Media

Ini skills yang perlu kamu kuasai untuk menjadi HR yang handal
By Tsalis Annisa - 18 March 2019
5 min read 255 Views
Selain memahami hukum ketenagakerjaan, seorang HR juga diharap mampu mengatasi konflik - EKRUT
Selain memahami hukum ketenagakerjaan, seorang HR juga diharap mampu mengatasi konflik - EKRUT

Profesi human resource atau biasa disebut HR adalah posisi yang dibutuhkan oleh semua perusahaan dan tidak akan hilang. Bagi kamu yang menyukai tantangan, cocok untuk berada di posisi yang menjembatani hubungan antara karyawan dan para atasan perusahaan.

Posisi ini umumnya memiliki syarat pendidikan tertentu, seperti dari bidang psikologi. Meski begitu, banyak juga perusahaan yang membuka lowongan profesi ini untuk semua jurusan. Hal yang terpenting, kamu perlu menguasai skill-skill berikut agar dapat menjadi HR yang sukses.

Hard skills yang dibutuhkan

Umumnya, seorang HR perlu memiliki hard skill sebagai berikut agar dapat mengerjakan tugasnya dengan baik:

Memahami hukum ketenagakerjaan

Hal ini penting karena merupakan dasar setiap kebijakan yang diambil perusahaan terhadap karyawan. Termasuk, kontrak kerja, skala upah, BPJS, pajak, cuti, dan keperluan lainnya.

Maka dari itu, seorang HR harus update akan informasi ini serta UU lainnya agar ketentuan yang dipilih sesuai. Tak hanya itu, seorang HR pun harus dapat memikirkan dampak keputusan tersebut dengan nilai-nilai perusahaan sehingga ketentuan yang diambil tidak merugikan siapapun, baik pekerja maupun pemilik.

Memahami bisnis perusahaan

Jika ingin serius berkarir di bidang ini, wawasan serta nilai-nilai bisnis perusahaan sangat penting. Coba bayangkan saja, bila seorang HR saja tidak tahu apa tujuan perusahaan bagaimana dengan pegawai lainnya?

Pengetahuin ini pun dapat membantu perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lainnya di industri yang sama. Hal ini pun dapat membantu proses rekrutmen dan seleksi karyawan baru.

Mengerti teknologi yang dibutuhkan

Bidang HR juga tidak boleh ketinggalan di dunia digital yang terus berkembang cepat. Beberapa teknologi yang perlu dikuasai adalah social media, HRIS (Human Resource Information System), software manajemen talenta rekrutmen maupun karyawan seperti Bamboo HR dan Outplacement, serta manajemen data dengan cloud.


Hard skill dan soft skill ini dibutuhkan oleh seorang HRD - EKRUT

Baca juga: 4 cara untuk memotivasi karyawan agar rajin bekerja

Soft skills yang dibutuhkan

Hard skill saja tidak cukup menjadikanmu seorang HR yang unggul. Agar dapat sukses, beberapa soft skill berikut juga perlu kamu miliki:

Mampu berkomunikasi dengan baik

Kemampuan berkomunikasi penting untuk semua jenis pekerjaan, termasuk HR. Seorang HR harus mampu berbicara, baik kepada calon karyawan, hingga semua tahapan posisi karyawan, juga pemilik perusahaan.

Tak hanya sekedar berbicara, kemampuan konsultasi dan negosiasi juga perlu dimiliki oleh posisi ini. Kemampuan ini termasuk memilih dan menyusun kata dengan baik. Tanpa komunikasi yang baik, HR tidak dapat sukses mengelola karyawan.

Mampu mengatasi konflik

Karyawan tentu akan mengalami konflik, baik konflik pribadi, dengan karyawan lain ataupun dengan atasan. Seorang HR harus mampu mengadakan konsultasi, negosiasi dan meditasi sehingga konflik ini teratasi.

Cobalah untuk mendengarkan dan memandang situasi dari sudut pandang berbeda sehingg keputusan yang diambil tidak merugikan salah satu pihak yang berselisih.

Mampu memahami karyawan, dan memiliki empati

Karyawan mungkin melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak seharusnya, seperti berbohong, menghindari hukuman, demi ambisi atau hal lainnya. Seorang HR harus dapat menemukan hal ini dengan mampu membaca situasi dari sudut pandang karyawan.

Dengan begitu, HR juga tidak boleh sembarang, rasa empati terhadap karyawan harus diperlukan disini. Hal ini dapat menjaga hubungan karyawan dengan perusahaan sekaligus memecahkan masalah. HR perlu dapat membuat keputusan pada waktu dan situasi yang tepat.

Mampu mengatur karyawan

Karyawan yang sudah senior atau tua, pemegang saham, serta pemimpin perusahaan mungkin akan mengintimidasi HR. Meski begitu, HR tetap harus tegas di mana keputusannya juga melibatkan nasib karyawan.

HR tidak boleh memihak pada salah satu pihak tanpa dasar. HR harus memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik untuk kesejahteraan karyawan sekaligus keuntungan perusahaan.

Bagaimana? Masih tertarik bekerja di bidang ini? Kamu bisa membuka peluangmu untuk dilirik oleh berbagai perusahaan yang membutuhkan HR di talent marketplace. Sudah saatnya perusahaan yang mencarimu.

HRD - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • pengembangan diri
  • karier
  • soft skill
  • hard skill
  • skill set
  • HR
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang