Media

Tahan emosi, begini strategi hadapi rekan kerja yang nyebelin
By Nelson Simbolon - 9 June 2019
5 min read 413 Views

Ada saja hal-hal menarik yang mungkin kamu temui di kantor, mulai dari rekan kerja yang tidak ramah, senior yang menyebalkan, yang suka mengatur, galak, sok tahu, suka melakukan perundungan, dan lain sebagainya. Seringkali, sikap yang mereka tunjukkan membuat kita kesal dan emosi. Tapi, emosi yang kita keluarkan justru malah membuat kita rugi sehingga rasanya percuma buang-buang emosi karena rekan kerja.

Lalu, harus bagaimanakah sikap kita dan strategi hadapi rekan kerja yang menyebalkan seperti itu? Berikut ini tips yang nggak ada salahnya untuk dicoba!

Minta saran darinya 

Ketika rekan kerja nyebelin dan mengkritik strategimu, strategi menghadapinya ialah dengan memintanya langsung memberikan saran yang menurutnya lebih baik untuk dijalankan. Bila memiliki niat tulus, rekan kerja tersebut akan selalu punya ide. Sebaliknya, kalau kritik itu cuma akal-akalan untuk menjatuhkan kamu, maka dia akan panik dan akan mempermalukan dirinya di depan seluruh peserta meeting.

Kamu juga harus siap menjalankan ide kerjanya, seandainya dia memiliki ide yang bagus. Namun saat ide itu gagal, kamu bisa dengan elegan berkata, “Nah, ide kamu ternyata tidak berjalan dengan baik, jadi mari kita jalankan dengan cara saya atau kita jalankan bersama.”

Jangan bereaksi terlalu cepat

Strategi hadapi rekan kerja yang nyebelin berikutnya adalah menahan emosi dan jangan berekasi terlalu cepat. Saat rekan kerja kamu meniupkan rumor atau gosip yang tidak benar tentangmu, sebaiknya kamu bisa rem emosi dan jangan bereaksi terlalu dini. Tenangkan diri kamu dan kalau bisa tidak usah terlalu dipikirkan. Lebih baik fokus pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

Selain itu, cari tahu juga bagaimana cara mengendalikan emosi di tempat kerja

Selama yang kamu lakukan memang benar, maka kamu tidak perlu khawatir. Justru hasil kerjamu akan membuktikan pada manajemen kantor kalau kamu memang pekerja profesional dan dewasa dalam menghadapi masalah. Kalau kamu merespon rumor dan gossip tersebut, maka orang akan berpikir bahwa rumor dan gosip itu benar adanya.

Bersikap profesional

Selain menahan emosi dan meminta saran dengan elegan, bersikap profesional juga menjadi strategi hadapi staff yang menyebalkan. Tetaplah bersikap biasa dan jangan tunjukkan kalau kamu tidak bisa bekerja dengannya. Jangan menunjukan sifat kasihan apabila rekan kerja kamu itu gagal saat menjalankan tugas pekerjaannya. Jika dia meminta bantuan, berilah sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kamu dan tak perlu berlebihan.

Baca juga: Mudah, ini 7 Tips membangun kerja sama tim yang baik

Tak usah membalas dendam 

Sikap yang menyebalkan dari rekan kerja terkadang masih membekas di hati. Tetapi, janganlah sekali-kali kamu berencana membalas dendan terhadap sikapnya tersebut. Jika atasan kamu menanyakan masalah tersebut secara pribadi, kamu bisa menjelaskan dengan terus terang.

Selain itu, cara ini juga ampuh untuk menciptakan image bahwa kamu sebenarnya bersikap baik dan bukan pemicu masalah, meskipun kamu sering dijadikan objek gosip kantor dikarenakan rekan kerja tersebut.

Fokus untuk mencari solusi

Selain melakukan beberapa hal di atas, ingatlah jangan sampai kamu terbawa oleh hawa negatif rekan kerjamu tersebut. Jangan juga hal ini kamu biarkan berlarut, atau bahkan kamu sebarkan ke orang banyak dengan membicarakan hal yang buruk pula mengenainya. 

Cobalah untuk mencari ragam solusi lainnya. Misalnya, dengan mengajaknya berbicara, mencari tahu apakah ada masalah yang sedang dihadapi sehingga membuatnya menjadi sosok yang cukup menyebalkan.

Jadi, bersikaplah elegan saat menghadapi rekan kerja yang menyebalkan di kantor. Hal tersebut akan membuktikan pada semua orang bahwa kamu pekerja yang profesional dan bahkan lebih baik daripada “musuh” kamu tersebut. 

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • rekan kerja
  • karier
  • perusahaan
  • pekerjaan
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang