Published on

Careers

Mengenal leaflet, bedanya dengan flyer, dan 3 contohnya untuk keperluan pemasaran

Anisa Sekarningrum

H1_1._Mengenal_leaflet__bedanya_dengan_flyer__dan_3_contohnya_untuk_keperluan_pemasaran.jpg

Kamu pasti sudah pernah melihat dan membaca leaflet, kan? Leaflet biasanya ditemukan di berbagai fasilitas umum karena memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada publik.

Baca juga: Desainer grafis: Tanggung jawab, skill-set, dan proyeksi karier 2021

Apa itu leaflet?


Leaflet adalah selembar kertas lipat yang berisi informasi untuk mengedukasi publik - Pexels

Leaflet adalah selembar kertas cetak yang dilipat berisi informasi pendek dan ringkas. Leaflet biasanya digunakan dalam bisnis sebagai media untuk mengiklankan produk dan jasa yang mereka tawarkan. Menurut Drs. Onong Uchjana Effendy, MA dalam kamus komunikasi ditulis bahwa leaflet adalah lembaran kertas berukuran kecil yang mengandung pesan tercetak untuk disebarkan kepada khalayak ramai yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai suatu hal atau peristiwa.

Leaflet biasanya berisi konten yang lebih informatif daripada flyer sehingga orang cenderung menyimpannya untuk waktu yang lebih lama karena mereka ingin membacanya lagi. Leaflet seringkali dibagikan secara langsung face to face atau disertakan saat pembeli melakukan pembelian. Leaflet dapat membantu perusahaan menjelaskan sebuah produk dengan lebih detail agar memikat pelanggan setia dan juga calon pelanggan.

Leaflet juga dapat digunakan untuk menangkap target audience yang lebih eksklusif, sehingga tidak ada salahnya untuk membuat leaflet dengan biaya yang lebih besar, jenis kertas yang lebih bagus serta desain yang dapat memikat pembaca. Dulu leaflet seringkali diletakkan di dalam koran atau majalah, namun sekarang leaflet banyak dibagikan saat acara besar, promosi produk, atau diletakkan di dekat meja kasir di restoran atau dekat loket pembelian tiket di tempat wisata.

Baca juga: 11 Skills Graphic Designer Ini Wajib Kamu Miliki Agar Sukses

Fungsi leaflet


Salah satu fungsi leaflet adalah sebagai media untuk menyampaikan sebuah hal yang informatif - Pexels

Fungsi leaflet yang pertama adalah sebagai media komunikasi yang informatif dan dapat mengedukasi masyarakat tentang sebuah hal yang sulit dijelaskan atau informasi detail tentang penawaran produk atau jasa, contohnya leaflet edukasi penyakit. Selain itu, fungsi leaflet adalah sebagai sarana promosi untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan ruang yang ada, sebuah bisnis dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membujuk masyarakat agar mereka tertarik pada jasa dan produk yang ditawarkan.

Fungsi terakhir leaflet adalah sebagai sarana identifikasi untuk memperkenalkan sebuah perusahaan, merek, atau logo kepada masyarakat luas. Selain konten berisi informasi yang ingin disampaikan pembuat leaflet, terdapat juga identitas dan kontak dari pembuat konten yang berfungsi untuk dapat lebih dikenal dan diingat oleh masyarakat.

Baca juga: 6 Kunci Desain Grafik Untuk Non-Desainer

Perbedaan leaflet dengan flyer


Salah satu perbedaan flyer dan leaflet adalah ukuran kertas - Pexels

Leaflet seringkali disamakan dengan flyer, padahal menurut desainer dan mereka yang bekerja di percetakan, ada perbedaan jelas antara keduanya. Beberapa perbedaan antara flyer dan leaflet adalah sebagai berikut.

Jenis perbedaan Leaflet Flyer
Jumlah kertas Selembar kertas yang dilipat Selembar kertas
Bentuk layout Ada beberapa bentuk layout dalam satu lembar yang sama Hanya satu layout dalam satu lembar
Jumlah konten Lipatan kertas menciptakan banyak ruang untuk mengisi konten sehingga bisa diisi dengan lebih banyak konten tertulis dan sedikit gambar Biasanya konten terbatas, lebih memperbanyak ruang untuk gambar daripada konten tertulis
Ukuran kertas Umumnya berukuran A4 standar (21 × 29,7 cm) sebelum dilipat Umumnya berukuran A5 dan A4
Material cetak Menggunakan jenis kertas yang lebih bagus Menggunakan jenis kertas yang lebih terjangkau
Usia penggunaan Umumnya orang akan lebih memilih untuk menyimpan leaflet karena mengandung konten dan informasi lebih banyak

Umumnya orang akan membuang flyer setelah satu kali membaca informasinya

Baca juga: 8 Pilihan Font Gratis Untuk Kebutuhan Komersial

Informasi di dalam leaflet


Salah satu informasi dalam leaflet adalah kontak informasi dari pembuat leaflet - Pexels

Leaflet umumnya berisi informasi seperti sesuatu hal yang dapat mengedukasi pembaca, sebuah hal informatif dan promosi produk atau jasa. Leaflet juga digunakan sebagai media untuk memperkenalkan sebuah perusahaan, instansi atau bisnis agar lebih dikenal masyarakat.

