Careers

5+ Tahapan Penting Quality Control dalam Proses Wirausaha

Published on
Min read
7 min read
time-icon
H1-5__Tahapan_Penting_Quality_Control_dalam_Proses_Wirausaha.jpg

Dalam proses wirausaha, tentu kita ingin menghasilkan produk terbaik dan layanan paling berkualitas. Salah satunya dengan menerapkan quality control. Quality control atau kontrol kualitas (pengendalian mutu) adalah usaha terarah yang dilakukan guna memastikan dan mempertahankan kualitas produk atau layanan yang dihasilkan.  Dalam proses wirausaha, menerapkan quality control berarti menetapkan sejauh mana tingkat keberhasilan wirausaha yang telah dijalankan, apakah telah sesuai rencana yang dibuat dan telah memberikan hasil seperti yang diharapkan atau belum.

Cara atau tahapan quality control dalam proses wirausaha itu sangat beragam. Tergantung jenis produk atau layanan yang diberikan. Meski pada intinya, quality control dilakukan dengan cara menguji coba produk atau layanan untuk selanjutnya memutuskan apakah telah sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan atau belum. Dalam berwirausaha, ada beberapa tahapan quality control yang bisa dilakukan.

Baca juga: Quality Control: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, Tugas, dan Proyeksi Karier 2022

1. Quality control kinerja dan arah pasar


Quality control kinerja didasarkan pada quality planning. (Sumber: Pexels)

Pengendalian mutu harus dimulai dari kinerja. Yang menjadi dasar quality control ini adalah quality planning, yakni standar kualitas yang telah ditetapkan sebelumnya. Tanpa ada quality planning berarti tidak ada benchmark yang jelas, sehingga sangat mungkin kualitas produk maupun layanan yang dihasilkan bakal berbeda-beda.

Quality control kinerja didalamnya termasuk juga norma atau norma yang berlaku sebagai panduan, tatanan, maupun pengendali tingkah laku di lingkungan kerja. Norma ini merupakan aspek dasar yang harus dipahami para pelaku bisnis. Dengan norma, kamu bisa berwirausaha sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah ditetapkan.

Saat melakukan quality control pada kinerja dan arah bisnis, penting juga menanyakan pada diri sendiri, apa yang membuat bisnis berjalan dengan baik dan mana pasar yang akan menjadi target selanjutnya. Tanyakan pula apakah kamu akan memiliki produk atau layanan baru serta bagaimana wirausaha dapat terus ditingkatkan.

2. Produk dan layanan bisnis


Produk dan layanan juga perlu dijaga kualitasnya. (Sumber: Pexels)

Evaluasi pada produk dan layanan menjadi tahapan quality control dalam proses wirausaha selanjutnya. Pada tahap ini, kamu perlu memperjelas aktivitas inti bisnis yang kamu lakukan, produk yang kamu buat, dan layanan apa yang kamu berikan.  Kamu bisa menanyakan beberapa pertanyaan di bawah ini.

  • Seberapa efektif produk yang kamu hasilkan atau layanan yang kamu berikan pada kebutuhan konsumen? Kamu bisa melakukan analisis pasar jika tidak yakin dengan apa yang dibutuhkan konsumen. 
  • Manakah produk/layanan wirausaha yang kamu lakukan yang paling berhasil dan mana yang tidak berjalan sesuai rencana? Tentukan produk/layanan dengan persentase penjualan tertinggi dan yang memiliki margin keuntungan tertinggi. 
  • Masalah apa yang ada dalam sebuah produk atau layanan yang membuatnya tidak berhasil? Kamu bisa mempertimbangkan perbaikan pada bagian harga, penjualan, pemasaran, desain, pengemasan ataupun sistem penjualan. 
  • Dengan harga yang telah kamu tetapkan pada barang atau layanan, apakah bisa memberikan keuntungan?

3. Tinjau operasional


Pengendalian mutu juga dilakukan pada aspek operasional. (Sumber: Pexels)

Tahapan quality control dalam proses wirausaha selanjutnya ada pada bagian operasional yang berarti bagian internal. Contoh pertanyaan yang bisa diajukan adalah apakah ada yang menghambat dalam berwirausaha. Jika ada hambatan, tentu harus dipikirkan cara untuk mengatasinya. Pertimbangkan pula aspek bisnis lain seperti tempat, teknologi yang digunakan, metode bisnis, dan lain-lain.

Jika kamu merasa perlu melakukan pengendalian mutu pada tempat atau lokasi, coba tanyakan apakah kamu punya komitmen panjang terhadap properti yang kamu tempati, apa keuntungan dan kerugian jika tetap di lokasi tersebut? Sementara, pada bagian teknologi dan informasi kamu bisa melakukan kontrol kualitas pada sistem informasi manajemen yang saat ini kamu gunakan, apakah memungkinkan sistem manajemen yang lebih fleksibel atau tidak?

4. Tinjau keuangan


Pengelolaan keuangan perlu dilakukan quality control. (Sumber: Pexels)

Manajemen keuangan yang buruk adalah salah satu penyebab bisnis gagal paling sering. Makanya tahapan quality control dalam proses wirausaha pada bagian keuangan sangatlah penting. Kamu perlu menganalisis keuangan untuk kemudian mengembangkan sekaligus menerapkan sistem keuangan yang terbaik saat berwirausaha.

Evaluasi keuangan adalah proses mengevaluasi bisnis, proyek, anggaran, dan transaksi keuangan lainnya untuk menentukan kinerja dan kesesuaiannya. Biasanya, analisis keuangan digunakan untuk menganalisis apakah suatu entitas stabil, likuid, atau cukup menguntungkan untuk dijalankan. Saat melakukan evaluasi keuangan, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal seperti arus kas, laba rugi, modal kerja, pendapatan jualan, dan lain-lain.

5. Karyawan dan keterampilan


Wirausaha tidak akan jalan tanpa karyawan dan keterampilan. (Sumber: Pexels)

Memiliki karyawan dengan keterampilan yang tepat dan berada dalam posisi yang tepat bakal membantu proses berwirausaha lebih cepat mencapai tujuan. Karena itu, tahapan quality control dalam proses wirausaha selanjutnya adalah mengevaluasi karyawan dan keterampilannya. Kamu bisa menjalankan perencanaan pelatihan untuk karyawan.

Baca juga: Pentingnya Product Development dan 6 Tahap Membuatnya

Tak ada salahnya pula menyiapkan karyawan pengganti. Sehingga jika ada posisi yang ditinggalkan, langsung ada yang bisa mengisinya. Karena itu, akan lebih baik jika memiliki kurikulum dalam melatih SDM pada bisnis yang kamu jalankan. Itulah beberapa tahapan quality control dalam proses wirausaha. Semoga membantu Anda menjadi entrepreneur yang berhasil. Jangan lupa, temukan pula berbagai artikel menarik di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • tirto.id
  • daya.id
  • wqa.co.id
  • gramedia.com
  • ukmindonesia.id
  • investopedia.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Proposal Usaha Pengajuan Dana Investor Beserta Panduan Menyusunnya

    Felixitas Yolanda

    28 November 2022
    6 min read
    H1_Surat_Dinas.jpg

    Careers

    10 Contoh Surat Dinas dari Berbagai Instansi Beserta Struktur Penulisannya

    Algonz D.B. Raharja

    25 November 2022
    5 min read
    support_system.jpeg

    Careers

    Memahami Pentingnya Support System di Dunia Kerja Beserta Tips Membangunnya

    Yohanna Valerie Immanuella

    25 November 2022
    7 min read

    Video