Published on

Careers

Mengenal Teks Eksposisi Mulai dari Pengertian hingga 3 Contohnya

Lita Lia

H1-Teks_eksposisi_biasanya_digunakan_untuk_memaparkan_data_dan_fakta_(Sumber_Pexels).jpg

Setiap tulisan atau teks yang kamu baca punya jenis yang berbeda-beda sesuai dengan strukturnya. Teks eksposisi adalah suatu tulisan jenis nonfiksi yang tujuannya memaparkan tentang fakta ilmiah atau kebenaran. Tulisan ini punya ciri dan struktur yang berbeda dengan jenis teks lain. Contoh teks eksposisi juga bisa kamu kenali dengan mudah.

Apa itu teks eksposisi?


Tujuan penulisan teks eksposisi adalah untuk mengungkap kebenaran (Sumber: Pexels)

Teks eksposisi merupakan tulisan yang berisi ilmu pengetahuan maupun informasi tertentu dan tersaji secara faktual. Study.com bahkan mendefinisikan teks eksposisi sebagai teks berbasis fakta yang bertujuan mengungkap kebenaran melalui berbagai sumber yang dapat dipercaya.

Umumnya, teks ini berisi tentang jawaban dari 5W+1H. Eksposisi juga hanya memuat segala bentuk informasi yang telah terbukti kebenarannya karena memang bertujuan untuk menjelaskan peristiwa tertentu. Guna mendukung penjelasan secara tertulis, teks ini dilengkapi data berupa foto, grafik hingga tabel pendukung. Biasanya, contoh teks eksposisi bisa kamu temukan di karya tulis, jurnal, atau artikel berita.

Baca juga: Artikel Adalah: Definisi, Tujuan, Ciri, Jenis-jenis, Struktur, dan 3 Contohnya

Ciri-ciri teks eksposisi


Dari sudut pandang hingga bahasa, teks eksposisi bisa dikenali (Sumber: Pexels)

Teks eksposisi dibekali beberapa ciri khas yang membuatnya terlihat beda dari tulisan jenis lain. Supaya lebih paham mengenai definisi dan contoh teks eksposisi, coba lihat ciri berikut. Mulai dari bahasa, sudut pandang keberpihakan, hingga isi tulisannya dikutip dari actingcolleges.

  • Teks eksposisi hanya membahas segala informasi yang bersifat faktual mengenai topik tertentu. Penyampaiannya pun dilakukan secara jelas dan lugas.
  • Menjawab pertanyaan 5W+1H atau what (apa), who (siapa), why (kenapa), when (kapan), where (di mana), dan how (bagaimana) secara utuh. Alhasil bentuk dari jenis tulisan ini jauh lebih lengkap, runtut, dan juga terstruktur.
  • Secara garis besar, teks eksposisi bersifat tidak berpihak pada siapapun atau netral. Pasalnya, teks ini dibuat tanpa tujuan untuk memaksakan kehendak atau memengaruhi pembaca.
  • Teks eksposisi dibuat dalam bahasa formal dan baku.
  • Setiap teks jenis eksposisi selalu menggunakan adverbia dan adjektiva (kata sifat), pronomina (kata ganti orang atau benda), nomina (kata benda), dan verba (kata kerja).
  • Fakta yang terdapat di setiap kalimatnya digunakan sebagai alat konkritasi atau kontribusi.

Baca juga: 10 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

Struktur teks eksposisi


Struktur teks eksposisi dimulai dari pendahuluan hingga penutup (Sumber: Pexels)

Perlu diingat, bahwa menulis atau membuat teks eksposisi tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, setiap paragraf dari jenis tulisan ini wajib memuat struktur tertentu. Karenanya, contoh teks eksposisi yang benar pasti memuat hal seperti berikut ini.

1. Pendahuluan

Struktur teks eksposisi yang pertama ini juga kerap disebut dengan tesis. Artinya, suatu pendapat, gagasan atau ide penulis mengenai suatu peristiwa tertentu. Umumnya, tesis berisi tentang sudut pandang dari penulis yang dikemukakan secara pribadi, lalu diubah menjadi ide pokok tulisan.

2. Argumentasi

Demi memperkuat sekaligus memperkokoh tesis yang telah dibuat dalam suatu teks eksposisi, penulis harus menambahkan semacam argumen pendukung. Umumnya, argumen yang dimaksud berupa fakta atau alasan tertentu yang jadi latar belakang dari munculnya ide pokok tulisan. Argumentasi yang dimaksud bisa berupa pendapat ahli, data tertentu, hingga hasil temuan yang sifatnya objektif dan ilmiah.

3. Kesimpulan

Selanjutnya, struktur dari teks eksposisi yang terakhir adalah simpulan. Bisa dibilang, bagian akhir dari jenis tulisan ini berisi penegasan ulang mengenai tesis dan juga argumentasi yang sudah disampaikan sebelumnya. Dengan begitu, pembaca bisa lebih mengingat soal inti gagasan dan ide pokok dari keseluruhan paragraf yang tersaji.