Hal yang perlu kamu pertimbangkan saat membuat leaflet adalah apakah pembaca tertarik untuk membaca leaflet tersebut dan apakah mereka dapat memahami informasi yang diberikan dengan cepat. Hal ini dikarenakan umumnya pembaca leaflet hanya akan melihat sekilas sebelum mereka membaca leaflet secara lebih detail, sehingga penting untuk membuat visual yang menarik dan menuliskan informasi dengan jelas dan ringkas pada leaflet.

Kamu dapat menggunakan beberapa cara berikut ini agar membuat leaflet lebih menarik untuk dibaca.

  • Menggunakan judul yang menarik dan relevan untuk menarik minat pembaca
  • Menggunakan heading dan subheading untuk mempermudah pembaca mengerti inti poin dari isi leaflet
  • Menuliskan isi pesan leaflet dengan bahasa yang to the point dan ringkas agar mudah dimengerti
  • Menggunakan beberapa gambar sebagai pendukung visual dari teks yang ditulis
  • Menggunakan warna yang sesuai dengan konten di dalam leaflet
  • Menyertakan logo serta kontak dari pembuat leaflet agar pembaca dapat mengenali siapa pembuat leaflet dan memiliki nomor untuk dihubungi jika pembaca merasa tertarik atau memiliki pertanyaan seputar konten leaflet

Baca juga: 15 Situs Download Font Keren Dan Gratis 2022

Bentuk dan ukuran leaflet


Salah satu teknik melipat leaflet adalah half fold yaitu melipat leaflet menjadi dua bagian - Pexels

Umumnya bentuk leaflet adalah selembar kertas yang dilipat. Teknik melipat yang digunakan pada leaflet adalah teknik rel agar lipatan kertas tidak retak dan berantakan. Beberapa teknik lipat leaflet adalah sebagai berikut:

  • Half fold yaitu teknik melipat kertas menjadi dua lipatan dengan kedua sisi yang sama luas
  • Trifold yaitu teknik melipat kertas menjadi tiga bagian dengan ketiga sisi mempunyai luas yang sama 
  • Window fold atau gate fold yaitu teknik melipat kertas pada bagian kanan dan kiri ke arah dalam dengan ukuran yang sama dan membiarkan area di bagian tengah memiliki ukuran lebih besar, sehingga ketika lipatan kertas dibuka akan menciptakan efek seperti membuka jendela atau gerbang
  • Lipat empat yaitu teknik melipat kertas menjadi empat sisi dengan luas yang sama besar

Secara umum, ukuran leaflet adalah kertas A4 berukuran 21 x 29,7 cm. Namun jika leaflet akan dilipat ke dalam empat bagian, kamu dapat menggunakan kertas yang berukuran lebih besar seperti A3.

3 Contoh leaflet


Leaflet umumnya dapat ditemukan di berbagai lokasi agar mudah ditemukan publik - Pexels

Ada bermacam-macam contoh leaflet yang umumnya dapat ditemukan di berbagai lokasi, contohnya seperti rumah sakit yang sering membuat leaflet untuk edukasi berbagai macam penyakit seperti hipertensi, jantung, dan kanker. Contoh-contoh leaflet adalah sebagai berikut.

1. Contoh leaflet cara penularan Covid-19

Berikut adalah contoh leaflet yang dibuat oleh RSUD dr. Darsono Pacitan untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19 agar masyarakat lebih memahami cara penularan Covid-19.

2. Contoh leaflet kesehatan gigi dan mulut

Contoh leaflet berikut adalah buatan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang berisi informasi tentang cara menyikat gigi yang benar untuk mengedukasi anak-anak.

3. Contoh leaflet telepon sahabat anak

Berikut adalah contoh leaflet telepon sahabat anak yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia dalam rangka perlindungan kekerasan, eksploitasi atau penelantaran terhadap anak.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Tipografi Dan Aturannya Dalam Desain Grafis

Kamu jago membuat leaflet tapi masih belum punya pekerjaan? Sambil mencari pekerjaan sebagai desainer grafis, coba juga daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itu tadi informasi mengenai leaflet agar kamu bisa membuat leaflet yang menarik. Tonton juga video berikut tentang cara membuat iklan yang kreatif.

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • solopress
  • printingcenterussa
  • instantprint
  • rsud.pacitankab.go.id
  • dinkes.lampungprov.go.id
  • kemensos.go.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video