Published on

Expert's Corner

Perkembangan teknologi informatika dan peluang karier 2021

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Perkembangan_teknologi_informatika_hingga_peluang_karier_2021.jpg

Berkembanganya jaman yang kian pesat, juga berpengaruh pada teknologi informatika dan komunikasi. Majunya teknologi informatika, memberikan akses yang lebih mudah untuk melakukan Berbagai macam aktivitas. Misalnya urusan perbankan, mengurus dokumen, hingga membaca berita terkini melalui komputer atau ponsel dengan menggunakan jaringan internet. Cara berinteraksi dengan orang lain juga sangat mudah dan praktis.

Selain telepon, sms, atau email, kamu juga mengunduh berbagai macam aplikasi komunikasi pada smartphone-mu, bukan? Kenali teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya berikut ini.

Mengenal teknologi informatika

Mengenal teknologi informatika
Internet merupakan salah satu contoh dari teknologi informasi dan komunikasi. - Pexels

Dikutip dari Kompas.com, pengertian dari Teknologi Informatika adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga mengacu pada teknologi yang menyediakan akses melalui telekomunikasi. Dapat dikatakan TIK mirip dengan Teknologi Informasi(TI), tetapi lebih berfokus pada teknologi komunikasi seperti ponsel, internet, jaringan nirkabel, dan perangkat komunikasi lainnya. 

Berikut ini beberapa contoh dari teknologi informatika:

  • Internet (websites dan email)
  • Komputer
  • Telepon (ponsel, telepon kabel, satelit)
  • Teknologi siaran langsung (TV, Radio)
  • Teknologi siaran tidak langsung atau direkam (podcast)

Fungsi teknologi informatika

Fungsi teknologi informatika
Terdapat 6 fungsi penting dari TIK. - Pexels

Lalu, apa sih fungsi dari teknologi informasi dan komunikasi (TIK)? Terdapat enam fungsi dari TIK yang perlu kamu ketahui, yaitu

  • Capture
    Menangkap atau menginput, seperti menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan lainnya.
  • Processing
    Memproses atau mengolah data yang diterima untuk selanjutnya dijadikan informasi. Pengolahan data dilakukan dengan mengkalkulasi, menganalisis, dan mengkonversi.
  • Generating
    Menghasilkan informasi kedalam bentuk yang dapat dipahami oleh orang lain. Misalnya dalam bentuk tabel, gambar, grafik, dan laporan.
  • Storage
    Menyimpan data ke dalam suatu media yang nantinya dapat digunakan kembali. Sebagai contoh media penyimpanan adalah flash disk, hard disk, drive, dan lainnya.
  • Retrival
    Menelusuri kembali informasi atau data yang sudah tersimpan.
  • Transmission
    Mengirimkan data atau informasi dari satu tempat ke tempat lainnya melalui jaringan internet. Misalnya mengirimkan data melalui email.

Baca juga: 8 Skill teknologi yang paling banyak dicari di 2021

Perkembangan teknologi informatika

Perkembangan teknologi informatika
Perkembangan TIK memberikan dampak positif dan negatif. - Pexels

Teknologi informatika yang semakin berkembang, sangat banyak mempengaruhi kehidupan seseorang. Selain memberikan berbagai macam keuntungan, teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan dampak negatif di era digital sekarang ini. Yuk, simak dampak positif dan negatif dari teknologi informatika.

Dampak positif Dampak negatif
Menyebarkan informasi dengan cepat. Cyber crime banyak terjadi.
Berkembanganya berbagai macam media sosial. Penyebaran berita palsu sering dilakukan.
Berkontribusi untuk memajukan dunia pendidikan. Marak terjadi plagiarisme.
Memudahkan dalam berbagi file. Banyak konten tidak mendidik yang ditayangkan.
Komunikasi dilakukan secara global. Budaya media sosial yang tidak sehat.

Dengan adanya dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kamu harus lebih berhati-hati dalam menyaring informasi, jangan sampai termakan hoax. Selain itu, anak yang menggunakan teknologi informatika juga perlu pengawasan ekstra dari orang tua, agar terhindar dari dampak negatif.

Peluang karier dari perkembangan teknologi informatika

Peluang karier dari perkembangan teknologi informatika
Peluang karier untuk industri TIK sangat berprospek dengan lingkup kerja yang luas. - Pexels

Perkembangan teknologi yang terus maju di era modern ini, berdampak positif pada peluang karier di bidang tersebut. Jika kamu memiliki skill dan pengetahuan akan teknologi informatika, jangan khawatir karena banyak industri sangat membutuhkan tenaga ahli dalam bidang tersebut.

Tidak hanya di Indonesia, perusahaan di seluruh dunia banyak yang mencari kandidat dengan kemampuan teknologi informatika ini. Nah, peluang kerja apa saja sih yang bisa kamu dapatkan dengan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi? Berikut ini beberapa contohnya:

  • Konsultan IT. Perusahaan banyak mencari posisi tersebut untuk mengatur strategi teknologi  informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
  • Pengembang/programmer sistem Android dan iOS. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk membuat atau merancang suatu aplikasi yang dapat digunakan oleh user.
  • Software Engineer. Profesi ini menjadi salah satu pilihan favorit lulusan teknik informasi dan komunikasi. Pekerjaannya meliputi pengolahan perangkat lunak, seperti menganalisis, mengembangkan, pemeliharaan, dan lainnya.  
  • System Analyst. Lingkup pekerjaannya seperti, mengembangkan produk, menerapkannya, mengatur , dan mengujinya dalam sistem.
  • Perancang Web atau Web Designer. Merancang tampilan website sedemikian rupa agar menarik, juga mudah digunakan oleh user.

Masih banyak lagi pilihan pekerjaan lainnya untuk kamu yang merupakan lulusan teknologi informatika. Melihat prospek lapangan pekerjaan yang luas dan bervariasi, tentu lebih mudah buat kamu mendapatkan pekerjaan impian.

Kalau kamu lulusan program studi teknologi informatika, jangan khawatir kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Nah, untuk mendapatkan pekerjaan impian dengan lebih cepat dan memiliki jenjang karier yang baik, segera daftarkan diri kamu di EKRUT.

Baca juga: 5 Jurusan kuliah untuk berkarier di bidang IT

Itulah ulasan mengenai perkembangan teknologi informatika di era modern yang kian pesat. Hal tersebut memberikan banyak dampak positif, seperti prospek lapangan pekerjaan yang baik dan luas. Namun, disisi lain juga memberikan dampak negatif, sehingga kita juga perlu waspada dalam menerima berbagai informasi

sign up EKRUT

Sumber: 

  • kompas.com
  • teknologi.id
  • baktikominfo.id

Tags

Share