Lainnya

12 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Healing di Jogja (2022)

Published on
Min read
5 min read
time-icon
cover.jpg

Seperti yang mungkin kamu tahu, ada banyak tempat wisata untuk healing di Jogja yang bisa dikunjungi. Hanya saja, pastikan waktu liburannya pas agar tidak bersamaan dengan hari libur atau cuti nasional. Sebab ketika hari libur akhir pekan panjang, bisa dipastikan tempat wisata di Jogja akan sangat ramai, bahkan terjadi kemacetan lalu lintas. Terlepas dari itu, mayoritas tempat wisata untuk healing di Jogja hadir dengan spot foto menarik. Untuk itu, mari simak beberapa pilihan tempat wisata untuk healing di Jogja berikut ini!

1. Agrowisata Bhumi Merapi


Agrowisata Bhumi Merapi. (sumber: NonaMerapi)

Lokasi Agrowisata Bhumi Merapi ada di Jalan Kaliurang km 20, Sawangan Hargobinangun, Sleman. Walau bertema pegunungan, nyatanya akses ke kawasan ini tetap mudah. Jalannya sangat mulus dan tergolong strategis. Maka itu, tempat wisata untuk healing di Jogja ini sangat direkomendasikan.

Agrowisata Bhumi Merapi hadir dengan view pegunungan yang dibalut aneka spot foto menarik. Salah satunya spot menyerupai Santorini, Yunani. Selain itu, ragam tempat makan juga tersedia. Jika dari pusat kota, cukup tempuh perjalanan selama 40 menit. Atau sekitar 22 km, yang tentunya tidak terlalu jauh.

2. Puncak Segoro


Puncak Segoro. (sumber: VisitingJogja)

Seperti namanya, kawasan wisata ini merupakan sebuah bukit dengan hamparan lanskap segoro atau lautan. Lokasi tempat wisata baru ini ada di daerah Gunung Kidul, tepatnya di area Girikarto, Panggang. Pemandangan pantai dengan deburan ombak memukau, dapat dilihat sembari menikmati aneka hidangan. Jika kamu mengaksesnya dari Glass Terrace Nguluran, cukup tempuh dengan jarak 45 km.

3. Glamping Indekostour Prambanan


Glamping Indekostour Prambanan. (sumber: SeringJalan)

Butuh tempat wisata untuk healing di Jogja dengan acara berkemah? Coba ke Glamping Indekostrour Prambanan. Nuansa camping yang lekat dengan alam akan kamu dapatkan. Aneka tenda dengan bentuk menarik dapat dijadikan sebagai tempat menginap. Jangan khawatir untuk aksesnya, karena lokasinya di pusat kota. Area wisata ini termasuk ke dalam kawasan Candi Prambanan, tepatnya di area Jalan Raya Solo, Yogyakarta.

4. Pantai Ngrumput


Pantai Ngrumput. (sumber: EksotisJogja)

Camping di pantai adalah ide terbaik untuk me-refresh pikiran. Pantai Ngrumput sangat cocok sebagai destinasi impian kamu. Eksotisme lanskap yang indah dapat dirasakan dari deburan ombak, hamparan pasir, sampai sejuknya udara. Lokasi pantai ada di kawasan Gunung Kidul. Jika dari Pantai Drini, jaraknya hanya 1 km. Secara administratif, kamu bisa mencarinya di daerah Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul.

Baca juga: 9 Ide liburan akhir tahun di dalam kota

5. Bukit Bintang Jogja


Bukit Bintang Jogja. (sumber: WSRentalJogja)

Panorama indah dengan lampu seperti bintang, dapat kamu jumpai di Bukit Bintang. Wisata yang disukai anak muda ini menyediakan sebuah kafe, dengan view perbukitan malam. Sudah pasti sangat ideal sebagai tempat wisata untuk healing di Jogja.
Selain itu, ada beberapa spot foto yang tersedia untuk menambah daya tarik wisata. Kamu bisa mengunjunginya di kawasan Dusun Plesetan, Desa Srimulyo, Yogyakarta. Walau pemandangan di siang hari menarik, disarankan untuk mengunjunginya saat petang hingga malam hari.

6. Dolan Ndeso Boro Kulonprogo


Dolan Ndeso Boro Kulonprogo. (sumber: RentalJogjaCar)

Wisata alam dengan konsep edukasi, kuliner, dan sejenisnya bisa kamu dapatkan di salah satu tempat wisata untuk healing di Jogja, yaitu Dolan Ndeso Boro Kulonprogo yang menyediakan kawasan wisata bertajuk pedesaan. Kamu akan mendapati suasana asri dengan keramahan warga lokal yang luar biasa. Lokasinya di area Banjarsari, Kalibawang, Kulonprogo. kamu bisa melakukan aneka kegiatan khas pedesaan. Misalnya bertani, bermain air di sungai, dan tentunya masih banyak lagi.

