Published on

Lainnya

Sponsorship Adalah: 4 Manfaat, Jenis, Hingga Cara Melakukan Online Sponsorship

Alvina Vivian

H1_sponsorship_adalah.jpg

Ketika akan mengadakan acara organisasi atau sebuah lembaga, tidak jarang panitia perlu mencari sponsorship dari perusahaan. Namun, tahukah kamu apa itu sponsorship? Terlepas dari pemberi dana yang menyokong berjalannya acara, sponsorship adalah salah satu bentuk pemasaran yang cukup sering diterapkan dalam bisnis. Lalu, bagaimana cara melakukan online sponsorship dan apa saja jenis-jenisnya? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa itu sponsorship?


Sponsorship adalah teknik pemasaran sekaligus dukungan yang diberi perusahaan (sumber: pexels)

Sponsorship adalah program promosi yang dilakukan perusahaan dengan cara melakukan kesepakatan dengan pihak lain dan akan ada aktivitas timbal balik dari pihak penerima. Konsep ini menjadi media pemasaran agar produk atau jenama perusahaan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Sistem sponsorship, yaitu dengan cara perusahaan memberikan pendanaan berupa biaya kepada penyelenggara acara. Kemudian dari pihak penyelenggara akan menampilkan atau melakukan promosi produk saat acara berlangsung. Dasar yang penting dari sponsorship adalah adanya kesepakatan kerjasama dari dua belah pihak, baik dari perusahaan pemberi sponsorship dan pihak penerima agar saling diuntungkan.

Baca juga: 11 Skills yang dibutuhkan oleh marketing di tahun 2022

4 Manfaat sponsorship


Sponsorship bermanfaat bagi kedua pihak penerima dan pemberi dukungan (sumber: pexels)

Adanya sponsorship tentu haruslah menguntungkan kedua belah pihak. Diantara banyak keuntungan yang ada, berikut merupakan manfaat sponsorship yang bisa didapatkan.

1. Meningkatkan brand awareness

Ketika melakukan kerjasama sponsorship, pihak penerima bisa memberikan ruang bagi perusahaan untuk membuka stand atau setidaknya mencantumkan logo pada poster, banner, atau spanduk acara. Tampilnya logo tersebut bisa menjadi salah satu cara meningkatkan value brand awareness pada peserta yang hadir.

Cara ini cukup efektif karena ketika memberikan sponsorship, perusahaan bisa melihat apakah peserta yang datang sudah sesuai dengan target pasar atau tidak. Jika iya, maka perusahaan tersebut berkesempatan mengenalkan produk dan jasa secara lebih mudah.

2. Menaikkan citra brand

Berawal dari menyebar cakupan masyarakat yang mengenal produk atau perusahaan, dengan tujuan yang baik, citra perusahaan juga akan semakin meningkat. Memberi sponsorship pada kegiatan kemanusiaan atau hal yang positif tentunya membawa opini yang baik dari masyarakat terhadap reputasi sebuah perusahaan.

3. Mendukung kegiatan positif di masyarakat

Sponsorship adalah salah satu bentuk dukungan perusahaan dalam kegiatan di masyarakat. Misalnya, ketika ada kegiatan bakti sosial di daerah pelosok, penyelenggaraan lomba untuk anak-anak, atau pelatihan keahlian untuk umum dan mahasiswa. Acara yang dilakukan tentunya bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas masyarakat. Dengan begitu, perusahaan juga turut berperan dalam dalam tujuan kemanusiaan tersebut.

4. Membuka kesempatan untuk menaikkan penjualan

Saat acara terselenggara, terkadang ada perusahaan yang juga bisa mendirikan stand untuk menjual produk atau mengenalkan jasa yang disediakan. Adanya stand ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan tambahan selain dari media penjualan reguler setiap bulannya.

Baca juga: 3 Contoh MoU sebagai perjanjian kerja sama secara profesional

Jenis-jenis sponsorship


Terdapat tiga jenis sponsorship yang dapat dipilih perusahaan (sumber: pexels)

1. Online sponsorship

Online sponsorship adalah jenis sponsorship dalam sebuah kegiatan yang diselenggarakan secara online. Misalnya, kini cukup banyak webinar dan kompetisi yang dilakukan secara online. Brand yang memberikan dukungan terhadap acara umumnya akan ditampilkan di tengah rundown acara, bisa berupa penyebutan produk, pengenalan brand, atau mengadakan giveaway dengan tetap mengenalkan brand pemberi sponsorship.