Baca juga: Jangan Bingung, Ini 4 Contoh Press Release Beserta Tips Penulisannya

3 Contoh teks eksposisi


Teks eksposisi bisa kamu temukan di jurnal, karya ilmiah, berita, dan lain sebagainya (Sumber: Pexels)

Berikut ini ada beberapa contoh teks eksposisi lengkap dengan keterangan strukturnya.

1. Contoh teks eksposisi - Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

  • Tesis

Sarapan pagi ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berdasarkan beberapa studi dan penelitian para ahli, sarapan mampu memberikan energi untuk memulai hari, meningkatkan kinerja sekaligus konsentrasi, dan mengendalikan berat badan. Bukan itu saja, sarapan bermanfaat pula dalam daya kognitif otak guna meningkatkan konsentrasi dan memori.

  • Argumentasi

Saking banyaknya manfaat sarapan, ada baiknya jika kamu tidak melewatkan kegiatan satu ini di setiap pagi, ya! Dengan kamu membiasakan diri menyantap sarapan sehat di setiap hari, maka dijamin hari yang kamu lewati bakal terasa jauh lebih baik.

  • Kesimpulan

Ketika tidur, tubuh akan kehilangan sejumlah asupan dalam waktu beberapa jam. Oleh sebab itu, tubuh harus diisi kembali dengan nutrisi dan asupan makanan bergizi. Bisa dibayangkan, jika kamu melewatkan sarapan maka kondisi perut yang kosong sangat memungkinkan tubuh terserang banyak penyakit berbahaya.

2. Contoh teks eksposisi - Dampak Membuang Sampah Sembarangan

  • Tesis

Di era modern seperti saat ini, membuang sampah tidak pada tempatnya, seperti di jalanan ataupun di sungai seakan telah dijadikan sesuatu yang lazim bagi banyak orang. Mirisnya, jumlah orang membuang sampah sembarangan khususnya di kota-kota besar pun kian bertambah. Tentu saja, tindakan tersebut menjadikan aliran sungai jadi tersumbat sampah. Akibatnya, sungai meluap dan banjir ketika hujan turun dengan intensitas tinggi.

  • Argumentasi

Pengamat menyimpulkan, semakin banyak individu yang hobi membuang sampah tidak pada tempatnya, terutama di sungai. Sepertinya, para manusia masih belum kapok membuang sampah sembarangan padahal bisa mengakibatkan banjir yang tentu saja merugikan. Dampak dari banjir juga tidak bisa dibilang ringan. Ada begitu banyak korban luka hingga meninggal akibat bencana tersebut. Namun sayangnya, kondisi semacam itu belum cukup menyadarkan masyarakat yang kerap membuang sampah di sungai.

  • Kesimpulan

Seharusnya, bila sudah tahu dampak tersebut, orang-orang sadar untuk tidak melanjutkan kebiasaan membuang sampah di sembarang tempat lagi supaya tidak merugikan diri, orang lain, dan lingkungan sekitar. Jika tak ada lagi sampah di sungai, sudah pasti air sungai tidak akan tersumbat sehingga risiko banjir bisa diminimalisir meski intensitas curah hujan cukup tinggi.

3. Contoh teks eksposisi - Efek dari Demam Panggung

  • Tesis

Setiap orang sudah pasti pernah merasa grogi atau gugup ketika hendak tampil di depan banyak orang. Kondisi seperti itu biasanya dikenal dengan sebutan ‘demam panggung’. Fenomena satu ini memang kerap terjadi karena seseorang tak terbiasa tampil di hadapan publik. Akhirnya muncul perasaan, apapun yang disampaikan bakal terasa salah dan takut ditertawakan orang. Perasaan semacam ini juga biasanya muncul karena kurangnya rasa percaya diri. Oleh sebab itu, kamu harus mampu menguasai sekaligus mengalahkan efek dari demam panggung.

  • Argumentasi

Efek dari demam panggung ini biasanya meliputi badan yang mendadak lemas ketika bicara atau melakukan suatu pertunjukan di depan umum. Bahkan, ada juga yang merasakan jantung berdebar dan wajah seketika pucat pasi. Meski sebelumnya kamu sudah mempersiapkan segala hal secara matang, namun demam panggung ini bisa membuat konsentrasi terpecah dan terganggu.

  • Kesimpulan

Jika diilustrasikan dengan sederhana, setiap hal yang kamu lakukan bakal terasa salah karena efek demam panggung ini. Satu-satunya solusi adalah membuat tubuh rileks dengan menarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan perlahan. Trik ini membuat oksigen masuk langsung ke otak dan membuat organ tersebut bekerja lebih baik sehingga konsentrasi terjaga. Ketika kamu membuat tubuh merasa rileks, maka efek dari demam panggung bisa lebih diminimalisir.

Baca juga: Mengenal Content Creator? 9 Langkah untuk Membangun Karier

Nah, itu tadi ulasan singkat mengenai pengertian dan contoh teks eksposisi yang baik dan benar. Kamu juga bisa temukan berbagai artikel menarik lainya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • study.com
  • actingcolleges.org
  • akupintar.id
  • zenius.net
  • ruangguru.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video