Published on

Expert's Corner

Manfaat dan pentingnya talent management bagi perusahaan dan karyawan

Sylvia Rheny

talent_management.jpg

Human resources memainkan banyak peran dalam sebuah perusahaan. Human Resource Department (HRD) mengelola hubungan karyawan, talent acquisition, payroll, onboarding, dan banyak lagi. Selain itu, masih ada satu lagi tugas HR yaitu talent management.

Talent management adalah salah satu topik terbaru di HR. Bagaimana perusahaan dapat memberikan pengalaman terbaik kepada karyawan? Bagaimana perusahaan bisa menarik dan mempertahankan karyawan-karyawan terbaik? Apa yang perlu perusahaan lakukan untuk memenangkan persaingan talent?

Talent management adalah kunci untuk menjaga perusahaan agar bergerak semakin dekat dengan tujuannya. Yuk, cari tahu lebih jauh mengenai manfaat dan pentingnya talent management bagi perusahaan dan karyawan berikut ini.

Baca juga: 9 Skill people management ini penting diketahui oleh manajer

Apa itu talent management?

Apa itu talent management?
Talent management menciptakan tenaga kerja yang termotivasi. (Sumber: Pexels)

Talent management adalah proses konstan untuk menarik dan mempertahankan karyawan berkualitas tinggi, mengembangkan keterampilan mereka, dan terus memotivasi mereka untuk meningkatkan kinerja mereka. Tujuan utama dari talent management adalah untuk menciptakan tenaga kerja yang termotivasi yang akan bertahan dengan perusahaan dalam jangka panjang. Cara yang tepat untuk mencapai ini mungkin akan berbeda antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya.

Talent management adalah cakupan penuh dari proses SDM untuk menarik, mengembangkan, memotivasi, dan mempertahankan karyawan yang berkinerja tinggi. Definisi ini memiliki tiga komponen:

  • The full scope of HR processes: Talent management adalah tentang serangkaian proses HR yang terintegrasi satu sama lain. Di dalamnya diperlukan strategi talent management untuk memanfaatkan potensi penuhnya.
  • Attract, develop, motivate and retain: Talent management menyentuh semua area SDM utama, mulai dari perekrutan hingga orientasi karyawan dan dari manajemen kinerja hingga retensi.
  • High-performing employees: Tujuan dari talent management adalah untuk meningkatkan performa kerja karyawan. Ini bertujuan untuk memotivasi, melibatkan, dan mempertahankan karyawan untuk membuat mereka berkinerja lebih baik. Inilah mengapa talent management memiliki peran yang signifikan. 

Jika dilakukan dengan benar, perusahaan dapat membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan mengungguli kompetitor melalui sistem terintegrasi dari praktik talent management yang sulit untuk ditiru. Dengan kata lain, talent management adalah proses yang bertujuan untuk mendorong kinerja melalui praktik manajemen sumber daya manusia yang terintegrasi. Dengan demikian, ini adalah salah satu fungsi utama HR.

Baca juga: Mengenal Talent Acquisition Specialist beserta tugasnya

Pentingnya talent management bagi perusahaan

Pentingnya talent management bagi perusahaan
Talent management memanfaatkan karyawan sebagai aset terpenting perusahaan. (Sumber: Pexels)

Jawaban sederhana mengapa talent management penting bagi perusahaan adalah karena ini memanfaatkan karyawan sebagai aset terpenting perusahaan. Talent management membantu perusahaan untuk memaksimalkan value yang dimiliki oleh karyawan. Menurut survey yang dilakukan oleh McKinsey, mayoritas dari responden sepakat bahwa talent management efektif (atau bahkan sangat efektif) dalam menarik dan mempertahankan karyawan serta meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Proses talent management

Proses talent management
Proses talent management dimulai dari perencanaan hingga transisi. (Sumber: Pexels)

Proses talent management ini seringkali merupakan sebuah siklus dibandingkan perkembangan linier. Proses talent management ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengoptimalkan keterampilan, sifat, dan keahlian dari karyawan baru dan lama. 

