startup

Inilah Daftar Startup Kesehatan di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Start_up_Kesehatan_yang_Ada_di_Indonesia.jpg

Saat ini perusahaan rintisan atau yang tengah dikenal startup sedang marak menjamur di Indonesia. Tak hanya dalam satu bidang, meluasnya tren mengenai startup ini merambah ke dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang kesehatan. Kesehatan menjadi salah satu bidang yang esensial bagi banyak orang. Terlebih saat terjadi pandemi Covid-19 di tahun 2020, layanan konsultasi kesehatan via daring yang dibuat para startup kesehatan menarik minat masyarakat Indonesia. Ingin tahu apa saja startup kesehatan yang ada di Indonesia? Yuk, simak informasi mengenai sederet startup kesehatan di Indonesia berikut ini!

1. Halodoc

logo starup kesehatan halodoc
Halodoc. (sumber: halodoc.com)

Startup kesehatan di Indonesia yang pertama adalah Halodoc. Halodoc didirikan oleh Jonathan Sudharta pada tahun 2016. Layanan yang disediakan oleh Halodoc adalah telekomunikasi medis dengan menggunakan fitur chatting, video call, pemeriksaan lab on-demand, serta pembelian obat secara delivery dari apotek. Hingga saat ini, Halodoc telah bermitra dengan ribuan dokter yang memiliki sertifikasi. Bahkan untuk melakukan akurasi sertifikasi dokter, Halodoc bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia atau IDI dan Konsil Kedokteran Indonesia atau KKI.

Mulanya, Halodoc hanya melayani dua jenis konsultasi bagi para pasien, di antaranya apalagi konsultasi darurat dan konsultasi follow up yang artinya hanya bisa dilakukan oleh pasien yang sebelumnya pernah melakukan pengobatan secara langsung dengan dokter tertentu. Hingga saat ini, Halodoc telah memiliki banyak prestasi. Salah satunya adalah pernah masuk ke dalam daftar yang dibuat oleh CB Insight yakni menjadi salah satu dari 150 perusahaan kesehatan digital yang paling menjanjikan di dunia. Pada saat munculnya pandemi Covid-19, pengguna Halodoc pun naik secara pesat yakni sekitar 25 kali lipat dibandingkan sebelumnya. Secara terus-menerus, Halodoc terus menambah mitra layanan dan kini 20.000 dokter berlisensi, 2.000 rumah sakit, klinik dan lab serta 4.000 apotek menjadi mitra Halodoc.

Baca juga: Startup Adalah: Definisi, Cara Kerja, Kelebihan-Kekurangan, dan 6 Tipe Perusahaannya

2. Alodokter

logo startup kesehatan alodokter
Alodokter. (sumber: alodokter.com)

Alodokter merupakan sebuah startup kesehatan yang menyediakan layanan kesehatan secara daring berupa situs website serta aplikasi. Dalam situs website dan aplikasi Alodokter terdapat beberapa keunggulan yakni menyediakan layanan informasi kesehatan, telekonsultasi, membuat janji dengan dokter, e-pharmacy, hingga proteksi kesehatan.

Didirikan pertama kali pada tahun 2014 oleh Suci Arumsari dan Nathanael Faibis, Alodokter masuk kedalam daftar 10 startup dengan pendanaan tertinggi di Indonesia. Pendanaan yang didapatkan oleh Alodokter sekitar 9 juta dollar Amerika Serikat. Pada saat tahun 2020, Alodokter memiliki sebuah program layanan kesehatan berupa pendampingan melalui telekonsultasi dokter pribadi secara gratis dan paket obat isolasi mandiri gratis khusus untuk para pasien Covid-19. Tak sendirian, pada program tersebut Alodokter bekerja sama dengan pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

3. KlikDokter

logo startup kesehatan klikdokter
KlikDokter. (sumber: owler)

Digagas oleh dr. Doddy Partomihardjo, Sp.M pada tahun 2008, KlikDokter menjadi salah satu startup kesehatan yang ada di Indonesia. KlikDokter merupakan sebuah media edukasi kesehatan yang kini telah memberikan akses kesehatan yang lebih bagi para penggunanya. Dengan menggunakan platform digital KlikDokter, para pengguna dapat melakukan konsultasi masalah kesehatan secara daring dengan dokter berbagai spesialisasi, mendapatkan resep obat yang tepat serta dapat menggunakan tools kesehatan yang telah disediakan oleh KlikDokter. Misalnya, alat cek resiko kanker dan diabetes.

