua jenis dompet digital dengan masing-masing berisi saldo Rp100.000.

Karena satu dompet digital saja tidak cukup untuk membayar keseluruhan tagihan, maka ia meminta split payment dari dua akun berbeda kepada kasir. Sehingga, orang tersebut melakukan pembayaran Rp100.000 dari dompet digital X dan Rp50.000 dari dompet digital Z.

Baca juga: AR dan Mobile Payment jadi Pasangan Serasi, Mengapa?

Nah, itulah tadi beberapa cara dan contoh split payment yang bisa kamu lakukan saat makan bersama rekan atau tidak membawa uang tunai. Berbagai cara split payment ini juga dapat membuatmu untuk tetap santai dalam membangun relasi sembari berbelanja, lho! Jangan sampai pertemanan atau relasimu renggang karena utang pembayaran yang tertunda. Oleh karena itu, jadikan split payment sebagai solusi yang tepat untukmu.

Selain membangun relasi, kamu juga perlu membangun kariermu sesegera mungkin. Tentunya kamu ingin memanfaatkan waktumu dengan baik untuk mengantongi pendapatan mandiri, bukan? 

EKRUT bisa menjadi rekan pencarian karier terbaik untukmu. EKRUT menyediakan berbagai macam informasi terkait karier dan kesempatan kerja yang mungkin cocok denganmu. Kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • investopedia.com
  • economictimes.indiatimes.com
  • official-blog-id.line.me

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    Kenali_Investasi_Reksa_Dana_Pendapatan_Tetap_(RDPT)_beserta_Kelebihan_dan_Kekurangannya.png

    Lainnya

    Kenali Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT) beserta Kelebihan dan Kekurangannya

    Sylvia Rheny

    28 June 2022
    6 min read
    H1_Honorarium.jpg

    Lainnya

    Honorarium: Definisi, Ketentuan Hukum, dan Bedanya dengan Gaji

    Algonz D.B. Raharja

    27 June 2022
    5 min read

    Video