Published on

Lainnya

Mengenal Teks Prosedur dari Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis Hingga Contohnya

Lita Lia

H1-Mengenal_Teks_Prosedur_dari_Pengertian__Ciri__Fungsi__Jenis_Hingga_Contohnya.jpg

Pernahkah kamu membaca sebuah teks yang isinya langkah-langkah maupun proses untuk melakukan atau membuat sesuatu? Misalnya, di bungkus belakang mentega yang biasanya ada sedikit teks: Membuat Kentang Panggang Ekonomis dan Mudah. Itulah teks prosedur yang akan dibahas berikut ini.

Apa itu teks prosedur?


Teks prosedur merupakan teks untuk menyampaikan cara atau pun langkah-langkah - Pixabay

Teks prosedur merupakan salah satu jenis teks yang isinya adalah penyampaian cara atau pun langkah-langkah. Menurut Ridwan Karim, melalui teks prosedur, pembaca nantinya bisa mencapai suatu tujuan atau dapat menciptakan sesuatu dengan baik dan benar.

Baca juga: Bagaimana Proyeksi Karier Menjadi Seorang Ghostwriter?

Teks prosedur berisi tahapan yang dijabarkan berurutan menggunakan bahasa yang singkat tetapi jelas.

Ciri-ciri teks prosedur


salah satu ciri teks prosedur ada pada poin-poin yang digunakan - Pixabay

Teks prosedur adalah salah satu jenis paragraf (teks) yang paling mudah dibedakan daripada jenis lain. Nah, inilah beberapa ciri khasnya:

1. Berisi langkah-langkah atau tahapan

Ciri khas teks prosedur adalah isinya yang berupa tahapan atau langkah-langkah. Penulis biasanya sudah mengetahui seluk beluk sesuatu hal termasuk cara melakukannya, secara mendalam. Apalagi jika dalam melakukan tahapan tersebut, penulis mengalami kendala.

2. Berisi informasi yang objektif

Teks prosedur berisi informasi yang objektif karena ditulis berdasarkan pengalaman nyata, percobaan maupun analisis yang sudah dilakukan oleh penulis.

Jenis teks ini bukan lagi tulisan imajinatif penulis atau yang dikhayalnya. Tapi itulah yang dilakukan. Itulah yang harus dihindari agar berhasil mencapai suatu hasil atau tujuan.

3. Penulisan sistematis dan detail

Penulisan teks prosedur sistematis dan detail sesuai kronologisnya. Karena penulis bermaksud ingin membuat pembacanya memahami dan langsung bisa mempraktekannya dengan mudah, baik dan benar. Selain itu juga untuk mengurangi tingkat kesalahan atau kegagalan hasil.

4. Ditulis berupa poin-poin

Agar sistematis dan detail, penulis menyajikan teks menggunakan bantuan. Biasanya menggunakan poin-poin atau penomoran yang disampaikan oleh penulis sebagai suatu langkah (tahapan) untuk sebuah tujuan.

Baca juga: UX Writer adalah: Tugas, Skill-set, dan Proyeksi Karier 2022

Kalaupun tidak, setiap paragraf berisi sebuah tahapan/langkah, secara runtut dari paragraf pertama sampai terakhir. Agar lebih jelas, tahap awalnya apa, tahap selanjutnya bagaimana dan seterusnya.

5. Ditulis dengan pola perintah serta kalimat saran dan larangan

Ciri selanjutnya adalah penulisan berbentuk kalimat perintah, saran serta larangan. Kalimat perintah ditulis untuk memperjelas pembacanya, agar melakukan tahap yang wajib. Contohnya: “Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan aduk rata”.

Kemudian, kalimat saran lebih untuk membantu para pembaca agar bisa melakukan tahapan dengan baik dan benar. Contohnya: “Kamu bisa mengganti minyak goreng dengan mentega/margarin”.

Sedangkan kalimat larangan biasanya bertujuan agar para pembaca menghindari kesalahan atau mengurangi resiko kegagalan. Contohnya: “Jangan buka pintu oven sebelum 30 menit”.

6. Menggunakan kata penghubung

Teks prosedur dilengkapi kata penghubung. Penghubung tujuan: untuk, agar. Penghubung urutan: pertama, kedua. Penghubung waktu: selanjutnya, sebelumnya, kemudian, lalu.

Baca juga: Copywriter: Tanggung jawab, skill set, dan kisaran gaji 2022

7. Menggunakan kata keterangan

Keterangan alat, tujuan, syarat. Selain itu juga, keterangan akibat, misalnya “rebus hingga lunak”, atau keterangan cara, contohnya “ikat setiap ujung kemasan dengan rapat”.

Fungsi dan tujuan teks prosedur


fungsi utama teks prosedur adalah membuat pembaca memahami langkah dengan benar- Pixabay

Teks prosedur bertujuan untuk membuat suatu hal menjadi sesuai dengan urutan yang telah ditentukan. Teks prosedur ditulis sebagai sarana untuk menjelaskan kepada pembaca, langkah-langkah yang harus dilakukan secara urut, untuk mencapai suatu hasil akhir (tujuan).