Berikut ini poin-poin penting dari proses talent management:

1. Perencanaan

Perencanaan adalah langkah pertama dalam proses talent management. Perencanaan ini dimulai dari mengidentifikasi sumber daya manusia seperti apa yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Proses ini terdiri dari merumuskan deskripsi pekerjaan dan mengembangkan rencana untuk proses rekrutmen.

2. Menarik perhatian talent

Berdasarkan rencana pada proses pertama talent management, langkah berikutnya adalah memutuskan apakah ada kandidat internal yang memenuhi kriteria yang dibutuhkan atau harus mencari dari sumber eksternal seperti job portals, social network, dan referrals. Di sinilah employer branding yang telah dibangun perusahaan berperan penting karena akan menentukan kualitas kandidat yang melamar.

3. Seleksi talent

Seleksi talent dalam talent management biasanya melibatkan penggunaan serangkaian tes dan pemeriksaan seperti reference check dan background check untuk menemukan kecocokan antara kandidat, perusahaan, dan pekerjaannya. Tes tertulis, wawancara, FGD, dan tes psikometri beserta dengan analisis mendalam dari semua informasi yang tersedia tentang kandidat dari berbagai platform terbuka membantu perusahaan dalam memberikan penilaian menyeluruh tentang kandidat. 

4. Mengembangkan talent

Cukup banyak perusahaan saat ini dalam talent management yang menjalankan gagasan “hiring for attitude and training for skills”. Sebab, meskipun perusahaan menginginkan kecenderungan untuk keahlian tertentu, namun pada nyatanya yang perusahaan pekerjakan adalah orangnya bukan CVnya.  Selain untuk membantu mereka tumbuh bersama perusahaan dan melatih mereka untuk keahlian yang dibutuhkan perusahaan, mengembangkan karyawan juga bisa membangun loyalitas dan meningkatkan keterlibatan karyawan. 

Proses ini dimulai dengan program orientasi yang efektif untuk membantu karyawan menyesuaikan diri, diikuti dengan memberikan banyak kesempatan untuk meningkatkan keterampilan, bakat, dan kecakapan, serta pertumbuhan kandidat melalui skema konseling, pembinaan, pendampingan, dan rotasi pekerjaan.

5. Mengembangkan talent yang telah ada

Agar perusahaan benar-benar bisa mencapai kesuksesannya secara berkelanjutan, karyawan berbakat perlu dipertahankan secara efektif. Sebagian besar perusahaan dalam talent management mencoba untuk mempertahankan karyawan terbaik mereka melalui promosi jabatan, mendorong keterlibatan dalam proyek khusus dan pengambilan keputusan, pelatihan untuk peran yang lebih berkembang, dan mengadakan rewards and recognition programs.

6. Transisi

Talent management yang efektif berfokus pada transformasi kolektif dan evolusi perusahaan melalui pertumbuhan individu karyawan. Hal ini dilakukan dengan cara membuat setiap karyawan merasa bahwa mereka adalah bagian dari keseluruhan yang lebih besar. Memberikan manfaat pensiun, melakukan exit interview, dan effective succession planning mungkin tampak seperti tidak terkait dengan karier tetapi semuanya adalah alat transisi yang memungkinkan perjalanan bersama.

Baca juga: TQM (Total quality management): Pengertian, 8 elemen utama, dan keuntungannya

Manfaat talent management

Manfaat talent management
Talent management memiliki manfaat untuk perusahaan dan karyawan. (Sumber: Pexels)

Berikut ini adalah beberapa manfaat talent management, baik bagi perusahaan dan karyawan.

Manfaat bagi perusahaan:

  • Beberapa manfaat talent management bagi perusahaan antara lain yaitu:
  • Meningkatkan kualitas dari proses perekrutan dan seleksi perusahaan.
  • Meningkatkan performa kerja karyawan.
  • Meningkatkan kepuasan kerja karyawan.
  • Memunculkan loyalitas karyawan.
  • Meningkatkan retensi karyawan.

