Careers

Teks Deskripsi: Pengertian, Jenis, Struktur, dan 7 Contohnya

Published on
Min read
7 min read
time-icon
H1_Teks_Deskripsi_Pengertian__Jenis__Struktur__dan_Contohnya_(1).jpg

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti sering bertemu dengan berbagai jenis teks tanpa disadari. Baik saat menulis laporan, belajar, membaca koran, bahkan menonton televisi, semuanya tersusun dan tersampaikan menurut struktur teks. Salah satu yang sering kamu temui adalah teks deskriptif. Tentunya kamu dapat menebak seperti apa teks ini melalui namanya. Namun, apakah teks deskriptif punya jenis yang beragam dan bagaimana cara menuliskannya dengan baik? Jawabannya ada di bawah ini!

Pengertian teks deskripsi

pengertian teks deskripsi di google
Kamu memerlukan informasi yang detail dan menarik agar teks deskripsimu tidak menyerupai yang lainnya (Sumber: Pexels)

Sesuai dengan istilahnya, teks deskriptif berarti sebuah teks yang menjelaskan atau menggambarkan sesuatu secara detail. Teks ini berfokus pada satu objek spesifik. Objek yang dideskripsikan dapat berupa benda, hewan, orang, tempat, dan sebagainya. Isi dari teks deskripsi adalah informasi dan hal-hal yang melekat pada objek tersebut. Sehingga, orang yang membaca teks ini dapat mengalami, melihat, atau merasakan secara langsung tentang objek yang dijelaskan.

Para ahli memiliki pengertian lebih lanjut terkait teks deskriptif. Pardiono (2007) menyatakan bahwa teks ini adalah karangan terkait kondisi atau kejadian sebenarnya yang dapat dirasakan panca Indra. Menyambung hal ini, Suwarna (2012) mengatakan bahwa informasi tersebut didapatkan melalui pengalaman yang melibatkan mata, hati, telinga, kulit, dan pengecapan.

Lebih lanjut, Parera (1987) menyatakan bahwa teks deskriptif adalah karangan yang hidup karena berasal dari pengalaman penulisnya. Maka dari itu, menurut Keraf (1981), penting bagi teks ini untuk berisi tulisan yang saling berkaitan agar menghasilkan bacaan yang menarik.

Berkaitan dengan jenis teks ini, terdapat teks tanggapan deskriptif. Secara umum, teks ini sama seperti teks deskriptif biasa. Hanya saja, penggunaannya sering kita lakukan ketika seseorang menanyakan pada kita terkait lokasi atau suasana suatu tempat dan dijawab secara detail.

Baca juga: Mengenal Teks Prosedur dari Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenisnya

Ciri-ciri teks deskripsi

perempuan memikirkan teks deskripsi
Walaupun menyerupai jenis teks lainnya, kamu dapat mengenali teks deskripsi melalui ciri-cirinya (Sumber: Freepik)

Dari sekian jenis teks yang ada, kamu dapat membuat dan mengenal teks deskripsi dengan mudah dengan mengetahui ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Menggambarkan suatu objek dengan menjelaskan ciri-cirinya baik fisik maupun psikis secara detail dan spesifik
  2. Melibatkan panca indera dalam penjelasannya sehingga pembaca dapat merasakan dan mengalaminya secara “langsung”
  3. Menggunakan kata ganti orang/benda dan bahasa kiasan dalam mendeskripsikan objek

Baca juga: Mengenal Teks Eksposisi dan Pengertiannya

Jenis-jenis teks deskripsi

kumpulan teks deskripsi
Tanpa kamu sadari, kamu telah membuat berbagai macam teks deskripsi sesuai kebutuhanmu (Sumber: Unsplash)

Meskipun tujuan utamanya menjelaskan, teks deskripsi dapat dibedakan menurut objek yang dibahas serta tujuannya.

1. Teks deskripsi subjektif

Jenis ini menggambarkan sebuah objek menurut sudut pandang dan pengalaman penulis. Teks deskripsi ini berpotensi memuat opini-opini pribadi penulis terkait objek yang dibahas. Misalnya, penulis menggambarkan gigi hewan anjing lucu karena pernah merasa geli saat digigit olehnya. Pengalaman ini tentunya tidak lumrah terjadi.

2. Teks deskripsi objektif

Sesuai jenisnya, teks ini ditulis berdasarkan kenyataan yang tidak dibuat-buat atau mengandung opini penulis. Misalnya, matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat, sesuai dengan kenyataan yang ada dan diyakini oleh mayoritas orang.

3. Teks deskripsi spasial

Teks deskripsi spasial lebih fokus dalam membahas tempat, ruang, dan sejenisnya sebagai objek teks. Jenis ini biasanya muncul sebagai teks tanggapan deskripsi ketika seseorang menanyakan arah menuju atau ciri-ciri suatu tempat.