7. Museum Ullen Sentalu


Museum Ullen Sentalu. (sumber: LiburanAnak)

Tempat wisata untuk healing di Jogja tidak selamanya pergi ke tempat wisata bernuansa alam. Ada kalanya, kamu bisa mengunjungi tempat wisata edukasi dan sejarah seperti Museum Ullen Sentalu ini. Kawasan wisata ini hadir dengan aneka koleksi benda bersejarah. Lokasinya di kawasan Kaliurang, Sleman. Dataran tinggi memang menjadi lokasi berdirinya. Tidak heran selain menampilkan aneka benda bersejarah, suasana di sekitarnya juga sangat memukau.

8. Selasar Malioboro


Selasar Malioboro. (sumber: NanoTravelike)

Sejak tahun 2021 lalu, Selasar Malioboro dibuka secara resmi. Tempat wisata untuk healing di Jogja yang satu ini berasal dari program milik PT KAI. Tujuan dibuatnya sebagai sarana pengembangan area Stasiun Tugu Jogja. Lokasi kawasan ini ada di Jalan Pasar Kembang. Selain suasana kota yang eksotis, nuansa bangunan tua di sekitarnya semakin menambah keindahan. Ada juga kawasan bisnis seperti kafe, toko, dan berbagai hal lain yang makin menambah lengkap suasana.

Baca juga: 10 Coworking space Jogja yang nyaman untuk kerja

9. Heha Sky View


HeHa Sky View. (sumber: TribunTravel)

Mencari tempat wisata untuk healing di Jogja yang Instagramable? Heha Sky View adalah opsi menarik. Awalnya, kawasan ini merupakan sebuah rumah makan yang didirikan dua orang. Setelah pamornya melejit, panorama di sekitarnya dimanfaatkan untuk kebutuhan wisata. Heha Sky View dengan pemandangan perbukitan indah, ada di Jalan Dlingo, Patuk Nomor 2. Untuk menyambangi kawasan ini, kamu perlu menempuh 18 km perjalanan dari pusat kota.

10. Obelix Hills


Wisata Obelix Hills. (sumber: CNNIndonesia)

Wisata berupa perbukitan memang sedang tren di Jogja. Termasuk Obelix Hills ini yang berlokasi di kawasan Klumprit, Wukirharjo, Prambanan. Aneka kafe, spot foto menarik, serta pemandangan malam yang indah menjadi daya tarik utama wisata. Obelix Hills bisa kamu sambangi mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam. Bagi yang ingin singgah dan melihat indahnya perbukitan di malam hari, kawasan wisata ini memang cocok disambangi.

11. Puncak Sosok


Puncak Sosok. (sumber: AlodiaTour)

Wisata hits Jogja ini dulunya hanya berupa bukit penuh ilalang. Saat ini, fungsinya sangat menarik sebagai tempat wisata untuk healing di Jogja. Kamu bisa mengunjunginya sebagai tempat liburan bersama keluarga atau pasangan. Lokasi wisata ada di Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul. Ragam tempat selfie ikonik yang menawan dapat kamu gunakan. Untuk berkunjung, datangi Puncak Sosok setiap hari, dari pukul 3 sore sampai 12 malam. Jam buka lebih pagi juga ada, tetapi khusus di akhir pekan.

12. Ledok Sambi


Ledok Sambi. (sumber: TravelKompas)

Ledok Sambi merupakan desa wisata dengan suasana pegunungan yang sangat indah. Tempat wisata ini berada di kawasan Jalan Kaliurang km 9, Yogyakarta. Jika kamu ingin berkunjung, bisa datang antara pukul 9 pagi sampai 4 sore. Panorama hijau khas pegunungan sangat cocok sebagai tempat wisata untuk healing di Jogja. Terlebih lagi ada suasana sungai yang airnya jernih. Kamu juga bisa melakukan outbond dan berbagai aktivitas seru lain di kawasan ini.

Baca juga: 5 Ide kegiatan seru merayakan liburan tahun baru

Bagaimana, kamu tertarik untuk mengunjungi aneka tempat healing di Jogja di atas? Rencanakan perjalanan secara optimal terlebih dahulu. Pastikan jika kamu dan keluarga dalam kondisi sehat agar liburan berjalan tanpa terkendala apapun.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • orami.co.id
  • wsrentaljogja.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Manfaat_“Me_Time”_bagi_kesehatan_mental_dan_7_kegiatan_yang_bisa_untuk_dilakukan.jpg

    Lainnya

    Manfaat “me time” bagi kesehatan mental dan 7 kegiatan yang bisa untuk dilakukan

    Sylvia Rheny

    14 November 2022
    6 min read
    resesi-ekonomi---EKRUT.jpg

    Careers

    Pengertian Resesi Ekonomi beserta Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

    Maria Tri Handayani

    11 November 2022
    5 min read
    H1_People_Pleaser.jpg

    Lainnya

    8 Tanda Kamu Adalah People Pleaser Beserta Tips untuk Meminimalisasinya

    Algonz D.B. Raharja

    11 November 2022
    5 min read

    Video