Published on

Careers

People management: Tujuan, 12 skill-set, dan cara meningkatkannya

Nur Rosita Dewi

people-management-EKRUT.jpg

Sebagai seorang manajer, penting bagi kamu untuk memiliki skill people management. Singkatnya people management adalah sebuah proses mengoptimalkan produktivitas karyawan dengan memberikan motivasi dan pelatihan. Para manajer biasanya menggunakan people management ini untuk meningkatkan kinerja karyawan setiap hari dan mengawasi pekerjaan tim. 

Skill people management mencakup berbagai hal seperti komunikasi, kepemimpinan, delegasi, dan lain-lain. Agar lebih jelas, berikut sembilan skill people management yang harus kamu kuasai sebagai seorang pemimpin atau manajer. 

Apa itu people management?

Apa itu people management?
Pengorganisasian sumber daya manusia terdiri dari melatih, memotivasi dan mengarahkan karyawan untuk mengoptimalkan produktivitas (Sumber: Shutterstock)

People management merupakan istilah dalam Bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan sebagai pengorganisasian sumber daya manusia. Pengorganisasian pada hal ini merupakan proses yang cukup panjang karena mencakup pelatihan, memotivasi dan mengarahkan karyawan untuk mengoptimalkan produktivitas tempat kerja dan mendorong pertumbuhan profesional perusahaan. 

Tujuan people management

Tujuan people management
People management merupakan hal yang penting seiring dengan berkembangnya perusahaan dan bertambahnya jumlah pekerja. (Sumber: Shutterstock)

People management merupakan hal yang penting seiring dengan berkembangnya perusahaan dan bertambahnya jumlah pekerja. Hal ini penting mengingat manusia merupakan makhluk sosial yang akan saling berkomunikasi. People management menjadi penting karena hal-hal berikut:

1. Menangani konflik antar pekerja

Konflik merupakan hal yang sangat wajar dalam dunia pekerjaan, gesekan antar karyawan akan dapat diredam dan para pekerja dapat bekerja lebih optimal apabila sang manajer atau pemimpin dapat mengorganisasi sumber daya manusia, load pekerjaan serta timeline yang jelas untuk setiap pekerja dengan proporsional. 

2. Memaksimalkan kemampuan sumber daya manusia

Dengan terjadinya turn-over pekerja dari yang melakukan resign, pindah divisi sampai dengan kenaikan jabatan, training merupakan hal yang akan terus terjadi dalam perusahaan yang berkembang. Maka dari itu people management di bidang training diperlukan agar perusahaan tetap dapat menjalankan bisnisnya. 

3. Pengelolaan waktu yang baik 

People management  yang diorganisasikan secara baik akan berdampak pada optimalnya waktu dan tercapainya tujuan-tujuan perusahaan. Hal ini dikarenakan setiap pekerja mengetahui deadline setiap pekerjaan sehingga dapat mengelola pekerjaannya masing-masing melalui skala prioritas. Ada baiknya juga seorang manajer tidak melakukan micromanage semua hal yang dilakukan individu. 

4. Membangun budaya perusahaan

Sebagai seorang pemimpin, apapun yang kamu lakukan akan dilihat dan diperhatikan oleh semua pekerjamu. Caramu memimpin rapat, caramu menangani konflik sampai berdiskusi semuanya akan menjadi contoh dan pada akhirnya menjadi budaya para pekerja yang berujung menjadi budaya perusahaan. Pastikan organisasimu baik ya. 

12 Skill-set dalam people management

12 Skill-set dalam people management
Diperlukan kemampuan-kemampuan khusus karena beban dan tanggung jawab seorang pemimpin berbeda dengan pekerja pada umumnya (Sumber: Shutterstock)

Dalam pendalaman profesi menjadi seorang manajer, diperlukan kemampuan-kemampuan khusus yang sesuai untuk jenis pekerjaannya karena tentu beban dan tanggung jawab seorang pemimpin berbeda dengan pekerja pada umumnya, 12 skill-set yang harus dimiliki tersebut antara lain:

1. Komunikasi

people management - EKRUT
Komunikasi merupakan bagian dari skill people management yang perlu kamu kembangkan - EKRUT

Kemampuan untuk berkomunikasi merupakan skill dasar yang harus kamu miliki sebagai seorang manajer. Jika mampu berkomunikasi dengan baik, kamu dapat memimpin sebuah tim untuk mencapai target yang diinginkan. Sering kali seorang manajer melakukan komunikasi satu lawan satu supaya dapat mengenal karakter dari masing-masing karyawan. Komunikasi dua arah ini akan membuat tim semakin solid dan lebih kompak dalam menyelesaikan tugasnya.