4. Teks deskripsi eksplanatori

Tujuan dari teks ini adalah menyampaikan informasi mengenai objek yang dibahas yang sudah banyak diketahui oleh pembaca. Isi dari teks deskriptif ini mayoritas telah dialami atau dirasakan oleh mereka sehingga bukan jadi hal yang baru.

5. Teks deskripsi sugestif

Jenis ini bertujuan memberikan sugesti atau dorongan agar pembaca dapat membayangkan atau mengimajinasikan objek yang dibahas. Mengikuti tujuannya, berarti objek dan isinya adalah hal yang jarang ditemukan oleh pembaca dan interpretasinya berpotensi subjektif. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Teks Anekdot dan 7 Contoh Teks Anekdot

Struktur teks deskripsi

menulis teks deskripsi
Agar tulisanmu dapat dibaca dengan baik, kamu perlu mengikuti struktur kepenulisan teks deskripsi (Sumber: Pexels)

Sudah siap menulis teks deskripsi yang baik? Kalau kamu sudah memiliki topik dan data untuk isi teksnya, perhatikan struktur teks deskripsi ini agar tulisan urut dan memiliki laju yang enak dibaca.

1. Judul

Setiap tulisan pasti memiliki judul yang berfungsi sebagai clue pertama mengenai hal yang dibicarakan dalam teks. Kamu dapat merangkai judul semenarik mungkin selama mengandung kata dari objek yang kamu bahas.

2. Identifikasi

Dikenal juga sebagai deskripsi umum, bagian ini menjelaskan hal-hal general terkait objek yang dibahas, seperti arti namanya, lokasi, sejarah, dan pernyataan umum lainnya. Gambaran umum mengarahkan pembahasan ke hal yang lebih spesifik.

3. Deskripsi bagian

Menyambung apa yang telah dijelaskan dalam bagian identifikasi, deskripsi bagian berisi hal-hal yang lebih mendetail. Apa yang digambarkan dapat dirasakan melalui panca indera pembaca, itulah yang dituliskan dalam bagian ini.

4. Kesimpulan

Sebagai paragraf penutup, bagian ini dapat berupa ringkasan dari deskripsi atau kesan penulis terhadap objek tersebut. 

Baca juga: 3 Contoh Pidato dari Berbagai Tema Beserta Struktur Teks

7 Contoh teks deskripsi

3 orang mendiskusikan teks deskripsi
Selama kamu menuliskannya dengan baik, topik apapun yang kamu angkat untuk teks deskripsimu akan dapat dimengerti oleh pembaca (Sumber: Freepik)

Struktur teks deskripsi di atas dapat menjadi acuan dalam menulis. Agar kamu mendapatkan gambaran yang lebih jelas, lihat referensi teks deskripsi di bawah ini. Format tabel hanya untuk memperjelas struktur dari teks. Saat penulisannya, kamu dapat menyusun paragraf seperti biasa.

Judul Daya Tarik Kota Surabaya
Identifikasi/Deskripsi Umum Kota kedua terbesar se-Indonesia, Surabaya, merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Timur. Kota yang namanya berasal dari 2 hewan, ikan hiu (Sura) dan buaya (Baya), kaya akan sejarah kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu, kota Surabaya juga disebut sebagai kota pahlawan.
Deskripsi Bagian Kota ini merupakan gabungan antara nuansa metropolitan dan sejarahnya. Salah satu wilayah yang dapat menggambarkan nuansa ini dengan tepat adalah wilayah tunjungan. Dalam area ini, terdapat mal Tunjungan Plaza, berbagai franchise makanan cepat saji, serta bangunan bersejarah seperti Hotel Majapahit. Surabaya juga memiliki taman di setiap penjuru kota dengan temanya masing-masing.
Kesimpulan Walaupun terkenal dengan hawa panasnya, suasana Surabaya yang kekotaan namun tidak terlalu padat membuat masyarakat Indonesia ingin berwisata ke tempat-tempat menarik lainnya di sini.

Adapun 7 contoh teks deskripsi lainnya yang bisa kamu simak berikut ini.

1. Contoh teks deskripsi Gunung Merapi

Gunung Merapi berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Secara geografis, Gunung Merapi berada di Boyolali (Jawa Tengah), Magelang (Jawa Tengah), Klaten (Jawa Tengah), dan Kabupaten Sleman (DIY). Menjadi salah satu destinasi wisata favorit, Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.930 m. Dilihat dari aktivitasnya, Gunung Merapi adalah gunung yang paling sering meletus. Bahkan, terakhir meletus pada 1 Juni 2020. Namun, dari abu vulkanik Gunung Merapi, masyarakat sekitar mendapatkan anugerah lahan pertanian yang sangat subur. Di sisi lain, mereka juga harus bersiap mengungsi bila status Gunung Merapi mengancam jiwa.