2. Brand sponsorship

Kegiatan brand sponsorship, yaitu suatu teknik pemasaran yang dilakukan dengan cara memberikan sponsor pada acara besar, membagikan flyer, menayangkan iklan di TV dengan tujuan disengaja untuk mempromosikan produk atau brand. Bedanya dengan event sponsorship adalah tujuan dari kedua jenis sponsorship tersebut.

Jika event sponsorship dilakukan untuk mendukung berjalannya sebuah acara sembari melakukan promosi, sedangkan brand sponsorship adalah taktik marketing dengan mengadakan acara yang memang dilakukan untuk mempromosikan sesuatu.

3. Event sponsorship

Event sponsorship adalah dukungan serta strategi pemasaran yang diberikan untuk acara yang dilakukan secara offline. Bentuk yang paling umum adalah dengan membuka stand dan menaruh spanduk di area sekeliling acara. Contoh acara yang menerapkan event sponsorship diantaranya konser musik, jalan sehat, lomba sepak bola, dan event lainnya.

Baca juga: Event marketing: Pengertian, 6 jenis, manfaat, dan strategi membuatnya

Tugas utama sponsorship


Kesepakatan kedua pihak penerima dan pemberi sponsorship sangatlah penting (sumber: pexels)

1. Memberikan peluang mempromosikan brand

Kesepakatan jenis promosi yang perlu dilakukan biasanya akan dibicarakan antara dua belah pihak. Kapan dan seberapa banyak momen penyelenggara harus mempromosikan brand. Pastikan kamu mengetahui hal ini secara jelas agar kedua belah pihak saling diuntungkan.

2. Mendukung dan turut menyukseskan acara

Perusahaan yang memberikan sponsorship berkewajiban untuk memberikan dukungan terhadap penyelenggara acara. Dan di sisi penyelenggara, wajib untuk mendukung kampanye dan goals yang ditargetkan perusahaan dalam konteks memberikan sponsorship pada acara tersebut.

3. Bertanggung jawab terhadap campaign

Penyelenggara acara wajib bertanggung jawab agar kampanye berjalan lancar dan sesuai kesepakatan yang telah dibuat kedua belah pihak. Setelah acara selesai, penyelenggara dapat membuatkan laporan dan ucapan terima kasih atas sponsorship yang diberikan pada perusahaan.

Baca juga: 8 Social media marketing tools yang dapat digunakan tahun 2022

Cara melakukan online sponsorship


Lakukan sponsorship secara benar agar menguntungkan kedua pihak (sumber: pexels)

Beberapa tahun terakhir hampir semua acara dilangsungkan secara online. Tentunya ada penyesuaian yang dilakukan oleh penyelenggara acara untuk tetap menyukseskan tujuan pemasaran perusahaan yang telah memberikan sponsorship. Sebagai referensi, di bawah ini adalah cara mencari sponsor online dan tips melakukan sponsorship online yang bisa kamu terapkan di acaramu.

1. Cara cari sponsor online

  • Tentukan target perusahaan yang relevan dengan topik acara
  • Buat proposal acara yang formal dan menarik perusahaan
  • Kirimkan melalui email dengan subjek dan deskripsi yang jelas dan sopan
  • Tunggu jawaban dari perusahaan dalam durasi tertentu
  • Setelah mendapat jawaban, ajak perusahaan untuk melakukan diskusi melalui telepon atau meeting online
  • Tanyakan persyaratan dan harapan dari perusahaan, serta sampaikan yang kamu tawarkan
  • Jika sepakat, lakukan kampanye yang telah didiskusikan bersama

2. Tips melakukan sponsorship online

  • Adakan giveaway
  • Berikan merchandise pada penanya saat sesi tanya jawab
  • Selipkan satu sesi untuk menyebutkan brand yang memberikan sponsorship pada event tersebut
  • Cantumkan logo brand pada poster dan background virtual

Itulah penjelasan mengenai apa itu sponsorship dan bagaimana cara melakukannya. Jika kamu ingin mencari sponsorship untuk acara yang akan kamu selenggarakan, cobalah untuk menerapkan tips di atas, ya. Pastikan kamu bertanggung jawab dengan sponsorship yang telah kamu dapatkan.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • accurate.com
  • markey.com
  • kompas.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read
    Apa_Itu_Audience.jpg

    Lainnya

    Apa Itu Audience? Berikut Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Jenisnya!

    Mauditalani

    20 September 2022
    8 min read
    Untitled_design-89.jpg

    Technology

    3 Cara Kerja Search Engine beserta Algoritma yang Digunakannya

    Tsalis Annisa

    20 September 2022
    6 min read

    Video