Published on

Careers

10 Teknik Wawancara yang Efektif dan Tepat untuk Berbagai Keperluan

Gloria Renatha

H1_(1)_(1).jpg

Teknik wawancara adalah suatu metode untuk memperoleh informasi dari narasumber atau responden yang umum dilakukan oleh jurnalis. Untuk mendapatkan informasi terbaik tentunya kita butuh menggunakan teknik wawancara yang efektif dan juga tepat. Penerapan teknik wawancara berpengaruh besar dalam proses wawancara. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui teknik wawancara yang efektif dan tepat untuk berbagai keperluan!

Bagaimana memilih teknik wawancara yang tepat


Cara memilih teknik wawancara yang tepat (Sumber: Pexels)

Memilih teknik wawancara yang tepat adalah kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang jurnalis. Keberhasilan sebuah wawancara di. Selain itu, komunikasi atau hubungan antara pewawancara dengan responden harus dibangun sebaik mungkin agar proses wawancara dapat berjalan dengan baik dan kondusif.

Baca juga: 4 Contoh Proposal Penelitian yang Baik dan Benar Beserta Struktur Penulisannya

Jenis-jenis wawancara


Jenis-jenis wawancara (Sumber: Pixels)

Terdapat beragam jenis wawancara yang digunakan untuk memperoleh informasi. Penerapan tiap jenis wawancara tentunya memiliki tujuan tersendiri. Dilansir dari penelitianilmiah.com, terdapat 4 jenis wawancara sebagai berikut.

1. Wawancara pribadi

Wawancara pribadi adalah proses penelitian yang dilakukan dengan cara wawancara yang dilakukan oleh 1 orang pewawancara dengan 1 informan. Dalam jenis wawancara ini, pewawancara dapat memberikan pertanyaan secara bertahap dan berkembang. Jenis wawancara ini dapat diterapkan di dalam penelitian kualitatif ataupun kuantitatif.

2. Wawancara terstruktur

Jenis wawancara ini sangat memperhatikan 5 W + 1 H (What, When, Where, Who, Why, dan How) tanpa mengembangkan pertanyaan sekali pun. Proses wawancara dengan jenis ini hanya memerlukan waktu yang cenderung singkat dibandingkan jenis wawancara lainnya.

3. Wawancara tidak terstruktur

Wawancara jenis ini tidak memiliki pedoman khusus atau pengertian lainnya adalah proses wawancara dilakukan secara spontan dan tidak memiliki pokok-pokok pertanyaan. Durasi proses wawancara jenis ini cenderung lebih lama karena pertanyaan serta topik pembicaraan dikembangkan secara langsung oleh pewawancara berdasarkan informasi yang didapatkan dari informan.

4. Wawancara mendalam

Jenis wawancara ini memiliki perbedaan dengan jenis wawancara lainnya. Mengapa demikian? Karena proses wawancara dalam jenis ini bersifat pribadi antara pewawancara dengan informan. Dalam wawancara ini, tidak mengharuskan adanya pedoman wawancara (terstruktur atau tidak terstruktur), pewawancara yang menentukan ada atau tidaknya pedoman wawancara.

Baca juga: ​​10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

10 Teknik wawancara yang efektif dan tepat untuk berbagai keperluan


Teknik wawancara yang efektif dan tepat untuk berbagai keperluan (Sumber: Pexels)

Proses wawancara yang baik adalah proses wawancara yang dapat membangun chemistry antara pewawancara dengan informannya. Keberhasilan sebuah wawancara bergantung pada teknik wawancara yang diterapkan oleh pewawancara. Berikut adalah teknik wawancara yang efektif dan tepat untuk berbagai keperluan.

1. Menentukan topik dan jenis wawancara

Sebelum melakukan wawancara, kamu harus menentukan topik wawancara serta jenis wawancara yang akan diterapkan. Terapkan jenis wawancara yang paling efektif untuk wawancaramu.

2. Menentukan narasumber/informan

Tentukan narasumber atau informan yang memiliki keterkaitan erat dengan topik wawancara yang telah ditentukan. Usahakan memilih narasumber yang kredibel agar menjamin kemurnian tiap informasi yang diberikan.

3. Meminta izin/menghubungi narasumber

Setelah menentukan narasumber/informan, langkah selanjutnya adalah menghubungi narasumber untuk menanyakan kesediaannya untuk diwawancarai atau tidak. Untuk menghubungi narasumber dapat melalui email atau secara langsung. Tentunya, kamu harus perhatikan waktu saat menghubungi narasumber, ya!

4. Mempersiapkan pertanyaan

Saat sudah mendapatkan izin dari narasumber untuk wawancara, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan pertanyaan. Buatlah pertanyaan sesuai dengan jenis wawancara yang ditentukan dan tentunya tidak keluar konteks atau topik wawancara.

5. Berpenampilan sopan dan rapi saat wawancara

Di hari wawancara, pakailah pakaian yang sopan dan rapi. Berikanlah kesan yang baik kepada narasumber dari awal bertemu, saat proses wawancara, hingga setelah wawancara berakhir.

6. Memperkenalkan diri kepada informan

Di awal proses wawancara, perkenalkan dirimu kepada narasumber secara formal. Tujuannya agar narasumber merasa nyaman ketika diwawancara.

7. Memulai wawancara dengan pertanyaan ringan

Berikan pertanyaan yang umum saat memulai wawancara. Meskipun ringan dan umum, pertanyaan yang diajukan tidak boleh keluar konteks wawancara.

8. Membangun komunikasi yang baik dengan informan

Saat proses wawancara, berikanlah kenyamanan bagi narasumber untuk menjawab tiap pertanyaan dengan leluasa. Bangunlah komunikasi sebaik mungkin agar narasumber tidak terintimidasi dengan pertanyaan-pertanyaan atau respon yang diberikan oleh pewawancara.

9. Memperhatikan detail informasi yang diberikan

Perhatikan tiap jawaban atau informasi yang diberikan oleh narasumber. Kamu juga dapat menggunakan recorder atau voice note untuk merekam suara narasumber. Tujuannya untuk menghindari pengulangan jawaban dari narasumber.

10. Mengucapkan terima kasih

Di akhir proses wawancara, berikanlah ucapan terima kasih serta kalimat penghargaan lainnya agar narasumber merasa dihargai.

Baca juga: 7 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar dari Berbagai Bidang Profesional

Nah, itulah 10 teknik wawancara yang efektif dan tepat untuk berbagai keperluan. Apabila kamu tertarik membaca artikel lainnya, silahkan mengunjungi EKRUT Media. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan ternama, klik sign up EKRUT sekarang juga. Selain itu kamu juga dapat mengunjungi kanal YouTube EKRUT Official untuk mendapatkan informasi serta tips-tips kerja yang informatif dan menarik. 

Sumber:

  • satujam.com
  • medium.com
  • info.populix.co
  • penelitianilmiah.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read
    H1_10__Rekomendasi_Peralatan_Kantor_Beserta_Fungsinya_yang_Wajib_Kamu_Miliki.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Peralatan Kantor beserta Fungsinya yang Wajib Kamu Miliki

    Farah Reginda

    01 July 2022
    6 min read
    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read

    Video