2. Contoh teks deskripsi badak bercula satu

Badak bercula satu termasuk hewan langka asli Indonesia. Sesuai namanya, terdapat cula yang hanya satu di atas moncongnya. Karena itu, badak bercula satu menjadi hewan dilindungi oleh pemerintah. Binatang berkaki empat ini memiliki moncong yang panjang dan lubang hidung cukup besar. Sementara, culanya meliuk tajam ke atas. Sedangkan, kulitnya tebal dan berotot. Bahkan, diketahui badak bercula satu dapat mencapai bobot 1,5 ton. Tak heran, badak bercula satu menjadi hewan terbesar di Pulau Jawa.

3. Contoh teks deskripsi Sungai Serayu

Sungai Serayu berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, mengalir sepanjang 181 km. Sedangkan, lebar Sungai Serayu mencapai 10 km. Air yang bersih dan alami, membuat Sungai Serayu tampak indah. Tak jarang, masyarakat lokal duduk di antara bebatuan sambil menikmati keindahannya di tepi sungai. Selain itu, Sungai Serayu juga terdapat banyak ikan yang menjadi tempat warga sekitar untuk menyalurkan hobi memancing.

4. Contoh teks deskripsi Gilang Dirga

Gilang Dirga merupakan salah satu artis dan aktor yang banyak diidolakan masyarakat. Pria kelahiran Jakarta, 17 Agustus 1989 ternyata begitu multi talenta. Selain aktor, ia bisa menjadi pembawa acara (host), komedian, hingga impersonator (piawai menirukan sosok atau gaya bicara orang lain). Karier Gilang Dirga di industri hiburan tanah air cukup cemerlang. Ia sering wara-wiri di berbagai stasiun TV nasional sebagai bintang tamu maupun pembawa acara.

5. Contoh teks deskripsi Gunung Wayang Windu

Gunung Wayang Windu adalah salah satu destinasi yang sangat hits di sisi timur, Pangalengan, Jawa Barat. Pendaki atau wisatawan bisa menikmati keindahan panorama kawah dan Perkebunan Teh Pangalengan. Hamparan pegunungan yang hijau, menghipnotis para pengunjung dengan kesegaran udara pada ketinggian 1.800 mdpl. Secara administratif, Gunung Wayang Windu berada di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Selain itu, Gunung Wayang Windu juga masih satu kawasan dengan PTPN VIII Kebun Kertamanah.

6. Contoh teks deskripsi Malioboro

Malioboro adalah sebuah nama jalan yang sangat terkenal di kota Yogyakarta. Di sisi kanan dan kiri jalan terdapat banyak pertokoan dan pedagang oleh-oleh khas Yogyakarta. Selain itu, banyak  warung nasi kucing atau angkringan yang menjajakan kuliner khas Yogyakarta. Selama menikmati kuliner, pengunjung bisa duduk lesehan maupun kursi pada umumnya. Banyak yang bilang, tak akan afdol liburan ke Yogyakarta tanpa singgah ke Malioboro. Jaraknya hanya 5 menit dari Stasiun Tugu dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Sepanjang jalan Malioboro banyak spot cantik yang Instagrammable, seperti tiang dan lampu antik, bangku taman, dan seniman jalanan yang eksentrik.

7. Contoh teks deskripsi harimau

Harimau termasuk hewan mamalia atau hewan menyusui. Bernama latin Panthera Tigris dan menjadi hewan karnivora yang dilindungi oleh negara. Saat dewasa, harimau dapat mencapai bobot 300 kg, panjang 3,3 meter, dan tinggi 1,5 meter. Harimau paling mudah dikenali dari bulunya yang bermotif belang, perpaduan warna oranye, hitam, dan cokelat keemasan. Sosoknya menyerupai kucing besar dengan taring tajam untuk mengoyak daging buruan. Biasanya, harimau dapat ditemukan di Pulau Sumatra dan Jawa, terutama di hutan atau padang rumput. Akan tetapi, saat ini, menurut International Union for Conservation Nature, harimau Jawa sudah punah pada era 1980-an.

Baca juga: Mengenal Teks Negosiasi Mulai dari Pengertian

Itulah detail dari teks deskripsi dan contoh tulisannya. Kamu bisa menggambarkan apapun melalui jenis teks ini. Untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, kamu memerlukan lebih banyak data dan penggunaan diksi yang lebih menarik agar pembaca juga dapat ikut mengalami dan merasakan hal yang kamu jelaskan.

Ilmu kepenulisan ini tentunya akan berguna untukmu dalam kondisi apapun, terutama saat bekerja. Kamu bisa mendapatkan banyak tips dan pengetahuan lainnya yang berhubungan dengan dunia kerja di EKRUT. Daftarkan dirimu di EKRUT untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.

sign up EKRUT

Sumber:

  • tirto.id
  • bola.com
  • suara.com
  • quipper.com
  • kompas.com
  • gramedia.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video