Manfaat bagi karyawan:

  • Beberapa manfaat talent management bagi karyawan antara lain yaitu:
  • Memberikan jenjang karier yang jelas. 
  • Memberikan pengembangan karier untuk karyawan.
  • Meningkatkan value yang dimiliki karyawan melalui pengembangan potensi dan kompetensi.
  • Meningkatkan motivasi dan komitmen karyawan.

Baca juga: Ini skills yang perlu kamu kuasai untuk menjadi HR yang handal

Simplify your recruitment process with EKRUT

Simplify your recruitment process with EKRUT
EKRUT adalah salah satu jasa rekrutmen karyawan di Indonesia yang dapat diandalkan. (Gambar: Pexels)

Untuk membantu memaksimalkan pelaksanaan fungsi talent management, kamu bisa memanfaatkan platform EKRUT. Didirikan pada tahun 2016, EKRUT merupakan sebuah platform rekrutmen yang menggunakan perpaduan antara teknologi dan jaringan recruiter untuk melakukan proses rekrutmen yang efektif dan berkualitas.

Setiap talent yang mendaftar dan lolos ke dalam marketplace EKRUT telah melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh Talent Advocates EKRUT.

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan EKRUT antara lain yaitu:

  • Keuntungan eksklusif dari paket yang disediakan EKRUT.
  • Mengelola kandidat dengan mudah menggunakan tracking system yang dimiliki EKRUT.
  • Memperoleh kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
  • Akses langsung ke talent pool berkualitas yang telah melalui proses kurasi.
  • Konsultan profesional yang akan memberikan bantuan selama proses perekrutan. 

Perlu diketahui bahwa EKRUT menggunakan teknologi data science seperti Marketplace Curation Algorithm (MCA) untuk menyaring dan mengkurasi 5-10% kandidat kompetitif teratas yang mencari peluang kerja berdasarkan permintaan secara real-time. Maka dari itu, talent yang ditampilkan dalam marketplace adalah talent berkualitas dan terkini.

Untuk mencari dan menemukan kandidat yang sesuai dengan kriteria, EKRUT menggunakan teknologi bernama EKRUT Recommender System (ERS). Kelebihannya, variabel pencarian tidak hanya terbatas pada pengalaman, preferensi, dan keterampilan saja, namun masih banyak lagi. Selain itu,  EKRUT juga menggunakan Budget Prediction Algorithm (BPA) untuk mengukur, memprediksi, dan merekomendasikan kisaran ekspektasi gaji untuk masing-masing job posting berdasarkan kondisi market terkini secara efektif.

Untuk saat ini, terdapat 2 subscribe plan yang bisa kamu pilih di EKRUT:

1. Platform plan
Tersedia untuk langganan tahunan dan per-kuarter. Dengan subscribe plan ini, perusahaan kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan unlimited hires tanpa harus membayar lagi biaya per hire.

2. Headhunting plan
Tidak ada membership fee untuk plan ini, perusahaan kamu hanya perlu membayar ketika terjadi hire.

Baca juga: 5 Manfaat data bagi HRD dalam proses perekrutan

Kesimpulannya, dengan melakukan employee background check dalam proses perekrutan, akan membantu kamu membuat keputusan perekrutan yang tepat tanpa perlu hanya menebak-nebak kebenaran informasi yang disampaikan oleh kandidat.

Tips agar kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas kandidat, kamu bisa menggunakan EKRUT sebagai salah satu platform andalan kamu untuk mencapai efektivitas dan menghindari kesalahan dalam rekrutmen. 

Berbagai manfaat menggunakan EKRUT bisa kamu dapatkan dengan bergabung bersama EKRUT. Yuk, mulai proses rekrutmen yang efektif dari sekarang!

www.ekrut.com/employers

Sumber:

  • toolbox
  • https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/pengertian-dan-manfaat-talent-management/
  • https://www.aihr.com/blog/what-is-talent-management/

Tags

Share