2. Empati

people management - EKRUT
Dengan empati dapat membantu membangun hubungan lebih kuat dengan tim - EKRUT

Tunjukkan empati terhadap karyawan yang sedang menghadapi masalah, baik profesional maupun masalah pribadi. Sebagai contoh, izinkan seorang karyawan untuk pulang lebih awal saat sedang memiliki masalah pribadi. Hal ini akan membantumu membangun empati di mata bawahan. Menunjukkan bahwa kamu peduli dan berusaha untuk memperbaiki situasi yang sulit akan membantu membangun hubungan yang lebih kuat sebagai sebuah tim.

Baca juga: 9 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

3. Training

people management - EKRUT
Mampu memberikan pelatihan yang baik untuk karyawan baru juga merupakan hal yang penting sebagai Manajer - EKRUT

Training atau pelatihan untuk karyawan baru merupakan hal yang sangat penting. Sebagai seorang manajer, kamu dapat melatih karyawannya secara langsung. Bisa juga bekerja sama dengan rekan kerja yang berpengalaman untuk melatihnya. Pelatihan ini perlu dilakukan seorang manajer untuk mengenali keterampilan karyawannya. Serta untuk menentukan pelatihan apa yang dibutuhkan agar ke depannya semua anggota tim dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih efektif.

4. Delegasi

people management EKRUT
Mampu mendelegasikan pekerjaan juga termasuk ke dalam skill people management yang harus kamu asah - EKRUT

Skill people management lainnya yang dibutuhkan seorang manajer adalah melakukan delegasi. Manajer biasanya memiliki banyak proyek untuk diselesaikan. Dari semua proyek tersebut, tentu ada tenggat waktunya masing-masing. Seorang manajer tentu tidak dapat melakukan semua pekerjaan itu sendiri. Mereka perlu mendelegasikan atau membagikan tugasnya kepada karyawan lainnya. 

Kemudian manajer dapat meminta karyawan tersebut untuk bertanggung jawab atas proyek atau tugas yang diberikan sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Seorang manajer juga harus mengetahui karyawan mana yang tepat untuk mendelegasikan tugas tersebut. Dengan kata lain, manajer harus menetapkan tugas kepada karyawannya berdasarkan kemampuan dan kekuatan mereka masing-masing. 

Baca juga: 7 Cara melatih kemampuan delegasi

5. Reward dan pengakuan

people management - EKRUT
Menghargai hasil kerja tim dapat membuat mereka lebih termotivasi untuk bekerja - EKRUT

Bukan rahasia umum bahwa setiap orang sangat senang apabila dihargai dan diakui atas keberhasilan mereka. Oleh karena itu, berikanlah penghargaan kepada anggota tim atas kerja keras mereka. Dengan begitu, mereka akan lebih termotivasi untuk melaksanakan tugasnya sebaik mungkin. Loyalitas karyawan adalah salah satu aset paling berharga yang dimiliki perusahaan. Jika kamu mampu mengendalikan seluruh karyawan dengan baik, loyalitas tentu bukanlah sesuatu yang sulit diberikan oleh setiap karyawan. 

6. Kesabaran

people management EKRUT 
Kesabaran menjadi salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang manajer-EKRUT

Dengan banyaknya tantangan dan tekanan kerja yang semakin sulit, menjadi suatu keharusan bagi seorang manajer untuk memiliki kesabaran. Tak jarang tentunya kamu akan bertemu berbagai masalah yang berasal dari timmu maupun dari luar lingkungan. Agar bisa menjaga kondisi kerja tetap kondusif, kebijaksanaan berpikir untuk tetap sabar diperlukan di posisi ini.  Kesabaran juga akan membawa kamu lebih jernih berpikir menghadapi setiap masalah. Sehingga pada ujungnya dapat mencari solusi yang tepat. 

7. Fleksibel

people management EKRUT 
Seorang manajer ada baiknya siap dengan segala perubahan kerja-EKRUT

Skill people management selanjutnya adalah fleksibel atau luwes. Fleksibel yang dimaksudkan adalah memahami bahwa seringkali ada berbagai macam cara untuk menyelesaikan tugas dari yang manajer berikan. Hanya karena ada anggota tim yang memiliki cara berbeda dalam menyelesaikan tugasnya tak lantas itu menjadi pendekatan yang salah. Fleksibel juga berlaku untuk segala perubahan pola kerja yang terjadi di suatu perusahaan. Maka dari itu, diperlukan peran manajer yang siap menerima segala perubahan dan memberikan arahan yang jelas agar tidak simpang siur. 

8. Open-minded

people management EKRUT
 
Dengan open minded kamu menyadari bahwa mungkin ada gagasan yang lebih baik - EKRUT

Open minded atau pikiran terbuka artinya menyadari bahwa kamu mungkin tidak memiliki semua jawaban atau pilihan terbaik untuk situasi tertentu. Akan tetapi menyadari bahwa mungkin gagasan orang lain terbaik ketimbang gagasanmu. Dengan memiliki skills people management ini, kamu memastikan kepada anggota tim bahwa kamu memiliki pikiran terbuka serta menciptakan suasana kerja yang penuh kepercayaan dan rasa hormat. Melalui upaya ini karyawan akan mengetahui bahwa sudut pandang mereka atau gagasannya dihargai bahkan mungkin digunakan.  