Suatu hal yang berbeda dengan startup kesehatan lainnya adalah KlikDokter menyediakan sebuah rubrik untuk para dokter spesialis yang menyediakan informasi terkait kesehatan yang diurutkan berdasarkan abjad. Hal tersebut membuat para pengguna KlikDokter lebih mudah untuk mencari informasi terkait kesehatan.

Baca juga: Daya tarik startup baru sebagai tempat kerja

4. Good Doctor

logo startup kesehatan gooddoctor
Good Doctor. (sumber: gooddoctor.co.id)

Good Doctor adalah startup kesehatan di Indonesia yang menyediakan pelayanan kesehatan telemedis. Telah berdiri sejak tahun 2020, Good Doctor juga menjadi mitra Kementerian Kesehatan Indonesia untuk memberikan obat gratis untuk para pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di wilayah Jakarta. Hingga saat ini, Good Doctor telah memiliki mitra lebih dari 2.000 apotek di Indonesia dan beroperasi di negara Thailand.

Selain bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Indonesia, Good Doctor juga bekerja sama dengan Grab membangun GrabHealth powered by Good Doctor. GrabHealth powered by Good Doctor adalah layanan kesehatan yang menyediakan tanya jawab kesehatan secara daring dengan dokter-dokter profesional. Selain itu, ada pula e-commerce yang menjual berbagai produk kesehatan. Berbagai informasi kesehatan dan gaya hidup yang telah dikurasi tim dokter pun dapat kamu temukan di sini. Hal yang berbeda dengan startup kesehatan lainnya adalah semua layanan di Good Doctor dapat ditunjang menggunakan BPJS Kesehatan. Khususnya untuk telemedis dan menebus obat-obat yang telah diresepkan oleh dokter.

5. Konsula

logo startup kesehatan konsula
Konsula. (sumber: konsula.com)

Startup kesehatan di Indonesia yang terakhir adalah Konsula. Didirikan oleh Shinta Nurfauzia, Johannes Ardiant dan Ronald Wijaya sejak tahun 2015, startup kesehatan yang satu ini mendapatkan pendanaan awal dari modal ventura East Ventures. Memiliki slogan Sehat Tanpa Batas, Konsula merupakan platform kesehatan digital yang menyediakan dua produk d iantaranya adalah Konsula Search dan Konsula Connect.

Konsula Search merupakan layanan direktori dokter, di mana para penggunanya dapat mencari dokter berdasarkan lokasi, jenis penyakit dan spesialisasi dokter. Selain itu, para pengguna juga dapat membuat janji dengan dokter secara online, sehingga konsultasi bersama dokter menjadi lebih praktis. Sedangkan Konsula Connect adalah online software berbasis cloud yang ditujukan untuk memudahkan para dokter, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan untuk mengelola praktik mereka secara lebih efisien.

Pada Konsula Connect, Konsula akan membantu untuk mengelola perjanjian dan antrian pasien pada suatu klinik. Selain hal tersebut, Konsula juga akan membantu analisis data yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi klinik serta layanan dokter yang diberikan kepada para pasien.

Baca juga: 8 Cara membuat startup yang sukses dan terus berkembang

Demikian informasi mengenai startup kesehatan yang ada di Indonesia. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari tahu berbagai startup kesehatan di Indonesia.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • myskill.id
  • digitalbisa.id
  • konsula.com
  • gooddoctor.co.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    struktur-organisasi-perusahaan---EKRUT.jpg

    startup

    Struktur Organisasi Perusahaan: Fungsi, Manfaat, Contoh, dan 7 Jenisnya

    Maria Tri Handayani

    02 November 2022
    4 min read
    Daftar-perusahaan-yang-menerapkan-wfh-secara-permanen-setelah-pandemi---EKRUT.jpg

    startup

    Daftar Perusahaan yang Menerapkan Sistem WFH

    Maria Tri Handayani

    12 October 2022
    4 min read
    EKRUT.jpg

    startup

    Raih pendanaan baru, EKRUT akan tingkatkan teknologi data science

    Tsalis Annisa

    06 October 2022
    4 min read

    Video