Jenis teks prosedur


Ada 3 jenis teks prosedur dilansir dari berbagai sumber - Pixabay

Dilansir EKRUT dari Detik.com, ada beberapa jenis teks prosedur, antara lain:

1. Teks prosedur sederhana

Hanya terdiri dari beberapa tahapan dengan proses yang mudah dipraktekkan. Contohnya, cara membuat agar-agar, cara memanen kangkung dan sebagainya.

2. Teks prosedur kompleks

Memiliki banyak tahapan, dengan proses yang kompleks dan sulit. Selain itu juga bisa terjadi antara tahap satu dengan setelahnya, dilakukan secara paralel atau serial. Sehingga pembaca dituntut memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi.

3. Teks prosedur protokol

Tahapannya bisa dilakukan secara acak, tidak harus sesuai dengan urutan yang ada. Asalkan tahapan yang dilakukan memiliki tujuan akhir yang sama.

Baca juga: Kenali apa saja fungsi FAQ dan tips membuat FAQ yang efektif

Struktur teks prosedur


salah satu pembeda teks prosedur dengan lainya terletak pada strukturnya  - Pixabay

Kemudian, teks prosedur memiliki struktur dalam penulisannya, yaitu:

1. Pembuka

Meskipun hanya satu atau dua paragraf, biasanya diawali dengan kalimat pembuka yang mengantarkan pada topik yang akan dibahas. Ada juga yang turut menjelaskan sedikit manfaat, fungsi, tujuan, yang berkaitan dengan tujuan akhir yang akan dicapai.

2. Material

Di dalam teks prosedur pasti disebutkan material atau bahan dan peralatan apa saja yang digunakan. Penulis juga akan menyebutkan bahan lengkap dengan takaran atau ukurannya. Contohnya: “bumbu halus: 5 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 5 cabai merah, 1 sdt garam”.

Baca juga: Mengenal Profesi Voice Over Serta Skill yang Dibutuhkannya

3. Langkah-langkah

Di sinilah, dijelaskan semua tahapan yang harus dilakukan dari awal sampai akhir agar hasil akhirnya tercapai. Langkah-langkah biasanya ditulis dalam bentuk penomoran (angka, huruf, bullets). Bahkan paragraf yang diberi urutan bilangan.

4. Kesimpulan

Pada bagian penutup ini, akan diulas sedikit kesimpulan dari langkah-langkah yang sudah dilalui. Beserta saran untuk pembaca agar hasil akhirnya sesuai yang diharapkan atau lebih baik lagi.

Contoh teks prosedur


contoh teks prosedur adalah tulisan dengan judul: 5 Cara Cek Nomor 3 (Tri) Kamu dengan Mudah dan Praktis 2022

Untuk lebih memahami apa itu teks prosedur, kamu bisa lihat contoh dibawah ini:

Cara Membuat Obat Herbal Banyak Penyakit

Jika kamu sakit perut (maag, mual, pencernaan), masuk angin, pusing, sakit tenggorokan, susah tidur (tidur tidak nyenyak) dan lainnya, buatlah resep mudah berikut.

Bahan:

  • Sejempol Jahe
  • Daun pandan 1 lembar
  • Air 500 cc (secukupnya)
  • Madu 1 sdm (sesuai selera)

Langkah-langkah:

  • Buang kulit jahe dengan mengkikirnya, geprek (memarkan) lalu cuci bersih.
  • Potong kecil-kecil daun pandan menjadi 3 potongan, lalu cuci bersih.
  • Seduh jahe dan pandan dengan air mendidih.
  • Ketika sudah hangat, tambahkan madu sesuai selera dan siap diminum.

Dari contoh di atas sangat mudah membedakan teks prosedur dengan jenis teks lainnya. Contoh lainnya juga bisa kamu temukan pada channel EKRUTtv di video berjudul cara melakukan keyword research yang tepat (strategi SEO). Video tersebut menjelaskan bagaimana menemukan kata kunci yang tepat langkah demi langkah.

Mau mendapat peluang pekerjaan baru? Yuk, jadi bagian dari EKRUT! Temukan pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu dan raih kesempatan untuk bisa mengembangkan kariermu bersama EKRUT. Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu sekarang di EKRUT!

sign up EKRUT

Sumber:

  • Penerbit Buku Deepublish
  • Detik
  • Merdeka

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Motif_Ekonomi.jpg

    Lainnya

    Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi? Berikut Informasi Selengkapnya!

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    H1_1._Pilihan_Pekerjaan_yang_Sesuai_untuk_Seorang_INTJ.jpg

    Careers

    10 Pilihan Pekerjaan yang Sesuai untuk Seorang INTJ

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1_infp_adalah.jpg

    Careers

    INFP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

    Alvina Vivian

    30 June 2022
    5 min read

    Video