9. Jiwa kepemimpinan 

people management EKRUT 
Skill kepemimpinan menjadi kemampuan yang penting bagi manajer-EKRUT

Di antara semua skill people management di atas, nampaknya kemampuan memimpin ini menjadi sangat krusial. 

Sosok manajer yang memiliki bakat memimpin selalu mampu memotivasi timnya untuk lebih produktif. Beberapa ciri manajer yang memiliki bakat memimpin yang positif melingkupi: 

  • Selalu optimis 
  • Memotivasi karyawan
  • Tidak segan memberikan pujian
  • Memberikan contoh yang baik
  • Tegas

Itulah sembilan skill people management yang diperlukan oleh seorang manajer. Tentu dalam perjalanannya mengembangkan berbagai macam skill ini tidaklah mudah. Tapi percayalah, seiring waktu, pengalaman dan mau mengerti timmu kemampuan ini bisa terasah.

10. Kepercayaan

Sebagai seorang pemimpin atau manajer yang baik, kamu harus bisa mendelegasikan tugas seperti yang telah dijabarkan pada poin ke empat, lebih dari itu kamu juga harus bisa mempercayai bahwa setiap individu dapat melakukan pekerjaannya sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Kamu tidak perlu selalu minta update pekerjaan setiap harinya, selain terkesan bahwa kamu melakukan micromanage, orang yang bekerja dapat merasakan tidak nyaman karena merasa terlalu dipantau.

11. Adaptasi 

Semua hal membutuhkan waktu, begitupun menjadi pemimpin dengan skill people management yang baik. Oleh karena itu, sebagai pemimpin kamu juga harus terus mawas diri dan memperhatikan situasi perusahaan beserta sumber daya manusia yang tergabung didalamnya. 

12. Organisasi

Memimpin sebuah tim berarti menjalankan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. Kamu dituntut untuk dapat memastikan banyak hal berjalan dengan tujuan dan prosedur perusahaan, diantaranya merespon email, memastikan timeline yang terukur serta dapat diraih oleh tim, mengadakan meeting dengan jadwal yang tepat serta mendengarkan cerita semua pekerjamu.

4 Cara meningkatkan kemampuan people management

4 Cara meningkatkan kemampuan people management
Ilustrasi meningkatkan kemampuan people management (Sumber: Shutterstock)

Dengan banyaknya skill set yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin atau manajer seperti yang sudah dijabarkan di atas, kamu dapat merasa bahwa pekerjaan menjadi seorang pemimpin tidaklah menyenangkan yang dibayangkan. Oleh karena itu, ada  cara untuk menggali potensimu dalam memaksimalkan 12 skill-set tersebut, yaitu:

1. One step at a time

Pastikan kamu selalu fokus dalam satu pekerjaan yang kamu lakukan, kamu bisa membuat jadwal selama tiga puluh menit, lalu memimpin rapat selama tiga puluh menit, yang perlu kamu lakukan adalah fokus pada satu hal. Dengan memfokuskan pikiran dan energi kamu pada satu pekerjaan dengan waktu yang efektif, 12 skill-set di atas akan lambat laun kamu kuasai secara baik.

2. Mengikuti training

Tidak ada kata terlambat dalam belajar, proses belajar tidak terbatas walaupun posisimu seorang manajer, bahkan CEO sekalipun terus harus belajar. Maka dari itu kamu juga bisa mengikuti berbagai training manajer baik yang ada di perusahaanmu bekerja maupun kelas-kelas yang diadakan secara profesional oleh institusi terkemuka. 

3. Miliki mentor

Selain mengikuti training, kamu juga akan semakin lebih bertransformasi menjadi manajer yang lebih baik dengan memiliki mentor yang berpengalaman. Mentor ini akan memberikan perhatian khusus yang lebih terarah serta masukan-masukan yang bermanfaat. 

4. Feedback sesama manajer 

Tentu bertukar pendapat dengan sesama manajer akan memberimu pengalaman yang menyenangkan. Selain bisa bertukar cerita dan mengetahui bagaimana cara manajer lain menjalankan profesinya, kamu juga tahu bahwa kamu punya kolega yang memiliki tanggung jawab dan beban kerja yang sama. 

Baca juga: 6 Alasan pemimpin berintegritas menurut Warren Buffett

Jika kamu ingin mengembangkan skill people management dengan bergabung di perusahaan lain, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace seperti EKRUT. Pasalnya, ada banyak perusahaan yang telah bergabung dengan EKRUT tengah mencari kandidat berpengalaman seperti kamu. 

people management EKRUT 
Last update: 7 September 2021

Sumber: 

  • Risepeople.com
  • Chron.com
  • Getsling

Tags

Share